Jerapah bucketlist part#6


www.1freewallpapers.com
http://www.1freewallpapers.com

Saya besar dengan beberapa hewan peliharaan. Mulai dari umur 3 tahun ibu saya udah ngasih kucing kecil untuk kami pelihara. Setelah itu peliharaan makin bertambah dengan kelinci, marmut berkandang-kandang sampai ayam. Baru di umur 27 saya stop memiliki hewan peliharaan karena ngekos dan selalu bepergian.

Dari seluruh hewan yang pernah ada di muka bumi saya paling penasaran pengen liat JERAPAH tapi gak mau liat di kebun binatang. Saya mau ngeliatnya di alam bebas alias di habitat aslinya. Ini bedanya juga ngeliat Orang Utan di kebun binatang dan di hutan. Pokoknya beda banget. Kalau menurut Matt malah lebih beda lagi kalau ngeliatnya bukan di hutan wisata hehe.

Dulu sebenarnya saya penasaran ngeliat gajah di hutan tapi setelah liat langsung akhirnya posisinya digantikan dengan Jerapah. Kenapa Jerapah? saya copy langsung dari Wikipedia ya alasannya :

Jerapah atau zarafah (nama ilmiah: Giraffa camelopardalis) adalah mamalia berkuku genap endemik Afrika dan merupakan spesies hewan tertinggi yang hidup di darat. Jerapah jantan dapat mencapai tinggi 4,8 sampai 5,5 meter dan memiliki berat yang dapat mencapai 1.360 kilogram. Jerapah betina biasanya sedikit lebih pendek dan lebih ringan.

Jerapah berkerabat dengan rusa dan sapi tetapi dari suku yang berbeda, yaitu Giraffidae yang mencakup jerapah sendiri dan kerabat terdekatnya, okapi. Habitat aslinya mencakup area dari Chad sampai dengan Afrika Selatan

Nama spesiesnya camelopardalis diambil dari nama dalam latin, karena dianggap sebagai bastar unta (camel) dan macan tutul(leopard). Nama camelopardalis dipakai oleh Plinius senior dalam ensiklopedia yang ditulisnya. Nama ini juga dipakai sebagai nama salah satu rasi bintang. Nama “jerapah” sendiri dipinjam dari nama hewan ini dalam bahasa Arab (الزرافة, zirafah).

Nah katanya Jerapah masih berkerabat dengan sapi tapi dari suku yang berbeda. Pantesan kalau diliat-liat muka sapi dengan Jerapah agak-agak mirip kan, walau mukanya Jerapah lebih tirus. Makanya saya jadi tambah penasaran soalnya saya juga suka banget ngeliat sapi atau dipanggil lembu kalau di tempat tinggal saya.

Menurut Wikipedia ada 9 subspesies Jerapah di muka bumi tapi yang saya paling pengen banget liat adalah :

  • Jerapah Afrika Selatan (G.c. giraffa)
Bercak berbentuk bundar atau tutul-tutul, beberapa di antaranya membentuk pola seperti bintang. Latar belakang bercak warna coklat muda yang terang. Bercak atau tutul bisa sampai ke bagian telapak kaki. Habitat: Afrika Selatan, Namibia, Botswana,Zimbabwe, dan Mozambik.

Tahun lalu ada mahasiswanya si Matt datang dari Afrika Selatan trus saya cerita dong kalau pengen banget kesana ngeliat Jerapah. Dia bilang emang kerennya gak nanggung-nanggung kalau bisa liat binatang-binatang itu di savana tapi…… jauh lebih keren liat OrangUTan di habitat aslinya. Doh…. hahaha. Emang manusia gak pernah puas ya.

Sebenarnya ada juga trip wisata Giraffe Manor, di hotel di Nairobi, Kenya. Disini Jerapah-jerapah malah bebas berkeliaran di sekitar hotel, jadi jangan kaget kalau mereka tiba-tiba nonggol masuk ke dalam restoran. Seru sih ya tapi saya udah pasti banget si Matt pasti males, secara saya nonton simpanse main baseball di film aja dia ngamuk-ngamuk. Trus urusan ngasih makan binatang dari tangan kita pasti dia juga gak setuju, gak seru kan kalau udah nginep mahal-mahal disana tapi saya cuman dengerin dia ngomel-ngomel. Ini berasa udah berangkat aja haha.

So….. Jerapah, semoga kita segera bisa ketemu ya 🙂

Apa hewan favorite kamu yang pengen banget diliat?

www.mymodernmet.com
http://www.mymodernmet.com
www.uniqhotels.com
http://www.uniqhotels.com
Advertisements

37 comments

  1. Dan saya juga pengen liat Zebra secara langsung :). Bicara tentang Kenya satu hari ada walk in customer bertransaksi si bapak asalnya USA kerja dan tinggal di Dubai dan dan pernah di Kenya sambil nunggu kelengkapan transaksi kami ngobrol dia crita ” Kenya itu cantik banget saya suka, kamu musti kesana liat sendiri”

    • Aku juga suka liat Zebra apalagi kalau lagi rame2 ya tapi kalau ada harimau/singa datang langsung sedih karena pasti ada korban.
      Kayaknya Africa itu emang keren sih walau gak disemua wilayah

  2. Nggak ada binatang favorit hehehe…..
    Tapi aku paling senang lihat rusa, apalagi kalau yang jantan dan punya tanduk bagus.
    Pengen lihat langsung mereka minum di telaga di tengah hutan, seperti yang sering aku baca di buku dongen kala kecil dulu

    • Sebenarnya dia gak suka hewan apapun yang bukan pet (anjing, kucing, kelinci) itu dihalaman rumah plus dikasih makan langsung lewat tangan kita karena takut nularin penyakit terutama primata. Cuman kayaknya hotel ini emang berada di Savana jadi punya akses beberapa binantang masuk ke areanya.
      Aku belon kasih tau soal hotel ini ke Matt sih tapi palingan reaksinya dia sama. Tertarik tapi yah gitu deh, kalau dia liat kita kasih makan pasti dia bete hahaha. Cuman kita kan belon tau ya kenapa diperbolehkan, mungkin ada alasan2 tertentu 🙂

  3. aduuuh pernah liat hotel ini juga, lucunyaaa. one of my fave animals, setelah (anak) gajah. mukanya baik ya mbak…hihi.
    aku sukanya anjing, tp ga brani megang.
    kalo brani megang, paling mecem kelinci, monyet dll

    • Aduh berani banget megang monyet hehe. Aku takut banget liat monyet karena si Matt cerita bahaya banget bersentuhan karena aku atau si monyet bisa saling menularkan penyakit.
      Kalau anjing emm selama udah deket sih suka megangnya kalau anjing orang lain takut hahaha.

      Anak gajah juga lucu ya 🙂

  4. Jerapah gigit gak sih?
    kalo kita deket-deket bakal ditendang gak? kan tendangannya kuat banget kak…

    Hehehe…gw cuma pengen punya peternakan ikan, ayam, kambing, sapi

  5. Aku emang takut sama binatang, tapi sejak kecil aku pengen banget ke Afrika lihat berbagai macam binatang disana dialam bebas.
    Non, suamiku lagi terobsesi lihat orangutan. Dari sebulan ini dia ngomongin terus pengen lihat orang utan di Sumatra. Itu ditempat Matt penelitian bukan ya?

    • Den, ayoklah ke Medan entar ajak suami ke bukit lawang. Bukit lawang ini hutan yang termasuk Taman nasional Gunung Leuser tapi biasanya turis liat OU disini. Matt penelitian di Batangtoru. Tempat ini tertutup untuk turis jadi cuman untuk peneliti doang. Kalau di Bukit Lawang, OU-nya udah biasa liat turis. Oya bisa trekking juga disini. Lumayan asik koq kalau cuman penasaran pengen liat OU yang tinggal di hutan.

      • Iya Non, gara-gara dia diceritain temennya yang ke Medan lihat OU dia sudah berencana kalau nanti pulang ke Indonesia harus ke Medan dan ke Kalimantan buat lihat OU. Kapan-kapan aku email kamu ya Non nanya-nanya tentang ini 🙂

  6. Wah, aku juga penasaran Non untuk safari gitu. Teknisi di kantorku tahun lalu safari di Kenya sepuluh hari. Safari beneran gitu jadi dia mesti camping di savanah. Katanya kalau malam gak boleh pergi jauh-jauh dari grup (misalnya buat kencing) soalnya bisa-bisa diterkam singa/harimau/binatang liar lainnya gitu, hahaha 😆 .

  7. binatang favorit banyaakkk…yg utama kucing dan feline family hihi..karena emang melihara kucing dari kecil..
    dan pengen ke afrika liat binatang dsana, ke aussie liat koala, ke cina liat panda…
    kalo kangguru, dulu pas kecil ada sodara jauh yg tugas ke papua tau2 pulang2 bawa kangguru,,,jadi sempet main gtu pas kecil,,dan baru tau akhir2 ini kangguru bisa nendang..dulu ga tau jadi maennya cuek ehehe

  8. Suka sih liat jerapah, tapi nggak pernah kepikiran untuk ngeliat di kehidupan aslinya. Ya gitu deh kan pada dasarnya aku nggak suka binatang.

  9. Wii si Girrafe Manor ini emang nampak seru yaa khususnya bagi penggemar jerapah garis keras. Ayo ke kenyaaa rayu2 akang Matt hihi.
    Kalau aku sendiri pengen liat apa yaaa.. Hmm Orca kayaknya gara2 filem apa itu yg anak2 bersahabat sama Orca 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s