Martabak Kubang


Martabak Kubang
Martabak Kubang

Martabak adalah makanan yang gampang sekali ditemukan di kota Medan. Setiap pengkolan (persimpangan) kemungkinan besar ada yang berjualan martabak *lebay hehe*. Martabak yang paling gampang ditemuin di Medan adalah model-model martabak manis atau terang bulan.

Martabak manis atau yang biasa disebut apem balik biasanya berjualan di malam hari. Eh….tapi penjual martabak rata-rata selalu jualan di malam, ya? kenapa? kalau menurut saya kemungkinan karena di Indonesia kan cenderung panas, jadi mereka milih jualannya malem aja supaya lebih dingin haha. Ngarang aja… Penyebutan apem balik kalau gak salah sama dengan di Malaysia yang biasanya menyajikan martabak manis sebagai sarapan dengan teh tarik. Kebayang gulanya ….

Ibu saya paling suka martabak Kubang. Martabak ini pertama kali kami cicipin ketika berkunjung ke Sumatera Barat beberapa puluh tahun lalu (udah tua yang nulis ini, loh). Begitu dimakan langsung jatuh cinta. Pucuk dicinta ulam pun tiba, ehh martabak kubang akhirnya menjamur di Medan. Gampang banget nemunya. Salah satunya malah deket rumah dipersimpangan tasbih. Di persimpangan ini semua jajanan-jajanan yang “berdosa” (berdosa buat yang diet haha) begitu menjelang malam langsung muncul. Bikin macetlah.

Selain martabak kubang tentu aja martabak terang bulan juga menjadi favorite. Saya sebenarnya enggak tau bedanya apa. Sama-sama pakai telur dan daging (ayam atau sapi) dan tentunya sama-sama enak plus dimasak didalam kubangan minyak panas, trus kenapa namanya beda? Β Ternyata pas kemaren saya tanyain, kalau martabak terang bulan gak pakai daging rendang, sementara martabak kubang pakai daging rendang. Maklum dari Padang, Jengkol aja direndang hehe.

Untuk rasa tergantung yang jualan juga sih hehe. Saya bukan fans berat martabak karena terlalu banyak minyak πŸ™‚ sementara kalau martabak manis pernah pesen sekali aduh…ngeliat yang buat aja saya udah ketakutan. Takut makannya karena full dengan margarine (ampe meleleh2) trus coklatnya sebotol kayaknya dituang semua belon kejunya. Mulai dari sana gak mau makan lagi. Takut….gendut hahahaha.

Eh iya balik lagi ke martabak Kubang yang berasal dari Sumbar ini. Ternyata ceritanya konon ada seorang pedagang bernama pak hajiΒ YUsri DArwis, yang berasal dari Nagari Kubang, kecamatan Guguk, kabupaten Lima Puluh Kota. Suatu hari pak Darwis ini merantau ke Bagan Siapi-Siapi dan ketemulah dengan seorang pembuat martabak dari India. Dari bapak India ini (sotoy bapak) belajarlah beliau cara membuat martabak yang cihuy rasanya. Mulai ditambahin bumbu kari, rendang, daun bawang, bawang, daging, rempah-rempahan dan kemudian dibalut telur. Rasanya udah pasti enak hehe.

Sebenarnya kalau di Medan atau di Sumbar, martabak Kubang ini dikenal juga dengan nama martabak Mesir. Kenapa jadi Mesir? soalnya pak Darwis mikir kalau namanya martabak Mesir pasti orang-orang Islam gak ragu-ragu makannya hehe. Simple banget ya πŸ™‚

Yah kayak gitu deh kira-kira asal usul cerita martabak Kubang yang terkenal itu. Rasanya enak dan wajib coba kalau ke Sumbar atau ke Medan. Masalahnya saya gak punya tempat yang paling direkomendasikan hehe.

Ada yang punya rekomendasi martabak terenak di kotanya? *boleh martabak apa aja*

Penggorengannya. APa ya namanya?
Penggorengannya. APa ya namanya?
telur dan tepung yang dipanaskan hingga mengembang
telur dan tepung yang dipanaskan hingga mengembang
Hampir jadi :)
Hampir jadi πŸ™‚
Pisau babi kata ibu saya haha. Dulu waktu kita kecil kalau bandel selalu diacung2in pisau ini. Hiiiii takut
Pisau babi kata ibu saya haha. Dulu waktu kita kecil kalau bandel selalu diacung2in pisau ini. Hiiiii takut
Ditutup serbet kotak-kotak :) koq pengen meringis ya liatnya
Ditutup serbet kotak-kotak πŸ™‚ koq pengen meringis ya liatnya
Adonannya yang cihuy itu
Adonannya yang cihuy itu
Telur
Telur
Dimasukin ke kotak beserta acar
Dimasukin ke kotak beserta acar
:)
πŸ™‚

 

Advertisements

196 comments

  1. Gw dari dulu lebih demen ama martabak manis. Di Bandung biasa beli martabak San Francisco pas pindah ke Jkt untung bngt ada yg buka di Kelapa Gading, Enak banget deh, manis2 dan berlemak2 gitu. Apalagi kalau dibesokin, liat lemaknya gitu duh….. jadi gga kepengen deh. Skrg tinggal disini, susah dapetin martabak manis. Mau buat sendiri ribet dan belum tentu enak. Lagian skrg ini gw anti ama manis2 dan lemak2. Martabak asin, macemnya martabak kubang gitu dari dulu gw gga suka, Skrg udah lama tinggal di US (ampir 20 thn) gw udah gga biasa lagi makan gorengan. KAlau ada org Indo masak2 aja, sampe 3 hari biasanya murus2, perut gga tahan ama minyak.

  2. Selama di Surabaya, ga punya tempat favorit untuk beli martabak, Semuanya enak hahaha. Pas di Jakarta ada tempat favorite di rumah bulek di Bekasi. Martabak Alim. Wadhuuhh itu jooosss gandosss banget rasanya. Mau martabak telor atau yang manis. Limpahan keju, cokelat sama mentega yang bertumbpuk tebal bikin lupa diri sama kadar gula πŸ™‚ beeuuuhh ngiler deh sekarang hahaha

  3. Wooow biking ngiler bacanya… martabak adalah makanan favorit aku. Sayangnya sejak setahun yang lalu harus puasa makan martabak, karena bagaimanapun gak akan dapat martabak disini 😦 hhhmmm… kirim dong martabaknya mbak.

  4. Sudah lama gak makan martabak telor. Di sini banyakan daging sapi. Sayanya gak makan. Hahaha. Itu tampan lezat Non. Minta yang daging ayam dong.
    Flat pan kalau saya nyebutnya sih. Asal aja ini mah. Gahaha. Kalau soal pisau. Ngakak. Tapi tahu deh nyokap kasih istilah begitu dr mana.

  5. ah baru tau bedanya martabak kubang ama yg martabak telur biasa..pas makan, makan aja selama ini πŸ˜€
    jadi pengen martabak, πŸ˜€

  6. Dideket kost ada 2 penjual martabak manis yg rasanya pen gw satuin Non, kenapa? Karena yg depan kost itu enak diadonan, sedangkan yg satu lagi melimpah diisinya..haha πŸ˜€ Kalo jadi satu kan kebayang enaknya πŸ˜€ Paling doyang martabak Bangka.. Nyammm πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s