Pearl of Lake Toba


Taman Simalem Resort
Taman Simalem Resort

Di bulan Juni 2016 saya sempat membaca Wakil Presiden Yusuf Kala ย meminta pemerintah provinsi, kabupaten dan masyarakat bekerja keras untuk mengembalikan kejayaan Danau Toba sebagai salah satu wisata andalan Indonesia.

Danau Toba memang sempat berada dipuncak kejayaan beberapa tahun lalu. Kala itu hotel-hotel dipenuhi wisatawan asing, ekonomi berdenyut kencang dan tentu saja menambah pemasukan daerah.

Sekarang? emmm walau saya tidak bisa bilang sepi banget tetapi dibandingkan beberapa tahun lalu tentu sangat berbeda.

Kalau dulu masalah Danau Toba adalah enceng gondok saat ini masalah Danau Toba sepertinya keramba ikan. Banyak banget keramba ikan di danau yang mengakibatkan danau tercemar dan tidak sehat lagi. Lebih parahnya lagi ada banyak keramba jaring yang sudah tidak dipakai lagi dan hanya dibiarkan mengapung diatas danau. Jelas ini membuat jelek Danau.

Salah satu tempat untuk melihat Danau Toba bebas dari keramba menurut saya adalah Taman Simalem Resort. Dari atas resort kita bisa melihat danau. Cantik banget, itu juga kenapa dinamakan Pearl of Lake Toba.

Danau Toba
Danau Toba
Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba

Seperti layaknya resort tempat ini terawat dengan banyak sekali fasilitas dan juga hiburan untuk keluarga. Mulai dari kebun kopi mini sampai labirin untuk bermain anak. Pada saat saya datang bahkan mereka memiliki lahan untuk berlatih memanah untuk anak.

Selain itu kita bisa juga trekking di hutan kecilnya dan tentu saja berkemah didalam hutan. Menarik kan ya ๐Ÿ™‚ . Yang paling menyenangkan dari berkemah disini adalah kita tidak perlu masak haha. Makanan berlimpah ruah. Mulai dari udang bakar sampai ikan bakar. Tentu saja semuanya dimasak khusus oleh chef dari Taman Simalem Resort.

Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba

Ketika kita trekking didalam hutan, Matt sempet terpesona banget karena kita ketemu beberapa ekor Gibbon. Jadi sebenarnya suami saya itu penelitiannya tentang Gibbon bukan Orang Utan. Makanya kalau liat Gibbon, dia seneng banget. Sebenarnya liat primata pasti seneng sih.

Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba

Di pagi hari jika kita sedang beruntung maka matahari terbit akan terlihat cantik dari atas bukit.

Lake Toba
Lake Toba

Untuk menuju tempat ini dari kota Medan diperlukan waktu sekitar 2-3 jam tergantung keadaan jalan. Kita bisa menginap di resort, kemping atau hanya berjalan-jalan dan menikmati makan siang dari restoran. Semuanya menyenangkan. Tetapi untuk masuk kedalam resort akan dikenakan biaya. Kalau saya tidak salah Rp 200.000 per mobil.

Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba

Menurut saya jika ingin melihat Danau Toba yang beneran cakep banget, tempat ini bisa menjadi salah satu pilihan. Selain memang tempatnya bersih jadi dipastikan gak bakalan liat sampah hehe.

Selain itu kalau membawa keluarga juga cukup menyenangkan karena anak-anak bisa puas menggunakan semua fasilitas resort.

Jadi kangen pengen ke Danau Toba deh ๐Ÿ™‚

Lake Toba
Lake Toba – bunga markisahย 
Lake Toba
Lake Toba

Ini dia salah satu Gibbon yang tinggal di hutan dekat Taman Simalem Resort.

Lake Toba
Lake Toba

Halaman penginapan

Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba

Ada 2 air terjun kalau saya tidak salah didalam hutan. Airnya bersih. Kalau mau main kesini sebaiknya membawa tripod sehingga bisa membuat foto air sehalus salju ๐Ÿ™‚

Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba
Lake Toba

Bukit barisan disekitar resort. Terlihat gundul ya ๐Ÿ˜ฆ

Lake Toba
Lake Toba
Advertisements

71 comments

  1. Aku udah lama gak ke Danau Toba lagi, Mbak Noni. Iya ya harus bekerja keras untuk mengembalikan kejayaan Danau Toba. View dari Simalem emang keren ya, Mbak ๐Ÿ˜Š

  2. Photo nya bagus banget. Jadi kangen Danau Toba, dulu waktu kecik dibawak ayah jalan jalan kesini. Sudah lama sekali nggak kesini. Next time semoga bisa dolan kesini lagi.

  3. Hmm, tapi kalau masalah peternakan ikan rada beda ya Non karena itu kan salah satu mata pencaharian warga setempat juga. Tapi memang mesti dibina agar nggak sampai mencemari danaunya juga sih.

    Anyway pemandangannya kereen! Itu kenapa ya turisnya bisa drop dalam sekejap gitu? Hmm…

    • Masalahnya sembarangan Zi trus selain dr sini kayaknya ada pabrik jg yg buang limbah ๐Ÿ˜ฌ.

      Kayaknya mulai dr krisis ekonomi, trus tempatnya jg kurang dirawat, sempet kotor banget dan pelaku wisatanya mungkin perlu pelatihan lagi

  4. Sayang banget ya masih begitu2 aja Danau Toba. Padahal kalau tidak salah sudah dijadikan KEK lho, mudah-mudahan pemdanya bisa merubah kawasan itu jadi lebih bertaraf internasional.

  5. Non, lihat foto2 kamu jadi kangen balik ke sana. Dulu pas waktu di Danau Toba iseng ngomong sama temen2 serombongan kalo suatu hari akan balik ke sana sama suami dan anak2. Mudah2an tercapai. Foto2nya ciamik!!

  6. Aku sudah ke sini juga. Gilingan emang bagus banget. Suami ampe megap lihatnya. Nyampe Swedia kalau cerita wisata Indonesia, dia malah lebih berkesan danau Toba daripada Bali. Terutama simalem ini. Pengen ke sini lagi kayanya deh. Turisnya makin anjlok juga karena harga kadang suka melonjak sih. Apa apa serba mahal ga sebanding ama penawarannya. Lom lagi pencemaran lingkurannya.

  7. Aaah Non, moga-moga tahun depan keturutan ke Toba. Btw aku punya cita-cita lihat hylobates syndactylus (siamang) secara langsung di alam bebas. Dulu pas jaman masih jadi animal activist, pas training aku sering denger suara mereka. Menyenangkan.

  8. Jadi pengin balik lagi ke Danau Toba. Walaupun sisi utaranya belum banyak fasilitas, tapi emang jadi seru karena gak banyak orang. Pernah camping di Bukit Gajah Bobok yang menghadap ke Danau Toba & Taman Simalem…bagus banget dan syahdu di pagi hari.

  9. Bagus banget foto2nya Mbak. Danau Toba ini salah satu destinasi di Indonesia yang pengen saya kunjungin tapi belum kesampaian sampe sekarang. Semoga nanti ada kesempatan ke sana. Thanks for sharing Mbak, penginapannya udah noted ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s