10 Fungsi Hutan Untuk Kelangsungan Hidup


81QHQI1I5T

Saya besar di kampung kecil. Dari kecil udah biasa ngeliat sawah, pohon-pohon, semak belukar dan sampai detik ini saya masih belum bosan dengan pemandangan itu. Makanya kalau dibawa ke kampung atau desa senengnya bukan main. Pengalaman main di sawah, nungguin adek saya manjat pohon buat ngambil mangga atau rambutan selalu seru dan ngelontok dikepala. Mungkin karena itu juga setiap kali ada pohon yang ditebang saya sedih. Sedih karena beneran hutan kita itu tinggal dikit banget.

Menikah dengan Matt semakin membuka mata saya lebar tentang fungsi hutan. Hutan yang kita pikir cantik untuk di foto-foto itu ternyata punya fungsi yang luar biasa untuk kelangsungan hidup manusia dan seluruh mahluk hidup di bumi ini. Berita tentang pembakaran hutan, pemotongan hutan liar tentu membuat saya patah hati. Itu belon lagi kalau ngeliat tetangga atau pohon-pohon di pinggir jalan dipotongin, serius saya sedih banget. Walau emang agak bahaya juga kalau pohon di pinggir jalan ya. Pas jatuh bisa membahayakan orang. Kalau menurut Matt, makanya sebelum itu harus beneran dipilih pohon yang bisa hidup di kota bukan asal-asalan tanam.

Kita pasti udah tau kalau hutan di Indonesia sebenarnya udah digerogoti. Kita mungkin pikir ahh masih banyak koq di Sumatera, Kalimantan atau Indonesia Timur tapi percayalah kalau ngeliat peta yang dibuat si Matt, sebenarnya cukup mengkhawatirkan hutan-hutan yang ada di Indonesia ini. Jika kita tetep ambil sikap gak perduli mungkin sebentar lagi hutan-hutan tersebut bakalan habis.

Fungsi hutan tentunya banyak sekali untuk hidup kita antara lain :

1.Β Hutan sebagai penyerap dan penyimpan karbon

2. Menjadi habitat alami untuk burung, serangga, hingga mamalia

3. Pencegah Banjir

4. Sumber Oksigen

5. Sumber cadangan air

6. Mencegah erosi dan tanah longsor

7. Mengatur Iklim

8. Sebagai Paru-paru Dunia

9. Mengurangi Polusi dan Pencemaran Udara

10. Menyuburkan Tanah

Ini baru beberapa aja fungsi hutan untuk kita, kebayang ya pentingnya πŸ™‚ Jadi gimana kita bisa cuek dengan fungsi hutan yang beneran bisa mempengaruhi kelangsungan hidup manusa.

Btw… saya baru nemu video bagus dari Unilever dan pesen yang disampaikan bener banget. Semoga kita bisa lebih bijak ya dan dapat menjaga lingkungan dengan lebih baik.

Advertisements

30 comments

  1. kalo nulis2 bahan meeting dan lain-lain udah biasa pake tablet aja gak pake kertas, tapi kalo baca buku rasanya gak lega kalo cuma baca e-book huhuhu T_T

  2. Akupuuun sediiih hiks… apalagi insiden kebakaran hutan yang asapnya masih ada 😦
    Disini mau renovasi memperluas rumah dengan ambil sebagian lahan kebun sendiri aja harus ijin kelurahan setempat dan biasanya dijamin ga boleh, padahal tanah sendiri juga. Kalo bukan kita yang menajaga lahan hijau, siapa lagi kan ya?

    • Kalau di negara2 maju udah gak khawatir lagi sih soal begini2an yg mengkhawatirkan itu di negara2 berkembang ya. Suami aku stress bgt karena dia kerjanya kan di konservasi. Banyak masyarakat yg cuek bahkan yg punya pendidikan bagus sekalipun 😰

  3. Makin habis karena dibakar2-in…. Kasihan yang hidup di hutan juga, hewan2 pada ngadu sama gw, Non. 😊

    Pemerintah hobi banget juga jual2-in hutan ke palm oil company.

    Solusinya apa ya, Non? *bete sama pemerintah

  4. Indonesia dikasih berkah dengan banyaknya hutan alami malah disia2kan ya. Padahal berkah banget itu. Miris jadinya. Tinggal menjaga aja kayaknya susah banget dilakukan. Negara lain sampai bikin hutan buatan saking sedikitnya hutan dan tetap pengen jadi bagian paru2 dunia. Aku kalau jalan2 dihutan deket rumah selalu mikir, asyik banget hutannya, rindang dan teratur. Bahkan danaunya juga bersih. Tingkat kesadaran mereka buat jaga lingkungan tinggi sekali.

  5. Hehe…tumben Non nulis postingan rada serius gini…Jadi inget sama kerjaan gw deh πŸ™‚ BTW, dibandingkan beberapa tahun lalu forest governance di Indonesia ada banyak kemajuan positif kok, meski nggak secepat yang kita harapkan bersama (seperti di Brazil misalnya yang tingkat deforestrasinya menurun beberapa tahun terakhir ini). Yah karena ini pekerjaan yang ngga semudah membalikkan telapak tangan. Kompleks banget membicarakan isu hutan di Indonesia bergelut langsung di dalamnya kadang bikin gw geleng2x kepala karena masih ada (banyak sebetulnya) pihak2x yang ‘ajaib’ gitu kelakuannya, untungnya ada juga aktor2x yang menginginkan perbaikan dan idealisme, so…there is hope.

  6. kalo udah kejadian kebakaran yang sistemik kayak sekarang ini, terus aku suka penasaran, kemana itu lulusan kehutanan? coba semua sarjana kerja sesuai bidangnya ya *ngasihcerminbuatdirisendiri* T___T jadi sedih deh aku mbak non

  7. duh masalah beginian ribet. Korupsi jadi sumber masalahnya. Pejabat daerah (entah bupati atau gubernur) gampang disuap untuk ngasih izin penanaman sawit atau HTI ke perusahaan besar! Kalau petani sawit berskala kecil, mereka sih gak bikin masalah. Pejabat daerah inilah biang keladinya. Even mereka berani ngasih izin di hutan lindung. Bahkan , yang aku dengar, perushaan2 sawit punya dana khusus untuk disetor tiap bulannya ke penegak hukum (polisi, jaksa, hakim) jadi ya aman aman aja deh mereka “gak tersentuh” 😦 😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s