Sehat dan Langsing dengan Program Mindslim + Vlog


dsc08851

Tulisan ini murni pengalaman saya berjuang untuk hidup lebih sehat dan juga menghilangkan beberapa kg berat badan πŸ™‚

Sampai akhir November 2016 lalu sebenarnya saya mulai ngerasa kalau saya butuh orang lain untuk memotivasi diri agar hidup lebih sehat. Terutama karena saya susah banget mengendalikan diri kalau soal makanan. Saya tahu makanan apa saja yang bagus untuk tubuh saya tapi emosi saya lebih banyak mempengaruhi keputusan makan-makan saya. Nyium bau rendang beli nasi bungkus Padang, pengen bakso beli, pengen ini dan itu. Semuanya padahal gak baik lah.

Kebiasaan jelek itu ditambah dengan sifat saya yang selalu denial kalau saya sudah hidup lebih sehat. Saya yoga, mengurangi banyak sekali makanan yang semestinya harus saya tidak konsumsi lagi, dan masih banyak lagi denial saya. Termasuk kalau saya tidak terlalu gendut koq haha. Padahal saya sesak nafas kalau jalan, badan saya gak pernah segar, saya selalu ngerasa capek dan saya selalu teramat sangat kesakitan pas mau mens/mens.

Singkat cerita Desember lalu temen saya Anggie ngajakin ikutan Mindslim. Mindslim ini sebenarnya ada di studio yoga tempat saya biasa latihan. Cuma selama ini saya “meragukan” kalau program ini bisa bekerja untuk saya. Selama ini saya sudah coba banyak sekali diet. Selalu hasilnya seperti yoyo. Turun 1-2 kg, ehh naik 5 kg. Gimana coba haha.

Trus Coach Irwan dari Mindslim ngajakin saya ngobrol. Intinya beliau bilang cobain aja dulu program ini dan dari hasil ngobrol saya sedikit ngerasa kalau program ini bakalan berhasil.

Jadilah saya yang ragu-ragu ini ikutan join. Kita satu kelas waktu itu ada 8 orang. Sewaktu kelas di mulai, saya sebenarnya kayak yang nothing to lose aja deh. Kalau berhasil ok, gak berhasil yah….udah biasa haha.

Then kelas dimulai. Kita diajakin ngobrol tentang kebiasaan-kebiasaan kita selama ini. Contohnya saja kebanyakan dari ibu-ibu yang ikutan kelas ngaku kalau setelah menikah/punya anak biasanya kalau lagi makan trus makanan anak/suami gak habis, si ibu yang habisin. Istilahnya tong sampah. Lalu selalu ngerasa sayang kalau ada makanan yang gak habis. Belon lagi ada anggapan “kalau sudah laku” maka tidak perlu lagi menjaga tubuh seperti sewaktu single dan masih banyak lagi mindset yang salah tentang makanan dan tubuh kita sendiri.

Nah, pikiran-pikiran seperti ini yang berusaha diperbaiki. Lalu cara makan kita juga banyak banget yang salah. Kita kebanyakan makan cuman karena emosi semata. Liat warna makanan laper, nyium wangi makanan ambil piring, nonton tv gak bisa lepas dari makanan, diajakin makan sama temen gak pernah nolak, males minum, males bergerak, dan masih banyak lagi. Semua itu salah.

Nonton Vlog tentang Mindslim untuk cerita lengkapnya :

Ada 5 magic rules yang mesti kita terapkan didalam hidup ini (perihal makan ya…)

01. Makan pada saat lapar fisik

Sadar gak sih, kalau kita itu lebih sering makan karena emosi. Seperti yang saya ceritakan diatas. Kita lebih sering makan pada saat tubuh kita gak butuh. Cuman pengen aja. Di kelas ini kita diajarin gimana mengenal lapar fisik.

02. Makan makanan yang kita inginkan

Save the best for last tidak berlaku untuk makan. Kita kan sering banget yaaa nyimpen2 makanan yang paling kita suka/inginkan malah yang terakhir. Makan nasi padang, seluruh nasi habis ehh rendangnya disimpen yang terakhir. Ini salah banget. Kalau kita sukanya rendang, yah makan aja rendangnya. Kalau sudah kita makan, malah gak pengen ngabisin nasinya hehe.

03. Makan dengan sadar

Maksutnya kita makan dengan menikmati makanan yang kita makan. Contohnya nih kita makan cake, nah kita rasakan deh rasa yang ada didalam cake itu, teksturnya. Intinya kita menikmati makanan dengan bener.

04. Berhenti saat netral (kenyang)

Tau gak, kita keseringan makan sampe kenyang yang full banget. Pengen muntah terkadang. Ini salah banget. Ada beberapa temen saya yang setelah mengikuti kelas mindslim ini malahan makan 5-10 sendok nasi sudah terasa kenyang. Apalagi kita juga diajarin mengenali rasa kenyang yang sesungguhnya.

Kalau di saya perubahannya adalah bisa mengatakan cukup untuk makanan yang sedang saya makan terutama keripik hihi. Kadang-kadang emang ada juga yang bablas tapi jarang banget lah. Kalau kenyang ya udah berhenti walaupun masih banyak atau dengan terpaksa tidak menghabiskan makanan ketika makan di restoran.

05. Bergerak lebih banyak

Kita semua tahu dong, kalau mau menjaga berat badan, mau hidup sehat atau kehilangan berat badan maka harus berolahraga. Nah, di Mindslim ini kita diwajibkan untuk banyak bergerak. Minimal 2000 langkah perhari dan ditambah trus jumlahnya. Intinya banyak bergerak. Saya set goal sekitar 15.000 steps perhari dibulan pertama. Lalu dibulan berikutnya minimal 10.000 steps. Capek sih jalan 1-1/5 jam untuk mencapai goal itu. Belon lagi kalau pas nonton tv saya usahakan pas iklan jalan atau bergerak. Lalu saya juga masih yoga 2-4 kali seminggu.

Mindslim adalah program hypnotherapy untuk merubah kebiasaan hidup kita untuk mendapatkan hidup yang lebih sehat (bonusnya langsing/turun berat badan).

Yang tadinya saya pikir hypnotherapy itu bakalan sepanjang sesi, ternyata gak koq. Jadi ada beberapa waktu yang kita emang mendengarkan audio untuk memotivasi kita agar hidup lebih positive.

Setelah hampir 2 bulan menjalani program ini, yang paling bikin saya seneng adalah saya punya temen baru, hidup saya jauhhh lebih sehat. Saya yang memang lagi merubah pola diet (diet itu artinya pengaturan pola makan)

Pengertian diet adalah pengaturan pola makan, baik porsi, ukuran maupun kandungan Gizinya. kata dietberasal dari bahasa Yunani artinya cara hidup.

Karena masih susah banget untuk diet endometriosis, saya untuk saat ini  hanya setiap 2 minggu ( 1 minggu menjelang mens + mens) akan bener-bener ngikutin dietnya, pelan-pelan mudah-mudahan bisa 100 %.

3952cafcc6d82c59652a61c787230487

Lalu saya jalan kaki + yoga setiap harinya, sudah beberapa bulan ini juga setiap mens saya hanya kesakitan 2-3 hari. Biasanya bisa 2 minggu saya minum pain killer karena mens, sekarang berkurang jauh. Oya, bulan pertama kemaren saya berhasil menurunkan 2 kg. Ini jarang banget terjadi. Maksutnya hilang 2 kg dalam waktu 1 bulan πŸ™‚ biasanya turun, besoknya langsung naik lagi haha. Memang belum hilang sebanyak yang saya mau, tapi pelan-pelan saya yakin bisa turun. Goal saya 1 tahun saya bisa menghilangkan sekitar 8 kg (saya kelebihan 8 kg sejak mengikuti terapy hormon selama 2 tahun).

Selain itu saya lebih happy dan ngerasa lebih positive. Iya….belon 100% sih, tapi minimal saya berusaha untuk jadi lebih baik, ya kan πŸ™‚ . Ini kan tujuan hidup semua orang ya, berusaha menjadi lebih baik setiap harinya. Ihiy….cihuy bangetlah.

Yang paling menyenangkan dari program ini adalah kita sebenarnya masih bisa makan apapun yang kita suka dan mau selama kita mengikuti 5 magic rules tadi. Selain itu karena kita gak nahan-nahan selera makan akhirnya malah jauh lebih santai hehe. Trus karena berolahraga setiap harinya, hormon endorfin juga selalu saya hasilkan yang efeknya bisa membuat saya lebih santai (soalnya capek haha) dan fun.

Intinya saya seneng sekali mengikuti kelas ini dan mungkin buat kamu yang sedang kesusahan untuk mengganti pola hidup plus pengen kurus, mungkin tulisan dan vlog saya bisa menginspirasi πŸ™‚ . Yah kita saling menyemangati ya hehe. Di group Mindslim ini juga hampir semua pesertanya saling memberi semangat dan kita fun bareng-bareng juga.

Untuk yang penasaran dan pengen tahu tentang program Mindslim bisa langsung datang ke alamat dibawah dan bisa juga mendapatkan gratis konsultasi selama 1 jam. Selain itu kalau pengen ikutan yoga di Medan atau komunitas jalan kaki kita, bisa bergabung di alamat bawah juga ya.

One Homy Studio

Komp Taman Setiabudi Indah Blok GG – 11. Medan 

Hp (Coach Irwan) 08121037515 / 082282810451

Semoga kita lebih semangat untuk hidup lebih sehat dan tentu saja lebih positive πŸ™‚

Update : 21 Feb 2017, baru timbang dan total turun berat badan 6,3 kg πŸ˜„. Tepat 2 bulan setelah program.


 

dsc08854 dsc08880 dsc08887

dsc08837

dsc08896

Advertisements

47 comments

  1. aku pernah ikut free trial serupa mindslim ini, tapi lupa namanya apa di jakarta. sebulan pertama mah masih bisa, tapi lama kelamaan ya kalap lagi kalap lagi 😦 kayanya aku cuma butuh teman sehat deh. huhuhu.

  2. Intinya kita harus hidup sehat demi kita sendiri (bukan krn blm laku/blm nikah, bukan krn pasangan juga) kalo kita lakuin hal itu demi diri sendiri mau udah nikah/blm kita tetap semangat jaga kesehatan yg mana bonusnya tubuh langsing tapi perioritas utama kan kesehatan ya. Jalan g sesak nafas selalu segar bugar kan indah tuh hidup kita kalo tiap hari begitu non πŸ˜‰ mmg faktanya banyak yg udah nikah apalagi udah punya anak/udah laku mrk jadi endut bngt krn rasa sayang buang makanan /jd tong sampah makanan sisa anak/suami πŸ˜… tp kalo kita cinta kesehatan disaat ah sayang makanan dibuang *segera tepis pikiran itu dg *ah lebih sayang kesehatanku dong…ntar jadi overweight trus endut trus asam urat trus kolestrol dll…mikir sesuatu yg negatif akan terjadi pada kesehatan kita saat sayang makanan dibuang maka sebenarnya lebih baik sayang kesehatan tubuh kan πŸ˜‰ mindslim seharusnya sudah tertanam dlm pikiran kita kalo kita cinta kesehatan kita. Aku blm pernah ikutan mindslim tp baca tulisanmu non, selama 1th jalan 2th ini begitulah lifestyle ku belajar dr suami (yoga lifestyle)

  3. Ini bener banget, karena lapar itu sebenernya bukan di perut, tapi di otak. Dulu pas aku rajin diet 5:2 (5 hari makan normal, 2 hari puasa 500 kalori doang), ini bikin aku untuk belajar memilah mana yang namanya lapar beneran atau cuman lapar kepengen. Memang harus mind control kalau soal ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s