Ketika Gempa


 

pixabay
pixabay

Sebagai anak Medan tentu saja saya sudah mengalami banyak sekali gempa. Setiap kali gempa bisa dipastikan kaki saya ikutan gemetar ketakutan.

Sewaktu tulisan ini saya buat persis 1 hari setelah gempa di Medan tgl 15/01/2017. Cuman karena postingan saya hampir seluruhnya schedule, jadi mungkin ini baru tayang tepat hari ini ketika kamu membacanya.

Malam itu, saya lagi main dengan Tom, Matt dari kamar mandi ketika tiba-tiba rak besi bumbu didapur berbunyi berisik banget. Saya tidak sempat memperhatikan lampu gantung karena reflex langsung ngerasa ini gempa. Sementara pintu didepan rumah seperti digedor-gedor orang. Berisik dan Matt dengan konyolnya malah teriak marah ke pintu. Dia pikir ada orang yang gedor-gedor pintu.

Kalau dipikir-pikir koq bisa Matt itu tidak merasa gempa sama sekali. Jadi saya langsung teriak ada gempa, buru-buru buka pintu. Diantara buka pintu saya masih dengar Matt bilang “babe…….santai babe, santai……..pelan-pelan buka pintunya” huaa….saya bingung banget saat itu harus bawa Tom lari keluar atau enggak. Saat itu saya sempat lihat Tom bingung banget dan mata besarnya memandang saya dan Matt yang lari keluar dengan bingung. Saya cuman sempat menyambar hp dan menarik sepatu lari karena sebenarnya kita emang berencana jalan kaki malam itu haha. Setelah keluar saya baru sadar kalau kaki saya gemeteran kuat banget, mirip kalau lagi ngelakuin yin yoga haha. Saya beneran ketakutan. Setelah telp orang tua dan mastiin mereka gpp, kita masih nunggu diluar cukup lama.

Saya lupa kapan gempa pertama saya tapi tentu saja saya masih inget gempa-gempa di Medan yang datang trus menerus beberapa tahun lalu. Ketika gempa di Aceh yang menyebabkan tsunami, di hari Minggu. Saat itu saya sedang siaran sendirian di radio. Selagi ngomong saya lihat kenapa microphone didepan mulut saya goyang-goyang heboh lalu suara benda bergerak gak selesai-selesai. Saya langsung berlari keluar studio, masih pagi, komplek tempat radio berada sepiiii banget. Gempa cukup lama dan selanjutnya berita demi berita berdatangan. Tsunami dan sejak hari itu saya luar biasa takut dengan gempa dan tentu saja mendengarkan suara gemuruh ombak. Itu kenapa laut bukan tempat favorite saya untuk liburan.

Setelah gempa tsunami saya ingat harus berulang kali keluar masuk kantor karena gempa datang tiba-tiba. Yang saya ingat juga gempa di Nias yang memang tidak menyebabkan tsunami tapi cukup kuat. Kali itu malam hari, saya baru sampai dari kantor. Lagi nonton tv ketika gempa mengguncang Medan. Kita semua menghambur keluar rumah, kali itu saya lihat tanah ikut bergoyang heboh cukup lama. Sampai hari ini pun saya masih inget malam itu apalagi pas kita diluar mulai banyak orang yang teriak tsunami. Heran ya, koq bisa-bisanya orang nyari keuntungan pas lagi bencana.

Setelah semua kejadian dengan gempa saya memang jadi jauh lebih takut kalau berada di gedung tinggi. Kita pernah lagi nonton, ehh gempa, rasanya pengen terbang keluar. Pernah juga ngerasa gempat di lt. 16 yang membuat kaki saya rasanya mau lepas saking capeknya lari.

Dulu semasa masih ngantor karena di Medan cukup sering diguncang gempa sebenarnya kantor-kantor saya sempat memberikan pelatihan tentang gempa. Intinya jangan panik dan berhati-hati. Masalahnya ketika kejadian yang ada adalah lariiiiii secepat mungkin haha. Pernah ya, gempa di Medan. Saya lagi ngantor di JWM dan kantor saya di lt. 16. Gempanya sih tidak begitu kuat tapi saya langsung kabur kebawah hahaha. No lift. Berdua sama bos saya yang sama-sama panikkan. Dia malahan masih sempet jemput istrinya ke lt. 20. Aduh. Trus saya perhatikan koq yang lari dikit banget, ternyata temen-temen saya yah udah santai aja. Sementara saya udah ketakutan. Kelar gempa juga gak mau masuk karena takut ada susulan hehe. Lupa semua teori tentang gempa.

Ngomongin apa yang harus dilakukan pas gempa, saya barusan browsing lagi dan copy paste dari siniΒ http://www.rappler.com/indonesia/104811-jangan-panik-gempa-berlindung-rumah-gedung

Ada yang pernah ngalamin gempa juga?

Di dalam rumah

  • Jika gempa terjadi saat Anda berada di dalam rumah, segera cari tempat berlindung.
  • Anda bisa berlindung di bawah meja dengan memegang kaki meja. Jangan lupa lindungi kepala Anda, bisa dengan tas, atau minimal dengan tangan.
  • Berikutnya yang harus diperhatikan adalah menjauhkan diri dari benda pecah belah, lemari, dan semua benda yang masuk kategori berat dan bisa menindih Anda. Tetap waspada dan perhatikan pergerakan benda-benda di sekitar Anda.
  • Setelah getaran berhenti, Anda bisa segera buka pintu dan keluar dari rumah secepatnya.

Di dalam gedung

  • Bagi yang berada di dalam gedung, secepat dan seaman mungkin keluarlah dari gedung setelah gempa berhenti.
  • Jangan memakai lift dan hindari bagian gedung yang rusak. Jangan menggunakan telepon kecuali sangat penting.
  • Biasanya di gedung-gedung pencakar langit sudah disediakan prosedur keselamatan melalui tangga darurat.
  • Ketahui di mana letak tangga darurat di gedung tempat Anda berada.

Di luar rumah

  • Jika Anda beruntung sudah keluar dari rumah, maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah mencari tanah lapang.
  • Jauhi pohon, tiang listrik, atau bangunan yang bisa rubuh seketika.
  • Jauhi jurang atau lereng yang curam, karena kemungkinan longsor lebih besar.
  • Jika anda merasakan getaran gempa yang sangat kuat, segera berlari ke dataran yang lebih tinggi, untuk mengantisipasi terjadinya tsunami.
  • Bagi Anda yang berada dalam kendaraan, berhenti dan keluar dari kendaraan saat itu juga. Jangan melintasi jembatan, atau jalan layang, karena kemungkinan untuk rubuh sangat besar.

Dan yang paling penting saat gempa adalah, jangan panik. Tetap tenang dan perhatikan sekitar Anda dengan cermat. β€”Rappler.com

Tips satu lagi selalu sediakan emergency bag yang berisi barang-barang penting. Saya dan Matt masing-masing menyediakan satu tas yang berisi barang-barang yang sekiranya penting. Selain itu sekarang kalau tidur pakai pakaian lengkap. Oya jangan lupa download applikasi BMKG untuk lihat beritanya. Yah walaupun gak terlalu cepat update paling gak kita bisa tahu ada berita apaan.

 

PS : Ketika tulisan ini naik ketika hampir setiap hari Medan diguncang gempa. Mulai dari yang gak berasa sampai yang mau bikin copot jantung. Lebih mengerikan kebanyakan gempa yang cukup kuat terjadi di malam hari ketika kita sudah terlelap. Mudah-mudahan tidak sampai membahayakan ya gempa ini.

Advertisements

46 comments

  1. Jika diteliti secara geografis sebenarnya pulau jawa pun sebenarnya juga termasuk daerah rawan gempa seharusnya karna lgsg berbatasn dgn laut lepas. Tp alhamdullilah sejauh yg saya tahu di pulau jawa aman tentrem ayem, paling jg banjir karna ulah org” udik yg suka buang sampah seenak jidadnya.

    Banyak” berdoa aja, biar tuhan yang maha adil tidak terus mengekspose bencana di sumatra, seolah olah rakyat sumtra ini memang ditakdirkan melulu kena azab bencana. Heheee..

    • Indonesia emang dilalui sama patahan2 sih, jadi rawan gempa. Beberapa hari lalu Sukabumi ada gempa juga.

      Sumatera emang dilalui patahan bumi *bener gak ya ini istilahnya* plus banyak gunung api jadi emang lebih rawan

  2. Waktu aku kecil di kampungku sering banget gempa lumayan gede berasa bngt goyang goyangnya. Trus yg paling ku ingat pas waktu tsunami aceh aku di singapura merasakan gempa juga. Trus di taiwan jg pernah tuh pas aku lg mandi lgsg panik keluar KM pake handuk aja πŸ˜… sejak itu sampai skrg alhamdulillah g pernah ngerasain gempa …

      • Oh gtu ya…iya sih 1,5th di inggris g pernah ngerasain gempa *jangan sampe deh. Di Jawa jg sering non apalagi di Taiwan … serrem πŸ˜‘

  3. Emang gempa itu bikin orang traumatis banget. Gw takut juga ama tsunami padahal waktu gempa Jogja ga ada tsunami. Tp mgkn krn tiap kali gempa, orang2 pada takut kejadian tsunami kek di Aceh. Gw juga ga suka pergi ke laut karena alasan itu mbak hiks 😦

  4. Ngeri banget mbak non. Alhamdulilah aku belum pernah rasain gempa gede. Jangan sampe deh. Kalo gempa ringan, pernah. Rasanya semacam kayak pusing kepala gitu. Jadi kuminumin obat. Eh besok pas ada di brita taunya gempa ringan. Dan kalo sampe aku ada di posisi lagi kena gempa, mungkin aku juga bakal panik lah. Udah deh ga kepikiran lagi soal panduan menyelamatkan diri.
    Btw, deket rumahku kemarin ada puting beliung yg ngerusak rumah penduduk. Mungkin alam lagi marah kayaknya 😒

  5. Aku juga takutttttt bgt dengan gempa😞😞😞😞 pucat lgsg. Yg dibayangan aku bumi terbelah dan aku masuk ke dalm. Hayalan tinggilah lgsung. Medan skrg sering kena gempa ya. Ahhh mudah2an ga semakin seringlah

  6. Kalo orang Indonesia mah sepertinya cukup banyak yang pernah mengalami gempa ya Non. Secara Indonesia kan berlokasi di perbatasan lempeng-lempeng gitu. Terakhir ngerasain gempa tahun lalu nih di Meksiko, haha. Temenku merasa goyang-goyang doang (gak gede sih gempanya) dan gak sadar kalau itu gempa, haha

    • Hehhee…iya Indonesia itu sebagian penduduknya terutama yang di Sumatera kayaknya semau pernah ngerasain deh. Meksiko juga ya, aku skr punya app gempa gt Zi, tiap hari ada laporannya gempat2 dimana aja. Serem juga ya

  7. Seumur-umur belum pernah ngalamin gempa. Dan nggak mau tentu saja. Ya itulah enaknya tinggal di desa saya. Tapi kadang heran kok bisa ya gempa menghancurkan bangunan2 besar?

    • kalau bangunannya tidak dibangun ramah gempa plus gempanya gede yah rusaklah 😦
      Indonesia itu dilawatin banyak lempengen2 bumi yang patah jadi emang resiko gempanya lebih besar

  8. sekarang masih sering gempa kah Mba?

    saya juga dapet kabar dr keluarga di kabanjahe bahwa gempa terus berlanjut beberapa hari belakangan, jadi ada rasa khawatir. 😦

    • 2 hari ini gak ada, moga2 berhenti deh. Soalnya sudah mulai seliweran soal gunung api di Toba aktif lagi dan beritanya (yang seliweraan itu) bikin serem. Sampe kita browsing trus berita paling bener hehe.

  9. Stay safe Mbak Noni. Aku juga paling serem kalo gempa. Emergency bag itu penting banget ya, ga cuma buat gempa aja tapi buat jaga2 kemungkinan yang lain juga. Sayangnya masih banyak yang belum aware nih ttg emergency bag (buat orang sekaligus hewan peliharaannya).

  10. Bisa dibilang beruntung, Palembang nggak ada laut, sehingga hampir gak pernah merasakan gempa. Jikapun kerasa, biasanya efek dari gempa Bengkulu. Tapi itupun udah ngeri banget.

  11. Dulu sering bgt ngalamin gempa ka Non waktu masih blm merantau, dulu besar di daerah taput tarutung.. Ada kali dalam 3bulan sekali gempa n pernh ngalamin juga rumah pd retak n sekolah banyak yg rubuh.. Diri sempoyongan, duduk kaya dibanting.. Serem bgt pokoknya.. Udh lama ga ngerasain ehh pas thn lalu ke Bali ngerasain lg padahal cm pelan bgt itu badan gemeter semua, udh gak tau gimana..

  12. Dulu waktu tinggal di manado sering gempa. Untungnya gempa kecil2. Ruangan yg saya tempati pernah ditimpa tembok kantor sebelah. Untung pas hari libur. Saya merubah posisi tempat duduk yang tadinya membelakangi tembok kantor sebelah jadi menyamping. Antisipasi.

  13. Ih iya kemarin Gempa mba katanya. Ngeri yaa dulu aku ngerasain terakhir pas di Bali, dikira ada hantu kok goyang semua hahahah. Tapi emang susah yaa Indonesia Ring of Fire sih pasti kena Gempa terus di beberapa wilayah itu

  14. baru kemarin aku merasakan gempa mbak Noni….tapi emang serem banget kalo udah kena gempa yang gede. Apalagi Bandung itu rawan banget karena deket sama patahan Lembang yang aktif ><

  15. Ah iya. Waktu gempa Aceh 2004 dan disusul gempa Nias 2005 itu saya masih di Medan. Saat gempa Nias memang terasa lebih kuat ke Medan, sampai kita keluar rumah semua dan terduduk di aspal depan biar aman, kan pusing kalau lari-lari saat bumi gonjang ganjing.
    Kemarin saat gempa lumayan keras itu, sempat khawatir juga sama keluarga di Medan. Katanya masih ada susulan juga kan beberapa hari lalu. Semoga cepat selesai ya gempanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s