10 Free Stock Photo Resource


Sebagai blogger dan Marcom (ex) salah satu masalah hidup saya adalah stock foto untuk tulisan. Kadang-kadang mau nulis A ehhh gak punya foto yang pas padahal kan foto itu termasuk elemen penting untuk menarik pembaca kan. Dari 2 tahun lalu saya udah baca sih mengenai website foto gratisan. Maksutnya kita bisa pakai daripada nyomot dari hasil browsing google yang tentu saja kita kasih sourcenya. Dari beberapa website yang saya baca katanya menggunakan foto-foto dari website ini gratis bahkan jika memiliki CCO artinya foto bisa digunakan untuk apapun. Sejauh ini saya cuman pakai untuk postingan blog itupun saya tetap sertakan sourcenya.

Dari beberapa website tersebut ada beberapa yang suka liat-liat koleksinya dan jika kebetulan tidak punya stock foto, saya suka cek dari website ini. Untuk memastikan aman atau tidaknya, please check lagi aturan mainnya ya 🙂 inget gimana pun ini kan hasil karya orang lain. Biarpun katanya gratis dan boleh digunakan biasanya saya tetep menyertakan asal usul foto.

01. Pixebay

https://pixabay.com/en/dish-restaurant-dining-food-dinner-918613/
https://pixabay.com/en/dish-restaurant-dining-food-dinner-918613/

https://pixabay.com website ini cukup lengkap dan walaupun koleksinya gak sebanyak Flickr saya lumayan suka liat-liat koleksi fotonya. Dari yang saya baca Pixabay memiliki CCO tapi sebaiknya cek detail dari foto yang kita mau pergunakan. Kalau emang harus minta ijin photographernya biasanya bisa kirim email.

02. Magdeleine

http://magdeleine.co/
http://magdeleine.co/

http://magdeleine.co/ Hampir mirip seperti Pixabay, koleksinya terbagi-bagi kayak lagi ngeliat album foto. Lumayanlah kalau lagi nyari foto. Oya pastikan untuk cek licensenya ya sebelum menggunakan foto-foto yang tersedia.

03. Unsplash

https://images.unsplash.com
https://images.unsplash.com

https://images.unsplash.com Nah ini mejadi salah satu favorite saya juga karena gak banyak aturan main disini nih. Eh tapi bukan berarti foto-foto yang selalu saya pakai dari web ini deng haha. Soalnya gak lengkap juga.

04. http://www.gratisography.com/

217H

Gratisography adalah sebuah situs dengan koleksi foto resolusi tinggi, diupdate setiap minggu. Kita bisa mendownload gambar yang kita suka dari sini untuk digunakan sendiri atau oleh perusahaan. Sayangnya tidak ada fitur search atau kategori. Karena gak ada fitur search kita bakalan ketemu kelinci-kelinci sebelum foto terbuka heeh.

05. http://littlevisuals.co/

http://littlevisuals.co/
http://littlevisuals.co/

Di Littlevisuals jika kita signup maka hampir setiap minggu bakalan ada pemberitahuan jika koleksi foto-foto mereka ada yang baru. Lumayan buat cuci mata sih kalau saya hehe.

06. http://negativespace.co/

http://negativespace.co/
http://negativespace.co/

Negativespace termasuk favorite saya karena fotonya banyak yang keren-keren. Beberapa yang saya lihat sepertinya memiliki CCO jadi bebas digunakan. Cek lagi sebelum dipakai ya. Udah gitu karena namanya aja negativespace jadi banyak sekali ruang yang bisa dipakai untuk memasukkan tulisan 🙂 cocok buat bikin poster ya hehe.

07. http://skitterphoto.com/

http://skitterphoto.com/
http://skitterphoto.com/

Skitterphoto memiliki koleksi-koleksi foto yang lumayan lengkap. Yang paling asik dari web ini adalah hampir semua foto punya cerita-cerita dari Photographernya. Lumayanlah buat cuci mata dan baca-baca.

08. http://kaboompics.com/

http://kaboompics.com/
http://kaboompics.com/

Kalau dari yang saya baca website ini dibuat untuk blogger, perusahaan2 kecil  yang memang membutuhkan foto2. Masalahnya saya kurang tau soal licencenya hehe. Coba dicek aja jika ingin menggunakan salah satu foto dari website ini.

09. https://picjumbo.com

https://picjumbo.com
https://picjumbo.com

Di Website ini tidak disediakan kolom search jadi kita mesti cek satu2 foto yang kita butuhkan. Agak nyebelin juga ya hehe. Cuman foto2nya bagus-bagus banget.

10. https://stocksnap.io/

https://stocksnap.io/
https://stocksnap.io/

Stocksnap sebenarnya paling sering saya pakai kalau kebetulan lagi perlu foto. Koleksi foto2nya bagus banget dan gampang juga nyari foto yang kita perlukan. Untuk keperluan foto seperti semua website pastikan kamu baca ketentuannya ya 🙂

Kalian punya website lain yang di rekomendasikan?

PS: semua info saya dapatkan dari http://www.picmonkey.com/blog/free-stock-photos/ & http://www.pusatgratis.com/

Advertisements

64 comments

  1. Wah makasih banget nih infonya. Daripada postingannya polos tanpa foto jadi nggak menarik, mending ditambahin foto-foto dari web kayak begini yang kece bangettt

  2. Dulu pas awal ngeblog sih sering comot dr getty images. Nggak tau deh aturan mainnya gimana; aku cm cantumkan sumbernya aja ‘getty images’. Kadang klo pas rajin, aku cantumkan skalian nama fotografernya.

  3. Saya tak tahu satu pun :haha. Terima kasih banyak infonya Mbak! Akan sangat berguna buat kalau bikin postingan nih, terutama buat tantangan bahasa Inggris, kalau kebetulan belum ketemu gambar yang cocok. Tapi baik benar ya para fotografer itu memberikan fotonya, apa ini dengan cuma-cuma atau mereka dibayar juga ya Mbak?

  4. Keren-keren yach mbak, aku belum pernah lihat.

    Tapi tetap rasanya enakan ambil foto hasil jepertan sendiri walapun nga sebagus punya orang, hehehehe… entah kenapa suka merasa bersalah kalau ambil foto orang lain, walaupun sudah cantumin source. kecuali beberapa gaya yoga yang aku pengen kasih catatan tapi akunya nga bisa ngelakuin gerakan itu mau nga mau dech ambil foto orang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s