Respect!


www.zazzle.fr
http://www.zazzle.fr

 

Pagi tadi saya sempet mengalami moment “IDIH MALU DEH” gara-gara hal yang saya pikir biasa aja tapi ternyata masalah untuk Matt.

Mulai kemaren saya gak puasa. Matt gak tau karena sampai jam 12 siang saya masih puasa. Sorenya pun saya kayak biasa aja, pulang kerja kayak biasa cari makanan berbuka karena saya emang masih belum makan apa-apa. Masalahnya dulu nih sebelum saya punya masalah dengan endrometriosis dan addict dengan pain killer, biarpun gak berpuasa saya tetep aja gak makan dan minum dihadapan orang-orang. Kalau makan atau minum nyumput-nyumput supaya gak ketahuan karena malu.

Sejak penyakitan, setiap 4 jam saya selalu minum obat. Biasanya gak ada yang protes sih hehe. Apalagi selama ini saya selalu bekerja di tempat yang saya adalah minoritas. Puasa itu gak berasa karena orang-orang tetep makan dan minum dihadapan saya tanpa merasa sungkan plus karena saya sudah terbiasa jadi yah gak ada masalah sama sekali.

Pagi tadi saya kebangun jam 3 malam dengan kram disekeliling pinggang dan mulai gak bisa tidur. Seperti biasa saya minum satu obat. Matt ikutan bangun dan minum. SElama ini kita gak pernah sahur karena malas bangun hehehe. Jam 5 saya kebangun lagi karena perut tambah melilit sakitnya. Jadi pas azan pagi saya minum obat lagi. Trus……jam 6 pagi karena masih sakit banget sementara harus ke kantor, saya tambahin lagi obatnya sambil minum glek…..glek……….trus saya bangun dan mandi.

Di mobil sewaktu kita berangkat, Matt dan saya ngobrol dengan Matt. Saya minta berhenti di toko roti buat beli roti karena setiap kali minum obat pain killer itu perut gak boleh kosong. Dulu-dulu sih saya tetep puasa aja sekarang susah kalau gak makan karena akibatnya saya bisa nambah sakit perut gara-gara obatnya merangsang asam lambung.

Matt “kamu koq minum didepan aku sih tadi pagi?”

Saya “aku kan minum obat Matt”

Matt “trus sekarang kamu mau beli roti. Ganggu aku banget loh”

Saya “yaelah Matt, aku kan makannya nanti pas kamu udah turun dari mobil”

Matt “iya, tapi pas minum itu kamu harusnya respect aku dong, kan aku puasa”

Doeng……..saya koq yah gak kepikiran ya hahahaha. Bener banget kadang-kadang saya lupa Matt itu lagi belajar puasa dan dia melakukannya sangat-sangat baik tapi kalau saya konyol gitu gak support dia dan tetep minum walaupun beralasan sakit kesannya emang konyol dan saya gak respect dia banget. Selama ini kalau dia protes ada orang makan minum didepan dia pas bulan puasa, saya selalu ngomong cuekin aja tapi kan sebagai orang yang mengerti kalau dia masih ngerasa terganggu harusnya saya gak melakukannya kan πŸ™‚

Sebenarnya saya tahu, dia gak keganggu juga karena udah biasa ngeliat kayak gitu di kantornya tapi yang mau di garisbawahi menurut dia adalah saya harusnya lebih mengerti soal ini dan sebaiknya gak makan minum seenaknya dihadapan orang yang berpuasa.

Menurut kamu?

Advertisements

94 comments

    • sebenarnya sih gpp juga ya, bukan berarti dia jadi gak puasa atau minta buka. selama ini kalo wiken kita ke mall lewat2 restoran atau liat orang makan minum dia mah santai2 aja paling bilang “haduh harum banget” tapi gak minta2 buka. Masalahnya menurut dia mba kan tau dia puasa harusnya yah gak usah didepan2 dia gitu minum2 or makan2 hehehe. kan sebaiknya mba nyumput2 aja.

  1. aku jadi ingat waktu SMP, SMA gitu, botol minum nggak pernah keluar dari tas kalau udah bulan puasa. udah gitu, selalu ada sedotan. kalau haus, kepalaku masuk ke tas dan aaaaahhh, lega sudah tenggorokan….

  2. Hahahaha noniii di protes Matt πŸ˜†
    Kalo di Jakarta tuh gak terlalu ngaruh sih non, orang orang cuek aja. Tapi dulu pas aku di kota kecil ya ngaruh, kalo makan minum di angkot bulan puasa pasti di jutekin orang.
    Hmmm kalo menurut aku sih, tanpa mengurangi rasa hormat ya, puasa pasti ada ujiannya. Seharusnya gak masalah orang makan/ minum di depan yang puasa karena itu bagian dari ujian πŸ™‚

    • dia sebenarnya kurang perduli kalau didepan orang yang puasa ada orang yang makan terang2an, karena kalau di kantor/mall kita sih udah biasa aja. Matt juga biasa aja kalo wiken kita ke mall dan liat orang2 makan. Dia kesel itu karena aku yang minum terang2an didepan dia. Kesannya kayak gak menghargai orang puasa (dia red). soalnya aku kan bisa keluar kamar dulu dan minum aja diluar atau beli roti setelah dia nyampe kantor hahaha. Menurut dia aku juga harusnya mengerti soal respec2 ini lah πŸ™‚

      • Oooo hahahaha, jadi sentilan ya non :).
        Eh kamu masih sakit gitu gak ke dokter lagi non? Aku kemarin juga tepar gara2 mens.

    • masih sakit May 😦 trus makin gak beraturan mens aku. parah deh. Durasinya juga lama banget. seminggu masih sakit2. dulu sebelum OP padahal paling sakit2 itu cuman 2-3 hari.

      • Heee, ke dokter lagi Non. I know, emang paling malesin ke obigyn tapi kalo sampe seminggu masih ongkek ongkek sakit gitu sih mending di cek deh 😦

      • Cuti sehari non. Cepet baikan yaaa dan jangan kebanyak minum pain killer. Soalnya itu makin lama jadi main naik dosisnya kalo kita makin sakit 😦 *hugs*

      • aku takut minta cuti May πŸ™‚ gak enak soalnya hehe.
        pain killer ini emang udah nambah nih dosisnya May, makanya suka aku main2in huhaha. kalo libur aku usahain minumnya dikit aja karena masih bisalah ditahan2 sambil nungging2 di rumah hahaha.
        makasih yaa May

      • Hehehe iya sih masih baru dikantor emang gak enak minta cuti. Kebayang kalo pas mesti ngantor sakitnya kayak apa Non. Gws ya darlaaa, begitu ada waktu cepet ke dokter πŸ™‚

      • Iyaaa huhuhu kebayang non. Aku juga kalo pas lagi gak bisa cuti mens, pasti mau gak mau minum pain killer daripada semaput dan bikin panik orang sekantor πŸ˜€

      • Eymbeer. Pernah sekali aku begitu, sampe dipapah pulang. Abis itu bos aku langsung ngomong mending kalo lagi mens hari pertama di rumah aja πŸ˜†
        Apalagi sekarang hahahaha jauh rumah dari kantor, naik taksi dompet bisa jebol πŸ˜€

      • Hahahaha soalnya ribet jadinya non, dan bikin panik. Kebeneran di kantor aku emang di berlakukan cuti mens sehari tiap bulannya jadi mending dipake. Aku sih masih taraf hari pertama doang yang sakit non, kalo kamu sampe seminggu gitu pasti lebih ampun ampunan nahan sakitnya 😦
        Kalo di rumah aku kayak kamu ditahanin gak minum pain killer, di kompres air hangat aja

      • baik dong kantor kamu, ngikut aturan pemerintah.
        aku juga bingung kenapa sekarang tambah parah ya, dulu gak gini loh may. kan terakhir aku ke dokter bulan lalu dibilang kalo pas mens gitu rahim aku bengkak trus emang ada pendarahan makanya mens aku banyak atau jadi lama 😦

      • Iya tau tuh, aku juga heran soalnya aku tanya kanan kiri temen aku gak ada tuh yang dapet cuti mens padahal itu kan udah peraturan pemerintah.
        Aiih non sampe bengkaknya itu kenapa ya? soalnya kalo sampe mens lebih dari seminggu (dan banyak) itu gak wajar sih apalagi pake sakit. Karena normalnya tuh paling cuma 3 hari doang maksimal

      • karena mungkin kalo semuanya memberlakukan peraturan itu yang ada setiap hari ada yg gak masuk kantor, terutama yg isi kantornya cewek semua kayak kantor aku sekarang hehe.
        temen aku juga sama May, dia rahimnya bengkak, makanya ampe skr belon bisa program bayi tabung. lagi proses supaya gak terlalu bengkak lagi. kemaren udah dijelasin sih tapi aku masih gak mudeng karena dengernya antara pening kesakitan sama shock hehe

      • Aku baru tau tuh rahim bisa bengkak gitu. Ada infeksi kah non? 😦
        Iya sih, tapi sebenernya di kantor aku malah jarang ada yang manfaatin loh, cuma aku doang sama seorang lagi temen aku yang emang parah sakitnya kalo lagi mens. Yang lain sih masuk masuk aja tuh.

    • bulan lalu ada infeksi May, udah diobatin sih tapi gak tau kalau udah sembuh atau belon. seharusnya aku emagn mesti kontrol lagi deh 😦 kayaknya abis lebaran mesti ke dokter

      • Wah, iya non kalo urusan rahim emang mesti tuntas. Dulu aku juga ada infeksi gitu mesti berkali kali balik sampe di bilang udah oke sama dokternya. Soalnya emang kalo gak tuntas suka jadi kemana mana sakitnya. Untung dapet dokternya yang komersil jadi pas udah sembuh ya di bilang udah gak usah kontrol lagi. baru deh lega
        abis lebaran kontrol lagi ya non, kalo sakit sakit gitu mengkhawatirkan. lagian kamu juga pasti gak nyaman mau beraktivitas πŸ™‚

  3. Ih sama bener Non, kmaren aku jg diprotes M karena ngomongin mkn siang2 smentara dia puasa.
    Mungkin buat kta biasa ya ngadepin orang mkn/mnm dpn kya yg puasa, jd santai aja. Tp buat mreka yg br mulai puasa jd beda dan ya itu, mreka ngarepin kta istrinya lbh paham n menghargai usaha mreka. Ga kpikiran ya nek πŸ˜‹

    • buat mereka yang baru belajar emang susah ya D πŸ™‚ bau makanan, warna minuman dan suara piring sendok kan ganggu. mungkin emang bener ujian tapi buat yang baru belajar kayak mereka gitu manalah dia ngerti ujian hahaha

  4. Wakwaaaaaaw abang Matt complaint. Jangan marah-marah hayoo ntar batal lhoo puasanya hehehe Buat kita yang sudah terbiasa yaa mungkin ok ok aja yaaah. Tapi buat yang baru belajar kayaknya emang jadi ujian berat. Carlo tahun ini puasa ke 7 apa 8 yaaaa? Lupaa ( istri durhaka :p) Dia udah biasa sih. Cuman kemaren pas aku lg gak puasa aku makan dan minum pas dia lagi gak ada di rumah. Kalo pun di rumah, aku sembunyi2. Hehehe abisnya kasian juga sih, pulang kerja capek, lemes, terus di jalan orang-orang pada makan gelato panas2. Kalo ketambahan liat aku minum tambah merana dia ntar. Puasanya lama banget sih disini.

    • Matt sebenarnya kalau orang lain cuek loh. kita sering ke mall pas puasa liat orang makan dan minum dia santai banget gak minta buka tapi untuk aku beda tanggapannya. Menurut dia aku harusnya bisa mengerti karena aku islam sehingga bisa lebih respect πŸ™‚ gitu sih katanya hehe

  5. Ngahahah.. Bang Matt sukak protes ya, Mbak.. πŸ˜€ Tapi emang betul sih, seenggaknya menghargai orang yang lagi puasa, apalagi masih belajar kayak Bang Matt..

    Aku sukak kali pas libur tuh gangguin adek-adek sepupu ku yang lagi puasa, misalnya minum jus di depan mereka.. Bruakakakakkk.. Langsung kenak keplak! πŸ˜›

    • untuk orang islam sih menurut mba emang seharusnya kita respect yang puasa ya, karena kan kita ngerti. Nah buat yang gak ngerti lain soal kalau mereka tetep makan dan minum πŸ™‚

  6. Tapi ya sebenernya, menghargai orang yang puasa itu yang paling nyenengin di bulan ramadhan, jadi lebih berasa ramadhannya.. hehehe

    • kalau di Indonesia karena puasa itu kan gaungnya dimana2, jadi mungkin orang2 lebih ngeh kali ya, makanya masih banyak resto yang siang2 masih tutup setengah jendelanya πŸ™‚

  7. yah kalo kita udah tau ada orang puasa ya mendingan emang gak sengaja makan/minum di depannya ya walaupun biasanya sih kalo temen2 gua yang muslim, mereka gak keberatan juga, karena kan itu part of puasa nya ya dimana harus tahan godaan.

    tapi karena matt masih tahap belajar ya sebaiknya di support ya… karena puasa itu kan gak gampang….

    • kalau tau emang sebaiknya jangan tapi kalau gak tau yawislah apalagi kalau ditempat umum. kan kita gak bisa minta semua orang ngertiin yang lagi puasa kan ya hehe.
      Matt itu mintanya aku doang sih Man, karena kan aku istrinya hihihi.

  8. wah om matt bisa ngambek juga yaa… hehehe.. iya si respect emang penting ya… di sini meskipun banyak yang puasa, tapi tetep aja tu banyak yang jualan makanan dan minuman… awal2nya si rollz masi sembunyi2 kalo makan dan minum di bulan puasa… sekarang masi rada sembunyi2 juga… tapi koq ya banyak juga yang keterlaluan… seharusnya puasa malah ga puasa…

    well, disini si puasa ato ga puasa uda sama kayak hari2 biasa si… cuma kalo puasa lebih banyak yang lemes aja… hehehe…

    tetep semangat om matt…!

    • makasih Rollz πŸ™‚
      sebenarnya sih puasa atau gak puasa sama aja sih. kita emang harus respect orang lain ya kan. cuman kebetulan aja si Matt jadi bawel karena mba yang minum. kalau orang lain mah dia gak perduli juga hehehe

  9. selama kita melakukan dengan gak disengaja sih yah gpp. tapi dengan begitu mbak noni jadi tau kalo seharusnya support matt. πŸ˜€ lagian aku setuju sama maya.. itu kan juga bagian dari ujian puasa. hehehe..

  10. ah mbaaa…
    aku kok lebih konsen ke sakit bulanan kamu yah?
    kita samaaa…senin kemarin aku sampe bolos kerja gara2 dapet 😦 😦 😦
    too bad, malah didamprat atasan besoknya pas masuk huhuhu

    kamu minum obatnya apa mbak? aku cm berani ponstan 500mg, tapi hrs dibarengin tidur.
    hihii bang matt ada2 ya kelakuannyaa…tp salut udh bisa konsisten puasa tanpa sahur πŸ™‚

    • dulu sebelum operasi aku juga kadang2 minum ponstan. setelah operasi sekarang minum ibuprofen aja tapi per 4 jam 1 tablet hehe.
      padahal ya kalo di undang2 tenaga kerja kan ada ya peraturan cewek2 boleh cuti haid 2 hari

      • nah itu dia…
        kata bosku: iya, tapi perusahaan kita gak pake begitu2an..

        *nangis di pojokan*

        ibuprofen cepet bgt gak mbak kerjanya? aku disaranin temen senior yg dulu jg begitu buat rutin minum natur-e setiap hari. dirutinin terus katanya bisa bikin gak sakit. temenku sampe pingsan tiap mens mbak… makanya aku mau coba.

        cepet baik ya mbaak…

    • kerjanya sih gak cepat, makanya setiap 4 jam sekali aku harus minum supaya gak sakit 😦
      pernah ya aku lupa, 2 jam melintir2 rasanya padahal lagi nyetir. Si Matt sampe nyuruh berhenti dan naik taxi sangking takutnya. dia sakit ampe pingsan2 gitu karena emang ada endrometriosis/kista atau emang senggugut biasa ya?

  11. mungkin Matt nya hanya merasa seharusnya kak noni yang paling mengerti keadaan dia, eh kak noninya malah minum2 di depannya hahahaha….

    • iya itu maksut dia. orang lain mah dia gak perduli kali ya tapi aku gak bsia dong. Wiken kemaren aku kayak orang puasa banget karena dia puasa dan tiap minum obat terpaksa nyumput2 trus karena harus makan, aku sampe kerumah nyokap haha

  12. Karena Matt masih belajar puasa mungkin memang harus menahan diri ya non…gak enak hehehe. Kalau kita yang udah puasa sejak kecil mungkin udah biasa sih, tapi Matt mungkin beda πŸ™‚

    • sebenarnya kalau di luar dia biasa2 aja Yus, kita kan sering ke mall dan dia liat2 orang makan cuek aja tapi kalau sama aku jadi cerewet banget. Mungkin karena aku orang paling deket ama dia kali ya

  13. Hahhahahhaa, haduwh! aku pun kayaknya ga berpikiran sejauh itu. Aku lupa fakta bahwa Matt masih dalam tahap “belajar”. Dan aku pun setuju dengan Matt, tanpa harus diminta sebaiknya kita bs respek ke yg lain, baik yg sedang puasa atau enggak

    • sebenarnya sih iya. gak susah juga kan menghargai orang puasa bukan jadi godain gitu. Cuman kalau di knator2 yg mayoritas gak puasa susah dong kalau mereka terpaksa sembunyi2 hehe. Aku sih udah biasa kayak gitu. Nemenin orang lunch juga gpp. Si matt kalau di kantor juga nyantai banget tapi karena aku doang dia bete hehe

  14. biasalah itu Non, beda gini2 an sering lah ya..aku sm MB juga sering istilahnya kerennya clash ya…hahah lebay deh aku.. klo puasa MB sudah 15 tahun puasa jadi aman…cuma dia lemes mlas jalan..aku kalo M ya makn sembunyi juga..kan sama aja klo puasa sih makan sahur juga episode ngesot di dapur kalo ramadhan…….

    • cuman ama aku doang Siti πŸ™‚
      dia masuk hutan juga masih tetep puasa koq. untuk orang yang baru puasa lumayan kuat dia dan puasa taon lalu juga full πŸ™‚
      mungkin kalau dia protes ama aku, karena kan dia pikir aku tau dia puasa dan ngerti kondisinya dia, jadi yah respect dong

  15. aku juga pernah diprotes temen aku karena aku gak puasa dan aku ngomongin makanan mulu sambil dikit” makan roti karena aku kan maag jd gbisa telat makan *tapi koq kalau puasa bisa ya?*. tapi aku terpaksa makan, trus aku bilang kl mereka jg hrs hormatin org yg gak puasa karena kan kebutuhannya beda-beda. biasanya mereka puasa senin-kamis juga kan biasa lihat orang makan,malah pergi kekantin hahaha nakal ya aku :p

  16. ah iya emang baiknya gak makan atau minum di depan orang yg kita tau lagi puasa, kecuali kalo orangnya emang gapapa dan santai aja πŸ˜€
    eh konyolnya kalo lagi puasa sore-sore pasti semangat ngomongin makanan haha

    • untuk orang yang mengerti sebaiknya emang gak ganggu sih tapi kalau gak ngerti terutama yang agamanya beda, aku sih ngerasa gpp juga kalau mereka makan minum. Matt protesnya ke aku doang karena aku kan tau dia lagi puasa πŸ™‚

  17. Matt benar, harusnya kita yg lebih paham tidak berbuat seperti itu.
    Cuma karena yakin matt ga akan terpengaruh kita jadi lupa bahwa kita tetap harus menghormati orang yg sdg berpuasa πŸ™‚

    Upss…. kiiiita ?
    Ha3 πŸ˜€

  18. Waduhh … 8 pil satu hari (tiap 3jam..?), kayak sudah kronis ya?… asal tahu saja, semua obat golongan ‘anti nyeri/anti imflamasi/untuk menghilangkan rasa sakit seperti Ponstan (asam mefenamat), Ibuprofen, etc, dll … efek sampingnya bisa ‘iritasi lambung (lama2 lambung bisa ‘luka) … saran agar diberi ‘makanan pelapis …

    Tentang Matt mu, dia betollllll … kamu salah dan keliru besar … walau dia sudah dewasa tetapi dalam ‘ibadah puasa, dia ibarat anak kecil yang baru mulai belajar butuh dukungan Bundanya … Mualaf ya? Salam taqzim untuk Matt mu … jempol deh telah ikut aktif ibadah. Nice

  19. Menurutku orang mau makan apa aja harus dipersilahkan, esensi puasa kan menahan diri, termasuk menahan diri kalau lihat orang lain makan. Bukannya kalau semakin digoda semakin banyak pahalanya ya?

    • menurut aku selama aku tau orang tersebut puasa biasanya aku gak mau ganggu semacam makan minum didepannya hehehe. Masalahnya kebiasaan itu cuman sama orang2 diluar aja karena kalau di keluarga kan mereka udah terbiasa banget puasa plus ngerti ada waktunya cewek libur. Gak keganggulah mereka kalau liat aku minum atau harus makan. nah Matt biasanya cuek aja kalau liat orang lain, begitu liat aku yang minum, dia langsung protes πŸ™‚
      dia mah ke orang lain gak peduli. kita ke mall, nemenin temennya lunch dia juga diem2 aja. mungkin cuman karena aku tau kondisinya jadi dia ngarepin aku gak minum2 didepan dia.

  20. kalo aku sih justru pengennya menghargai yang tidak berpuasa.
    tapi memang kalo di rumah lain soal, apalagi kalo masih ad anak anak yg lagi belajar puasau gitu ya gak ngeliatin kalo lg libur puasa. tapi kalo kaya di kantor atau sama temen temen ya biasa aja mereka mau makan minum. aku pun biasa juga makan minum kalo libur. udah sama sama tau jugak soalnya kan.

    • kalau di knator/tempat umum udahlah gak usah ditanya. kita mah biasa aja. udah gak protes2 juga kalau liat orang makan minum. mba malah pernah traveling dan nemenin semua temen aku makan babi pas lunch πŸ™‚ padahal pas dari sby kita janjiannya harus ngikut aku puasa, gak taunya baru nyampe bali semuanya gak tahan buat makan sama minum. Jadi siapa bilang puasa itu gampang ya kan πŸ™‚

  21. Namanya jg belajar mbak…keysha jg suka ga kuat iman dan jd sering lupa kl lg belajar puasa, gara2 alea nyemil dan minum seenaknya di depan kakaknya…hahaha moga semangat n kuat puasanya ya mr bule… πŸ™‚

  22. Nahh.. Udah diprotes orangnya langsung, tpi jadi belajar juga sih.. Untung dikantor samping kiri kanan dan depan blkg gak puasa, jadi ga ngerasa ga enak sama teman yg puasa yg duduknya posisi agak nyerong..haha :p

  23. mmm.. aku sih orgnya kelewat santai kali ya mba… jd nya tiap ada temen kntor yg kbetulan lg g puasa, dan dia makan di dpnku, aku mah cuek aja… ga ngaruh ke aku itu.. ga bakal tergoda jg πŸ˜€

    tp jadinya, giliran aku lg g puasa, aku jg jd jrg minta izin k temen yg lagi puasa, apa aku bisa mkn dulu depan dia ;p.. aku anggap udh sama2 menghargai lah πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s