Medan, Kota Batu Akik


Pic source : spiritualkalimantan.indonetwork.co.id
Pic source : spiritualkalimantan.indonetwork.co.id

Kita lagi ngikutin trend nih, trend batu akik πŸ™‚

Saya dan Matt kemaren iseng ngitungin berapa banyak lapak batu akik dideket rumah kita. Dalam jarak sekitar 500 meter ada 5 lapak batu akik yang kita lihat. 2 rumah dari kompleks aja ada bapak yang setiap hari libur ngasah batu akiknya seharian didepan rumah. Kalau ibu-ibu sibuk mengupload foto kompakan, nah, si bapak ini sibuk ngasah batu seharian trus di foto deh. Tinggal kitanya yang kebisingan dengerin mesinnya yang start mulai dari jam 6 pagi sampai menjelang magrib.

Awalnya saya sempet bingung koq bisa batu akik ini gila-gilaan ngetopnya sekarang? si Matt sampai ikutan heboh juga. Setiap pulang dari hutan dia pasti cerita semua asisten’nya sekarang setiap kali pulang dari “keliling hutan” pasti pada nunduk. Nunduk ngasah batu maksutnya hehehe. Setiap asisten. Kalau semisal jari tangan ada 20 pasti penuh batu semua sangking banyaknya cincin mereka. Ternyata trend batu akik ini dipicu gara-gara presiden SBY, ya? cmiiw πŸ™‚

3 minggu lalu sewaktu saya berencana berangkat ke Takengon, salah seorang temen yang tinggal di Aceh langsung ngomong gini “ngapain ke Takengon? kamu kan udah pernah kesana, mau cari batu akik ya?” astaga….sekarang bepergian ke Gayo pun lebih dianggap mencari batu daripada nyari kopi enak hihihi. Segitu hebatnya si batu ini.

Lucunya gara-gara demam batu akik ini sekarang saya jadi perhatian dengan jari bapak-bapak. Hampir setiap bapak yang saya temuin pasti punya minimal 1 cincin batu akik di jarinya. Untungnya ayahΒ saya kurang suka dan gak make. Si Matt sempet nanya ke bokap pas ketemu minggu lalu dan ayah saya ketawa-ketawa bilang “ada tuh didepan lapaknya, bapak udah ditawarin berkali-kali tapi kebetulan gak suka, Matt mau pake batu akik biar bapak pesankan?” si Matt langsung tersipu-sipu. Kayaknya mungkin dia mau tapi malu huhahaha.

O,ya sangking ngetopnya si akik ini nih, gosipnya Medan akan dibuat menjadi kota batu akik πŸ™‚ how cool is that. Setiap orang yang ke Medan bakalan shopping batu akik ke Medan katanya. Entahlah apakah gosip ini beneran atau gimana. Bagus juga kalau beneran bisa mendatangkan banyak wisatawan lokal/mancanegara ke Medan. Selain di pinggir jalan tukang batu akik di Medan bisa ditemukan di Paladium. Kalau gak salah pameran-pameran batu akik juga sering banget diadakan di mall-mall sekarang ini. Pokoknya batu akik dimana-mana.

Pertanyaan saya sekarang berapa banyak tukang batu akik di dekat rumah kamu?

Advertisements

117 comments

  1. lha kok yo samaan to topik yg mau dibahas. demam batu akik.. padahal ya, batu akik itu udah dari dulu hebohnya. lha kok sekarang malah menggila.

    orang jawa, minimal punya 1 batu akik. almarhum papa ama eyangku juga punya. malah bandul kalung batu-nya eyang putriku masih kusimpan. lha kok sekarang malah jadi trend..

    sekarang trend batu akik panca warna. jadi di batu tersebut ada 5 warna. buatku sih, batu yang bagus itu yang punya khodam (kekuatan gaib) yang baik. karena trend ini lama2 akan hilang. tapi batu yang punya khodam gak akan pudar trend-nya. walaupun tidak banyak orang yang ngerti ttg ini haha

    • Bahas aja Tut πŸ™‚ kayaknya kamu juga tau banyak, lumayan tuh kalau ada yang pengen cari info hehe. Aku gak ngerti blas soal batu2an ini, makanya gak kepengen beli juga haha.

      Kata nyokap juga gitu, dari dulu juga orang2 udah pake tapi entah gimana ceritanya taon ini luar biasa trendnya ya

      • iya.. akupun tadi membahas itu ama suamiku. bahwa tahun ini trend batu akik bener2 menggila!

        akupun punya lho. langka lagi. kalo orang yg demen batu tau, bisa2 ditawar tinggi haha! tapi emoh, bojoku nyarinya susah payah soalnya haha

  2. Di sini sih rata-rata punya mesinnya sendiri Mbak, jadi yang tukang batu akiknya gitu mana laku. Bahahah! πŸ˜€

    Paling-paling Mama nitip rangka cincin trus dibuatnya di daerah Pancing. Banyak banget itu, Mbaaaak.. Entah ada berapa.. -_-

  3. Di Pekanbaru juga udah kena demam batu akik mbak Noni. Bapakku juga udah kena, dan nampaknya demam akik bakal ditularkan ke suami juga. Omoooooo. padahal saya kurang suka dg laki-laki yg pake batu akik-nya heboh πŸ˜₯

  4. Mbak, suami ku tergolong orang yang terselamatkan dari demam ini. Tapi, tidak buat haydar kemaren dia beli akik di sekolah harganya 6rb. Dengam bangga dia bilang, buuk ini kata lelek penjualnya akik kawe satu loh. Sekarang juga tiap pulang main juga bawa kerikil sama batu2an ga jelas. Katanya mai di serpiskan ke tukang akik.

  5. Hhaha iya dikantor karyawan cowo juga ngomongin itu “brapaan ini? Iketannya brapa nih cakep”, nah ” iketan” ini sering bsnget kudengar mbak cowo ga pake istilah cincin tapi iketan (ikat+an=ikatan, pengikat batu akik = cincin)

  6. Ini klo misterku nyebutnya “cincin om-om” mbak…hahaha di mulut sih bilangnya ga bakalan mau pake cincin batu akik karena om om banget, ehh pas lewat tukang dagangnya malah nanya sendiri..”kira2 berapa ya itu harganya” lol guilty desire kali yee haha

  7. Papa aku donk kemarin baru pulang dari luarkota tiba-tiba bawa pulang batu-batuan seember trus direndam air. Pas aku tanyain katanya batu akik. Trus malemnya udah banyak om-omku dan bapak-bapak tetangga deket rumah yang datang kerumah, dan mereka pun mengasah itu batu-batuan rame-rame hahaha πŸ˜€

  8. dekat rumahku nggak ada.
    Tapi kemarin pas lewat pasar, ada beberapa ruko yang ditempati penjual/pengasah batu akik.

  9. Untuk suami ku ga suka batu akik hahahaha

    Klo disekitar sini kynya banyak tp ga tau jumlah persisnya brp hihi

  10. Hahaha ngaka bagian yg : “ibu2 sibuk ngupload foto kompakan” >> niat bener emang yg pd ikutan. Btw mba noni ga ikutan kompakers medan? Lol aku ama adekku suka ledek2am soal ini.

    Anyway…tk.batu akik ada bnyk deket rumah. Uppa ma ga doyan. Tapi coba ai matt dibeliin deh mba non.keknya dia penasaran tuh

    • Kadang2 aku mau juga upload tapi jarang banget Jo, trus yang di MEdan gak ada yang kenal jadi gak ikutan hehhe.

      Udah ditawarin berkali2 dia gak suka, lagian aku juga geli ah

  11. tukang batu akik deket rumahku banyak bangeeettt mbak non, mulai dari yang rame sampe yang sepi, mulai dari yang keliatan mewah sampe keliatan sederhana. Lengkap. Hahahaha. Suamiku skarang keranjingan batu akik gara2 penasaran sama tukang2 yang bejejeran deket rumah ini. Huf.

  12. Aku sampai bosan sama si batu satu ini mba.. Hampir tiap hari dengarin orang bahas soal batu akik di kantor. Untungnya di dekat tempat tinggalku belum banyak yang jualan batu akik ini, baru ada si penjual jus yang “nambah profesi” jadi penjual batu akik juga, haha..

  13. untungya suamiku gak doyan batu akik.. dulu alm. ayah suka pae akik, dan akiknya itu suka jadi senjata buat jitak aku kl aku naka! huhuhu.. pas beliau meningga, akiknya banyak dihibahin dan diminta sama org-org dan gak tersisa satupun.

  14. Hahahaha iya nii saking demam batu akik,pensi di sekolah SMA aq pun ngadain bazar batu akik pula..
    Pensi loh kak di SMA pulaaa.haduwww
    Klo di dkt kosan aq hitung ada 3 lapak batu akik. Hihihi
    Bokap juga suka batu akik dr dulu tp ga pnh ikutan ngasah2 gt sih..cm tau cincin bokap segede2 dukun. Sereeeeem,klo buat ngejitak bs jd benjol kali yak.
    Nah klo akang alhamdulillah ga suka. Hahaha tp akang ada pake satu cincin dg batu black opal tp model batunya persegi dan flat,buka bulet2 kya batu akik pd umumnya. Itu jg boleh dikasih orang. Coba aja matt dikasih cincin yg kya model akang,kali aja cocok qiqiqiqii

      • Rata2 klo bule emg lebih setia pake cincin kawin drpd org asia trutama indonesia ka hihi
        Cincin kawin dilepas,cincin bacan malah dipake *upss hihihi
        Contoh nyata : bapak saya 😜😜

  15. Cikarang banyak banget mbaakk.. keluar gang kosan aja uda ada 2. dulu pas belum ngetren emang sudah ada sih tp gak rame tapi skrng beuuhh selalu ad ajaaa orang yang ngumpul disana.. dan suamiku pulang2 uda pake cincin batu akik dong huhu

  16. Kalo di Palembang banyak banget Mba, segala mang-mang jual nasi goreng pasti punya side job jual batu akik di samping tempat jualannya. Sekarang pindah ke Bengkulu, gak sebanyak di Palembang tapi lagi ada pameran batu akik di acara MTQ sama di dalem mall. Ckck πŸ˜€

  17. Di Jogja malah sering banget ada pameran batu akik gitu mbak. pameran coba mbak -_- batu akik jadi bahan pameran -_-

    Entah sampai kapan ya batu akik bakal booming gini, apa akan berakhir kayak gelombang cinta yang dulu booming juga gitu?

      • Nah kan -_- gila-gilaan banget ini batu cincin. Kemarin aja aku liat ada spanduk ‘KONTES BATU AKIK’ Apa banget cobak mbak -_- wwkww

        Woho iya dong mbak, gelombang cintaku mah nggak akan pernah pudar gitu πŸ˜€

  18. Nasib sama ama ponakan…sampe migren ngedengerin mesin ..krn si tukang batu akik pas disebelah rumahnya..kalo aku teramat sangat tidak doyan…semoga musim batu akik segera berlalu..diganti ama musim batu berlian πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰

  19. Di sekitar rumahku juga ada banyaaaak banget mbak gerai batu akik. Di salah satu mall di sini juga mendadak dipenuhi dengan pameran batu akik. Luar biasa dahsyat ya fenomena si batu satu ini. πŸ˜€

  20. Noni, besok Senin cerita batu akan gue publish ya. Gue link sama postingan ini ya. Di tempat gue jadi banyak pedagang akik. Trend yang menarik.

    Btw, gue juga demen batu, tapi yang murah meriah dan warna-warni. Pengennya sih hobi batu berlian dan maunya batu berlian segede batu kali biar berlian kuningnya Syahrini kalah. LOL.

  21. Solo dari dulu ada pasar batu akik Non, di daerah namanya klewer gitu. Tapi denger denger akik booming gara2 buat money laundry hahahaha, dejavu dulu pas jaman jemanii sama gelombang cinta πŸ˜€

  22. Aku kenal per’akik’kan karena main di sungai Kali Oyo di Jawa Tengah tahun lalu lewat teman seniman yang pemerhati batu-batuan sejak kecil. Dia nerangin sambil nyari bakalan akik di sungai yang jerniih banget itu. Aku ikut ambil beberapa yang menarik trus bawa ke tukang asah batu di Kotagede dibentuk aneh2 (bukan untuk cincin gitu), senang hasilnya bagus buat kenang-kenangan dan kado.

  23. Di deket rumahku ada 2 penjual batu akik.

    Suamiku untungnya gak suka…apalagi aku… iya ngenes nya kalo misalnya tau2 bentar lagi hilang aja gitu fenomena ini… huhuhuhu

  24. oh yg bikin populer SBY toh…baru tauk…
    tapi emang di kota pacitan, asal SBY dari dulu lumayan banyak yg jualan cincin batu akik,
    pas main ke sana liat gua2 yg cantik itu, souvenir yg dijual dsana emang banyakan cincin batu akik..tp ada yg cantik yg batunya kecil..tapi gak suka hihi
    mending diamond sekalian dijual tetep mahal haha

  25. Batu akik kalo yg warnanya cewek kayak pink, tosca, baby blue, merah gitu kayaknya bagus deh buat bandul kalung ya…tapi gw tetep prefer berlian sih, hihihihi.

    Btw aku mau ke Medan nih mba Juni ini, ketemuan donggg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s