Binatang Peliharaan


DSC08021

Kalau kita lagi traveling ke negara-negara maju seperti Jepang, Eropa dan US yang paling bikin saya seneng adalah ngeliatin binatang-binatang peliharaan disana. Anjing salah satunya.

Di Medan anjing menjadi salah satu makanan yang biasa disajikan di lapo-lapo tuak atau warung-warung makanan. Daerah yang paling banyak menyediakan anjing sebagai makanan di Medan disekitar Padang Bulan. Didaerah ini berderet-deret warung-warung yang menyajikan anjing sebagai menu makanannya. Menurut temen saya yang sekolahan tempat dia kerja deket banget dengan warung makan ini, sedih banget kalau denger suara anjing yang bakalan dipotong. Huhuhu. Terkadang rumah makan ini bahkan menggunakan foto anjing jenis ras seperti golden retrifer untuk papan nama rumah makannya. Koq sedih banget yaaa.

Nah di US binatang peliharaan mulai dari kelinci sampai anjing mendapat perlakuan khusus. Sebagian besar pemiliknya menjadikan binatang peliharaan mereka sebagai anggota keluarga. Lucu sih sebenarnya.

Di Belanda saya berkali-kali bertemu traveler yang mengendong anjingnya untuk sama-sama terbang. Ini yang paling banyak saya lihat di Istanbul Atatürk Airport dan di Amsterdam Airport Schiphol. Banyak orang terutama wanita yang traveling dengan membawa anjing-anjing mereka.

Beberapa minggu lalu kami diundang adiknya Matt untuk ke kantornya. Adiknya Matt ini kerja di kantor pemerintahan. Kebetulan setiap hari rabu dan weekend sebelum natal diadakan sesi foto bersama Santa. 1 foto bayar $6. Awalnya kita pikir yah datang aja foto dengan Santa. Gak kepikiran ada foto-foto khusus dengan binatang peliharaan.

Pas masuk ke hall saya bingung banget rata-rata orang membawa binatang-binatang peliharaanya. Ada yang bawa kucing, kelinci, reptil dan tentu saja yang paling banyak anjing. Saking banyaknya yang datang kita kayak lagi ngeliat pameran anjing haha.

Jadi rata-rata keluarga datang lengkap dengan binatang peliharaanya. Trus si binatang-binatang ini bakalan berfoto khusus dengan Santa. Omg……..saya sampai ketawa-ketawa ngeliatnya. Ini anjing bermacam-macam jenis loh. Dari yang kecil banget sampai yang besar kayak beruang. Santa-nya pun ramah banget. Semua anjing sama kayak manusia. Ada yang anteng langsung pose, ada yang penciklaan gak bisa diem sampai harus difoto berkali-kali. Paling manis hampir setiap pemilik binatang membawa aksesoris untuk binatang-binatangnya. Mulai dari yang standard kayak baju-baju sampai bando. Aduh…saya rela deh seharian buat nontonin.

Trus gimana dong dengan keluarga-keluarga tersebut, mereka foto gak dengan Santa? jadi biasanya nih setiap keluarga ngambil beberapa paket foto.  Satu foto Santa dengan pet, kedua Santa dengan keluarga. Ih….gemes 🙂

Saya yang nonton sampai terharu……serius terharu 🙂

Advertisements

45 comments

  1. ahh senangnya kalo anjing dan hewan peliharaan lain dirawat dengan baik ya. sayang di negara kita kurang sekali perhatian dengan hal yang menyangkut sama hewan peliharaan, huhu.

  2. Aaaahh senengnya ya :”) Perlakuan negara maju terhadap hewan emang lebih bagus ya, lebih menghargai nyawa dan hidup mereka gitu 🙂 Anjing kejebak di gorong-gorong aja bisa ampe ngedatengin pemadam kebakaran ato polisi untuk bantu selametin.

  3. Ya ampun aku bakal happy banget pasti tinggal di negara yang sayang hewan. Trus aku bisa bawa anjingku foto sama Santa. Awww, senangnya!

  4. Hahaha Mercy sama Jessy juga mau deh foto bareng santa 😀
    Kadang kalo liat perlakuan negara2 luar ke binatang peliharaan, suka iri banget. Mau jalan ke taman, bebas. Mau ke dokter, gampang.
    Hehehe aku tuh mau ajak mercy dan jessy jalan aja suka ribet, gak bisa kesembarang tempat. Belum lagi kalo liat FB, tiap hari seliweran anjing2 yang dibuang, mau di makan, di pukulin. Aduh jumlah rescuer sama orang yang ga bertanggung jawab atas peliharaannya gak imbang.
    Owner bisa lepas tanggung jawab gitu aja, bisa semena mena sama peliharaannya, bisa menganiaya seenaknya karna ga ada hukum nya. Eh ada ding, tapi gak jalan. Coba lapor kehilangan anjing, pasti di ketawain. Padahal tu anjing mah kita syaang2 banget.
    Hehehe jadi curcol 😀

  5. Lalu satu pertanyaan kemudian muncul : kenapa kalau di Barat binatang peliharaan dijadikan part of family member sedangkan di Indonesia tidak? 🙂

  6. Non, sejak pindah Belanda, aku ga terlalu takut lagi kalau papasan sama anjing atau kucing. Soalnya disini hampir setiap saat papasan dengan anjing yang diajak jalan2. Kadang juga bareng duduk ditaman atau pinggir danau. Padahal dulu kalau ngelihat dari jauh aja akunya lari terbirit2 ketakutan. Dideketin kucing saja kayak mau pingsan saking takutnya. Tapi dikeluarga suami, ga ada satupun yang pelihara anjing atau binatang yang lainnya.

    • aku tetep takut kalau barking haha, cuman kalau yang baik2 banget gt pasti gak tahan buat gak ngelus2. Trus anjing2 di US dan Belanda pas kemaren kesana itu mukanya pada minta disayang2 semua gak sih. Makanya jadi sering berhenti buat elus2……ahhh pengen punya juga haha

  7. Suka lucu dan nga bisa bayangin kalau binatang peliharaan kayak babi, kambing dan binatang yang nga biasa dijadikan binatang peliharaan di Indonesia dibawa ketempat-tempat umum gitu mbak. Kalau anjing, kucing dan kelinci masih enak ngelihatnya, hehehe..

  8. Barusan kmrn2 posting di blog ttg hewan peliharanku dulu mba, klo skrg udah ga mau pelihara apapun lg, takut ga all out ngurusinnya. Dan trakhir sempat kesal k anak kosan yg melihara kelinci, tp suka ditinggal berhari2 tanpa makan n minum, sampai akhirnya si kelincinya pintar, ngejebol kandangnya…

  9. Iih selalu sedih kalo denger anjing yg buat makanan huhhh di jogja juga ada tuh mbak. Anjing2ku juga diperlakuin kayak manusia hahaha jd malahan kek org gila soalnya srg diajak ngmg hahaha…tp blm pernah sih gw ajak foto ama santa haha

  10. Di tempat saya juga anjing ada yang dikonsumsi.. dijadikan rawon, bahkan. Cuma saya sih nggak deh makan yang begitu-begitu. Nggak biasa, jadinya somewhat agak jijik. Mending dijadikan binatang peliharaan, anjing kan binatang yang sangat setia.
    Di luar negeri, memang binatang peliharaan itu bagaikan anggota keluarga ya Mbak. Lucu deh kalau mereka sayangnya banget-banget, cuma kalau menurut saya jangan sampai yang anjingnya dipakaikan yang aneh-aneh, kasihan anjingnya tidak nyaman :hehe.

  11. Seru bgt pasti sesi foto binatang ma santa.xixix.. Bayangin aja dah gemes.. Dan meski orang Manado, gak suka makan RW. Daging2 yg normal aja deh., huhu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s