Martabak Kubang


Martabak Kubang
Martabak Kubang

Martabak adalah makanan yang gampang sekali ditemukan di kota Medan. Setiap pengkolan (persimpangan) kemungkinan besar ada yang berjualan martabak *lebay hehe*. Martabak yang paling gampang ditemuin di Medan adalah model-model martabak manis atau terang bulan.

Martabak manis atau yang biasa disebut apem balik biasanya berjualan di malam hari. Eh….tapi penjual martabak rata-rata selalu jualan di malam, ya? kenapa? kalau menurut saya kemungkinan karena di Indonesia kan cenderung panas, jadi mereka milih jualannya malem aja supaya lebih dingin haha. Ngarang aja… Penyebutan apem balik kalau gak salah sama dengan di Malaysia yang biasanya menyajikan martabak manis sebagai sarapan dengan teh tarik. Kebayang gulanya ….

Ibu saya paling suka martabak Kubang. Martabak ini pertama kali kami cicipin ketika berkunjung ke Sumatera Barat beberapa puluh tahun lalu (udah tua yang nulis ini, loh). Begitu dimakan langsung jatuh cinta. Pucuk dicinta ulam pun tiba, ehh martabak kubang akhirnya menjamur di Medan. Gampang banget nemunya. Salah satunya malah deket rumah dipersimpangan tasbih. Di persimpangan ini semua jajanan-jajanan yang “berdosa” (berdosa buat yang diet haha) begitu menjelang malam langsung muncul. Bikin macetlah.

Selain martabak kubang tentu aja martabak terang bulan juga menjadi favorite. Saya sebenarnya enggak tau bedanya apa. Sama-sama pakai telur dan daging (ayam atau sapi) dan tentunya sama-sama enak plus dimasak didalam kubangan minyak panas, trus kenapa namanya beda? Β Ternyata pas kemaren saya tanyain, kalau martabak terang bulan gak pakai daging rendang, sementara martabak kubang pakai daging rendang. Maklum dari Padang, Jengkol aja direndang hehe.

Untuk rasa tergantung yang jualan juga sih hehe. Saya bukan fans berat martabak karena terlalu banyak minyak πŸ™‚ sementara kalau martabak manis pernah pesen sekali aduh…ngeliat yang buat aja saya udah ketakutan. Takut makannya karena full dengan margarine (ampe meleleh2) trus coklatnya sebotol kayaknya dituang semua belon kejunya. Mulai dari sana gak mau makan lagi. Takut….gendut hahahaha.

Eh iya balik lagi ke martabak Kubang yang berasal dari Sumbar ini. Ternyata ceritanya konon ada seorang pedagang bernama pak hajiΒ YUsri DArwis, yang berasal dari Nagari Kubang, kecamatan Guguk, kabupaten Lima Puluh Kota. Suatu hari pak Darwis ini merantau ke Bagan Siapi-Siapi dan ketemulah dengan seorang pembuat martabak dari India. Dari bapak India ini (sotoy bapak) belajarlah beliau cara membuat martabak yang cihuy rasanya. Mulai ditambahin bumbu kari, rendang, daun bawang, bawang, daging, rempah-rempahan dan kemudian dibalut telur. Rasanya udah pasti enak hehe.

Sebenarnya kalau di Medan atau di Sumbar, martabak Kubang ini dikenal juga dengan nama martabak Mesir. Kenapa jadi Mesir? soalnya pak Darwis mikir kalau namanya martabak Mesir pasti orang-orang Islam gak ragu-ragu makannya hehe. Simple banget ya πŸ™‚

Yah kayak gitu deh kira-kira asal usul cerita martabak Kubang yang terkenal itu. Rasanya enak dan wajib coba kalau ke Sumbar atau ke Medan. Masalahnya saya gak punya tempat yang paling direkomendasikan hehe.

Ada yang punya rekomendasi martabak terenak di kotanya? *boleh martabak apa aja*

Penggorengannya. APa ya namanya?
Penggorengannya. APa ya namanya?
telur dan tepung yang dipanaskan hingga mengembang
telur dan tepung yang dipanaskan hingga mengembang
Hampir jadi :)
Hampir jadi πŸ™‚
Pisau babi kata ibu saya haha. Dulu waktu kita kecil kalau bandel selalu diacung2in pisau ini. Hiiiii takut
Pisau babi kata ibu saya haha. Dulu waktu kita kecil kalau bandel selalu diacung2in pisau ini. Hiiiii takut
Ditutup serbet kotak-kotak :) koq pengen meringis ya liatnya
Ditutup serbet kotak-kotak πŸ™‚ koq pengen meringis ya liatnya
Adonannya yang cihuy itu
Adonannya yang cihuy itu
Telur
Telur
Dimasukin ke kotak beserta acar
Dimasukin ke kotak beserta acar
:)
πŸ™‚

 

196 comments

  1. yaolo mbak ngeceeeessss….
    martabak telur sama terang bulan sama aja kayaknya dimana-mana…tp emang relatif rasanya. aku sampe apal dimana yang enak dan dimana yang ga enak. ada deket rumahku, cm abang julan martabak depan minimarket doang gitu, tapi terang bulannya juara, favoritku isi wijen dan keju. zumpaaaah enak pake bingits…duh ampe terharu nulisnya :’D

  2. Disana pake telur ayam ya kak?
    Bukannya telur bebek?!
    Aq suka bgt martabak telur dan semua tergantung pada sausnya,
    Klo di jakarta ya sausnya pedas manis paduan gula merah+cuka+cabe mirip2 sm kuah pempek cuma kental yummy gitu plus dimakan sm acar.
    Nah pas aq stay di makassar,trnyata martabak telur disana ga pake saus/kuah cm pake acar thok. Huhu
    Bagi aq martabak telur itu yg bkin enak ya saus kuahnya ituuu

  3. hahaha sama, mbak, saya juga wondering kenapa jualannya selalu malem. Padahal kalo siang juga sering pengen ngemil martabak :9
    Jadi, martabak mesir dan kubang itu sama ya? aku sebenernya gak ngerti bedanya kubang, mesir, dan bangka :\

      • hihihi besok baru boleh buka puasanya mbak. Ini baru nyobain 5 hari dari senin kemarin dan ternyata emang ngaruh banget ya. Gorengan itu jahat tapi enaaaak T_T

      • 5 hari langsung turun 1kg mbaaak, perut juga rada kempes. Tapi goal-ku bukan mau kurus sih benernya, pengen nurunin angka kolesterol yg rada mengancam nih 😦

        kalo aku emang demen bgt gorengan, jdi emang harus ngurangin huhuhu

      • iyaaah jadi makanannya dikukus sama dipanggang doank, eh less salt juga mba. Tapi kalo malem suka gak tahan mbaaak hahaha

      • Walah kalau malam itu emang berat 😦 apalagi kalau pulanngya selalu malam2 banget. Udah males masak. Mba selalu gagalnya juga di makan malam

  4. Kalo dipekanbaru martabak kubang itu namanya martabak mesir. Biasanya sih aku belinya di sederhana. Tapi kalo martabak manis disini namanya martabak bangka, gatau deh kenapa namanya bangka haha =D
    Martabak kubang yg aku tau dipadang udah lama banget mbak, waktu jaman ibuku sekolah disana malah haha

  5. jadi martabak kubang tuh martabak telor yah ?! wakakaka.. cuma beda dagingnya pakai daging rendang!? klo g sukanya martabak manis coklat kacang keju wakakak πŸ˜€ di deket rumah di saharjo ada tuh martabak kubang cuma ga pernah beli, kapan2 coba beli buat mama ama misua demen tuh πŸ˜€

  6. aku jg ga terlalu suka tapi kalo lagi ga ada makan malam sih kadang suka beli martabak. sekarang sih lagi ngetren martabak manis yang isinya tobleron, nutella gitu mbaaa.. tapi aku belum pernah cobaaa pasti giung (manis banget) dan lemaknyaaa buanyaakk deh..

  7. di Malang ada martabak terkenal di sampin toko buku siswa, lupa gue namanya. tapi yang punya tempat org Arab. gue suka kasihan sama pegawainya bertahun2 bikin martabak terus, kenapa dia ga bikin warung sendiri.

    anyway gw ga makan martabak karena ga makan dedagingan πŸ™‚

    eh bahas martabak toblerone juga Non.

  8. hmmmm…bikin ngileerrrr non.tar mlm berburu martabak nampaknya nich πŸ™‚ aku suka martabak mesir yg isi daging sapi trus kuanya yg seger2 itu yg ada bawang bombainya…hmmmm…asli pengeeennn..hehehe..

  9. ohhhh martabak kubang itu martabak Mesir, kirain martabak telur yg biasa hahaha.
    kl di Jakarta kayaknya yg jual begini adanya di resto2 padang yg gede kak.

    kmrn malam kbetulan makan di resto padang yg gede, ngeliat pelayan ngantar martabak mesir ke pengunjung, langsung pengen tapi udah keburu mesan nasi & lauk, kl ngotot pesan jadi mubajir, dan sekarang nemu postingan kk ini rasanya….yassalammm wkkwkw. *lap air liur

  10. Mbak Noni,,,aku jadi pengen martabak…
    di Bandung ada martabak asia yang enak. Sama aja sih ada martabak telur dan martabak manis. Martabak manisnya ada yang biasa, crispy, dan pandan.

    jadi inget kalau di Surabaya, ga ada yag nyebut martabak manis ya mbak, adanya martabak terang bulan πŸ˜€

  11. Klo disini banyak Non martabak yang enak, nama2 nya juga buanyak..
    Nih kmrn baca Arman posting tentang martabak, skrg dikau ngmgin martabak, jadi kepengen beliii.. Ok nanti sore meluncur ah πŸ˜€

  12. Emg ya martabak ini- dan gorengan pd umumnya- guilty pleasure bgtt. Mana dikantor klo yasinan suka dibeliin martabak manis dan gurih beserta gorengan2 lainnya. Huahuaaa

    Klo di makassar malah yg terkenal martabak medan di jl maccini mb. Emg enak jugak. Anget2, dimakan sm acar yg ada cabe rawitnya. Endeuuussss *lalu ngeces*

  13. Ini nih yg bikin gagal diet hihihihi eh itu telurnya telur ayam ya mbak, kalo disini pake telur bebek tp gk tau juga sih apa beda ya rasanya πŸ˜€

  14. aaa suka banget martabak ini kak. aihaihh pingin jadinya. Setau saya kalau martabak terang bulan itu martabak yang pencampuran meises keju sama susu πŸ˜€ kalau martabang kubang identik sama telur, sayur dan daging πŸ˜€ tapi saya lebih suka manggilnya martabak telur. disiram kuah cuka ditambah irisan timun aaaaahhhh glekglek #nelen ludah

  15. Martabaknya kalo disana pake telur ayam ya mb Non, kalo di solo sekarang mayoritas pake telur bebek, kalo menurut saya emang lebih enak telur bebek dan lebih yummy hasilnya….cuma ati-ati aja kolesterol ……hehehe

  16. Aduh Non aku jadi pengen martabak ini. Sama, aku juga lebih suka yang martabak biasa itu (yang digoreng maksudnya). Yang manis juga enak sih. Tapi ya gitu deh, ngeliat banyaknya margarin sama susu kental manisnya kok gimanaa gitu ya, hahaha πŸ˜† .

    Eh, berarti martabak di Medan atau Sumatra agak beda ya dari martabak di Jawa. Yang di Jawa kayaknya dagingnya nggak direndang deh, hehehe πŸ˜€ . Dan setahuku biasanya pakai daging kambing (eh, iya nggak ya ini?).

  17. huaaaa aku langsung kepengen makan martabak kak non hahahaha.. walaupun emang iya sih kak non ngeliatnya bikin stress kalau yg manis mentega dimana2, kalau yg telur minyak dimana2 hahaha tp sekali2 gpp deh πŸ˜€

  18. Rasanya kayaknya beda dengan martabak yang ada di solo atau jogja ya non? Aku pernah ngerasain martabak Aceh, ternyata rasanya gituu πŸ˜€

  19. Disini bikin sendiri, dan masih amatir. Jadi kulitnya masih banyak sobek dimana2 😭.
    Kalo di Semarang pakenya telor bebek, yang enak martabak Citarum, klo Kubang yang enak di Warung Sederhana.

  20. Kalo yang asli punya pak haji Yusri Darwis namanya Restoran Kubang Hayuda di Jl. Prof. M. Yamin, Padang. Kalo martabak Kubang pak haji itu pasti pake telor bebek. Bumbu dan resep yang asli tentu membedakan rasa.

    Karena Kubang itu nama kampung, -seperti nama Kapau- maka orang yang berjualan martabak telor yang berasal dari kampung itu selalu menamai dagangannya martabak Kubang.

  21. aku suka semua,mau martabak,mau terang bulan manis,,enaaak,,gambar martabaknha aduuh bikin hati tersiksa,,bayangin di makan panas2,,sama acar timunnumya,,,slurrrp

  22. aku punya langganan martabak seperti inidi tempatku biasanya makannya pakai acar mentimun trus martabaknya ada yang biasa, special, istimewa (istimewa ama special apa bedanya) yg pasti ukuran dan banyak dagingnya kayaknya….hehehe…makannya diakhir pekan sambil nonton TV sekeluarga…kalau ada tamu di rumah juga biasanya dibeliiin martabak sebagai penganan

  23. Mbak, aku jadi pengen martabak kubang…. Waktu masih di Jakarta suka mampir beli trus dimakan berdua Bob (almarhum kucingku). Bob cuma mau daginya ajaaaa ha ha ha *ngeces

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s