Hidup Dengan Endometriosis, Kista dan Miom


53123_450434703201_7325506_o

Postingan ini bakalan sedikit serius tapi tetep lucu koq ๐Ÿ™‚ yang baca gak boleh sedih

Pengalaman pertama saya mens itu sekitar SMP. Mungkin SMP kelas 2 atau 1, agak-agak lupa. Sejak awal yang namanya senggugut ketika mens bukan hal baru. Saya udah menyaksikan ibu saya tersiksa setiap kali mens sejak kecil. Nah, untungnya sampai saya kerja dan pindah ke Surabaya sebenarnya gak ada masalah berarti dengan mens saya. Sedikit gak teratur karena sering datang lebih awal tapi gak pernah sampai kesakitan yang bikin saya pengen muntah atau pingsan. Sakitnya palingan kram atau terkadang emang sakit tapi gak bikin saya kelimpungan nyari obat.

Masalah dimulai sejak tinggal di Surabaya. Mungkin faktor makanan (jajan melulu) dan stress. Sekitar tahun 2009 apa 10 gitu saya baru tau kalau ada kista di indung telur sebelah kanan. Beberapa dokter menyarankan saya untuk operasi hanya satu dokter yaitu mendiang dr Agus Abadi yang bilang gak usah di operasi aja. Kita pantau aja kistanya. Sejak saat itu saya mulai sering kesakitan kalau lagi mens. Pernah sampai sakit banget dan muntah-muntah. Pernah juga demam tinggi. Pokoknya sering banget sakit. Lucunya pada saat itu sebenarnya emosi saya bisa dibilang baik-baik aja. Ada sih waktu-waktu sedih, nelangsa atau kayak yang pengen ngamuk-ngamuk tapi menurut saya masih normal (dibandingin yang sekarang haha).

Akhir 2012 kistanya makin gede. Dokter-dokter langganan saya bilang ini harus di operasi bahkan dokter Agus Abadi yang selama ini gak pernah kasih saran operasi kali ini bilang saya harus operasi. Oklah, setelah dipikir-pikir saya ย putuskan untuk operasi pengangkatan kista dan indung telur sebelah kanan di akhir Desember 2012. Ini keputusan yang beneran saya sesalin karena setelah check up ke Penang di tahun 2013. Menurut dokter di Penangย operasi tersebut sebenarnya tidak perlu dilakukan. Nasi udah jadi bubur. Kalau menurut dokter di Penang sebenarnya yang saya perlukan hanya pengangkatan kista bukan diangkat sekaligus dengan indung telurnya apalagi mengingat saya belum memiliki anak.

Setelah operasi dan menikah dengan Matt kayaknya saya koq tambah parah baik secara emosi ataupun fisik. Gampang sakit, gampang emotional, gampang segala-galanya. Saya juga jadi rentan sekali dengan makanan-makanan. Yang tadinya jajan di pinggir jalan gpp ehh sekarang saya bisa diare sampai 2 hari. Pokoknya jadi ngeselin banget. Saya sempet ikutan food combining hingga 9 bulan yang akhirnya bubar jalan setelah saya ngantor. Sungguh keputusan yang salah karena sekarang untuk memulai lagi sulitnya minta ampun.

Tahun 2013 ย sewaktu saya check up rutin ketauan lagi kalau kistanya muncul di indung telur sebelah kiri. Ukurannya kalau gak salah sekitar 3-4 cm. Lumayan gede. Saya galau setengah mati. Ini beneran gak enak karena hampir setiap bulan saya sakit parah kalau lagi mens. Sakit perut yang beneran bikin kayak mau pingsan. Kalau muntah-muntah saking nahan sakitnya sih udah selalu. Saking takutnya mens saya sampai stress kalau menjelang waktunya datang bulan. Jadi bukan karena ketakutan karena gak jadi bayi melainkan ketakutan sakitnya, ย haha. Ini ternyata bukan saya doang, bebeberapa temen juga mengalami hal yang sama. Bahkan saking takutnya mereka mens sampai mengkonsumsi pil KB jadi gak datang bulan. Saya lagi mikirin option ini juga sih.

Sebenarnya saya masih selalu check up ke dokter. Malahan 1 tahun terakhir ini kistanya katanya hilang (Alhamdullilah). Saya sempet minum obat hormon yang bikin 3 bulan heavy period. Beneran parah banget mens-nya itu 3 bulan non stop. Yang keluar pun udah mengerikan saking banyaknya. Kalau kejadian tembus-tembus gitu bahkan udah gak imut lagi karena pernah sampai netes-netes dikaki padahal saya barusan ganti pembalut. Pingsan-pingsan juga ada beberapa kali saking lemasnya. Setelah obat hormon distop akhirya mens berhenti dan kembali normal tapi sakitnya tetep sama. Dokter gak bisa kasih solusi apapun. Selalu operasi aja. Ini juga berlaku dengan dokter di Penang. Akhirnya saya tetep mengkonsumsi Ibuprofen/advil untuk pain killer. Kalau tidak mengkonsumsi painkiller bisa dipastikan saya gak bisa ngapa-ngapain karena rasa sakit.

Nah itu semua soal penderitaan fisik ya. Yang paling lucu sebenarnya penderitaan mental hehe. Emosi saya kan parah banget. Kalau orang bilang pas PMS “senggol bacok” nah untuk saya itu berlaku beneran. Gak terhitung piring terbang beberapa kali karena saya ngamuk-ngamuk gak bisa mengendalikan diri (ini dulu gak pernah kejadian, makanya saya kesel banget perubahan ini baru ada setelah operasi). ย Makanya setiap kali mens saya lebih sering diem di rumah aja sendirian dan gak mau diganggu daripada saya berbuat salah dan menyesalinya di kemudian hari.

Saya pernah juga marah-marah gak tau kenapa trus pintu besi di depan rumah saya tendang sampai kawat-kawat nyamuknya rusak. Kaki saya sakit bukan main karena berdarah tertusuk kawat dan saya masih sedemikian tingginya pengen ngamuk. Makanya kalau lagi ngamuk dan lagi tinggi banget biasanya saya nyerah gak mau nyetir. Takut pengen ditubruk semua bangsat dijalanan. Semua orang yang kita berdua (saya dan Matt) ceritain jelas gak percaya. Percaya deh saya itu manis banget soalnya, ย hahaha. Makanya begitu kayak sekarang beneran semua orang juga shock termasuk saya sendiri. Ortu dan ortu angkat saya juga shock koq bisa saya berubah banget sejak operasi. Maksutnya berubah secara emotional walaupun cuman sekali dalam sebulan.

Yang paling jelek dari semua perubahan emotional ini adalah hubungan saya dan Matt, ย dong. Saya tau banget kalau lagi ngamuk terkadang Matt ikutan down. Maksutnya kebawa-bawa emosi tapi kalau dilawan saya kayak punya lawan perang. Tambah menggila. Kalau didiemin dianya sakit hati dan saya kesel karena koq gak dilawan sih. Energi saya jadi gila-gilaan tapi juga saya ngerasa capek banget. Gimana ya jelasinnya. Pokoknya beneran pengen ngamuk tapi sebenarnya saya lemes karena setiap kali mens saya selalu punya heavy period. Setiap kali saya emotional biasanya badan saya jadi panas banget kayak terbakar gitu. Terkadang setelah ngamuk-ngamuk saya suka cek muka saya hangat banget dan ketawa sendiri. Kayaknya saya baru membakar diri sendiri. Seandainya pas ngamuk-ngamuk itu kalori saya kebakar juga pasti gak bakalan gendut deh.

Kita berdua tahu stress sebenarnya jadi salah satu pemicu tapi sayangnya ada yang belum bisa kita rubah saat ini. Saya harus deal dengan beberapa hal. Ngerasain hidup kayak gitu capek, loh. Saya tahu kalau udah menjelang waktunya mens saya langsung ketakutan. Stress banget juga. Pertama saya gak siap dengan sakitnya padahal hampir setiap bulan. Kedua saya gak mau punya waktu-waktu “kemasukan setan” beberapa hari. ย Trus terang saya berusaha banget santai dan tenang dan terkadang berhasil tapi terkadang juga saya beneran gak bisa handle. BENERAN GAK BISA!

Tahun ini walaupun katanya kista saya sudah hilang ternyata endometriosis saya masih ada. Itulah sebabnya setiap mens sakitnya tetep ada. Endometriosis ini beneran gila banget. Gak cuman bikin sakit pas mens doang tapi juga sesudahnya. Saya akhirnya mengalaminya juga. Beberapa bulan ini gak terhitung beberapa kali saya bolak balik rumah sakit pas mens. Dokter masih gak bisa kasih penjelasan apapun.

Saya dan Matt jadi makin rajin baca jurnal dan nonton youtube tentang Endometriosis. Soalnya begini, ย ada beberapa bulan saya sakit perut trus setelah mens. Dokter bilang infeksi tapi setelah di cek semua ok. Saya jadi makan banyak sekali obat gara-gara ini. Udah gitu saya mulai mengalami sembelit dan ini bikin perut beneran sakit parah banget. Sembelit itu ternyata bisa dikarenakan endometriosis. Saya padahal ngerasa gak punya masalah dengan fiber. Saya makan sayur dan buah sangat banyak setiap harinya. Sekarang karena udah tau penyebabnya endo, saya pun nambahin fiber dengna cara minum vitamin. Sudah 2 bulan ini mudah2an udah lumayan walaupun masih sakit dan terkadang masih mengalami sembelit tapi periodenya gak selama di awal2 tahun 2015.

http://www.womenlivingnaturally.com/articlepage.php?id=196

http://www.livingwithendometriosis.org/category/chronic-pain/

http://www.healthywomen.org/content/article/lifestyle-and-dietary-changes-endometriosishttp://

http://www.endo-resolved.com/diet.htmlhttp://youngwomenshealth.org/2012/06/12/endometriosis-nutrition-and-exercise/

http://www.everydayhealth.com/womens-health/essentials-of-endometriosis-diet.aspx

Ini sebagian kecil artikel yang saya baca. Menurut beberapa jurnal, blog bahkan youtube sepanjang hidup orang yang punya endometriosis memang harus merubah pola dietnya. Mulai dari gak makan produk dari susu, daging merah dsb. Banyak bangetlah. Saya usahain ikutin tapi masalahnya kan lebih sering gagalnya ya, ย huuhu. Soal daging merah udah banyak banget berkurang sejak dulu tapi masih makan sih hehe. Untuk produk susu saya ganti ke almond milk tapi saya setiap bulan ada 1 kali makan ice cream ๐Ÿ˜ฆ *itu kayak reward karena saya kesakitan hiks*, masih makan nasi karena selalu makan dirumah nyokap. DUh…. ini diet susah banget deh. Saya udah nyobain sejak 5 bulan lalu dan masih gagal trus huhuhu. Sering banget gagal dan saya tetep kesakitan karena dalam aturan main diet endometriosis ini beneran gak bisa cheating. Sekali cheating yah udah dipastikan bakalan sakit.

Minggu lalu seperti biasa ketika PMS + Mens saya pun ngamuk luar biasa. Kalau dibuat kartun dari telinga, hidung dan mulut saya mungkin keluar asap dan api. Bulan lalu saya sama sekali gak “menggila” dan saya pikir ini pasti karena yoga dan makanan yang saya makan ehhh gak taunya sabtu tengah malam kemaren sampai senin saya kayak orang sinting. Antara mengamuk, lemes, gak bisa bangun karena ngerasa capek banget dan sakit perut. Setiap kali saya makan pain killer maka saya kayak orang bodoh yang lemes karena akan tidur trus-trusan. Saya masih coba beberapa pose yoga untuk mens. Entah yang mana membantu tapi akhirnya saya bisa tidur trus perlahan emosi saya mulai normal.

Kemaren saya ngobrol dengan Matt (sambil makan es cream untuk bonus bulanan saya karena mulai normal)

“Maaf ya aku ngamuk hari Sabtu malam”

“Yeah.. tapi memang ada alasan kamu marah sabtu itu” oya saya ngamuk karena Matt bikin salah.

“Tapi udah seharusnya aku gak semarah itu hanya karena kecewa”

“Babe, kamu harus tau…… dulu aku sangat kecewa setiap kamu marah. Period kamu buat aku down karena gak bisa bantu but sekarang aku selalu pikir seperti ini Noni sedang punya demon di badannya. Yang sedang kecewa bukan Noni. Ini hanya beberapa hari dan setelah itu aku akan punya Noni kembali”

“Thank you”

“Kita harus kerja lebih keras dengan diet kamu. Aku harus support juga kan ya?”

Saya punya suami yang luar biasa, ย ya. Ayah saya pernah bilang kalau bukan Matt suami saya mungkin saya udah ditinggalin hehe. Mungkin buat sebagian orang Endo hanya penyakit yang tidak terlalu berbahaya tapi untuk saya penyakit ini jahat sebagaimana penyakit lainnya. Saya sempet baca beberapa orang bahkan ingin bunuh diri karena gak tahan. Belum lagi emosi yang disebabkan hormon-hormon yang sedang berpesta itu. Dan tentu saja saya sadar banget kalau saya gak mau jadi orang yang akan menyesali apa yang saya lakukan karena penyakit ini. Ini juga salah satu alasan saya resign karena Matt pengen saya kurangin stress dan setiap bulan bolos kantor itu ternyata gak enak juga karena bos saya sendiri suka gak percaya karena mens saya bisa sesakit itu. O,ya saya juga pemakan advil/Ibuprofen setiap bulannya. Ini sebenarnya kurang bagus tapi kalau gak dimakan saya bakalan gak bisa bangun dan cuman teriak2 doang hehe. Walaupun setelah minum yang ada jadinya tidurrrrrrrrrrr trus.

Beberapa bulan lalu sebenarnya saya sempet down banget karena sakit perut trus dan bolak balik rumah sakit. Salah satu temen si Matt (dia peneliti dan diver) yang ternyata mengalami hal yang sama. Bahkan karena Endomentriosis dan kista dia hampir meninggal ketika diving. Salah satu paru-parunya setiap kali mens gak berfungsi dan pada saat itu kalau gak salah dia sedang diving. Gila ย ya. Kesakitan kayak gini dialaminya bertahun-tahun dan akhirnya beberapa bulan lalu dia putuskan untuk operasi pengangkatan rahim dan seluruh temen-temennya. Denger ceritanya saya jadi mikir saya masih mending deh. Gak bisa nafas cuman pas banyak asap. Salah satu artikel yang dia kirim ke saya bisa dibaca dibawah ini

http://www.theguardian.com/society/2015/sep/29/endometriosis-experiences-women-period

Tulisan ini sengaja saya posting hanya untuk berbagi dengan cewek-cewek yang mungkin memiliki penyakit yang sama. Hi.. cewek-cewek kita bakalan perang ngelawan si Endometriosis ini ya.

Tulisan ini juga saya tulis untuk mengingatkan saya betapa saya sungguh beruntung memiliki suami sebaik Matt dan tentu saja Advil untuk pain killer saya hehhe.

Untuk saat ini selain makanan yang harus diganti, pola hidup harus lebih sehat termasuk olahraga dan ternyata bau-bauan ngaruh juga. Matt selalu suka pasang lilin aromatheraphy setelah saya minum obat dan tidur di kamar. Gak tau gimana biasanya saya lebih santai dan wewangian itu bikin saya ngantuk juga. Udah gitu biasanya juga nih saya tetep suka kasih kompres hangat di perut atau di pinggang buat bantuin ngilangin sakit. Semuanya sih Matt yang bantuin, saya cuman nikmatin doang hihihi. Makasih banget ya Matt.

Jadiย untuk yang punya Endometriosis, Miom atau Kista…….. mari semangat!!!

159 comments

  1. Dibanding sedih, kata yang pas buat aku pas baca postingan ini adalah shocked. Soalnya aku baru tau bisa seekstrim itu sakitnya, apalagi yang ampe paru2 ga berfungsi. Dengan begini, aku jadi lebih bisa ngertiin cewe-cewe yang mesti izin ga ngapa2in kalo lagi mens, dan mensyukuri menstrusi aku yang masih baik2 dan normal2 saja. Semangat mba Noni! Dan thank goodness you have such a patient and supportive hubby ya ๐Ÿ˜€ Trus foto di atas itu itu sempet bikin aku gagal fokus, cantik banget! โค

    • Syukurlah kalau kamu gpp pas mens dan sehat2 trus ya. Mens emang gak enak buat penderita endo. Beneran gak enak dan paling gak enak lagi kalau akhirnya efeknya itu merembet2 kayak kalau aku setelah mens bukannnya sembuh malahan sembelit dan ngerasa perut kayak penuh gas trus. Doh.

  2. Semangat, Noni! Nanti sekalian aku tanyakan ke temanku if she can recommend a cure.

    Gimana caranya japri ya? Via personal message di Instagram nanti kukirimkan no whatsapp-ku ya.

    Get well, girl! ๐Ÿ’ž๐Ÿ™๐Ÿ’ž๐Ÿ™

  3. Semangat ya Non.. !!!! Cuma bisa bilang itu.. Aku aja bacanya juga penuh dengan up and down.. Gak kebayang itu mood ancur berantakan katena hormon. Lucky you Non.. Si Matt selalu be there for you !! *hug*

  4. So sorry Non to hear about the Endo. It is a monster!! I have it too. Hang in there dear. I have been eliminating gluten from my diet as much as I can, besides dairy products. xoxo

  5. peluk mbak noni dulu deh ๐Ÿ™‚ aku juga sakit mbak kalo pas lagi period, sakitnya minta ampun. cuma sehari aja sih. gak berhari hari. dan jadi ga bisa bayangin ada yg sakit sampe parunya gak fungsi. ah ya, saya juga suka kompres pinggang kalo lagi dapet. mbak noni, dairy product gak boleh kah ? aku suka minum susu menjelang hari H karena lumayan bisa ngurangin sakit.

  6. Ya allah Mba Non… Aku kaget bgt bacanya. Nyesek sendiri. Gatau gimana ya itu kalau rasain sendiri ๐Ÿ˜ซ. Cuma bisa bantuin doa dari jauh aja.

    Jadi inget, kenalan ada yg punya kista gitu. Dia pernah cerita, katanya kalo pas rasa sakitnya datang, dia alihin itu ke baca Quran ma nangis. Jadi kalo udah gitu, ya baca qurannya sambil tersendat2 meringis gimana gitu, plus tisu buat ngelap mata ma idung tiap kali mulai kenceng nangisnya. Tapi buat dia jadi efektif bgt buat ngurangin emosi dan stress segala macam itu. Ga tau sih bisa efektif ga buat semua orang, tapi mungkin bisa dicoba Mba Non :).

    Alhamdulillah bgt ya Mba punya suami kaya Matt. Jadi anugrah tersendiri. Keren bgt itu pasti :).

    Semangat Mba Non.. Semoga dilindungin Allah trus yaa, terutama saat masa-masa sakitnya ๐Ÿ˜‰

    • Makasih doanya ya SIti ๐Ÿ™‚ Semoga nanti sembuh.

      Iya sih setiap orang yang punya endo, kista biasanya emang tersiksa banget pas mens. Cuman biasanya gak terlalu diekspos karena gak ngerti, ada juga yang ngerasa karena sakit bulanan jadi didiemin aja dll. Padahal endo bisa bikin sakit2 yang lainnya juga.

      Ngaji ya, tapi pas mens emang boleh ngaji?

      • Aamiin mbaa ;). Tapi emg kalo penyakit perempuan itu emg butuh bgt support dr org terdekat sih yaa. Soalnya deket bgt ama emosi yg main di perempuannya..

        Kalo masalah ngaji ini sebenarnya ada beberapa pendapat mba. Ada ulama yg ga bolehin, ada yg bolehin, ada yg bolehin dgn syarat. Seingetku sih ga dikit yg bolehin, tapi dgn kndsi dan alasan berbeda. Ada yg full blg baca quran boleh, ada yg blg bolehnya baca buat murojaah, dll. Kalo aku ngikut yg bolehin baca dgn syarat tertentu, yaitu ga dipegang kitab qurannya. Soalnya di dalilnya itu larangan buat nyentuh kitab al qurannya itu, bukan baca. Jadi baca qurannya itu ya dgn syarat quran yg terjemahan atau quran digital via app di hp. Biar ga nyentuh yg pure kitab Quran yg bahasa arab doank. Balik ke esensi kalo menstruasi itu udah sunnah atau hal normal buat perempuan, ga nyebabin si perempuannya jadi dikategoriin najis. Jadi kondisi ‘ga suci’nya itu ya emg yg mutlak dilarang total kaya sholat gitu. Tapi yaa balik lagi ke keyakinan msg2 mba mau ikut pendapat ulama yg mana ๐Ÿ˜€

  7. Ga tau knapa mungkin saya berlebihan tapi saya baca ini sampe deg-degan. Eh mantan boss saya pernah crita kl mens juga kesakitan dia bawa pain killer ke kantor dia juga endometriosis (saya blum jelas banget ini apa) indung telur juga tinggal satu dia punya anak mbak. shes my very nice boss

  8. Mbak Noni aku sedih bacanya, yg kuat yaaa.. Aku belum bisa bayangin berada di posisi mbak Noni krn selama ini aku mens baik2 aja secara fisik (walaupun emosi tetep up & down yes).
    Semoga apapun metode penyembuhan yg mbak Noni pilih bisa bikin mbak Noni berangsur2 membaik ya.. Hugs ๐Ÿ™‚

  9. Mari mbaaaaak…iya nih, aku semingguan belum dapet. suamiku stres liat akunya banting2 barang ๐Ÿ˜ฆ kok sama banget sih mbak. endo aku pdhl cm selaput doang…kalo diambil, pasti ada lagi. kata suamiku semalem: “cepet2 dapet ya, biar pms-nya udahan” :))

  10. Mbak Non aku pingin pelukin jadinya, :’) Kalau mbak Non Endometriosis aku Skoliosis. Meskipun masih dalam tahap mild tapi suka sakit di punggung setiap hari. Dulu aku suka ngeluh kalau sakit tapi skrg ditahan aja dalam hati, dinikmati sendiri. Karena aku inget kalau kita sakit dan ga ngeluh pasti dosa-dosa berguguran, hehe. Tetap semangat Mbak Non, kita diberi ‘kelebihan’ itu karena Allah yakin kita pasti kuat. ๐Ÿ™‚

      • Kalau skoliosis ga bisa sembuh mbak non, jadi judulnya seumur hidup bersama skoliosis, kecuali kalau berani dioperasi dgn resiko 50/50. Iyaaa Yoga itu katanya bisa mengurangi derajat kebengkokan (meskipun ga menghilangkan) pingin coba Yoga sih, masih nyari yg oke di Palembang, semoga nanti ketemu ๐Ÿ™‚ Tapi pokoke tetap semangat Mbak Non ๐Ÿ˜€

      • Oh gitu ya harus dioperasi ๐Ÿ˜ฆ

        NIn, awal2 aku ikut yoga kata guru yoga aku ada murid yang akhirnya skoliosisnya lumayan berkurang. Emang gak cepet sih sampai hampir 2 tahuann gitu. Coba aja, moga2 ketemu di Palembang ya.
        Sehat2 untuk kita dan semangat trus utk kita berdua hehe

  11. Sedih bacanya hiksss.. Ayo mbak Noni semangat, kita harus menang melawan penyakit. Karena aku pun punya hal yang sama ama mbak Noni. Makanya makin kesini aku berusaha rajin olahraga dan jaga makanan, ternyata makanan yang kita makan diluarnya enak tapi jahat bangat buat tubuh. Peluk cium untuk mbak Noni ๐Ÿ™‚

  12. Wow mba Non. Mira aja aja yang tiap mens cuma pegel2 sering banget ngeluh. Ga berani ngebayangin diposisi dirimu yg sampe seperti itu…
    Moga cepet sehat dan hilang sakitnya ya…
    Om Matt keren banget juga…

  13. Hugsss…emang berat ya Non, I feel you banget dan ternyata kamu lebih parah ya *hugss lagi*
    emang periode nya itu pengen ngamuk, apa apa serba salah. Orang yang gak tau bilang kita lebay, padahal mah emang emosi tuh campur aduk gak jelas.
    Beruntung pasangan ngertiin ya, mbul pun begitu. Aku ya sekarang gak tabu lagi pake pain killer deh, soalnya dikantor aku yang sekarang gak boleh sakit secara bu bos nya killer huhuhu
    Semangat ya non, tiap bulan pasti berlalu :*

  14. Haii, salam kenal..
    Saya juga mengalami seperti yg kamu rasakan bertahun2.. setiap bulan hrs minum pain killer, sakit sampai muntah2 jg stiap bulan, sakit sampai menggigil dan migrain. Stress tingkat tinggi bgt, tiap bulan jd bolos kerja makin stres deh krn ga enak sama bos, org2 yg ga pernah ngalamin sakitnya ga ada yg percaya klo sy bisa sesakit itu malah dibilang lebay. Ke dokter sarannya cuma operasi atau hamil.
    Singkat cerita saya hamil (itupun dikatakan oleh dokter saya susah hamil kalo tdk di operasi dl) tp buktinya akhirnya saya hamil dan setelah sy melahirkan di cek kista sy sdh tidak ada dan skg sy tdk perlu kesakitan lg stiap bulan..
    Smoga kamu jg bs sembuh dgn cara hamil yah tanpa perlu operasi2 lg.

  15. Noni terima kasih sudah berbagi cerita ini. Semoga dimudahkan jalanmu menuju kesembuhan. Diberikan kekuatan buat kamu dan Matt untuk melawan kesakitan dan emosi yang mungkin sering tidak terkontrol. Peluk buat Noni.
    Aku dulu pengidap kista Non. Kalau tidak salah ingat 3cm. Dokternya bilang aku disuruh cepet menikah dan punya anak. Lha waktu itu calon saja belum ada. Akhirnya diluruhkan pakai terapi hormon selama 6 bulan. Kalau mens sampai muntah2, demam tinggi, emosi super tinggi dan sering pingsan. Setelah terapi hormon jadi berkurang. Katanya kistanya hilang. Posisi terakhir sebelum berangkat Belanda aku merasa kista balik lagi karena kalau mens sakit banget. Setelah keguguran dan periksa dokter, mungkin kistanya hilang bersama janin. Sekarang kalo mens ga pernah sakit lagi. Siklusnya lancar dan darah yang keluar ga ada gumpalan2nya. Nah, kata dokter disini, kalo ukuran 3cm itu belum terkatakan kista. Menurutnya itu masih bisa diobati, ga perlu sampai operasi. Tapi ya sudahlah, aku mikirnya toh sudah luruh. Mudah2an ga balik lagi. Tetap semangat ya Non!

    • Aku pakai terapi hormon itu malah mens trus selama 3 bulan Den. Ampe parah gitu dan lemes banget. Pas ke Penang diomelin sama dokternya harus berhenti. Jadi sekarang gak mau terapi lagi. Iya sih ya katanya kalau hamil/melahirkan gitu bisa hialng emang kista. Kistanya di aku hilang sekarang tapi endonya yang gak hilang huhu

  16. Semoga Mbak Non dan Bang Matt makin saling menjaga dan menyayangi. Waktu haid aja sakit gitu, aku ga kebayang gimana sakitnya pas kamu lagi kambuh..

    Berarti emang bener2 musti jaga makanan ya kita-kita ini, kadang emang agak susah ๐Ÿ˜ฆ

  17. Temen kantor aku ada tuh mbak yg sakit kista sama miom. Tapi gak tahu juga kalau endo ini. Dia setiap bulan juga ijin karena gak tahan sakitnya. Kalau marah marah juga aku gak tahu seh. Aku baru ngeh kalau ternyata bisa sampe separah itu ya emosinya dan gak bisa dikendalikan gitu.

    Semoga bisa dapat solusi yg terbaik buat mbak ya. Semoga sakitnya bisa hilang sepenuhnya.

    • amin… semoga temen kamu juga sehat2 ya Nie.

      Emang sakit banget sih sampai gak tahan gitu. Ada juga yang baik2 aja tapi setahu aku kebanyakan nahannya itu gak bisa. Ada juga nih temen si Matt baru kelar operasi di Aussie tapi kayaknya masih belon normal juga. Masih kesakitan dan ngamuk2 dia

  18. semangat dan banyak2 sabar ya non..kontrol emosi yang paling penting..semoga kita semua diberi kesehatan. amiinn..

  19. nonik sedih banget bacanya, hormon memang ngaruh banget buat perempuan yaa..

    I pray for u, God will heal u, miracle will happen ya nonik.. aminnn…

    Stay strong… don’t give up…

  20. Mau kasih respon dr segi classic medicine.. *sok gau mode: on*
    Kalau di kedokteran klasik, setiap organ tubuh akan berhubungan dengan emosi tertentu. Beda dgn kedokteran modern yang emosi semuanya dikontrol oleh otak..
    Misalnya ada salah satu organ tubuh dibuang, kemampuan untuk mengendalikan emosi ada yang hilang (mungkin ini sebabnya Mbak Noni jd susah kontrol marah setelah pengangkatan indung telur).
    Untuk makanan,, untuk menguatkan bagian reproduksi Mbak Noni bs makan apel hijau & seafood (seafood ini agak simalakama krn pengolahannya suka bikin seafood jd gak sehat), kalau nyeri haid bs minum kunyit asem (pasti udah banyak yg nyuruh minum ini, ada resep lainnya tp utk skrg aku lupa), kalau kehilangan banyak darah sampai lemes banget bs minum jus kurma 7 buah (kurmanya yg tebel dagingnya) atau jus jambu biji (kayak pasien db)..
    Utk emosi, sabar aja Mbak., semakin bs kontrol emosi, makin lama kemampuan kontrol emosi krn ada organ tubuh yg hilang bakal balik lagi..

  21. mbaaaaa, kok banyak sih sakitnya ?! jgn diborong gitu dong (# ngomong sambil matanya berkaca-kaca #). yg bs diusahakan, diusahakan ya mba. bagian kita jgn lupa. semoga semua penyakit itu hilang ya ๐Ÿ™‚ . semangat mbaaaaa ….

  22. Peluk jauuuuh mbak Noniii..!!โ™ฅโ™ฅโ™ฅ

    Semangat ya mbak.. ALLAH ngasih ujian gitu karena yakin mbak Noni kuat ngadepinnya.
    N bersyukur banget yaa you have a great husband like him. ๐Ÿ™‚

    Saya selama ini suka sakit jg kalau mens.. kadang sampe jungkir balik. tapi baca postingan mbak ini jadi ngerasa ga ada apa2nya banget. Huhu..

    Semoga segera ALLAH kasih kesehatan dan putra/putri lucu yaa mbaaak..
    Hugs hugs hugs!! >_<

  23. oh ya ampun noni… ga nyangka banget bisa sampai sebegitu sakitnya :(( hanya bisa kirim peluk dan sun jauh dari sini ya.. semoga selalu baik-baik aja untuk noni dan matt..

  24. Kak Noni saya doain semoga Kak Noni lekas pulih dan selalu diberi kesehatan ya ๐Ÿ˜ฆ sungguh aku sedih dan benar-benar apa ya … bisa bayangin semua yang Kak Noni alami. Keep Fight

  25. Yaampun, sampe ngefek ke paru2 juga yah?
    Adekku kl lg dapet juga gt, ngamuk2 kerjaannya. Jd kl mw chat nunggu dia kelar mensnya.
    Kl aku dl malah 2-3 tahunan mens gak kelar2 Non, sampe permukaan miss V dan pantat iritasi kena pembalut. Disamping itu kalo pas gak dpt mens bisa 8bln – 1 th lebih gak dpt period. Makanya aku ikut IVF. Ditambah lg sekarang tuba falopi udh dipotong satu ๐Ÿ˜ฆ
    Kamu tetap semangat yaaah! Mending kl pas lg heavy period ngumpet di kamar deh yah, hihihi… Semoga semua cepet dapet jalan keluar ya Non ๐Ÿ˜˜

    • Iya sampai ke paru2. Jadi kalau lagi mens salah satu paru2nya berhenti bekerja gt. Ngerih ya. Perut sakit, paru2 gak bisa kerja..doh.

      Aku juga pas yg 3 bulan itu Cha, sampe ledes rasanya.

  26. Sama banget dengan cuman daku tidak sampai terganggu emosi. Hanya sakit yg luar biasa disaat haid. Dan sudah tidak mempan dengan ibuprofen ponstan dsb. Jd harus make profenid suposutoria yg dimasukkan ke anus . Sudah muter didokter obgyn bandung dan menyarankan histerektomi. Tp aku nya ndak mau. Udah ke spore juga. Akhirnya dioperasi mengangkat miom dan kista. Tidak histerektomi. Sakit berhenti. Tp perdarahan hebat setiap haid. Akhirnya diusia 42 thn salah satu sobat obgyn saya menyarankan untuk menopause dini supaya tidak haid. Dan saya turuti. Walopun belon punya anak. Krn saya yakin Inilah kehendak Allah. Semangat ya Nonik… Peluk Nonik โค๏ธโค๏ธโค๏ธ

    • Ha… kamu juga ya mba huhu…..
      Aduh jahat banget ya endo ini. Aku serem banget sebenarnya. Bukan soal gak punya anak aja tapi soal sakit tiap bulan manalah abis mens aku tetep sakit kayak sembelit gitu dan perut penuh dengan gas. Capek banget

  27. Astagaaa.. Speechless abis baca. Sending you the biggest hug in the world. Moody-ku kalo lagi PMS ga ada apa2nya dibanding ini, hiks malu sendiri. And well done to Matt for being such a good husband. Get well soon… Mb Non, somehow ๐Ÿ™‚

  28. Wuah. Kayak naik roller coaster bacanya. Yang sakit mens biasa2 aja (macam perut kram plus pinggang encok kepala pening trus minum pana*ol langsung kelar) udah nyiksa ya, gimana kalo yg kayak Mbak Noni gitu. Sungguh aku gak bisa bayangin. Matt so sweet dan sabar banget. Semoga cepet sembuh ya (entah bagaimanapun itu caranya), semoga Matt juga sehat selalu biar bisa dampingin Mbak Noni dalam masa2 manis maupun masa2 senggol bacok ๐Ÿ™‚

  29. Wow.. serem banget ya si endo.. pernah baca juga dari blog orang dan akhirnya dia dioperasi ke amerika. Katanya sih sembuh, tapi tnyata endo ini bisa muncul lagi. Jadi dari diri sendiri emang kudu kuat dan keluarga kudu ngertiin. S.E.M.A.N.G.A.T yaaaa.. tetep cantik koookkkk ๐Ÿ˜€

  30. Baca postingan ini jadi mengingatkan klo g termasuk yg beruntung klo mens ga sampe sakit gimana.

    Gua pendarahan abis pasang spiral aja setres maksimal.. baru ganti pembalut, 2 menit penuh lagi..
    apalagi dikau yang mens trus 3 bulllaaaan. Astaga.

    Semangat ya non.. usahamu diet dan hidup sehat pasti terbayar..

    • yang 3 bulan itu nyebelin banget deh apalagi aku lagi ngantor dan sibuk banget. Rasanya lemes banget dan berkali2 di lobby hotel aku itu darah aku berceceran pas lagi terima tamu hahaha. Kasian deh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s