When in Tokyo, Japan


Japan tripWhen in Japan

Katanya liburan ke Jepang itu mahal. Emang bener sih haha. Liburan ke Jepang itu mahal karena apapun terasa jauh diatas harga rata-rata dinegara sendiri. Eits….walau katanya mahal tetep aja sebenarnya kita bisa seneng-seneng dan menikmati Jepang dengan cara gratisan atau ekonomis. Caranya gimana, yuk baca tulisan ini selengkapnya. Sebelumnya saya harus peringatkan kalau budget setiap orang berbeda, ya.

01. Tsukiji Fish Market

Tsukiji Fish Market Tokyo
Tsukiji Fish Market Tokyo

I heard many fishes now applying citizenship in Australiaย hahaha. Mungkin itu yang kepikiran sama ikan-ikan ketika ngeliat orang Jepang.

Salah satu tempat yang wajib kita datangi di Tokyo adalah Tsukiji Fish Market. Biarpun kalian misalnya gak suka makan ikan tetep deh, masukan pasar ini dalam rencana perjalanan.

Tsukiji adalah pasar ikan tertua di Jepang. Dibangun tahun 1935. Merupakan pasar ikan tertua di Jepang. Disini hiburan gratis adalah nonton pelelangan ikan. Selengkapnya tentang pasar ini bakalan saya tulis di blog. Nantikan ya haha.

02. Sumo

Sumo
Sumo

Nonton sumo yang kelas no 1 pasti lumayan mahal. Sekitar 150 dollar tapi tetep bisa diakalin dengan nonton yang kelas kambing kayak kita kemaren haha (walau sebenarnya kita sih tetep mau dapatnya dikelas yang lebih enakkan, deh). Kelas paling bawah itu dihargai sekitar 2200 yen atau 22 dollar. Kalau masih terasa lebih mahal sebenarnya bisa gratisan juga. Nanti saya bakal tulis tentang Sumo gratisan ini. Jadi nantikan saja.

03. Kabuki

Pic source : world-nesia.blogspot.com
Pic source : world-nesia.blogspot.com

Kalau lagi bepergian dari Medan, saya dan Matt sebenarnya senang sekali kalau ada kesempatan untuk nonton pertunjukan seni ditempat yang kita datangi. Misalnya saja Kabuki di Tokyo. Masalahnya kemaren kita emang fokus buat nonton Sumo sehingga Kabuki menjadi pilihan terakhir.

Tiket nonton Kabuki sendiri beragam, dari website yang saya ikuti harga yang ditawarkan sekitar 248 dollar dan tiket harus dipesan minimal 48 jam sebelum pertunjukan. Entar tiketnya bisa dianter ke hotel tempat kita tinggal. Kita gak berani beli karena emang nunggu gimana nasib kita dengan si Sumo. Agak sedih juga melewatkan pertunjukan ini. Tapi rasanya untuk harga segitu juga terlalu mahal, ya kan hehe.

Untuk kamu yang kepengen nonton Kabuki, selain yang harganya cukup mahal itu ternyata kemaren saya dapat penawaran dengan harga USD 48 saja. Lumayan ya. Kalau mau lebih murah lagi katanya ada tiket untuk 1 jam show seharga 700 yen. Nah, yang ini saya belon dapatin informasinya untuk mendapatkan tiket. Yang lainnya masih cukup terjangkau koq harganya, bisa dilihat di website dibawah. Lumayan lah 1000 yen ๐Ÿ™‚

http://www.kabuki-bito.jp/eng/info/news/makumi_single_act_ticket_kabukiza_tokyo_september_2016.html

04. Harajuku

nalu-style.com
nalu-style.com

Orang Jepang itu banyak yang suka berpakaian “aneh-aneh” saking anehnya kita berdua emang gak terlalu pengen ke Harajuku yang memang pusatnya anak-anak muda berpakaian sesuka mereka. Tadinya sempet sih kepikiran kesini, tapi kalau yang saya baca-baca, anak-anak ini kebanyakan nonggol di weekend. Kita sempet lihat beberapa di stasiun Shinjuku (deket apartemen kita) dan Matt terlihat males gitu. Pokoknya dia gak tertarik. Jadi Harajuku bisa dilewati.

Untuk yang seneng lihat fashion atau street photography mungkin tempat ini bisa dijadikan tempat untuk hunting foto dan gratis pula.

05. Taman

TOkyo Park

http://www.timeout.com/tokyo/things-to-do/best-tokyo-parks

Kita berdua suka sekali pergi ke taman dan biasanya suka nyempet-nyempetin ke taman kota jika traveling. Biasa di Medan tamannya belum ada yang ok, jadi kalau pergi demen nyari taman yang nyaman. Biasanya kita suka sok piknik berduaan, istirahat, liat binatang atau cuman duduk-duduk aja nontonin orang-orang.

https://nonikhairani.com/2016/09/14/people-watching/

Tokyo Park

Taman ini juga biasanya nih, dalam 1 hari kan pasti ada yang kita beneran makan hemat haha. Nah biasanya kita suka beli dari supermarket trus makan di taman. Kalaupun enggak makan, palingan duduk-duduk sambil minum atau makan snack. Agak susah saya soalnya makan sambil jalan-jalan.

Yang paling terkenal kalau gak salah taman Ueno. Taman ini juga biasa didatangi orang-orang untuk melihat pohon sakura ketika berbunga. Karena kita di Tokyo lagi dalam keadaan hujan badai, so pergi ke taman Ueno memang dengan sengaja kita batalkan.

pic source www.cntraveler.com
pic source http://www.cntraveler.com

06. Asakusa Temple

Asakusa Temple
Asakusa Temple

Ini satu-satunya temple yang sempat kita datangi di Tokyo dan gratisan. Padahal ada lagi yang rencananya pengen kita lihat. Namanya Kuil Meiji atau Meiji Shrine.

Pic souce www.alamy.com
Pic souce http://www.alamy.com

Meiji ini terletak di dekat Harajuku dan kuilnya sendiri dipeluk oleh hutan kecil. Pasti cakep dan ada banyak sekali pernikahan tradisional Jepang yang diadakan disini. Jadi kita bisalah nonton gimana sih pernikahan Jepang kalau pas lagi beruntung. Sayang, saya dan Matt gak punya waktu lebih untuk datang kesini.

07. Yukata

Yukata
Yukata

Kita berdua sepakat bakalan nyewa yukata ketika di Kuil Asakusa dan ternyata hujan badai. Saya langsung males pakai kain-kain kayak gitu becek-becek. Ribet haha. Emang kurang niat juga sih. Tapi…….kalaupun kita gak make yukata, tetep seru koq melihat cewek-cewek dengan yukata dan payung hilir mudik.

Gratis pula haha.

08. Sake

Sake and Shirakawago
Sake and Shirakawago

Saya tahu gak semua orang minum sake tapi kami lumayan suka. Saya suka karena Sake ada yang disajikan panas/hangat. Masalahnya di Medan kan mahal banget, jadi kalau lagi di Jepang atau transit Jepang, kita bisa panik deh haha.

Sebenarnya untuk sake bisa dibilang gak murah-murah banget. Untuk sake testing kita bayar 5 dollar per cangkir/mug kecil itu. Apa sih namanya itu. Sementara wine tasting di US aja cuman bayar 5-10 dollar untuk 5 jenis. Nah, kalau emang penasaran banget pengen sake, bisa ke minimarket. Disana banyak yang jual sake 1 botol ย dengan harga kurang dari 100 ribu ๐Ÿ™‚ yah namanya juga traveling, gpp dong nyobain haha.

09. Mural, Manga atauย gambar

Saya gak punya foto tapi kalian bisa lihat beberapa mural (dikit banget sih) didalam video diatas. Memang sih kita agak jarang ngeliat mural-mural gitu, lebih banyak manga kayaknya. Kalau manga, kita bisa lihat dimana-mana terutama deket-deket pusat keramaian. Saya lihat banyak anak muda Jepang yang suka banget foto2 atau bikin video dideket-deket manga-manga ini. Secara kita gak ngikutin dunia per-manga’an jadi beneran gak tau apa2.

10. Shopping

Belanja murah di Jepang? hahaha….agak susah ya kayaknya. Sebenarnya kalau mau belanja murah di Jepang selalu bisa koq. Ada Daiso, toko 100 yen dan ada banyak lagi toko mirip-mirip kayak gitu. Pas kita terbang dari Kansai (Osaka) malah di airport banyak banget toko-toko murah meriah. Akhirnya di airport bisa belanja. Kemaren di Narita gak ada toko2 murah tapi kalau mau bisa belanja diseluruh Tokyo karena toko-toko ini bertebaran.

Yah kira-kira begitu deh cara menikmati Tokyo dengan wise budgetย tapi tentu saja budget setiap orang gak sama. Ada yang yang lebih tinggi atau lebih rendah. Tinggal kitanya aja yang harus pinter-pinter menyiasatinya supaya pas pulang liburan gak bangkrut-bangkrut banget haha.

Ada ide yang lain?

Advertisements

51 comments

  1. saya seneng banget taman mbak. ๐Ÿ˜€ ide buat beli makan di supermarket dan makan di taman itu boleh banget kayaknya ya. ๐Ÿ˜€ ngirit. kalau di surabaya sih tiap taman ada yang jualan, jadi bisa langsung jajan saja. hehe

  2. Taman Ueno itu asik banget kayaknya kalo gak hujan badai ya, Mbak Non. Emg kadang ngeliat harajuku gitu sumuk tapi seru juga mungkin utk street fotografi. Jadi keinget cosplayers di Bunkasai USU hihi ๐Ÿ˜Š

  3. MAKAN.

    Itu tujuan utama ketika kami ke Jepang. Lalu belanja. Hahaha konsumerisme banget ya… belanjanya juga spesifik ke Uniqlo sama Donki, mungkin krn Uniqlo ga ada disini, klo di Indonesia mah santai aja kali ya.

  4. Seandainya aku ke Jepang aku pengen ke studio ghibli aja mba non, soalnya suka banget ama segala produksi animasinya studio ghibli. Oh sama pengen ketemu sama Koji Shiraishi, pengen nanya aja kenapa film sadako vs kayako ancur banget…. haha. Eh maksudnya kenapa filmnya terkesan buru-buru tayang. gitu aja sih, hehe.

  5. outdoor onsen (meskipun outdoor tapi dipagarin, jadi ttp bisa liat pemandangan yg tergantung musim) dan menyewa kimono ๐Ÿ™‚

  6. Huaaa iya Non pas ke Meiji Shrine tahun lalu juga aku kebetulan ketemu orang yg lagi merit pakai pakaian tradisionalnya gitu!!

    Ueno memang keceee banget sewaktu Musim Sakura!! ๐Ÿ˜๐ŸŒธ

  7. Weekend: meiji shrine biar bisa ketemu yg nikahan, car free day di ginza pas weekend, bolak balik nyebrang sampe dapet foto bagus di shibuya crossing, haha.
    Klo nyewa yukata mahaaaal tp klo mau foto doang aku pernah di osaka castle itu cuma 300 yen, hehe.
    Pengen dateng juga ke tsukiji, tp mesti pagi banget ya mba kesananya biar bisa liat? Aku ngga sanggup klo kepagian ๐Ÿ˜ญ

  8. beberapa tempat di atas aku memang udh niat mw datangin feb nanti mbak.. kec yg temple krn memang ga gitu seneng liat temple.. tapiiiiii aku udh masukin bbrp kuil di tokyo dan osaka, yg katanya sih berhantu :D.. nah, kalo yg bisa naikin adrenalin gitu aku mau deh liat2 :D.. tiket masuknya jg ga mahal… mkanya udh bilang ke suami, pokoknya hrs temenin kesana ;p

  9. Pokoknya kalau lagi di Jepang cukup siapkan uang buat makan dan parem kocok deh. Jalan2 ke taman2, kuil2, musium2 muter ampe gw pot balik hotel blonyohin deh pakai parem kocok biar otot lemes siap buat jalan besokannya lagi ๐Ÿ˜„๐Ÿ’ช๐Ÿ™๐Ÿผ๐Ÿ‘๐Ÿ˜ฌ

    *pengalaman pribadi*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s