Taman Nasional Baluran


Sunset - Taman Nasional Baluran Indonesia
Sunset – Taman Nasional Baluran Indonesia

Katanya di Jawa Timur ada taman nasional yang kalau musim kemarau mirip Savana di Afrika. Katanya loh. Saya tentu penasaran apalagi pada tahun 2011 itu masih tinggal di Surabaya, tentu kesempatan ini harus dimanfaatkan. Jadilah kita berencana pergi ke taman nasional Baluran hari Jumat malam. Yang mana dikarenakan salah informasi dan terlalu santai kita ketinggalan bis eksekutif. Pilihan nya hanya bis ekonomi. Tentu saja kita tetap berangkat dan baca aja pengalaman pantat kami abis-abisan dihajar bangku bis yang keras itu. Cerita mengenai sepotong Africa di Baluran bisa dibaca di link ini.

Baluran adalah taman nasional yang memiliki Savana terluas di pulau Jawa. Taman nasional dengan luas sekitar 25.000 hektare ini terdiri dari 444 jenis tanaman, 26 jenis binatang mamalia dan 176 jenis burung. Banyak yang mengatakan kalau Savana di Baluran mirip dengan Savana yang ada di Africa. Wellโ€ฆ.karena gak pernah juga melihat Savana di Africa, menurut saya savanna di Baluran cukuplah menyenangkan.

Taman Nasional Baluran Indonesia
Taman Nasional Baluran Indonesia
Taman Nasional Baluran Indonesia
Taman Nasional Baluran Indonesia
Taman Nasional Baluran Indonesia
Taman Nasional Baluran Indonesia

Sebenarnya Binatang primadona di Taman nasional Baluran adalah banteng. Sayangnya binatang ย ini walaupun terlihat seram ternyata sangat pemalu. Tidak semua orang beruntung bertemu dengannya, termasuk kami. Sedih deh. 2 hari disana kita cuman melihat rusa, musang/tupai, dan burung-burung, kupu-kupu dan tentu saja monyet ekor panjang warna abu-abu yang ada dimanapun.

picture source : balurannationalpark.web.id
picture source : balurannationalpark.web.id

Nah banteng ini ternyata termasuk hewan yang sensitive dan pembersih. Mereka biasa muncul dipagi hari pada saat hewan-hewan lain belum pergi ke tempat minum. Trus karena mereka pembersih, kalau ketemu kubangan dan jorok yah gak bakalan mau masuk. Beda banget sama kerbau.

Taman Nasional Baluran Indonesia
Taman Nasional Baluran Indonesia
Taman Nasional Baluran Indonesia
Taman Nasional Baluran Indonesia
Taman Nasional Baluran Indonesia
Taman Nasional Baluran Indonesia

DSC_2870

Taman Nasional Baluran Indonesia
Taman Nasional Baluran Indonesia
Taman Nasional Baluran Indonesia
Taman Nasional Baluran Indonesia

Di Taman Nasional Baluran ada penginapan sederhana dan mereka juga menyediakan makanan yang bisa dipesan sebelum kedatangan kita. Detail perjalanan bisa langsung diklik di link diatas ya :).

Kita juga bisa ke Pantai. Kita mesti melewati hutan sebelum tiba di Pantai Bama. Pantainya lumayan bagus dan bisa berenang atau main kano. Seru lah. Ada juga warung kecil disini. Sepanjang perjalanan di pantai Bama juga gak bakalan bosen karena ketemu banyak hal menarik untuk difoto atau spot foto hehe.

Taman Nasional Baluran Indonesia
Taman Nasional Baluran Indonesia
Taman Nasional Baluran Indonesia
Taman Nasional Baluran Indonesia
Taman Nasional Baluran Indonesia
Taman Nasional Baluran Indonesia
Taman Nasional Baluran Indonesia
Taman Nasional Baluran Indonesia
Pantai Bama di Taman Nasional Baluran
Pantai Bama di Taman Nasional Baluran
Pantai Bama di Taman Nasional Baluran
Pantai Bama di Taman Nasional Baluran
Pantai Bama di Taman Nasional Baluran
Pantai Bama di Taman Nasional Baluran

DSC_2968Sebenarnya ada banyak sekali kegiatan atau tempat yang bisa kita datangi di tempat ini. Untuk yang suka foto juga. Pemandangan di Baluran bagus sekali terutama kalau bisa bangun pagi pas hutan dipeluk kabut pagi. Sayang karena kita malam sebelumnya ketakutan ada hantu dikamar, jadi gak sanggup bangun pagi hiks.

pic source : blog.travelio.com
pic source : blog.travelio.com

Dan inilah saat yang ditunggu-tunggu saat matahari terbenam. Duh seneng deh liat sinar matahari menyinari savana. Warnanya beneran bagus banget. Kuning keemasan, apalagi ada gunung dikejauhan. Beneran kece.

Taman Nasional Baluran Indonesia - sunset
Taman Nasional Baluran Indonesia – sunset

DSC_3084

Taman Nasional Baluran Indonesia
Taman Nasional Baluran Indonesia
Taman Nasional Baluran Indonesia
Taman Nasional Baluran Indonesia
Taman Nasional Baluran Indonesia
Taman Nasional Baluran Indonesia
Taman Nasional Baluran Indonesia
Taman Nasional Baluran Indonesia
Taman Nasional Baluran Indonesia
Taman Nasional Baluran Indonesia
Taman Nasional Baluran Indonesia
Taman Nasional Baluran Indonesia

Jawa Timur itu punya banyak sekali tempat-tempat bagus dan wajib didatangi. Makanya sedikit menyesal juga 7 tahun disana ada beberapa tempat belum saya datangi atau sudah didatangi tapi belum puas explore, seperti Taman Nasional Baluran ini. Semoga ada kesempatan untuk berkunjung kembali ๐Ÿ™‚

Selamat hari senin ya, selamat puasa juga.

Cheers

 

Advertisements

68 comments

  1. fotonya cakep2 kali kak noni, udah lama pengen ke TN. Baluran ini tapi belum kesampaian
    soalnya Saya background pendidikannya Biologi kak jadi yang kayak begini suka banget
    buat nambah pengetahuan dan pengalaman

  2. Andaikan tahun 2011 kita sudah kenal ya Non, jadi kamu bisa main ke rumah. Baluran ini cuma 20 menit dari rumah di Situbondo. Tapi tahun 2011 itu aku masih di Jakarta. Pantai Bama itu juga bisa buat snorkeling. Seperti biasa Non, foto2mu kece kecee๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    • Iya ya Den tp kamu kan di Jakarta haha. Aku nitip tape aja deh ๐Ÿ˜„. Aku masih pengen nih kedaerah ini soalnya ada banyak juga yg belon disambangin tapi gak tau deh kapan bisanya ๐Ÿ˜‚.

      Makasih ya Den

  3. baluran memang cakep mbak.. apalagi pas 5-15 menit setelah sunset.. warnanya syahdu banget.. nggak rugi perjalanan jauh dari jogja sampe sana.. ๐Ÿ˜€

  4. Hai Mbak Noni ๐Ÿ™‚ Januari tahun lalu aq ke Baluran.. seneng juga mbak.. apalagi kita sampai magrib, hampir malam dan bisa liat gerombolan rusa-rusa dimalam hari dari mobil disinari lampu mobil.. amazing banget liatnya..
    cuma untuk masuk ke Baluran, memang jalannya rusak banget mbak.,.. ngeri juga kalau tiba-tiba mobil rusak di tengah-tengah jalan..

  5. Duuhh pengen banget kesini mba noni, sekalian ke ijen sebenernya. Tp belum sempet, huhuhu. Tempatnya emang cakep ya, photo session disini bisa sampai puaasss

  6. Sunsetnya cantik banget mbak ๐Ÿ™‚
    Banyuwangi itu emang cantik banget. Tapi aku baru ke Ijen, Teluk Hijau, Pantai Pulau Merah & Baluran. Pokoknya suatu saat wajib kesana lagi !!!

  7. Saya belum pernah kesini …
    dulu kawan-kawan saya sesama mahasiswa di Bogor sering sekali membicarakan Taman Nasional ini … mereka beberapa kali pergi ke sana …

    Sayang saya belum sempat

    Salam saya

  8. Sangar ya mbak bantengnya? Itu kalau mau dan bisa dinaiki pasti seru itu,,,,,
    Tapi kalau malu gitu, gimana mau naikinnya?
    Btw, fotonya keren – keren mbak, apalagi yang sedang main cano,,, keren!, keren!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s