Where to Take Foreign Guests to Dine in Medan


Prime Steak House JW Marriott Medan
Prime Steak House JW Marriott Medan

Salah satu daya tarik kota Medan adalah kulinernya. Siapa yang ngiler denger lontong Medan, soto Sinar Pagi sampai mie Aceh. Pokoknya Medan itu surganya makanan, jadi kalau ke Medan siap-siap aja perut meledak. Masalah muncul ketika tamu atau temen yang datang ke kota Medan adalah orang asing. Kira-kira enaknya diajakin kemana ya?

Ini adalah salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyain ke saya. “Mba Noni enaknya ngajakin temen dari luar (baca bule) makan dimana ya,  di Medan?”

Baru sekarang nih saya kepikiran posting karena selama ini kan saya juga jarang-jarang banget nyobain banyak restoran di Medan, cuman dari yang beberapa itu, saya coba list aja sesuai dengan kebiasaan Matt dan temen-temennya menjamu tamu-tamu mereka aja, ya. Yang kira-kira mau menambahkan dalam list ini silahkan 🙂

01. Roland, German Restaurant

Roland ini deket banget dari rumah kita. Jalan kaki juga bisa saking deketnya. Kebetulan letaknya juga di dekat perumahan yang rata-rata expat di Medan tinggal, jadi yah setiap harinya pasti selalu jadi tempat kumpul-kumpul mereka. Makanan yang disajikan di Roland adalah masakan Jerman dan Indonesia.

Makanan yang saya rekomendasikan disini adalah Paniertes Schnitzel mit kleinem Salat und Pommes  atau Ayam goreng ala Jerman dengan brown sauce, salad porsi kecil, dan kentang goreng. Porsinya gede banget. Tiap saya pesen ini pasti bisa di share dengan 2 atau 3 orang lainnya. Tergantung seberapa laparnya kami hehe. Sementara untuk makanan penutup jangan lupa untuk nyobain Cheese Cakenya 🙂 Enak banget

Roland Jerman Restoran di http://www.rolands-restaurants.com/menu.html

02. Wak Noer

Ini restoran kedua yang saya dan Matt suka sekali datangi kalau kita lagi kedatangan tamu dari luar. Selain Wak Noer yang makanannya lebih ke masakan Indonesia, disebelah restoran mereka ada restoran lain yang menyajikan masakan Western, jadi tinggal pilih aja. Belum lagi ada toko roti Sam’s Bakery yang roti-rotinya enak-enak banget.

Review saya sebelumnya bisa di cek disini ya https://nonikhairani.com/2013/05/09/waroeng-kopi-wak-noer-sams-patisserie/

Alamat: Jl. Uskup Agung No. 15, Madras Hulu, Polonia, Medan, Sumatera Utara 20157, Indonesia Telepon:+62 61 4153320

03. Smokey Ribs

Restorant ini pernah saya buat reviewnya disini https://nonikhairani.com/2013/06/28/smokey-ribs-medan-review-restoran/

Ini jadi pilihan kita kalau kebetulan semuanya lagi pengen makan daging 🙂

04. Sushi Tei

Yah.. ini mah standard ya hehe. Cuman kadang-kadang kalau udah agak lama di Indonesia dan mereka mulai bosen nyobain makanan-makanan Indonesia atau Western kita akhirnya suka ke Resto Jepang. Sebenarnya ada beberapa restoran Jepang cuman gak tau kenapa kita selalu aja akhirnya pergi kesini lagi kesini lagi :).

Sushi Tei yang biasa kita cobain di Sun Plaza atau di Jl. Kartini

05. Cahaya Baru

Ini adalah restaurant India di Medan. Letaknya di Jl. Cik Di Tiro dekat SMAN 1. Review saya yang gak begitu lengkap bisa dibaca disini https://nonikhairani.com/2013/03/05/dikecewakan-bollywood/

Restoran India sebenarnya ada beberapa di Medan tapi yang paling terkenal dan pelayanannya cukup ramah yah resto ini. Makanannya enak dan pas dilidah kita atau tamu-tamu yang biasa kita bawa. Gak ada complain selama ini. Lagian karena susah nemu restoran India akhirnya terima-terima ajalah hehe.

06. RM Padang Garuda

Yah… gimana ya, ini favorite kita berdua haha, jadinya kalau ada temen datang pasti kita suka paksa-paksain nyobain makan disini. Biasanya mereka suka nyobain rendang dan jengkol 🙂

Rumah makan Padang sih gak pernah gagal ya, selalu bikin enak mulut tapi belon tentu bagus di perut. Menurut saya rumah makan yang ini masih oklah dicoba bule pemula sekalipun yang datang ke Medan haha.

RM Padang Garuda ada di beberapa tempat tapi kita paling sering datang yang di Jl. Patimura.

07. Resto & Cafe Warisan Tempo Doloe

Review sebelumnya bisa di cek disini https://nonikhairani.com/2013/10/12/resto-cafe-gallery-warisan-tempo-doeloe-medan/

Yang kita suka dari tempat ini sebenarnya karena dekat dari kantor si Matt, masakannya makanan Indonesia tapi gak pedas dan semua pernak pernik cantik yang instagram-able banget. Biasanya tamu kita kebablasan belanja juga di tempat ini karena kebetulan didepan restoran ada butik kecil yang menjual kebaya dan beberapa kain traditional.

08. The Thirty Six

Cafe cantik di Medan itu banyaknya minta ampun termasuk yang menyediakan kopi. Salah satu yang koleksi kopinya lumayan lengkap adalah The Thirty Six. Kita suka kesini nih kalau cuman buat santai-santai sambil kerja.

Reviewnya sendiri bisa dicek disini ya https://nonikhairani.com/2013/10/27/the-thirty-six-medan-review/

09. Coffee Box

Yang biasa kita datangin letaknya di Sun Plaza. Biasanya sih makan lupis dan jus kedondong. Kalau ngajakin temen kesini karena biasanya kita abis muter-muter di mall. Trus tempat ini juga keramat banget karena pertama kalinya saya dan Matt ketemuan haha.

10. JW Marriott Medan

Steak paling enak di kota Medan itu cuman ada di Prime Steak House jadi kalau pengen ngajakin tamu dinner di tempat yang romantis, elegant dan tentu aja masakannya enak bawa aja ke JW Marriott 🙂 . Selain itu karena di Marriott Cafe juga selalu tersedia buffet Jepang, Turki, Western, Indonesia dan Cina, so…. lebih enak ngajakin temen makan kesini. Bebas sakit perut juga.

Nah, ada 10 resto/cafe yang biasanya kita datangin untuk menjamu tamu-tamu kita, kalau ada rekomendasi tempat yang lain, silahkan di tulis di kolom komen ya 🙂

Kalau di kota kamu, restoran apa yang jadi favorite?

Oya tulisan ini juga terinspirasi dari sini http://darijakarta.com/where-to-take-foreign-guests-to-dine-in-jakarta/

Advertisements

62 comments

    • Chris, di Medan ada juga yang mirip2 gitu sekarang. Banyak yang jualan makanan/ceminal dari Korea/Taiwan tapinya hehehe. Nama daerahnya Mega Mas. Cuman karena jauh kita gak pernah pergi kesana. Males nyetirnya.

      • Oh yaa lucu juga.. aduh kalo cemil2 itu menggoda banget, paling ga tahan ga beli hahaha.. berasanya kan ga bersalah karena kecil2 tapi taunya udah beli banya :p

        kalo kapan2 kesana review di blog dongg Non 🙂

  1. Ngileeer mbayangin kuliner Medan. Huehehehe. Kok jadi kangen ya. Dulu diajakin temen dari Medan malah ke kaki lima. Buanyaaaaak pilihan dan enak-enak.. *ngelap iler

      • Oiya ya. Perut bule suka ga tahan sama makanan indo ya. Kami suka ngerjain orang Jepang dengan makan di resto padang belakang kantor. Mereka biasanya sakit perut 3 harian, tapi herannya banyak yang balik makan situ lagi. Hahaha.

  2. RM Padang Garuda pilihanku 🙂
    Kita juga suka banget Garuda Mba, dulu di Jakarta sering banget makan, padahal jauh banget dari rumah. Favorite saya sayur ubi tumbuk hehe.
    Waktu kemarin ke Medan malam pertama langsung mampir Garuda, akhirnya kesampean juga nyoba di tempat aslinya, nyam nyam.

  3. Kebetulan temen2 bapaknya Teona pas kuliah di Belanda kalo pas ke Jakarta kita ajakin kalo ga ke resto Jawa (asal saya) atau resto Padang (asal bapaknya Teona). Hahaha. Tinggal sesuain aja meeting poin nya mau di mana.

  4. Kalau Restoran Tip Top yang di Kesawan itu bagaimana Mbak? Kan di sana sejarahnya panjang terus masakannya bernuansa Eropa juga :hehe. Jadi sekalian mengenalkan kota Medan ke para wisatawan, apalagi yang berasal dari tanah Eropa siapa tahu ada keterikatan personal dengan kota ini jadi makin tertarik :hehe.

      • Ooh… demikian ya :hehe. Soalnya dulu waktu saya ke sana lumayan banyak bule yang santap siang, jadi saya pikir ini bisa jadi rekomendasi :hehe.

    • Itu juga rame sih Gara tapi sekarang kita udah jarang banget kesana karena kejauhan dari daerah rumah plus aku dan Matt kurang begitu cocok ama masakannya haha. Biasanya kita kesana kalau kebetulan emang ke Mansion Tjong A Fie karena letaknya deket.
      Kalau kamu ke Medan bolehlah kesana.

      • Saya sudah ke sana aaaak :hihi. Hm, lumayan sih rasanya Mbak, cuma saya mesti setuju kalau saya agak kurang cocok dengan menu yang saya pesan saat itu :hehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s