Jalan-Jalan di Hutan


Taman Hutan Raya (Tahura) Berastagi
Taman Hutan Raya (Tahura) Berastagi

Satu hal yang menyedihkan ketika jalan-jalan adalah menemukan salah satu tempat wisata dalam keadaan rusak tanpa perbaikan (setidaknya menurut saya). Tempat ini salah satunya adalah Tahura atau Taman Hutan Raya di Berastagi Sumatera Utara. Saya tidak tahu persis apakah akan ada perbaikan atau gimana.

Tahura yang saya ingat adalah hutan kecil cantik di daerah Berastagi Sumatera Utara. Dulu orang tua saya lumayan suka membawa kami kesini. Piknik, jalan-jalan disekitaran pohon-pohon tinggi, duduk-duduk sambil minum air tebu dan jagung rebus dan melihat beberapa ekor gajah . Saya rindu sekali suasana itu lagi, makanya begitu ngeliat postingan pernikahan Andien dan Ippe langsung teringat tempat ini dan segera mengunjunginya. Gila ya itu pernikahan cantiknya bukan main. Jadi pengen kawin lagi. Masih gagal move on.

Hutan yang saya ingat ternyata sudah jauh berbeda. Tahura yang dulunya rapih sekarang hampir tidak terawat lagi. Ada beberapa sampah yang keliatan disela-sela batang pohon (untungnya gak banyak), kursi-kursi kayu yang rusak, tempat bermain anak yang hampir hancur berkarat. Sebagian dalam kondisi menjelang kematian alias rusak. Museum yang dulunya berdiri gagah sekarang ambruk jelek ditengah-tengah hutan ini. Beberapa ekor monyet mulai menjadi “pencuri makanan”. Kami termasuk korban diserang monyet rame-rame. Ugh… mengesalkan sekali.

Sebenarnya tempat ini masih cantik hanya perlu beberapa perubahan/perbaikan. Semisalnya museum yang sudah rusak itu lebih baik dirubuhkan saja dan diganti dengan pohon atau apalah. Ngeliat rumah rusak ditengah hutan itu sumpah bikin pikiran entah kemana-mana dan gak enak dipandang.

Tempat bermain anak yang hampir rusak sebaiknya juga diganti atau diperbaiki. Dicat, dikasih minyak atau diganti aja sekalian supaya tidak berbahaya ketika anak bermain. Bisa aja kan pas main jungkat jungkit jatuh terbalik kena besi, berdarah dan titanus. Hadew……

Kursi-kursi yang sudah rusak atau terbengkalai juga sebaiknya diganti aja. Tiket masuk ketempat ini kalau perlu dinaikkan aja. Saat ini Rp 10.000 dan saya pikir lumayan mahal kalau gak bisa melihat apapun. Ada beberapa monyet liar tinggal ditempat ini dan keliatannya gak takut dengan manusia. Tau gak kenapa bisa terjadi seperti itu? soalnya manusia ini emang kadang-kadang kurang kerjaan, udah tau binatang liar tapi dikasih makanan, nah begitu ngeliat kita yang jalan-jalan dia jadi gak takut plus berani ngambil barang/makanan yang kita tenteng. Ini gak bagus banget. Satu kali mungkin makanan yang diambil, besok-besok mungkin kita yang dicakarnya. Nyebelin banget.

Semoga kedepannya pihak yang terkait membenahi tempat ini sehingga menjadi tempat wisata yang emang layak dikunjungi.

 

Taman Hutan Raya (Tahura) Berastagi
Taman Hutan Raya (Tahura) Berastagi
Taman Hutan Raya (Tahura) Berastagi
Taman Hutan Raya (Tahura) Berastagi
Taman Hutan Raya (Tahura) Berastagi
Taman Hutan Raya (Tahura) Berastagi
Taman Hutan Raya (Tahura) Berastagi
Taman Hutan Raya (Tahura) Berastagi
Taman Hutan Raya (Tahura) Berastagi
Taman Hutan Raya (Tahura) Berastagi
museum tua yang rusak. Taman Hutan Raya (Tahura) Berastagi
museum tua yang rusak. Taman Hutan Raya (Tahura) Berastagi
Taman Hutan Raya (Tahura) Berastagi
Taman Hutan Raya (Tahura) Berastagi
Taman Hutan Raya (Tahura) Berastagi
Taman Hutan Raya (Tahura) Berastagi
Jump....... Taman Hutan Raya (Tahura) Berastagi
Jump……. Taman Hutan Raya (Tahura) Berastagi
Taman Hutan Raya (Tahura) Berastagi
Taman Hutan Raya (Tahura) Berastagi
Taman Hutan Raya (Tahura) Berastagi
Taman Hutan Raya (Tahura) Berastagi
Taman Hutan Raya (Tahura) Berastagi
Taman Hutan Raya (Tahura) Berastagi
Taman Hutan Raya (Tahura) Berastagi Kalau bukan dihutan udah pengen banget bawa kayu-kayu ini pulang kerumah aja
Taman Hutan Raya (Tahura) Berastagi
Kalau bukan dihutan udah pengen banget bawa kayu-kayu ini pulang kerumah aja
Hampir rusak tapi masih bisalah dimainin
Hampir rusak tapi masih bisalah dimainin
Taman Hutan Raya (Tahura) Berastagi
Taman Hutan Raya (Tahura) Berastagi
Taman Hutan Raya (Tahura) Berastagi
Taman Hutan Raya (Tahura) Berastagi
Taman Hutan Raya (Tahura) Berastagi
Taman Hutan Raya (Tahura) Berastagi
Taman Hutan Raya (Tahura) Berastagi
Taman Hutan Raya (Tahura) Berastagi
Taman Hutan Raya (Tahura) Berastagi
Taman Hutan Raya (Tahura) Berastagi . Btw… tangan saya koq panjang sebelah ya?Β 
Taman Hutan Raya (Tahura) Berastagi
Taman Hutan Raya (Tahura) Berastagi dengan Beby

 

Advertisements

96 comments

  1. Andai taman dirawat dengan baik dan ada pertanggungjawaban pasti makin banyak yg ngunjungin dan bisa menambah pemasukan kota Brastagi. Eh bisa jadi saya juga mau nikah disini aja deh yah 😊

  2. Itu mukak masih shock gegara roti kita dirampas sama kepala suku monyetnya ya, Mbak.. Huhuhu.. Aku masih sakit hati! πŸ˜₯

  3. sayang banget ya kaya gak terawat Non..itu playgroundnya juga agak karatan ya..kalau bersih dan rapih seru kan ya buat ajak main anak2 kesitu..btw museumnya parah banget sampai bangunanya hancur seperti itu Non.. 😦

  4. Liat foto – foto fasilitas rusak dan tidak terawat, kok kesannya horror ya mba Non πŸ™‚
    Wii…serem banget ya dirampok sama monyet

  5. Wah ajiip mbak noni bisa terbang macam film dracula apa itu yg ngehits banget si cullen cullen (maaf bukan penonton cuma dengar jd ga tau nama2nya)
    Padahal…bisa juga disewain jadi macam garden party ya, soal monyet itu saya baru ngeh baca caption diinstagram mbak noni, dan dah mulai ngasih tau ibuk&kakak2 saya nggak perlu repot ngasih monyet makan di tempat wisata ga jauh dr rumah, si nyemot jg agresif banget. Panjang beud nih komen πŸ™‚

    • Hahaha… itu pas lompat trus dijepret, sok mau foto levitasi tapi belon maksimal lompatnya.
      Twilight πŸ™‚

      iya monyet atau binatang liar itu seharusnya gak boleh dikasih makan (sama kita ya) apalagi karena mereka kan tinggalnya di hutan. Bayangin kalo akhirnya dia kebiasan minta sama orang trus suatu waktu gak ada lagi orang datang, mereka udah susah berkompetisi cari makan di hutan. Manalah hutan sekrang banyak yg dipotong juga

  6. Pantas suamiku gak pernah bawa kami ke sini mbak, ternyata krn mmg udah rusak banget ya hutannya…pdhl coba klo terawat ya mbak, tempatnya bisa dijadiin tempat nikahan ala2 twilight (kayak si andien tuh) hahaha

  7. Padahal dulunya bagus banget ya..masih inget wkt temenku foto prawed ditahura itu..kereeeen, dan belum separah itu rusaknya..di brastagi itu sebenarnya bnyk banget tempat wisata yg bagus hanya kurang perawatan semua..sayang ya.. tapi tulisan ” jadi pengen kawin lagi” di underline ya non..kawin laginya boleh asal sama matt lagi ya..hahahaha..

  8. Kirain tahura yang di bandung, ternyata di Berastagi Sumatera Utara πŸ˜€ Asik banget buat piknik itu mba πŸ˜€ Ada meja – mejanya di tengah hutan, pasti adem sekali suasananya~

  9. trakhir kali gw kesini tuh pas masih SD sekitar tahun 90an *ketauan tuanya* hahaha…
    kondisinya menyedihkan banget ya sekarang…
    padahal kalo dirawat sampai bagus bisa jadi turis spot yang keren.
    malu2in banget kalo ada turis luar negri kesini liat kondisi kayak gitu…

  10. Yah…sayang banget ya ga kerawat gitu… ;(
    Aku juga suka ama nikahannya Andien …kereeen

    mbak itu foto yang lompat kayak lagi terbang,,, πŸ˜‰

  11. aah poto kamu bagus bgt sih non, jadi walo ditulisan ditulis jelek bgt perlu perbaikan dll, yang ada aku malah waaah keren bgt tempatnyaaaaaa hahaha

  12. Itu jam tangannya bendera Belanda πŸ™‚ *salah fokus.

    Pasti hutan ini bagus banget Non kalau seandainya dirawat. Ngebayangin seger udaranya. Sama kayak hutan raya di dago pakar Bandung. Seneng banget kalau kesana. Ada air terjunnya juga.

    • Hahaha… salah beli tali tuh Den πŸ™‚ harusnya merah putih ya.

      hutannya masih bagus, yang sayang itu fasilitasnya kayak tempat bermainnya itu loh Den 😦

  13. ya ampun pernikahan andien itu sumpahhhh bikinn mupengg mbak noni, aku juga mau nikah lagi kalo dibuat acaranya spt itu…#loh. Foto mbak noni kece abis, ootdnya keren pula πŸ˜€

  14. Di Mojokerto-Pasuruan juga ada Tahura R. Soerjo yang memang menaungi pegunungan Arjuno-Welirang-Anjasmoro, namun mungkin lebih terlindungi…

  15. Sayang banget deh, jadi pengen aduin ke dinas kehutanan Medan ga sih, Mba . Btw kayunya jangan diambil ntar bernasib kayak nenek asyani. Belum tentu dia bener nyuri langsung main penjara aja.

  16. Wah sayang banget ya gga terpelihara kayak gitu. Disini ada juga sih taman yg gga terpelihara, cuman jarang banget and kayaknya gga ada pungutan biaya deh. Hubby sering banget nanya, kok di Indo sampah bisa berserakan dimana2. Dia kesel banget kalau pergi2 di Indo then liat sampah dimana2.

  17. Padahal foto ke-4 dan ke-5 itu kece lho kalau buat setting acara ultah atau wedding. Dinas Pariwisata sana belum tau aja cara mengelola dan menjualnya. Sekarang telantar karena jarang (kecuali Noni mungkin gak ada?) yg datang ke sana. Nah, mereka bisa rapikan tempatnya, terus bikin event, misalnya trail run (lomba lari di alam yg lagi tren banget itu) lalu undang para hipster dan celeb twit buat datang dan meramaikan… biar pamor tempatnya terangkat lagi.

    Atau kasih harga super murah (harga perkenalan dulu) ke WO dan EO agar mau bikin acara product launching, birthday dan wedding di sana. Bikin foto2 acara yg kece, sebarin di sosmed… sehingga orang2/wisatawan akan datang lagi ke Tahura Brastagi dan kalau ramai, harusnya pengelola termotivasi untuk merawatnya.
    Wah aku jadi nulis blog post sendiri di kolom komen… Hahahaha…

    • Mba Tik, aku pernah nih ke dinas pariwisata minta kalender wisata tahunan punya sumut dan dia bilang gak punya biaya. Lah buat kalendernya aja gak punya biaya apalagi mau ngurusin beginian ya. Padahal kalau mau jualan kan mestinya adalah biaya marketing dan perawatan. Ide2nya gak nonggol juga sih.
      Semestinya sih kalau aja rajin ngeliatin socmed trus hubungi anak2 komunitas di Medan mestinya bisa banyak acara yang diadain disini dan paling penting juga marketingnya udah jauh2 hari, bukan 1 minggu sebelum acara baru diworo2.
      Sayang sih, mudah2an ajalah dengan naiknya wisata ke hutan gara2 kawinan si Andien itu, ngaruh juga kesini. Sayang tempatnya.

  18. ya ampun Non.. Tahura Tongkoh nih dulu tempat bermain aku jg. waktu msh kecil, aku main tuh di bangku2 yg skrg berlumut itu. Main jg di rumah2 khas rumah daerahnya itu. Sekarang udah jelek gitu. sayang banget.. pdhal ini salah satu tempat wisata favorit jg.. hiks..

  19. Ngebayangin kalau dulu tempatnya cantik, bisa untuk piknik bareng keluarga berubah jadi gak terawat gitu pasti sedih ya. Jadi inget lagu Madonna This used to be my playground πŸ™‚

  20. Di foto sebenrnya msh terlihat bgs ya mba..ga tau deh kalo diliat lgs -__-. Lebaran ntr aku pulang ke medan, mw ajakin adekku kesana ah.. aku ngeliat besi2 karatannya jd serem… takut lg main tiba2 putus tuh tali ayunan… Apalagi kursi mejanya, buseeet dah.. bisa lumut setebel itu berarti udh brp thn ga dirawat samasekali ya

    • Emang masih bagus koq, hanya sayang aja sebagian fasilitasnya yang udah tua2 dan gak terawat itu yang menyedihkan banget 😦 sampah2 ada tapi masih oklah karena lumayan bersih.

  21. Iihh serem Tahuranya
    Sayang banget ya. Padahal bayar tiketnya lumayan ya, sepuluh ribu.
    Harusnya lokasi seperti ini dirawat dan dijaga biar bisa dijadikan sebagai tempat piknik keluarga, tempat pembelajaran alam buat anak – anak.

    kalau di malang, uda dijadiin tempat mojok deh πŸ˜€

  22. sayang banget ya mbak ga dirawat gitu….padahal tempatnya bagus, bisa buat alternatif rekreasi sama keluarga..udah jarang ada tempat yg nyaman gitu sekarang…

  23. Aku jg termasuk yg mupeng bgt sm pernikahannya andieeen. Someday pgn kaya gitu dah, haha.

    Iya suka ksel bgt klo ke tmpt wisata ga terurus, sayang bgt.. apalagi klo liat yg wisata trs buang smpah sembarangan.

  24. Padahal kalau jadi tempat syuting film horor lumayan nih Mbak, sudah menunjang sekali :hehe. Pohonnya tinggi-tinggi terus saya suka dengan lumut-lumutnya. Apalagi foto yang terakhir yang sama Beby itu seperti poster film Mbak :hehe. Kerenlah.
    Rp10k… lumayan mahal ya. Masuk Kebun Raya Bogor sekarang Rp14k dan menurut saya sudah agak lumayan sih Mbak kebersihan dan lain-lainnya :)). Mudah-mudahan di sana taman hutan rayanya bisa membaik, soalnya keren itu suasananya, seperti di hutan pinus :)).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s