Instagram (social media) vs Reality


pixabay
pixabay

Salah satu tips yang saya dengerย dari salah satu pesohor (bisa gak dibilang kayak gini) Instagram mengenai “bagaimana menjadi populer di IG” adalah menampilkan kehidupan kita yang asli. Kalau pengen tau tentang tips-tips nya bisa nonton salah satu series ANTM versi Asia ya hehe. Kalau gak mau gpp, soalnya yang versi Asia menurut saya selalu garing dan gak seru.

Nah si cewek yang memiliki ribuan followers ini kasih tips keseluruh finalis ANTM. Dia cek semua Instagram feed masing-masing peserta trus dikritik deh. Salah satunya tips seperti diatas. Jadi jangan menampilkan kehidupan yang glamour trus-trusan, perlu juga sesekali menampilkan kehidupan sehari-hari. Kayak misalnya bangun tidur gak pake make up (tapi tetep cantik).

Saya sendiripun yang bukan peserta ANTM kadang-kadang kalau pas mau posting foto tuh mikirnya panjang. Ini foto pantes gak ya? trus kalau muka lagi carut marut, keringetan, abis membabu nyabutin rumput pasti males posting haha. Dipilihlah waktu-waktu dan pose-pose paling sempurna. Liburan yang tadinya pake nangis-nangis juga gak bakalan diposting haha. Yang diposting yang seru-seru aja. Trus nanti bikin orang lain sirik ๐Ÿ™‚

Dulu pas bikin blog WP ini saya cuman mau posting waktu-waktu yang bikin saya seneng aja. Pas lagi susah hati, gundah gulana sebaiknya simpen sendiri. Katanya kan aib sebaiknya gak diperlihatkan ya kan ๐Ÿ™‚ begitu juga pas punya social media. Jadilah lama-lama social media menjadi ajang pencintraan hauaha. Untung saya gak posting juga pas lagi shalat atau berdoa.

Pas ngeliat 2 video dibawah ini, saya sampai ngakak terpingkal-pingkal. Yah enggak juga saya kayak gitu karena gak semua hidup saya perlu diperlihatkan ke dunia ya ๐Ÿ™‚ ehhh kadang-kadang iya deng di Snapchat (ayoo follow @nyonya_sepatu) karena gak ada yang follow juga jd kadang2 saya suka posting aneh-aneh dan gak penting. Dan sebenarnya saya gak membagi seluruh hidup saya juga sih karena kayaknya kurang menarik jugaย makanya jarang-jarang posting.

Tapi ngeliat video ini menurut kalian beneran gak sih ada orang yang bisa melakukan hal-hal dibawah ini? maksutnya melakukan foto/video buat di posting di Instagram (social media) ย tapi gak sesuai dengan realita. Kayak gak olahraga tapi pura-pura olahraga, muka dikasih filter sampai jadi palsu, pura-pura suka binatang dll. Ngerih aja ya kalau kita sampai mengidolakan seseorang tapi ternyata dia sama sekali berbeda dengan kenyataan. Orang yang kita idolakan mungkin terlihat asik di socmed (baca IG) trus pas ketemu gak taunya sombongnya amit-amit atau sok paten (ini bahasa anak Medan). Atau pura-pura terlihat bahagia padahal begitu kelar posting nangis tersedu-sedu. Omg…..jangan sampe deh. Mending jangan posting ngaku-ngaku kayak gitu. Kalau gak lagi gak bahagia ya udah mute aja, ย hehe. Gak perlu juga dunia tau semua masalah hidup kita. Yang ada orang cuman pura-pura aja prihatin padahal dibelakang ngomongin atau nontonin. Gak semua sih, tetep ada ya orang-orang yang tulus. Cium deh yang tulus itu. Dulu zaman MP saya lumayan sering posting galau-galau gak jelas, untungnya gak ada sama sekali ternyata haha.

Cuman….apakah saya termasuk korban-korban social media gini ya? maksutnya posting-posting sesuatu yang gak sesuai dengan kenyataan hanya demi likes dan komen hehe (fakir likes kata Aqied) . Kayaknya cuman saya doang yang tahu hihihi. Tapi, sekali lagi social media itu kan cuman buat main-main jadi, yah udahlah gak usah diambil serius juga. Kalau ada yang senengnya posting begituan, karena gak kenal, ya udah sebodo juga, social media sendiri ini ya. Kalau saya pribadi males banget usaha segitu banget cuman buat bahan postingan socmed, mending foto pemandanganย aja deh ๐Ÿ™‚

Nah, kamu sendiri gimana? punya kenalan seperti di video dibawah atau mungkin kamu sendiri yang begitu hahaha.

 

101 comments

  1. Ahhahaha iya itu ajang pencitraan, saya mengenal seorang didunia nyata tapi begitu di FB dia bisa menjafi seorang yang saya ga yakin itu dia saya mikirnya dia lagi naksir cowo. Atau saya sampe pernah iseng screenshot postingan seseorang isinya simpati kepada apalah ya itu baru minggu lalu dia ngelakuin hal yg ga sama dg yg saya screenshot tuh rasanya pengen saya publish screenshotnya biar dia sadar dan ingat. Tapi nggaklah saya ga lakuin itu. Sesukanya dia jadi apa aja di sosmed tapi saya tau itu palsu hehehehe mungkin saya juga palsu

  2. Setuju lah kalo ig itu buat ajang foto eksis2an keren2an pamer2an. Saya juga sedikit banyak begitu kok. Hahahaha.. tapi kadarnya sih gak sampe yang rela nantang maut deh, mbak non.. *ga ada nyali*
    Cuman yang saya heran emang yg foto lagi doa segala itu sih.. kayanya perlu banget ya pengumuman kalo dia religius? Sekali lagi pencitraan.. suka2 dia lha yaa hahahaha..

  3. hahahaha iyaa IG ajang pencitraan kadang2.
    tapi biasanya aq posting di IG emang beneran, dan klo ngepost soal jalan2 tujuannyqa biar bkin org sirik wkwkwkwk..

    yg kedua ada yg aq banget hestek single happy, padahal nangis berdarah2 hahahaha *waktu baru putus dari akang.

  4. Kalau saya males menampilkan kehidupan pribadi, Mbak Noni. Lah artis bukan selebriti bukan, ngapain juga mengumbar sesuatu yang orang lain juga tidak tertarik. Mending posting saat jalan-jalan aja dah. Mudah-mudahan bisa menginspirasi orang lain agar ikut jalan-jalan. Karena jalan-jalan itu adalah Vitamin kebahagiaan ๐Ÿ™‚

  5. Haha videonya lucu. Saya tetap berusaha menjaga privasi, walaupun mungkin kadang agak menyerempet urusan pribadi mudah-mudahan bisa diambil pelajarannya oleh orang lain.

  6. Hahahaha, baru kemarin aku nontonin video yang kedua Mbak Non, ada yang share jadi muncul di timeline aku. Itu kebangetan banget fake nya Mbak, masa ada yang sampe begitu ya? #benerannanya

  7. kyak! Ngakak liat videonyaa.
    Ini sering banget ya mbak non dibahas. Pernah ada di fesbuk juga, dibalik foto di instagram. Itu juga kocak kocak ๐Ÿ˜€

  8. Yang saya lebih heran lagi “reality show”-yg seringkali bkn reality tp bnyk jg ssettingan, kok banyak yg suka ya…haha…kdg org ada jg yg ga pura2 atau pencitraan tp imej org sdh imajinatif saja. Jd pas ketemu berkeping2.

  9. Saya justru kepingin bgt ngeliatin kalo hidupku disini biasa2 aja kalo sering travelling imbas ke aku keluarga pada minta duit ngerasa aku berlebihan heheh kalo terlalu sedih malah takut mereka khawatir maklum byk keluarga di social Mediaku jd serba salah jd ya udah posting bebungaan ajah…hahaha kadang sedikit Manasin ibu2 Indonesia yg menikah sama org Jepun juga sih…banyak yg fake mbak non.
    Ada tuh temen aku…di statusnya ngeliatin bgt dia sayang suaminy, kemesraan mereka padahal semu temen deket tau dia hobby selingkuh tiap mudik selalu ke Club dan cari pria hahhaa palsu bgt banyak disini say… Mungkin pelampiasan merantau homesick dan butuh pengakuan dunia bahwa mereka bahagia.

  10. Hahahaha sefakir fakir nya likes aku gak harus gitu gitu amat , mbak. Apa adanya aja tapi gimana packagingnya supaya menarik. Kalo gak bisa menarik yasud lah pemandangan aja. Hahahaha.
    .
    Tapi mending sih ya usaha demi foto di IG walopun palsu. Setidaknya dia buat dunia sendiri lah di IG dan reality yg berbeda.
    Parah itu kalo poto cuma modal comot atau colong sana sini, trus dikepsen seolah olah dia.
    Misal upload foto makanan bekal orang trus kepsn “jadi juga masakan buat bekal mas bojo” kasian amat suami nya. Ada lagi “menu buat mama, get well soon, mom” tapi poto buburnya punya orang.
    Kok ya segitunyaaaa

  11. Punya temen yg umbar kesedihannya di IG dimana dia bkin foto muka lebam krn ditonjon sama suaminya..
    Dia bikin caption sedih2 dan menurut gw ฤฃak perlu smua org tau gimana kehidupan rumah tangganya..
    Sebenernya kasian tp lama2 gak simpatik krn kok ya bodoh aja gitu mau disiksa terus2an?

  12. Aku tiap minggu nonton ANTM mbaNoooon hahaha. Kalau di ig aku gak mau nampilin yang apa ada nya banget (misal foto bangun tidur) soalnya berasa gak penting aja hahaha. Gatau sih ya, selera. Terus kalau feed ig yang isinya selfie semua ku keseeeeel! Pusing aja liat muka dia mulu wkwk

  13. Ada loh temenku yang pathological liar gitu, klo posting fb (sama instagram) selalu yang heboh2. Belakangan ketauan klo dia bohongan, biar dapet banyak likes maksudnya.

  14. ada juga kerabat aku ngak sesuai yg di post sama realita,, aku baru tauk nya pas lagi di rumah doi. dia posting di lagi di tempat2 hitz padahal baru bangun tidur. hahaha. jadi geli sendiri liatnya ๐Ÿ˜›

  15. Aku juga ada pengalaman nih, kan ada kenalanku kan postingan dia di IG tuh pasti yang seputar kegiatan dia dan tmn2nya happy2 gitu, nongki dan semacam itulah.

    Orang2 yg ngeliatnya pasti berasumsi ‘oh wajar, mereka tajir kok’, tapi bagi kami teman2 yang satu kota sama dia (yg udah paham gimana situasi ekonomi keluarganya) jadi miris ngeliatnya wkwkwk… u kno what I mean kan kenapa bisa miris ๐Ÿ˜€

    astagfirullaahh.. sampai di sini aja tee Nonii, takut kualat kalo ngebahasnya :p

  16. aku jadi inget salah satu temen kantor. pernah makan di salah satu resto sushi, terus ada yang pesenannya agak wow mewah gitu, terus sama temenku ini difoto, di upload di IG dia, dengan hashtag #dinner >.<

    dan ini ada bercandaannya mbak nooonnn di Path. Uploadnya starbuck, minumnya teh gelas. huhuhu #sedih

    btw, aku kok gabisa add snapchat mbak noni ya ๐Ÿ˜ฆ

  17. hahaha lucu bgt yg video instafaker vs instareality, biar bagaimanapun melihat socmed harus bijak yaa.. setelah baca artikel ttg ini apalagi udh ada komen dr psikolog pula hrsnya udh bisa me-mindset semua postingan blm tentu 100% benar (tapi ga tau deh apa ada org yg bener2 jujur/ga).

    aku ada temen yg curhat klo suaminya abis ditipu 100 juta sm temennya wkt mau bkin usaha, di instagram? dia tetep posting liburannya di bali dan bersosialita dg teman2 highclassnya, padahal dia crita klo dia lagi struggling bayar hutang.. oh well..

    – Utie

  18. hahahah… kayaknya ga ada deh mbak temenku yg segila itu ;p.. kalo sampe begitu aku ga mungkin bisa deket ama dia sih :D.. aku sendiri ga tipe yg suka selfie..boro2, muka ga fotogenic gini ;p.. maleslah kalo namanya terlalu banyak tampil.. tau sih ada bnyk aplikasi beauty kamera dll skr.. tapi amit2 ya pake bgituan… malu malah.. kalo ntr ketemuan ama temen2 blogger misalnya dan ketahuan kita ga secantik yg di foto, duuh mau taro di mana nih muka;p

    eh tapi aku ada follow bukan artis, cuma dia slalu mengedit fotonya supaya terlihat lbh muda dan cantik, padahal tua dan kisut.. kasian sih sebenernya, krn dia jd ajang bully di IG . betul2 fake bgt orangnya..

  19. Belum nemu sih temen yang seniat itu di ig, haha, tp aku salut karena pernah liat selebgram ngambil foto ootd aja sampai berapa kali take, heboh banget dari angle sana sini, wajar kalau likesnya banyak. Tp tetep ya mba yg bikin envy itu foto liburan orang orang, bawaannya pengen ikut liburan juga

  20. Gw isinya makanan ma poto diri. LOL!
    Mo nya poto #OOTD, tapi saban poto yang ada ” eh gile gendut ajeee” apus apus. *derita diri + jeritan hati*

  21. videonya ngingetin sama malesbangetdotcom mbak noni ๐Ÿ˜†
    tapi ad ayah yang niat banget posting kayak gitu. Aku malah seringnya nunda postingan di ig ๐Ÿ˜† .

  22. *langsung buka instagram* semua foto jujur hasil sendiri atau di fotoin org klo OOTD hehe.. dan kalaupun repost pasti di tag dan di tulis sumbernya. Aku jg suka di edit fotonya.. Tp semoga tidak berlebihan.. Hahaha.. Yg penasaran bisa follow IG @md_ayomi hehehe.. *di lempar sepatu sama kak Noni ๐Ÿ˜€

  23. udah lama ga Post di IG & sosmed lain, kl pun ada itu foto live report kl lg diperjalanan (ngebolang ga jelas trus nemu2 hal yg baru n aneh atau lg tugas kantor daerah terpencil n plosok), dlu sih pernah posting foto2 ala2 narsis, pamer n galau menggalau dll, tp lama2 sadar, ngapain jg ya.. hehe
    mending post hal2 perlu & bermanfaat aja.. ๐Ÿ˜€

  24. yaaaa.. kalau lihat clip2nya, itu sindrom “like me.. envy me.. so I can love my life” hehehe…
    aku mah biasanya foto aja banyak2… nti tinggal milih yg bagus yg di-post *yaiyalah

  25. mba nonii aku mau follow snapchatnya kok gak ada ya :/

    Hahahahha iya banget aku pun sebelum ngepost di IG mikir dulu yang Instagrammable yang mana, timing buat ngepost dan konsep ngepostnya harus rapih biar gallery IG terlihat rapih? ntahlah haha. Aku juga gak terlalu bawa serius sih socmed, lumayan buat ngestalk orang atau barang aja :p

  26. Aku sekarang jadi mikir-mikir setiap mau posting ke social media. Kalo ke instagram kadang masih ah-yasudahlah-yaaa karena memang isinya cuma foto-foto gitu. Tapi kalo ke Path jadi lebih mikir-mikir aja. Mau posting foto makanan, “Hmm buat apa ya tunjukin gue makan apa. Udahlah ga usah.”
    Mau posting foto lagi entah ngapain “Hmmm kesannya pamer ya, toh orang juga ga usah tau aku lagi ngapain. Ga usah deh.”
    Hahahahah kepikiran sendiri ๐Ÿ˜›

  27. yah semakin banyak follower biasanya org berusaha makin menampilkan yg bagus2.. supaya fans nya suka ama yang dipajang. kalo ga ada yg lagi bagus dalam hidupnya, ya di ada2 in alias agak fake dikit.. apalagi klo udah banyak yg endorse… wkwkwkwk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s