Lupis


Lupis Medan
Lupis Medan

Lupis adalah satu dari banyak makanan Indonesia yang saya suka. Setiap hari makan lupis pun kayaknya gak bakalan bosen. Sempet agak susah nemu orang yang jual lupis di enak di Surabaya tapi begitu pulang ke Medan lagi, wohoooooo….. surga.

Lupis di Medan menjadi makanan sehari-hari. Untuk sarapan pagi atau dimalam hari sambil makan lontong. Jadi sebenarnya postingan ini adalah postingan lanjutan dari lontong Medan πŸ™‚

Kalau saya cek di wikipedia, katanya lupis berasal dari daerah Jawa tapi sempet dicari-cari lagi informasi lainnya gak ketemu. Kalau melihat bentuknya lupis hampir mirip dengan bakcang. Menurut sebuah blog katanya Lupis sebenarnya berasal dari Betawi dan Padang. Pantesan di Medan banyak banget yang jual walaupunΒ banyak juga yang jualan adalah masyarakat keturunan India. Biasanya lupis yang dijual di Medan rasanya lebih nikmat. Iyalah orang Medan pasti muji-muji daerahnya sendiri.

Lupis sendiri mulai masuk ke banyak coffee shop di kota Medan. Biasanya menu lupis masuk ke coffee shop model-model warung kopi peranakan. Jadi selain lupis biasanya ada dijual juga roti dengan srikaya dan teh tarik. Harganya tentu jadi melonjak tinggi, padahal mungkin aja yang punya coffee shop ngambilnya dari ibu-ibu yang jualan di pinggir jalan hehe. Kalau dipinggir jalan kita bisa beli 2 biji lupis seharga Rp 4.000 – Rp 5.000 begitu masuk ke cafe menjadi Rp 25.000 hahaha. Tampilannya tentu beda πŸ™‚

Tempat untuk makan kue lupis favorite saya adalah Coffee Box yang ada di Sun Plaza. Buat dapetin lupis sebaiknya datang sebelum sore karena biasanya cepet banget habisnya. Tempat lain adalah Marriott Cafe dan tentu aja pantry kantor saya hehehe. Selain itu lupis bisa didapat dibanyak tempat yang juga berjualan lontong.

Ada yang suka lupis juga seperti saya?

 

 

Advertisements

110 comments

  1. Saya Mbak Non. Sukaa banget. Di deket rumah ada yang jualan. Lima rebu dapet 5 lupis. Enaaakk. Maen sini dong, ntar aku traktir lupis πŸ™‚

  2. GW!!! Sukaaaaaaaa pake banget! Sampe kadang kadang bela belain ke RUmah Sakit Pondok Indah karena lupis di kantin RS tersebut paling enak seduniaaa !!!

  3. Saya suka lupis Mbak, apalagi kalau banyak gula dan kelapanya, rasanya gurih ketan yang bercampur dengan kelapa parut dan gula merah cair itu aaaak, surga. Jadi penasaran nih Mbak kepengin merasakan lupis asli Medan, secara Medan itu kulinernya jos gandos banget, tak usah dipertanyakan lagilah kelezatannya :)). Yang unik dari lupis itu kalau menurut saya bentuknya yang segi tiga ya, dari dulu selalu bingung bagaimana cara membungkusnya :haha.

    • Kamu kesini lagi dong Gara, kan banyak yang belon dicobain makanannya hehe.
      Kuliner di Medan emang enak2 sih, pokoknya siap2 gendut. Eh ada yang posting cara bungkus si lupis itu πŸ™‚

      • Sip. sedang mengumpulkan sumber daya supaya bisa tandang ke sana, Mbak! Saya pasti akan ribut-ribut kalau tandang ke sana :hehe.

        Baiklah, akan saya search! Terima kasih buat infonya, Mbak!

  4. Aku sukaaa…. *glek. kalau di Malang, lupis ada juga yg bentuknya kayak lontong mbak, tapi diameternya lbh gede dan lbh panjang. trus motongnya nggak pake pisau tapi pake benang.

  5. Aku jugaaaa sukaaa.. Semenjak di solo sampai skg suka ama lupis. Mau bentuk segitiga atau lontong kalau judulnya ketan+juruh (gula merah) pasti demen..

    Cm di sini suka kadang2 aja nemu yg enak.. Enak dsini yg ketannya lembut.

  6. Aku suka bangett lupis, belinya selalu dipasar tradisonal kan murah banget hehe. Selain lupis sering beli ketan itemnya. Skrg sih sdh bertahun-tahun gak makan lupis, ga ada yg jual ditempatku, bikin sendiri males ah πŸ˜† .

  7. Themes blognya seger mbak, sukaaaaa πŸ™‚

    Lupis? Di Surabaya banyak kok yang jual enak2 dan murceee pulak. Aku beli 2 ribu di pasar deket rumah (Rungkut) dapat segambreng, udah sama cenil dan ketan

  8. yaaa jadi pengen lupiss ama cenil, dkt rmhku 2.500 dpt 3, yg jual org india, enak non…klw dicampur cenil jadinya lupisnya 2 bj, tp kadang heran juga ama yg jual kok bisa jual segitu murahnya., segala macam yg dijual semuanya seharga 2.500, kyk serabi, roti cane, putu mayong..pokoknya murah dan enakkkkkk…:)

  9. Akuuuuu suka banget lupis.
    Sekarang krn ga ada, jadinya bikin sendiri…. Dan rasanya? Enak banget….. Hihihi biarin deh muji sendiri, tapi betulin enak banget dan bentuknya pun segitiga cantik😊. Aduh maaf ini aku sombong banget

  10. Aku suka banget lupis Non! Setiap kali mudik pasti selalu makan deh!! Hehehehe πŸ˜€ . Dan habis makan langsung deh inget kalori, huahaha πŸ˜† .

    Eh, lupis di Jawa sama lupis di Medan beda atau sama Non rasanya?? πŸ™‚

  11. Keliatannya enak ya,agak mengingatkan ku sama bakcang manis ( Jianshui Zong), biasanya bakcang (Zongzi) umumnya pakai daging dalamnya hanya aja kalau bakcang manis,dalamnya ngak di kasih apa apa…cuman makannya dengan saus gula merah juga kayak Lupis..tapi ngak ada kelapanya..jadi mau coba ^^.

  12. Aku suka banget lupis. Makanan favorit dari kecil. Eh, btw aku udah beli bukumu Non! Keren ya bukunya. Trus, kesian banget yaa yang pernah patah hati di negeri orang, hehehe …

    • Hahahaha… Maya, makasih :0
      Pas putus sedih sih tapi skr malah berkah bisa ditulis ceritanya dan jadi ketawaan banyak orang hihihi. Tulis dong reviewnya *loh koq jadi nembak ya* becanda koq.
      Suka gak bukunya?

      • Baru selesai bacanya Non. Maklumlah harus nyicil baca sebelum tidur kalo gak ntar gak kebangun sahur dimarahin laki, hihihi. Aku suka banget bukunya, beda dengan kebanyakan buku travel lain karena ada info-info yg berguna di bagian akhirnya yah. Trus sudut pandang perjalanannya juga beda, kisah yang dialami selama perjalanan itu yang ditulis. Terus menulis ya, Non! Ditunggu buku berikutnya *tepuktangan*

  13. Kalo saya suka banget lupis yang dijual ibu-ibu penjual bubur madura. Hihihi. Btw bukunya masih dibaca ya Mbak Non *baca komen di atasnya. Hihihi.

    • Daniiiii…. santai aja, gak usah diburu2 πŸ™‚
      Nanti malah gak meresap cerita patah hatinya huahhahaha.
      Ibu2 Madura mah kalah lupisnya ama ibu2 Medan, Dan. Hidup MEdan!

  14. Noni theme blognya baruuuuu! Tampilannya bagus dan elegan, tapi tiap artikel di home page lay outnya jadi sempit dan panjaaaang gitu ya?
    Agak kurang nyaman baca homepagenya, tapi setelah di klik ke per artikel udah enak lagi sih, seenak lupisnya!

    • Iya baru nih mba, iseng kemaren ganti2 karena agak bosen ama yang lama. Udah setahun lebih pake yang itu. Cuman kekurangannya jd agak lama juga kan ya πŸ™‚

  15. aku suka lupis juga mbak Noni….dan di Surabaya itu memang susah ya nyari makanan yang satu ini ><
    btw theme blognya baru ya mbak? lebih fresh dan cerah

      • kemarin waktu mau lihat home lama loadingnya mbak Noni…

        oia mbak Noni? kok aku ga pernah melihat ya? malah temenku suka aneh kalau aku nanya tempat dagang lupis πŸ˜€

  16. Ada cerita lucu, mbak Non tentang Lupis ini. Waktu saya hamil, saya ngidam lupis medan.. Pak Suami cari dan ketemu lupis (saya tinggal di jawa timur).. tapi bentuknya kayak lontong mbak.. Yah.,.saya nya gak mau (suami bingung). hahahaha.. kangennya lupisnya yah kayak lupis medan. Nah pas pulang ke medan (hamil tua), baru nyampe rumahnya mama saya, langsung disuguhin Lupis banyak hahahahaaa… keturutan dah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s