Kena Tilang


Dari kaca spion
Dari kaca spion

Pernah ngerasain kena tilang polisi?

Kalau saya pernah dong. 2 kali di Surabaya selama tinggal 2 tahun. Ini bulan-bulan pertama tinggal di Surabaya. Dalam satu hari ketilang 2 kali hehe. Masalahnya pun sepele karena saya gak ngeliat garis lurus yang artinya gak boleh nyebrang, sementara saya dengan cueknya nyebrang buat ngisi bensin. Ditilang dong dan harus bayar Rp 100.000. Kejadian kedua masih gara-gara garis lurus tapi kali ini polisinya baik, begitu ngeliat SIM saya yang keluaran Medan langsung dia bilang “yah udah, lain kali jangan di ulang ya.” sampai hari ini saya hati-hati banget dengan garis lurus.

Pernah juga di tol, kita ber3 dengan temen-temen kupang saya. Ditangkap polisi karena katanya dari pinggir jalan kita melambung langsung ke jalur tengah. Yang ini sampe 3 jam kayaknya kita ngotot di kantor polisi kasih tau kalau kita gak salah. Temen-temen saya itu gigih banget mempertahankan kebenaran haha. Pokoknya kita gak salah. Gara-gara ngotot kita sampai dibawa ke kantor polisi buat ketemu sama kepala polisinya. Akhirnya menang dong, berkat ngotot 3 jam πŸ™‚ gak bakalan lupa haha.

Setelah itu Alhamdullilah saya jauh-jauh deh dari ketilang polisi. Liat polisi aja saya udah takut. Apalagi kalau mereka nangkap pengendara motor dijalan random banget. Kadang-kadang didepan idungnya ada pelanggar lalu lintas mereka cuek aja. Padahal kalau mau cari duit di Medan gampang banget. Lah pengendara motor aja banyak yang gak pake helm, Becak gak punya lampu dimalam hari, angkot nyetir ugal-ugalan, pengendara mobil yang muter di tempat yang bukan U Turn dan buanyak lagi. Belon lagi parkir di bawah rambu dilarang parkir.

Sekitar 2 bulan lalu saya ke kantor pagi-pagi. Ngelewatin jalur yang sama. Saya itu termasuk orang yang cukup hati-hati kalau berkendara. Untuk soal nyetir mobil saya bolehlah dikasih kredit haha. Nah dilampu merah yang warnanya kuning saya tetep jalan dong (kan kuning artinya boleh jalan hehe), begitu di tengah-tengah ehhh merah dan disemprit polisilah. Waduh, udah males banget saya ketangkep polisi.

“pagi bu”

“pagi pak” muka melas tapi jawabnya judes

“Ibu tau kesalahan ibu apa?”

“Enggak pak, saya lewat lampu kuning trus ditengah-tengah merah. Dibelakang saya masih ada mobil lain, kenapa gak ditangkap pak? oya sekalian ama motor yang dibelakang saya juga. Harusnya kita semua ditangkap dong”

“Oh bukan begitu bu. OK….bu, jadi ini gimana. Kita kasih surat tilang atau bayar ditempat bu?”

“Kasih surat tilang aja pak”

“Repot loh bu ngurusnya”

“Gak pak, kantor saya deket ama Samsat koq, saya punya waktu ngurus surat tilang” Setelah itu kita masih beberapa kali tawar-tawaran soal surat tilang dan bayar ditempat.

Akhirnya si bapak ngomong gini “Oklah bu, kali ini gak usah dikasih surat tilang atau bayar ditempat. Cuman lain kali hati-hatilah kau menyetir. Sayang kali kalau cantik-cantik kecelakaan. Hati-hati dijalan ya”

Hua….padahal jujur aja saya deg-degan setengah mati ketangkap polisi. Gak salah aja saya kalau berhadapan dengan polisi suka gemeteran hehe, apalagi kalau salah. Eh….tapi untuk kasus saya tadi kan gak salah, ya πŸ™‚

Waktu saya cerita ke Matt, dia nanya “koq kamu berani minta surat tilang?” saya sebenarnya juga gak tau kenapa berani padahal pengen nangis dan nelp ayah buat bantuin haha. Cuman sewaktu kena Rp 100.000 pas masih di Surabaya dulu, temen-temen di kantor saya pada ngomong “Noni, lain kali kalau ditangkap polisi minta surat tilang aja. Gak susah ngurusnya plus duitnya pasti masuk ke negara. Udah gitu harusnya kalau untuk mobil Rp 50.000 aja bukan Rp 100.000, duh kamu bayar kemahalan itu”

Pas cerita-cerita ke beberapa temen-temen saya, rata-rata punya kisah ketangkap polisi di jalan. Ada yang langsung nangis tersedu-sedu pas ditangkap, sampe polisinya langsung ngasih jalan (aku padamu, deh, kak Din hehe) ada yang pas ketangkep rame-rame langsung semuanya turun dan sok berani nantangin polisinya kalau mereka gak salah, minta bukti kalau emang salah, ada juga yang langsung bawa-bawa keluarga (kak Trisna, siapa yang mesti aku sebut namanya?) dan masih banyak cerita lainnya haha.

Yang pasti kalau kata ayah saya, secara dia udah capek banget berurusan sama polisi “Jangan sampe ketangkep, soalnya susah lepasnya. Makanya kalau nyetir itu harus fokus bukan main-main atau ngantuk. Bahaya

 

 

Advertisements

61 comments

  1. si ayahnya tuh, nyebelin bgt, kelewat pede ama jalan, suka masuk jalur busway, istrinya ngoceh dia kaga peduli, eh beneran aja, kualat ama bini hamil akhirnya tiba2 si pak pol loncat ke tengah jalan, ke tangkep dah, kudu bayar 500rb, mapus ga tuh
    bete berat

  2. Marka jalan itu ya mbak non? Pernah sama temanku mbak dia antar pulang kami salah emang lewatin garis, eh diujung dah ada polisi. Ditanya mo surat tilang atau.. gak disebut apa tapi nanya ada kali 3X temanku bilangnya minta surat tilang aja. Tapi akhirnya gak dikasih surat tilang, juga gak disuruh bayar ditempat disuruh jalan aja sambil bilang “hati hati bu slamat malam” πŸ™‚

    • Iya ya namanya marka jalan hehe. Pokoknya garis ditengah jalan yang putih itu loh. Kalo putus2 boleh disebrangin tapi kalau lurus aja gak boleh.
      Tuh kan, jangan2 kalau minta surat tilang gak diapa2in hehe

  3. Pernah ditilang karena melewati jalan 1 arah, menuju arah yang berlawanan hahaaa… jadi waktu itu bener2 gak tau kalo jalan itu 1 arah, malah bingung mikir “kenapa kendaraan lain pada ngebut dan jalan ditengah gini sih?” :p untung jalan nya gak terlalu panjang, jadi gak kenapa2 huhuu padahal kan bahaya ya.. nah sampe di ujung jalan itu, langsung belok kanan yang mana ada pos poisi! ya udah deh jelas banget kena tilang πŸ˜₯ waktu itu kena 50.000 tahun berapa yaa sekitar 2005 atau 2006 kali yaa

    • Huaa.. itu sih serem. Asli serem kalo salah arah gitu ya. Takutnya ketabrak aja. Cuman kalau gak sengaja gimana dong haha. Aku sering juga dulu pas baru pindah ke Medan, salah2 arah karena banyak peraturan baru.

  4. Surabaya emang sadis ya urusan tilang menilang ini, kl orang dr luar Surabaya dan ga hapal jalan mikir 2x mau bawa kendaraaan di Surabaya…ini termasuk kakak ku yg tinggal di Bali, dia paling ogah disuruh main ke Surabaya kl hrs nyetir sendiri..hahaha

  5. Sebenernya kalo aku ga pernah kena tilang sih, soalnya surat2 komplit, helm juga pakai, spion motor komplit, dan g angebut.

    Tapi, pas main ke Jakarta, lagi motoran sama temen, eh ketilang.
    Walopun ga ngebut, tapi “kesalahan” temenku ckp lumayan. SIM mati, STNK mati, trus satu lagi lupa. Kalo ditotal2, kata si bapak, denda tilang kami 300ribu.

    Si temen langsung nawar, masa bisa segitu dendanya. Trus si polisi nyebutin angka dibawah 300, katanya mau dibantu. Nego2nya lumayan alot sampai dapet angka 50 ribu Mungin karena si temen udah biasa ketilang, akhirnya dia bs dapet deal di angka 25 ribu.

    Pas kami mau cabut, si temen inget dia ga punya duit lagi buat isi bensin (waktu itu masih 5000), akhirnya dia balik, nyamperin pak polisi, minta kembalian 5ribu. Yg bikin kami ngakak2, sama pak polisinya dikasih lho 5 ribu itu. Jadinya, di temen cm bayar 20ribu

  6. gua sering banget kena tilang. heran. huahaha. makanya tiap liat polisi bawaannya deg2an. πŸ˜›
    tapi kalo di indo sih murah ya. disini pernah 2 kali kena tilang. masing2 $200. nyesek! πŸ˜›

  7. Dulu jamannya sering piknik ama temen2 Indo, yg namanya cowo2 Indo neh, ngebut mulu. Makanya tiap negara bagian kayaknya kita kena tilang terus. So far gw belum pernah kena tilang. Sekalinya distop polisi gara2 tag license plate gw ada yg nyuri. Gw gga ‘ngeh lah. Gw malah ngotot ama polisinya eh pas liat, ternyata bener lho sticker yg gw tempel bbrp minggu sebelumnya, dicuri orang.

      • Kalau untuk speeding doang sih kayaknya gga yah cuman kudu bayar denda atau show up in court, Tiap kena tilang kan asuransi mobil kita bisa naik tuh premi nya. Kalau kita speedingnya ampe diatas 100 (kadang cowo2 Indo begitu deh, laki gw yg saat itu masih pacara,, pas dikaihtau, lgs marah2, dia blg tuh cowo2 gga bertg jawab), tergantung ama neg bagian, Drivernya bisa lgs dibawa ke jail tuh. Pernah satu temen Indo begitu tuh di California. Makanya kadang travel expense kita jadi gede kalau temen yg nyetirin kena tilang. Kan gga tega juga sih kalau dia yg harus nanggung denda sendiri.

  8. Aku 2 kali kena tilang, 2x bebas.. Haha.. Pake alasan udah ditunggu pasien.. Budeku ada yg jd guru, saat ditilang dy bilang ‘saya ini guru yang mencerdaskan anak bapak’, trus dibebasin jg.. *ngandelin profesi* πŸ˜€

  9. Setau gue kalo di Surabaya emang lalu lintasnya ketat banget dan pernah denger bahkan jadi percontohan di Indonesia. Kalo kesana gue mending naik taksi aja deh pusing nyetir sendiri πŸ˜€

    • Kalo gak salah iya jadi percontohan termasuk yang motor nyalain lampu pas siang2 itu. Makanya begitu pindah dari Surabaya sempet kaget nyetir di Medan. Padahal masih sama2 berantakan juga sih hehe

  10. hihi aku ga pernah ditilang kalo nyopir sendiri tapi kalo suami sih bbrp kali pernah dan biasanya emg minta ke pengadilan aja byr denda. Resikonya kalo sampe byr denda ke pengadilan itu sim-nya dibolongin, nah kalo udah byk bolongnya biasanya susah tuh perpanjang sim hrs tes praktek lg. Dulu sih gitu ga tau skrg udah lama ga kejadian, semoga jgn deh.

  11. hahahaha.. polisi Surabaya emang “galak”, non.. mungkin karena segala proyek percobaan lalin pertama kali di surabaya ya.. dan berhasil..

    kalo sekarang di surabaya ada yang ngelanggar marka itu bukan disemprit polisi, tapi dimaki2 pengguna jalan lainnya dengan umpatan khas surabaya “C*K!” XDDDD~

      • biasanya kalo pengendara ngawur, sebelum dipisuhi, mereka ngeliat plat nomer.. kalo bukan plat L, diomongi baik2.. kalo plat L ya..

        “c*k! matamu gak isok nontok marka tah?” XD noni pasti bisa mbayangin logatnya kan?

        orang nyeberang di zebra cross kan skg ada lampu abang ijo-nya tuh.. kalo ada orang nyeberang, tapi nekat jalan, ya dipisuhi yang nyeberang XD aku yo pernah misuhi polisi gara2 dibel2 pas nyeberang.. yo tak eyeli pisan XD~

        “pak! dimana2 itu pengendara ngalah ama penyebrang jalan di zebra cross. itu aturan internesyenal. UUnya juga ada kan? yang buat lho polisi. sampeyan gak belajar tah? polisi cap opo pean iki?” XDD

        itu saking sadar peraturan ya? XD

  12. Aku nggak pernah doong kena tilang, *bangga*, hehehehe πŸ˜€ .

    Btw disini kalo kena tilang mahal bener loh Non. Kayak misalnya kalau pas lagi lewat persimpangan kereta gitu, mobil gak boleh jalan sampai lampu palangnya mati. Jadi walaupun palangnya sudah diangkat (jadi ada space) tetapi lampunya belum mati, kita masih belum boleh jalan. Kalau dilanggar, katanya dendanya lebih dari €150 loh (lupa persisnya berapa πŸ˜› ). Yaa, kalo di Indo kan begitu palang diangkat semua langsung jalan kan ya, hahaha πŸ˜† .

  13. kk pernah kena tilang,
    kayaknya udah pernah cerita di blog apa belum ya , lupa
    datang aja ke pengadilan, dipanggil sama hakim 5 orang sekaligus, ditanyain ngaku bersalah nggak. ..? udah gitu aja, cuma suruh bayar 40 ribu, waktu itu salah masuk jalur cepat

  14. Di Belanda ada kamera di lampu merah dan high way. Kalo lewat lampu merah atau kecepetan nyetir difoto. Denda tilangnya dikirim lewat pos kealamat rumah.

    Aku pernah hampir kena tilang karena naik sepeda dipusat kota. Begitu lihat ada polisi aku langsung tuntun sepeda jalan πŸ™‚ Kalo ngga dendanya € 35,-

    • Huahahhaha…….kalau disini begitu liat polisi langsung putar balik mba. Itu yang bikin adek aku kemaren ditabrak motor karena dia gak liat ada mobil, main putar balik aja.
      Di Belanda, naik sepeda aja ditilang ya πŸ™‚

  15. Hahah.. Mungkin karena Mbak cakep trus bawak mobil, makanya dipikir polisinya bakalan dapet uang makan. Lumayan kan.. Bihihihik! πŸ˜›

    Dari pengalaman ku yang sampek sekarang ngga punya SIM padahal tiap hari naik Honda, aku percaya bahwa pasang mukak lempeng dan ngga takut kalok ketemu polisi adalah hal yang baik. Ngga bakalan ditangkepin, In Shaa Allah. πŸ˜€

  16. Aku kena tilang sekali di Yogyakarta, fatal memang dan aku yang salah..hihiii naik motor pake helm proyek, sim gak punya, stnk mati dan nomor polisi kagak umum dan PD gitu melintas di dekat pos polisi…jiaaaaa. yang ke dua di jalan tol, itu suami yang nyopir karena melewati garis luar dikit banget…eaaa polisinya ampun daaach matanya gesiiit

  17. Terakhir kena tilang dengan alasan menyebalkan banget. Lampu sepeda motor gak dinyalain siang siang bolong di jalanan kampung. Hffffttttttt. Gatau jg kenapa itu lampu koq dimatiin pdhl biasa nyala terus.

  18. Betul Non, kalo ditilang mending lgsg minta surat tilangnya aj πŸ˜€ Banyak org ga mau minta krn males ngurus nya kan.. πŸ˜€

    Btw pernahh yah waktu itu hampir kena tilang di Sudirman.. Ternyata kan di jalur cepat ga boleh masuk motor, aku ma mantan waktu itu.. haha.. sama sekali ga tau. Waktu si mantan ngasih KTP ehh pakpol nya lgsg senyum trus ngomong lah mereka pake bahasa Batak, lgsg dilepasin deh.. haha..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s