Bahaya Pamer Boarding Pass di Socmed


aragec.com
aragec.com

Beberapa minggu lalu saya sempet melihat satu account artis Indonesia yang memposting boarding pass miliknya dan suaminya ketika akan bepergian. Sebenarnya mungkin si artis hanya ingin berbagi dan memberitahu followersnya kalau dia hendak pergi ke tempat tersebut. Masalahnya pamer boarding pass ternyata cukup berbahaya.

Sebenarnya foto-foto boarding pass yang beredar di social media pasti tidak terhitung banyaknya. Saya inget dulu ada seorang teman yang suka sekali memposting boarding passnya di FB dan Twitter. Hampir setiap kali bepergian. Temen-temen kita yang sebel cenderung melihatnya sebagai salah satu cara untuk PAMER hehehe.

Nah, sekarang karena kita sudah tahu posting boarding pass itu bisa berbahaya sebaiknya memang dihindari aja. Ada banyak cara lainnya untuk pamer, ya kan.

Kenapa bisa berbahaya?

Jadi begini informasi yang ada di boarding pass itu kayak nama, asal, tujuan dan barcode bisa dipergunakan oleh penjahat cyber untuk membobol kartu kredit kita atau malahan si penjahat cyber bisa mengetahui rincian data pribadi kita dan mungkin juga untuk mereka mengubah jadwal perjalanan. Hiii… mana lah kita sekarang sering beli tiket kan pake kartu kredit, ya kan.

Menurut pakar teknologi keamanan, Brian Krebs di blognya http://krebsonsecurity.com/, katanya nih walaupun kita udah tidak memposting boarding pass kita tapi membuangnya di tong sampah tanpa dihancurkan terlebih dahulu ternyata sama aja. Bisa tetep dibobol. Jadi inget-inget ya (ngomong ama diri sendiri) untuk menghancurkan boarding pass. Selama ini saya gak pernah hancurin tapi entah kececeran dimana-mana aja.

Menurut Krebs, barcode dua dimensi dan kode QR menyimpan banyak informasi, dan kode yang dicetak pada boarding pass maskapai memungkinkan seseorang untuk menemukan lebih banyak informasi tentang kita (koq serem banget sih) , tentang rencana perjalanan masa depan, dan akun penerbangan.

Tiket juga berisi asal, tujuan dan nomor penerbangan yang merupakan sasaran empuk bagi penjahat cyber. Hiiii…..

Jadi mulai dari sekarang buruan deh hancurin boarding pass kita yang sudah terpakai dan pastikan untuk menset password + log out untuk semua account apps perjalanan kita. Saya juga suka lupa log out gitu.

Semakin banyak orang pinter semakin kita harus lebih teliti ya 🙂

http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20151012162334-269-84481/bahaya-mengunggah-foto-boarding-pass-ke-media-sosial/

Why You Shouldn’t Post Your Boarding Pass on Social Media

Happy Traveling

 

 

 

 

Advertisements

62 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s