10 Things I Adore About Myanmar


Bagan Myanmar
Bagan Myanmar
Sewaktu tema ini muncul, saya bingung banget. Apaan ya? tempat yang mana harus saya tulis? Iya seperti sudah terlalu banyak aja yang didatangin haha.

Tema #ceritajalanasik kali ini adalah 10 Things I Adore About……… terserah kota/negara/desa yang pernah kami kunjungi. Bingung kan, ya. Soalnya tempat yang kita kunjungi pasti karena kita suka hehe. Jadilah saya lama banget bengong ngeliatin foto-foto dari tempat-tempat yang pernah saya kunjungi.

Jangan sampai lewatkan tulisan :

Aggy : 10 Things I Love About Studying Abroad

Febby : 10 Alasan Mengapa Pariwisata Prancis Sangat Terkenal

Akhirnya setelah berminggu-minggu bingung banget mesti nulis apaan, hari ini saya putuskan untuk menuliskan tentang Myanmar. Kenapa Myanmar? karena negara ini sudah lama sekali menjadi bucket list saya. Baru kesampean tahun lalu, itupun tidak bisa pergi dengan Matt. Saya mengunjungi Myanmar dengan adek saya yang sebenarnya males banget kalau disuruh kena debu haha. Untungnya dia baik banget mau nemenin.

Kenapa saya bisa segitu terpesonanya dengan Myanmar :

01. Balon

Bagan
Bagan
Saya jatuh cinta dengan Bagan gara-gara foto di majalah Jalanjalan. Majalahnya sudah tutup sekarang. Fotonya waktu itu diambil oleh Cristian Rahadiansyah. Saya bener-bener memasukkan foto itu kedalam kepala. Jadi beneran inget banget.

Bertahun-tahun setelah itu akhirnya disuatu pagi di bulan Februari tahun 2015 saya melihat dengan kepala sendiri. Pengen nangis rasanya, ihhh kesampean juga. Masalahnya Myanmar kan sebenarnya gak jauh-jauh banget dari Indonesia tapi entahlah kenapa koq lama banget saya bisa mewujudkan mimpi hehe.

02. Wanita berleher panjang

Htilominlo Pahto Bagan
Htilominlo Pahto Bagan
Saya sempat menuliskan tentang suka berleher panjang disini, jadi silahkan klik aja ya linknya πŸ™‚

https://nonikhairani.com/2016/10/24/htilominlo-pahto-pagoda-cantik-di-bagan/

03. Bedak Dingin dan Sarung

Myanmar
Myanmar

Bagan Myanmar
Bagan Myanmar

Thanaka Myanmar
Thanaka Myanmar
Thanaka ini sebenarnya bedak dingin yang dibuat dari pohon Thanaka. Di Myanmar dimana-mana kita bakalan melihat kaum wanita bahkan anak-anaknya pun menggunakan bedak dingin ini. Terkadang saking kreatifnya pola bedaknya pun macem-macem. Buat yang tidak terlalu kreatif bentuknya hanya bulat-bulat dipipi atau kening. Kemanapun mereka pergi gak pernah lepas dari bedak ini.

Tiba-tiba saja kecantikan di negara ini bukan berdasarkan bedak two way cake, BB cream, atau make up lainnya. Cukup pakai bedak dingin.

Sementara sarung dipakai kemana-mana. Tua dan muda selalu bersarung kemanapun termasuk ke mall, nyetir, naik gunung. Pokoknya kemanapun πŸ™‚

04. Sunrise

Sunrise Bagan Myanmar
Sunrise Bagan Myanmar

Sunrise Bagan Myanmar
Sunrise Bagan Myanmar
Saya itu gampang banget jatuh cinta dengan suatu tempat kalau mereka memiliki matahari terbit dan terbenam yang cantik. Bagan salah satu tempat  yang saya datangi dan memiliki pemandangan matahari terbit/terbenam sempurna. Cantik tanpa cela. Beneran bagus banget. 4 hari saya disana, setiap pagi saya pasti nongkrongin matahari terbit/terbenam sampai supir kami bosan haha. Beneran bosan dia nungguin saya pindah-pindah pagoda cuman buat liat pemandangan yang katanya sama semua.

05. Sunset

Sunset Bagan Myanmar
Sunset Bagan Myanmar
Matahari terbenam paling cantik yang pernah saya lihat selama hidup itu di Bagan. Jadi emang sampai hari ini kalau ngeliat matahari terbenam, saya pasti langsung inget Bagan. Cantik luar biasa.

Foto diatas saya dapat di hari kedua di Bagan. Sore itu kami datang lebih awal kesebuah pagoda. Hanya berdua dengan adik saya. Tangga pagodanya pun sudah tua hampir patah. Menjelang terbenam, hanya ada beberapa orang yang ikutan join. Rata-rata turis yang kebetulan lewat dengan sepeda dan karena kita teriak-teriak kasih tau kalau pemandangannya bagus, mereka ikutan join. Rasanya saya akan ingat terus sore itu ketika matahari perlahan turun dan memberi rona jingga dilangit.

06. Pagoda, Candi…..

Bagan
Bagan
Disini ini saya pikir bakalan mabok candi, pagoda karena setiap hari selalu keluar masuk. Bahkan pagoda-pagoda kecil yang tidak didatangi pun kita kunjungi. Saking rajinnya haha. Namanya pun lupa karena banyaknya. Semuanya cantik. Semua punya cerita dan semuanya bikin betah buat duduk-duduk didalamnya. Kenapa ya didalam candi itu cenderung sejuk?

07. Rokok Jagung

Bagan
Bagan
Yang sering main kedesa-desa di Indonesia pasti gak kaget liat rokok jagung yang ada di foto. Saya pun sebenarnya biasa aja tapi kaget liat ukurannya haha. Gede banget. Bagus untuk atraksi turis tapi gak baik untuk kesehatan si ibu tua. Herannya setiap saya keluar masuk desa, koq yang keliatan ngerokok segede ini cuman ibu-ibu aja ya?

08. Kambing, sapi dan hewan ternak

Bagan
Bagan
Saya selalu suka lihat gerombolan sapi, kambing atau biri-biri. Dimanapun. Entah kenapa menarik aja. Di Bagan karena tanahnya berdebu, hewan-hewan ternak ini memberi pemandangan berbeda. Ketika mereka berjalan pulang ke kandang maka debu-debu akan naik keatas. Ganggu buat yang berdekatan dengan mereka tapi cantik banget buat yang ngeliatinya jauhhhh diatas candi kayak saya haha.

09. Monk

Bagan Myanmar
Bagan Myanmar
Disini kita akan melihat banyak sekali monk. Mereka ada dimana-mana dengan baju merah bata nya. Selalu senyum dan keliatan damai aja.

10. Kereta Kuda

Bagan
Bagan
Sebenarnya ya, saya itu paling malas liat kereta ditarik kuda. KEsian kudanya. Sama aja kayak naikkin binatang. Rasanya gimana gitu. Masalahnya naik kereta kuda disini itu biasa banget. Jadi kita bisa naik kereta kuda deh. berasa zaman dulu banget. Saya suka lihat dan motretnya doang. Untuk naik kayaknya untuk sementara belon hehe. Saya pilih naik mobil ber ac aja hahaha. Manja emang πŸ™‚

Kalau ngomongin Myanmar khususnya Bagan emang berkesan banget. Rasanya setiap bulan Desember – Februari pengen buru-buru kesana lagi haha.

Adakah tempat wisata yang selalu ingin kamu kunjungi karena terpesona dengan tempatnya? sharing yuk, siapa tahu saya jadi kepengen juga.

#ceritajalanasik is a weekly travel theme where we share our travel stories based on a certain theme by jalan2liburan, nyonyasepatu dan dewtraveller. Check our posts every Wednesday!

This week’s theme :10 Things I Adore About

Advertisements

34 comments

  1. mbak, itu monk yang paling kiri, sadar kamera banget, posenya loh. πŸ˜€
    pacitan mbak.. pantainya bagus2. katanya sunrise di Banyutibo bagus, tappi aku belum tahu juga. hehe

  2. Bagan memang cantik banget ya, cuma panas dan debunya bulan Februari gak nahaaannn, pfiuhhh.. Btw, seperti biasa, foto-fotonya Noni keren-keren..tempat yang selalu bikin saya pingin balik lagi itu Sumatra Barat, karena pemandangan alamnya, dan Jawa Barat, karena kangen kulinernya, hehehe…

    • Iya debunya gila banget ya. Aku juga pas disana jadinya gak berani naik sepeda karena gak tahan debu. Jadi sewa mobil aja hehe. Gak berasa debuan.
      Makasih ya Pungky.

      Sumbar emang bagus banget ya, aku juga pengen balik lagi deh kesana. Terakhir aku kesana taon 2000, kelamaan hahaha.
      Jabar juga banyak tempat bagus. Duh…….jadi pengen makanan Bandug deh

  3. Mbaa Noniii, cantiknyaa poto nomer 4 dan 5, sunset dan sunrise nyaaa bagus-bagus hasil fotonyaa.. beteweh ternyata bedak dingin sama sarung juga populer yaa di luar negeri hihii kukira di sini sini ajaa #maklummainnyakurangjauh :p

  4. Aku tuh ga pernah ada niatan jalan jalan ke myanmar mba non, tp tuh ngebacain dan ngeliatin foto foto sunrise/sunset disana kok ya cakep cakep bangeeeet. Jadi mau dateng kesana juga

  5. Bagus ya Myanmar. Aku pingin ke Nepal & Tibet. Eh pingin juga ke Chile, Uruguay, Bolivia & Afrika – Selatan. Terus pingin juga ke negara-negara pulau kecil di Pasifik & Karibia. Aku banyak maunya jadi orang, Mauan πŸ˜€

  6. The title should be “10 things I adore about Bagan”, hehehe. Saya juga suka dengan negeri ini, terutama orang-orangnya yang luar biasa ramah. Semoga di masa akan datang bisa lagi ke negeri ini. Btw, salam kenal ya @NyonyaSepatu :D. Saya baru belajar nulis yang santai-santai nih. – Ihsan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s