Size Doesn’t Matter


Starbucks di US
Starbucks di US

2 tahun lalu sebelum kita berangkat pertama kali ke US istri temennya si Matt wanti-wanti

“kalau makan-makan pesen 1 porsi aja ya Non, soalnya porsi di US super gede”

Saya ketawa-ketawa denger pesennya sampai akhirnya mengalami sendiri. Kayaknya apapun di US ini selalu deh gede-gede. Mulai dari jalanan sampai porsi makanan. Saya suka shock sendiri kalau pergi makan keluar atau pas ke supermarket buat belanja. Kalau lunch kan biasanya kita suka ngintilin bapaknya si Matt jemput keponakannya pulang sekolah. Trus karena saya fans berat makanan Mexico jadi kita suka ke restoran Mexico. Awalnya saya suka pesen burito sendirian sekarang mendingan ikutan Matt aja deh. Abis porsi burittonya gedeeeee pake banget. Weekend kemaren juga kita ke museum dan makan di cafenya. Matt bilang dia gak mau burrito, jadilah saya pesen sendirian. Begitu datang si burrito yang ada saya kelenger mau makannya. Untung akhirnya bapak dan Matt bantuin ngabisin.

www.groupon.com
http://www.groupon.com

Gak cuman makanan Mexico, kalau lagi pergi dengan kakeknya Matt lunch biasanya dia suka ngajakin ke Olive Garden. Ini restoran Italia dan sebenarnya saya gak begitu suka sih hehe. Cuman karena kalau makan disini saladnya gede banget porsinya jadi kakek si Matt suka banget makan disini. Pertama kali diajakin makan saya pikir porsinya kecil kayak kalau lagi makan di Medan ternyata salah banget. Porsinya besar sekali. Satu porsi salad bisa saya makan ramai-ramai dengan 5 orang. Belon yang lain-lainnya. Beneran gak bisa pesen sendirian haha. Bisa kelenger.

www.olivegarden.com
http://www.olivegarden.com

Lalu pernah saya, Matt dan Juan temennya pergi sarapan pagi di Dennys. Ini kayak restaurant yang menyediakan 24 hours breakfast. Tempatnya mirip-mirip Mc’D. Banyak terletak di rest area gitu. Nah, kita pergi deh ke tempat ini karena waktu itu emang lagi mau pergi keluar kota. Saya seperti biasa gak akan pernah mau berbagi makanan dengan Matt. Demikian sebaliknya. Kita emang agak-agak posesif dengan makanan masing-masing huahha. Saya gak suka diganggu makan dengan acara icip-icip. Mirip Joey di Film Friends huhaha.

Ok, back to Dennys, saya pesen french toast. Namanya pun sarapan ya jadi saya pikir pasti porsinya kecil dan yang datang kayak gini dong tanpa bacon tentunya. Itu yang ngeliat aja udah langsung eneg saking besarnya porsi yang dikasih. Makan satu slice roti aja saya udah kenyang banget, konon dikasih beberapa biji termasuk dikasih french toast dan telur. Hua………..mau meledak begitu keluar dari restoran.

www.dennys.com
http://www.dennys.com

Kalau kita pergi ke restoran-restoran yang agak-agak mahal baru deh porsinya kecil. Agak lucu ya, makin mahal restonya koq makin kecil porsinya. Ehh gak semua juga sih. Pokoknya ada beberapa restoran yang harganya agak lumayan mahal (untuk kita, gak tau orang lain) pas kita datang porsinya itu beneran bisa masuk perut saya.

Saking besarnya porsi makanan di US sini nih, udah biasa banget abis makan orang pada bawa pulang. Kita paling sering bawa pulang makanan soalnya gak pernah habis. Dan karena itu juga saya mikirnya pantesan banyak banget yang obesitas. Soalnya porsi makanan segitu gede dan gak murah juga kan ya satu porsi. Alhasil dihabisin daripada sayang trus semuanya jadi lemak. Mana kemana-mana kalau tinggal di Suburban atau country side gitu selalu bawa mobil. Gak ada olahraga. Beneran gak sehat deh.

Karena rata-rata restoran terlalu besar porsinya untuk saya akhirnya saya suka pesen salad doang dan makanan lainnya biasanya dikasiin dari Matt atau temen kita makan. Kalau saya pesen makanan sendirian artinya nanti ada orang lain yang harus bantuin makan. Kalau gak bisa meledak saya. Cuman kadang-kadang namanya pun makanan ya, mesti sesuai selera akhirnya saya tetep pesen sendirian dan selalu gak habis. Rasanya sedih banget kalau gak habis huhu.

Saya pernah tanya boleh gak kalau pesanan saya dibuat separoh aja, ehhh hampir semua resto bilang gak bisa dan suka menatap saya aneh :(.

Selain makanan dan minuman kalau ke supermarket juga sama. Hampir semua makanan atau produk-produk untuk keperluan rumah tangga ukurannya gede-gede. Saya suka kaget kalau bapaknya Matt beliin keripik untuk saya karena ukurannya gede banget. Bisa-bisa pulang dari Indonesia yang ada yang membesar kayak balon hahha. Yang saya paling seneng disini adalah ukuran Starbucks dalam botol yang gede banget. Jadi satu botol bisa diminum 1 minggu hihihi.

Emmm trus apalagi ya yang besar…..oya ukuran supermarketnya emang beneran super banget. BESAR……sampai capek kalau ngelilingin supermarketnya. Segalanya pun ada mulai dari makanan sampai majalah. Pokoknya pergi kesatu tempat aja bisa ngedapetin semuanya. Belon lagi ukuran parkir yang besar. Kebayang enaknya parkir mobil disini. Pantesan Matt frustasi kalau parkir di Medan hehe. Slot parkirannya kecil banget.

Jadi kalau boleh pilih, saya sih lebih seneng porsi makanan di Indonesia secara nasi Padang aja saya udah complain hehe. Tapi untuk jalanan dan parkir tentu aja saya memilih di US hehe.

Advertisements

66 comments

  1. Hahahaha bener ya emang gede banget? Sering tuh banyak yang ngomong kalo di amrik apa2 serba besar. Ya makanan, ya barang2 nya. Katanya shampoo aja segalon hahahaha. Aduh kalo makan berarti mesti berdua ya at least, kalo engga mubazir deh

      • Hahahaha inget si Trinity Naked Traveler bilang, nonton di sana, popcorn nya aja seember.
        Aduh gimana ga ndut ndut yaaa orangnyah ๐Ÿ˜€

    • Hahaha iya makanya kalau kita ke Bioskop Matt itu pesen yang seember itu May dan sendirian. Idih……pulang2 apa gak seret ya lehernya haha.
      Kalau di US liat orang yang obes emang buanyak banget tapi ngeliat cara makanannya disini gak heran juga sih.

      • Buseeet, aku tuh ya makan popcorn 21 yg paling mall aja minumnya seember saking seretnya. Padahal itu kan dikit banget ya. Gimana kalo se ember, bisa muntah pop corn deh ๐Ÿ˜†
        Bener Non, disana tuh katanya kalo makan porsinya lebay banget ya. Hehehe ga usah jauh jauh deh kalo pas nonton channel TLC yang man vs meat…Bisa kenyang ngeliatnya aja, semuanya serba besar ๐Ÿ˜†

    • Kalau yang tinggal di kota besar banyak yang kecil2 sih soalnya kan mereka banyak jalan juga karena pakai angkutan umum dan biasanya rajin ke gym. Yang tinggal di country biasanya selalu bawa mobil dan makananya pun buanyak banget plus males olahraga haha

    • Kita di Amrik cuman beberapa kali nyobain truck food, kalau yang bener2 pinggir jalan hampir gak pernah karena dingin dan sellau pengne duduk hahaha. Jadinya keluar masuk cafe/resto melulu. Cuman disini semua tempat makan emang kayaknya menarik banget

  2. Tapi nggak diomelin ya kalo sisanya kita minta mereka bungkusin untuk di bawa pulang?.. kalo aku, bisa makin tidak ramah lingkungan, karena suka bawa plastik bersih, untuk nyimpen makanan yang ndak abis, walopun sampe rumah..bentuknya udah ancur lebur..qiqiqiqi..dan akhirnya ndak kemakan juga

    • Kayaknya udah biasa disini abis makan ya dibawa pulang jadi mau restoran kayak aappun pasti menyediakan box untuk tempat makanan. Emang koq gak ramah lingkungan untuk yang beginian makanya sebisa mungkin aku abisin aja makanannya. Abis daripada banyak2 box kayak gitu

  3. Porsi nasi bungkus padang aja gede nya minta ampun gmn disana yach. Benar sich, adik ku dulu juga bilang gitu. Satu porsi besar pizza sana dulunya dia bisa habisin sendiri, tapi pas tiba di indonesia perutnya menyesuaikan jadi seukuran nasi padang. wkwkwk..

    • kemaren kita makan di IHOP, ini kayak restoran cepat saji yang menyediakan breakfast all day, french toast 1 porsi 6 biji dong haha. AKu sampe begah gak bisa makan malam saking kenyangnya

  4. Saya suka porsi jumbo… malah kalau di sini saya suka pesan makanan dua porsi biar muat :hehe. Apakah ini pertanda bahwa saya cocok tinggal di sana Mbak? :hihi.
    Tapi yang pengen saya soroti (ceileh), di sana itu memang kalau jalanan besar dan parkiran besar, berarti mereka memang memperhitungkan kemungkinan bahwa akan banyak didatangi pengunjung ya. Beda dengan di sini: tanpa perencanaan, jadi tak aneh kalau tempat/toko yang laris itu pengunjung dan mobil yang parkirnya membludak banget :haha.

  5. Buset salad aja bisa buat berlimaaa hahahahaha. *menatap sinis ke mangkok salad pizza hut yang kurang besar* ๐Ÿ˜›
    Tapi iya ya, aku juga pernah beli kripik impor gitu dan ukurannya gede amat ngalahin karung goni *lebay* :)))

  6. Dulu tante dan beberapa teman saya juga ngomong hal yg sama kayak mba. Jadinya mereka lebih milih masak di rumah karena porsinya bisa disesuaikan. Kalau makan di luar, mereka biasanya patungan ramai-ramai, haha..

  7. masih mending ditatap aneh kalo pesen separo, lah kalo boleh pesen separo tapi harga ga ikut separo? Yang dagang untung hehe.. ya mau ga mau bungkus bawa pulang hihi

  8. Wkwkwkwk iyaaa paraaah non mknya tahun pertama di sana aku naik 10kg dan pas plg Indo hanya 2bln turunlaah semuanya. Habis makan dining hall asrama sistem buffet all you can eat. Awal2 kalap habis dessert aja 5 jenis. Btw aku jg penggemar mexican food dan susah bgt nemu resto mexico ok selain di US dan tentunya Mehiiicoo. Dulu sebagai mahasiswa aku mayan demen ke olive garden hihihi favorit shrimp scampi pasta. Daan utk berhemat ya selalu bawa plg. Dgn porsiku bisa makan 3x wkwkwkwkwkwkwk

  9. Duh ini juga yang aku harap2 cemas: kapasitas perut gak cukup buat abisin satu porsi makanan di sana! Soal jalanan yang lebar sama tempat parkir yang besar, kata misua itu karena mobil di sana pada gede2 semua. Doi sendiri takjub pas ke Indo ngeliat mobil, jalanan, tempat parkir -apalagi gang- semuanya serba kecil kayak orang2nya ๐Ÿ˜€ Ukuran jalanan kudu disesuain sama ukuran mobil, yang kudu disesuain sama ukuran badan, yang kudu disesuain sama porsi makanan kali ya ๐Ÿ˜€

  10. iyaa mbaa.. dulu pas aku student exchange ke amrik juga kaget banget.. ternyata semua makanan bener2 gede ya disana. inget makan applebees, aku ber4 sama temen makan value meal for family.. 1 orang cuman 10 dollar. tapi sisanya buanyak bngt.. ahhaha.. dan emang guede pisan supermarket sana.. di walmart aja bisa hilang.. sampe harus telpon dulu mrk ada di bagian mana. hahahaha..

  11. Ya itulah yang membuat aku naik 5kg waktu ke US kemarin dan baru berhasil turun 2kg sekarang… hahahahaha.. Btw soal supermarket besar, aku suka banget ke super walmart Non. Pernah si pacar jumatan terus aku nungguin di super walmart sekalian beli oleh2, seru sendiriii ga berasa 1,5jam masih belum selesai muterin hehehe :)))))

  12. pantes gede2x body org sono ya mba. porsinya jg mureeeeh abis. hahaha … mereka kl ke indo, makan porsi kita (porsinya mba) baru nyampe leher doang kali ya ?! wkwkwkwk …

    • Pernah penasaran saya pesan burger yang doble rotinya, doble dagingnya, biar keren kayak bule, ternyata benar itu porsi besar, bisa untuk satu hari makan kalau aku heheheh

  13. Mbak, kadang nentuin porsi tuh ibarat makan mie instant. 1 bungkus kesedikitan. 2 bungkus kebanyakan. Akhirnya makan 3 bungkus berdua ama temen. hehe. Tapi ya gitu sih, itu di Indonesia. Kalau di US ternyata banyak yah. Mirip ama kalau lagi umroh. beuh.. porsinya ciing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s