Pakai Dukun, Katanya…….


pic pinjem dari chibionpu.deviantart.com
pic pinjem dari chibionpu.deviantart.com

Hari senin dimulai dengan cerita perdukunan haha. Kenapa tiba-tiba jadi ngobrolin dukun? begini, saya kan punya Β adek yang punya usaha toko pakaian. Minggu lalu kita ketemuan dan ngobrol-ngobrol soal sepinya salah satu toko temennya padahal sebelumnya selalu rame banget. Nah, gak tau penyebab kenapa tokonya langsung sepi sampai si temen ini akhirnya berencana untuk pindah lokasi begitu sewa tokonya berakhir, sangking gak ada orang pernah ke tokonya lagi.

Suatu hari salah satu langganan temen adeknya saya ini nelp ke pemilik toko (sebutlah namanya mba Santi). Pelanggan toko nanya koq mba Santi ini gak pernah buka lagi tokonya dan gak ada informasi pindah kemana. Gara-gara setiap kali dia datang selalu tutup akhirnya dia selalu berbelanja di toko sebelahnya mba Santi yang kebetulan berdagang barang yang sama. Mba Santi kaget dong, secara tokonya ini tiap hari selalu buka dan gak pernah tutup. Setelah di cek ricek nih ke orang pintar (kenapa sih dukun selalu dibilang orang pintar? penasaran) katanya ada naga super gede yang nutupin si toko mba Santi sehingga orang-orang gak mungkin ngeliat tokonya.

Langsung deh mba Santi ini curiga ama tetangga tokonya yang emang tiba-tiba jadi rame banget pelanggan. Bahkan menurut dia gak pernah sepi.

 

Cerita seperti ini sih bukan cuman sekali dua kali saya denger. Di depan rumah orang tua saya (disebrang jalan sih) temen nyokap dulu buka warung kelontong + sayur. Dagangannya lumayan rame sampai akhirnya tetangga dia (masih sodara mereka juga) membukan warung yang sama persis. Sejak itu selalu aja si warung temennya nyokap ini kedapetan macem-macem kayak bunga, dupa dll. Karena semangkin lama toko sodaranya semangkin ramai akhirnya temennya nyokap tutup warungnya.

Masih banyak cerita lainnya sih. Mulai dari rumah makan sampai toko pulsa. Kadang-kadang orang-orang saya pikir ngarang cerita haha. Contohnya seperti mie Aceh yang rame banget di Medan. Saya dan Matt sebenarnya lumayan penasaran koq si mie Aceh ini luar biasa ramenya padahal masih ada mie Aceh lainnya yang buka di sebelah rumah makannya dan selalu sepi-sepi aja. Palingan dapet pembeli hasil dari tumpahan si mie Aceh yang rame itu. Sangking penasarannya saya sempet nanya orang-orang dan menurut mereka si mie Aceh ini punya “JIN” yang selalu mencicipi semua mie yang sudah selesai dimasak sebelum disajikan ke pembelinya. Ini juga sebabnya kata orang yang saya tanyain, kalau dibawa ke rumah si mie Aceh ini rasanya beda walaupun menurut saya dan Matt mah sama aja malahan kalo dibawa pulang lebih banyak hahaha.

Saya sebenarnya rada gak percaya juga sih kalau ada permainan “magic” didalam bisnis beginian tapi kalau gak percaya koq yah bisa sampe jomplang gitu ya hehe. Kayak makanan aja deh, menurut saya banyak banget warung bakso yang rasanya sama tapi entah kenapa si warung bakso A lebih rame banget. Toko baju apalagi, adek saya lumayan stress kalo toko dia sepi padahal barang-barangnya sama aja ama toko-toko lain dan harganya juga gak jauh beda.

Menurut kamu beneran ada permainan “magic” gak sih?

Advertisements

119 comments

  1. Bisa di bilang begitu mba, bisa juga plan marketing-nya kurang nampol makanya jarang ada pengunjung melirik. Biasanya kalau yg pake dukun itu, cepet rame cepet juga sepi, karena pak dukun itu ada masa expired nya hahaha… serius loh mba πŸ™‚

    Coba maenkan plan marketingnya mba, seperi kasih diskon, kasih free ongkir, kasih voucher dllnya… trus update juga barang2 nya mba, kalau bisa berbeda dengan toko sebelah.

    Oke πŸ™‚

    • Tambahan bisnis fashion memang banyak persaingan mba, tapi kalau tekun dan punya banyak ide buat update pasti bisa tetap berjalan. Usaha maximal pasti ada hasilnya, dan tentunya dengan bantuan Allah juga πŸ™‚

      • memang sih usaha fashion ini buanyak banget saingannya πŸ™‚ Adek aku itu sampe gak mau belanja di Jakarta tapi di Medan yah begitu itu semua pedagang kan nyetok barangnya dari Bangkok, malay, hongkong, cina dan Korea jadi yah tetep aja barangnya mirip2 juga haha

    • aku sih kurang percaya ya soal beginian hehe. Yang warung mie aceh itu udah dari aku SMP kayaknya sampe sekarang masih rame aja. Udah gitu di deket rumah nyokap ada warung bakso urat, udah dari kapan2 juga sampe sekarang masih aja rame walo rasanya kurang enak juga sih.
      nah yang marketing plannya canggih ini sih kayaknya aku lebih percaya hehe

  2. Persis kayak cerita miss jinjing ya, Mbak Non.. Ternyata adek Mbak kena juga 😦

    Kalo permainan magic sih ada aja lah ya, namanya juga orang pengen rejekinya banyak dengan cara bersekutu sama setan. Beberapa orang bahkan bisa ngeliat jin yang bersemayam di toko atau rumah makan. Tapi ya percuma juga ngasih tau orang laen, karena jarang ada yang percaya.

    Toko adek Mbak ada di mana sih? Aku pengen liat-liat di sana, siapa tau ada yang cocok πŸ™‚

    • Adek aku gak kena koq Beb, yah gak tau kalo saingannya dia. Toko adek aku emang ga sampe rameee banget gitu tapi juga gak sepi. Sedang2lah karena barang dia gak sama juga kayak yg laen. Tokonya di care4, namanya warung mode di lt. 3 πŸ™‚ .

  3. pasti pake dukun tapi ada tumbal dan ada expirednya, dukun bisa buat macem2 dari bisnis, kerja, cari jodoh waktu itu yah ada mantan pedukun tobat dan dia kesaksian hehe (waktu pendalaman iman agama katolik) jd dia udah bertobat jd bener yah org minta gitu2 tapi ada masa exp kl nggak si dukun nggak kaya2 krn kl gada exp org gak balik lagi dong. Berhubung dia udah bertobat dia saranin kita semua percaya sama Tuhan atau sesuai agama masing2, kl dukun udah pake jin, ada tumbal trus dosa kan hehehe

    • Fel,, aku baru tau kalau pake dukun itu ada tumbal + exp-nya haha. Serem ya, yang dikorbankan kan bisa aja keluarga terdeket huhu. kalo ada yg sampe bersaksi gitu kayaknya mau gak mau percaya juga kan ya?

  4. percaya gak percaya ya non.. di bandung ada rumah makan sunda yang rameeeeeee banget trus suatu hari ada anaknya temen yang ga mau makan di situ, katanya di atas meja yang penuh hidangan ada anak kecil telanjang bulat lompat-lompat di antara piring.. dan si temen itu sih ga liat apa-apa….

    trus ada juga warung nasi timbel yang saking ramenya sampe sempet masuk tipi.. kalo makan di situ emang enak, tapi kalo dibekel buat dibawa pulang atau makan di kantor yang cuma tinggal nyebrang ihhh ga enak! bau bensin lah, ayamnya ga matenglah.. issshhh langsung males makan di situ lagi πŸ™‚

    • waduh, anak kecil kurang ajar hahaha. ngapain coba lompat2 dipiring? gimana kalo pecah atau keinjek kakinya πŸ™‚ . aku susah percaya beginian tapi kan gak mungkin juga ya orang2 deket kita bohong kalo emang liat hehehe.
      jadi sekarang stop dong makan di nasi timbel itu pit?

  5. Papaku katanya bisa ngliat yang tak kasat mata itu mba, jadi dibeberapa resto yang perna kita kunjungin dy bilang ada makhluk2 transparan itu. Berhubung aku ga liat apa2 yaa percaya ga percaya juga sihh
    Contohnya salah 1 resto di ringroad, katanya ada monkey2 transparan gtu lompat2 diatas mejanya.
    Klu udah dbilangin gtu sebenernya jadi rada males makan disitu lagi tapi klu makanannya emang enak ya gapapa coba lagi hahaha

    • Raniiiiiii, papa kamu apa gak takut tuh bisa liat2 begituan huhuhu. Btw…resto apa di ringroad, biar aku sama si Matt gak kesana walo ada monyet lompat2. aku susah percaya yang beginian tapi gimana ya, gak mungkin juga kan ya papa kamu bohong kalo emang bisa liat

      • Udah biasa sih kynya dy mba, abis dimana-mana ada kan makhluk itu hahahha
        Baks* ig* ig* mba, yg deket Cinde Laras itu
        Awas loo ada monkey nya ntar makan dstu hihihi

      • Raniiii, sumpah tadi pagi aku baru ngomong ama si Matt, aku penasaran ama si tempat ini hahaha tapi yang di deket jalan wahid hasyim, gak tau apa itu satu group apa gak haha. gak jadi nyobain deh πŸ™‚

  6. Kdg percaya gk percaya sich..tp kenyataannya mmg dialami sendiri sich ama paman yang buka warung bakso, jelas2 dulunya rameee bgt ank2 smp pd mkn disitu ampe repot bgt klw pas ank2 itu pulang sekolah, tp belakangan kok mereka cuma lwt doang gk singgah, krn ada warung disblh yg aq rasanya kurang enk…trus klw mie aceh bener mmg non klw dibawa pulang porsinya lbh banyak…hehehe bs mkn sekeluarga…hahaha

  7. kalo keberadaan Magic sih aku percaya Mba Non, dan orang yang memutuskan pake magic juga banyak. Skalipun dia intelektual banget, ada aja orang yang bergantung sama hal begituan ^__^

    kasian aja ya, kalo sampe karena ‘harta’ harus cicipin neraka, hehehe. setauku, yang begitu slalu ada tumbal kan. Dan sama aja ya kasi tumbal = membunuh , itu yang kumaksud dengan mencicip neraka., hehe

  8. memang antara percaya gk percaya sich, tapi kenyataannya si paman juga ngalami hal yg sama kt pembeli langganannya kok warungnya gk buka2, padahal buka terus kecuali hari minggu karena gk ada anak2 sekolah…trus klw mie aceh emang bener non kalaw dibawa pulang porsinya bener2 lebih banyak bisa buat makan sekeluarga …hahahahha…

    • ipah, pamah kamu suruh pake dukun juga dong hahaha. sebel ya kalo kayak gitu kan mestinya kalo emang mau pake dukun yah pake aja tapi gak usah nutupin rejeki orang lain dong

  9. Aku sebenernya gak percaya (krn ga bisa liat begituan jg sih), tapiii…jadi takut nih abis baca ceritanya mbak, serem2 yah T_T

  10. entahlah mbak antara percaya dan nggak hehehhehehe
    mau gak percaya banyak kejadian kek gitu warung/toko yang plek sama satunya rame satunya sepi bgt. mo percy jg kok ya gimana gitu,,, kan rejeki masing2 beda πŸ˜€
    tapi bener ya, makanan seperti bakso dan mie kalau gak makan di warungnya rasanya beda gitu ya… apa krn faktor suasana

  11. seriiing banget denger cerita2 kaya gitu mba. percaya ga percaya. tapi kalo ga percaya kok ya kebangetan karena pernah ngalamin juga keluargaku πŸ˜€

  12. percaya ga percaya kak. tapi ya sepertinyaa lebih condong ke percaya ya. soalnya dulu pas sma ada temen yang buka warung kopi di deket rumahnya, nah ga berapa lama si tetangganya juga buka warung kopi juga cuma ga serame warung kopi punya temen, nah pas tiap temen sy dan satu keluarganya habis pulang kampung, warung kopinya langsung sepi, dan pas di cek endricek di deket warung kopinya ditemuin brang barang mistis gitu, di tanem di deket warung kopinya.
    Haduh masyarakat kita masih percaya vodo gitu ya mba.

  13. Yang mengerikan kalo yg punya dagangan percaya dukun trus pake media aneh2 di makanannya (kayak celdam di kuah bakso -ini baca di mana ya..) trus kita makan.. Hoekk

  14. Waduh, urusan magic mah agak sedikit ribet. Sebagai orang yang beragama, tentunya kita percaya dengan hal-hal gaib. Mungkin dengan berkonsultasi dengan pemuka agama untuk hal gaib akan sedikit mengurangi rasa penasaran tentang magic dan kita akan terhindar dari jalan yang menyimpang πŸ˜€

    Akan tetapi dari sisi marketing atau tempat juga sedikit banyak tentunya akan berpengaruh dengan hasil usaha. Coba di cek kembali lokasi atau strategi marketing dan lihat efeknya setelah beberapa minggu.

  15. mau percaya nanti takut syirik, ga percaya tapi kejadian…dan kebetulan ini msh fresh, kakakku yg di Bali juga punya toko mcm minimarket gitu di sebelah rumahnya..dan beberapa bulan ini kata dia tokonya sepiii banget hampir ga pernah ada pembeli, jadi kl pun dia mau ngisi toko juga jadinya malah rugi. Dan akhirnya sekarang dia pilih untuk nutup toko, ga tau deh kapan dia siap mau buka lagi. Kalo kata ibuku sih gt, mungkin ada yg nutup tokonya..tapi berhubung kakakku ga percaya macam gt jadinya ibuku juga mau minta tolong ke kyai juga rasanya percuma..kl mbak noni percaya ga? πŸ™‚

  16. aku percaya beneran ada yg main perdukunan di dunia perdagangan.

    aku punya kerabat yang menikah dengan seorang pedagang siomay. setelah beberapa bulan menikah, sang suami mengaku kepada kerabatku kalau dia pernah memakai jasa seorang dukun untuk usaha siomay nya. tapi cuma berlangsung selama 1th sih (sesuai perjajian kontrak dengan si dukun).

    memang sih sang suami tsb bilang kalau dagangannya laku keras, untungnya banyak. tapi ternyata pengeluarannya besar juga. anaknya sakit lah, istrinya sakit lah (kerabatku nikah dengan duda). Jadi hasilnya ya sama aja dengan kl ga pakai dukun. akhirnya setelah kontrak dengan sang dukun berakhir, dia memperbaiki kualitas siomay dan jualan dengan jujur. Alhamdulillah skrg sudah punya 3 gerai.

    ada lagi tukang buah langganan, dia juga cerita waktu awal-awal dia berdagang pakai jasa dukun agar dagangannya laku. tapi dia kapok, soalnya anaknya jadi sering kesurupan. akhirnya kontrak dengan jasa dukun tidak diteruskan lagi.

    • alhamdullilah akhirnya malah gak perlu perdukunan kalo emang rejeki dan dagangannya enak pasti didatangi orang ya. Nah, yang menjengkelkan itu kalo orang yang berdukun nutup pintu rejeki orang lain/saingannya. kan nyebelin banget udah usaha bener2, ehhh ada orang yang sirik begitu

  17. iya kalo ini saya percaya Non, di Makassar juga banyak pemilik usaha yang dengar2 punya penarik atau apa mahluk apalah istilahnya, nih ada satu warung bakso dulu dekat pantai jaman saya SMU dulu ramai sekali skrg sudah sepi dulu terkenal pakai tuyul terus sekarang ada nih toko perlengkapan RT yang selalu penuh, memang sih barang komplit dan murah, sampai kalo masuk ke dalamnya lupa diri, beli barang yang tak dibutuhkan. Kata orang sih toko ini pake juga. Tapi saya yakin yang beginian tak ada yang abadilah…ada expirednya…

  18. kebetulan aku pernah ngalamin kejadian yang kurang lebih serupa. Sebelum hamil Daffa kan selain ngantor aku juga buka stan di pujasera kantor trus pernah ada kejadian aneh2. Misalnya nasi yang kumasak selalu “kebenyek-an” (apa sih bahasa indonesianya? terlalu lembut/empuk kali ya?) sampe takaran airnya kukurangi lebih dari separuh biasanya, tapi tetep aja tuh, anehnya lagi kalo masak nasi dirumah mah baik2 aja, sampe saking penasarannya magic com kantin kubawa pulang, dipake buat masak dirumah, tapi kalo dirumah normal2 aja loohhh…
    trus pernah juga dalam sehari ga ada pembeli blas sama sekali, padahal sebelahku pembelinya sampe antri2 loohh … setelah nanya ama ‘temen’ yang ngerti memang katanya pas itu ada ‘sesuatu’ yang nutupin stand-ku, jadi seolah olah stand-ku tutup di mata pembeli.
    ternyata obatnya cuma nyiram air bekas cucian beras (sebelum kita masak nasi, berasnya dicuci dulu kan) di sekeliling stand aja lohh, sama tentu aja banyak doa pada ‘Sing Gawe Urip’
    ya ini percaya ga percaya aja benernya tapi koq di aku kejadian yaa ….
    akhirnya daripada ribet bubar jalan aja deh, padahal uda mulai rame loohhhh, huhuhu….

    • selalu lembek gitu ya Shan? jahat bener ya kalo emang bener ada orang yang guna2in dagangannya kamu. Btw…setelah disiram air bekas cucian beras, akhirnya gimana ya? masih benyek juga gak sih nasinya?

      • sebelum disiram air cucian beras nasiku nyaris bubur, setelah rajin siram2 jadi better lah, masih agak lembek sih, tapi masih layak jual. Cuma kan ribet ya kalo kudu sering2 siram2 air beras. belum lagi cobaan ga cuma gitu aja, pernah dibuat seolah standku tutup, trus pernah ada bau2 aneh gitu dll, ya sudahlah mari kita bubar jalan aja. Bukan mental pengusaha banget yakk, haha..
        eh tapi kalo cuman ngantor, ga disambi jualan kan bisa lebih fokus ama anak+suami, bisa lebih punya waktu buat me-time, termasuk blogwalking juga kan yaaaaa…. (alesaaaaannnnn… padahal mah mental payah)

    • kalo udah ada yang main gak sportif gitu emang males sih apalagi kalo sampe harus mencelakakan orang ya kan 😦 aku juga serem banget kalo persaingan pake ilmu2 hitam gini. makanya kalo si matt kerja di hutan trus penduduk gak seneng lumayan takut, apalagi banyak penduduk yang masih percaya beginian. loh dari makanan larinya entah kemana2 haha

  19. Dulu di warung bakso deket rumahku di Batam, ada juga cerita begini. Waktu itu warung baksonya lagi rame2nya, dan beredar isu kalo warung bakso itu ada tuyulnya. Antara percaya dan ngga percaya. Sekarang sih udah sepi tuh warungnya, tuyulnya udah pensiun kali yah hehehe

  20. >.< kadang ya kalau denger ada gosip2 kayak gini suka jadi parno sendiri kalau hangout *terutama makan di restoran*. Gak kebayang pas kita lagi makan sebenernya ada yang loncat2 atau nyicipin tapi gak kasat mata. Mau ngapa2in harus inget doa lah, ya ^^;.

  21. Ibu aku kan punya salon ya mbak suatu hari kedatangan tamu ibu-ibu minta dipotong rambutnya tapi trus dia pesen rambutnya ga boleh jatuh ke lantai jadi anaknya nyiapin plastik trus nadahin rambut ibunya yang abis dipotong katanya biar warung nasinya rame terus.. usut punya usut waktu buat potong rambutnya aja ditentuin gak boleh sembarang termasuk panjang-pendeknya dan emang bener warung nasinya lumayan terkenal didaerah dia tapi ya gitu deh percaya ga percaya…

  22. Aku sih percaya gak percaya yang model ginian, Mbak. Selama bisa ditelusuri secara logika ya berarti dukunnya bohong, tapi kalau sudah ditelusuri ternyata memang ada hal-hal yang gak masuk akal ya harus bilang apa lagi.

  23. Waah gak tau hal2 beginian.. tapi emang sih ada warung makan yg laris banget pdhal rasanya biasa aja dan mahal pula.. dan warung sebelahnya sepi2 aja. Gak tau deh pk magic2 apa gak.. tp kadang orang kan ngikut gimana ramenya aja, mana yg orang2 pilih dia ikut, mana yg terlihat rame dia ikut… gitu kali yaa.. nah kalo yg tadinya rame trus tiba2 sepi gak tau deh πŸ˜€

  24. aku percaya beginian, jadi menurut aku benar. Tapi ada banyak faktor lain yang bikin orang males ke toko dia. Bisa jadi pernah dijutekin, harganya lebih mahal dikit, lokasinya nyempil (jadi gak keliatan), atau gak punya kucing jepang. Yang paling akhir, itu favorit guwe dalam menentukan toko.

    Tapi rejeki gak akan kemana, selama udah usaha pasti dilancarkan.

  25. Antara percaya dan ga percaya sih ya non.. Tapi dulu kknya suamiku pernah buka tempat cuci mobil gitu, awal2nya rame. Tapi pas ke belakang jadi makin sepi, isunya karna orang yang punya rumah di sebelah tpt cucian mobil ini keganggu, jadi pake jasa orang pinter itu buat nutupin tpt cuci mobilnya.
    Kata kenalan yg suka nyuci mobil disana dia liat tempatnya itu suka tutup makanya ga pernah mampir lagi.. Heeemm aneh

    • nah itu mungkin sama kayak yang dialamin ama temennya adek aku kali ya Mar, entah kenapa koq orang percaya beginian trus kemana sih minta ilmu2 gini? loh koq nanya hahaha

  26. Hai mba noni. Salam kenal ya. Selama ini silent reader nih jd kegelitik mau komen. Aku percaya sama adanya magic2 kayak gt. Keluargaku pernah ngalamin sndiri mba. Kejadiannya hampir sama, toko kita selalu sepi. Yg beli hanya beberapa org saja. Padahal toko sebelah ramai bgt. Suatu ketika ada yg nanya, kenapa selalu tutup tokonya. Padahal kita buka tiap hari, nungguin pembeli. Tapi keluargaku ga pake dukun2 lagi buat ngilangin itu. Kami cm ikhtiar dzikir dan doa aja. Alhamdulillah, setelah sabar, hilang sndiri pengaruh magicnya.

    • Hi Ima, salam kenal juga ya πŸ™‚
      alhamdullilah ilang juga itu magicnya ya 😦 mungkin emang harus sabar dan banyak2 doa. kalo Tuhan mengizinkan mau ditutupin pake naga sekalipun
      pasti tetep keliatan ya

  27. Usaha yang pakai cara perdukunan seperti ini ada banyak mbak. Kayaknya di setiap tempat di Indonesia ada deh. Kalau untuk makanan yang diberi “tambahan” makhluk gaib itu memang agak susah untuk menangkalnya langsung di tempat selain dengan makanannya dibawa pulang. Tapi kalau untuk toko yang “ditutupi” bisa ditangkal dengan kita mendekati toko tersebut untuk memastikan toko itu tutup atau tidak.

    • yah absi dukun aja masih banyak pasti peminatnya juga banyak kali ya :). cuman kalo pelanggan yang baru2, ditutup gitu manalah dia mau cek2. udah pasti langsung pergi aja 😦

  28. Hmm bisa jadi sih bener Non, tapi bisa juga emang rejeki nya aja beda beda. Inget dulu di bogor roti V*nus Uny*l sebelum pindah ketempat yang baru sebelahan sama toko roti yang jualnya sama persis tapi asli deh sepi banget itu toko. Padahal aku pernah nyicip rasanya sih sama aja, mungkin beda merk aja. Ngenes sih liatnya.

    • kata si Matt, May, mie aceh yang aku gila2ini itu juga rasanya sih sama aja kayak yang laen tapi entah kenapa aku rasa beda hahaha. apakah aku udah terkena guna2 hihihihi. kalo jualan udah pake persaingan yang gak bener, serem gak sih? apalagi kalo si kompetitor udah pake ilmu2 yang bisa mencelakakan hiiiii

      • Sebenernya sih soal guna guna gitu, percaya gak percaya ya non. kalo soal makanan bisa juga masalah selera aja, atau promosi nya.
        Amit amit deh, jangan sampe beneran pake guna guna ya (dimakanan gitu loh) males banget πŸ˜€

  29. Yang paling epic di cirebon (deket rumah bumer) ada tuh Non, tukang bakso yang rameeee bgt pelangganya. Suatu ketika, ada orang iseng moto bakso di mangkoknya, trus tetiba ada penampakan macem tuyul gitu, dong! Alamak! Habis itu aku ogah bgt deh, makan bakso disitu. Ya entah bener apa nggak ya, cuman kan ya serem aja kalo beneran itu tukang bakso main2 ama tuyul tukang cicip, huwaaaaahhh! Horroooooorrr!

  30. kealamin sm mamaku… banyak yg komplen dr pelanggan katanya tiba2 toko onderdil si bapak ilang gak kliatan hahah… masak toko tiba2 ilang padahal pinggir rumah gitu… aneh2 aja deh…

    ih tapi cerita temen2 di atas bikin merinding2 disko…

  31. percaya gak percaya sih non…….tapi kejadian beneran hampir sama seperti yg kamu ceritain.
    kejadiannya menimpa mertuanya sepupu,dulu di depan rumahnya punya toko kelontong yg rame banget,kebetulan letaknya strategis,jadi rame pembelinya,saking larisnya pembeli sampe tuh toko dijadikan kios kecil buat tempat kulakan,dari mulai sembako sampe obat2an ada,pokoknya bisa dikatakan hampir lengkap deh
    mertua sepupu prinsipnya ambil untung dikit yang penting dagangan laris,mangkanya pembelinya gak pernah sepi
    sampe suatu hari pembelinya semakin lama semakin berkurang,bahkan mentok gak ada pembeli sama sekali,si mertua sih masih positif thinking aja,sapa tau rejekinya lagi gak lancar
    sampe lama2 keadaannya gak berubah dan barang yg numpuk di gudang rusak semua,yg beras sama tepung jadi kutuan karena kelamaan gak laku,trus obat2an juga pada rusak,sampe saking pusingnya ngeliat barang segitu banyak dan rusak,sama mertuanya sepupu tuh barang kayak kacang kedele,tepung dan obat dibakarin semua.
    nah pas kebetulan si mertua ketemu sama langganan tokonya ditanyain kenapa tokonya gak pernah buka?mangkanya dia pindah ke toko kelontong baru milik tetangganya si mertua
    yg gak terima malah anaknya,dia datengin orang pinter,aku nyebutnya bukan dukun ya,hehehehe…….dibilangnya tuh toko ditutupin sama orang guede item,mangkanya semua pembelinya selalu mengira tuh toko gak pernah buka,sama orang pinternya ditanyain apa mau dibalikin keadaannya ?si mertua waktu dibilangin cuma bilang,biar aja klo ada orang berbuat gitu,dia gak mau dibalikin,nanti bakal ada itungannya sendiri kok disana
    bukannya suudzon ya,tapi klo kejadiannya kayak gini penjelasannya gimana hayoo

    • nah ini beneran sama kayak si toko temennya temen aku itu deh 😦 kayaknya ilmu beginian emang ada kali ya dan ada banyak orang yang pake jasanya huhu. aku serem aja kalo gitu, kasian banget yang bisnis dengan jalan yang lurus2 aja 😦 udahlah susah cari duit ehh tambah susah karena ditutupin setan huhu

  32. aku sih percaya klo praktek perdukunan kayak gini ada. ibuku kan usaha catering, punya kantin di sekolah dan kantor, ibu cerita pernah ditawarin sama orang buat pake dukun2 gitu biar usahanya makin lancar. bisa pilih mau dukun cina atau dukun jawa. ya jelas aja lah ibu tolak. klo bisnis mau pake ilmu ya pake ilmu bisnis yang bener lah ya. hehe.

    dan iya bener klo dukun2 gitu pake tumbal loh, makin besar hasilnya biasanya tumbalnya makin penting, misalnya anaknya sendiri, atau ibunya. serem deh.

    • tega banget ya bikin tumbal keluarga sendiri. ada di deket rumah ortu, gosipnya sih mereka numbalin anaknya dan anak tsb sejak lahir udah sakit gitu trus baru2 ini meninggal 😦 sedih kalo itu beneran

  33. Aku pernah denger juga tuh mbak. Toko2 di mall atau ITC suka pake tuyul gitu dan mereka bisik2 di kuping para pengunjung biar mampir ke toko itu dan beli deh :/

  34. saya setuju banget, toko saya jadi korban dukun, di sepanjang jalan toko saya cmn ada satu toko aksesoris yg rame bgt, tiap menit masuk bnyk org, sedang toko saya berjam2 tidak ada yg masuk. toko di samping2 saya yg jualan barang laen jg sama tidak rame hanya satu toko yg rame bgt. kenpa ya org itu moralnya jelek bgt pke yg magic2 gitu demi uang bnyk celakain org laen?

  35. Namanya usaha gimana kepercayaan masing masing aja.mau pakai ajian atau aji mumpung.terserah pedagangnya.jaman sskarang bisa jadi pakai dukun. Jangankn warung kecil klas yg gedean aja pakai bumbu karinya. Persaingan namanya.atau pengen laris.saya kira bohong orang nggak percaya atau nggak pake jampii. 100% pasti lah pakai.untuk penglarisnya. Asal jangan ngancurin usaha orang lain.

  36. Bisa jadi dong jaman sekarang .persaingan pengen laris. Boleh boleh aja asal jangan ngehancurin usaha orang lain

  37. Beneran. Sy juga ngalami, tadi nya ga percaya begituan.
    Awal2 say buka toko omset lumayan, tapi tiba2 drastis malah sehari ga ada yg beli. Beberapa teman ada yg bilang toko tutup mulu. Pernah sy duduk di depan, ada org naik motor berenti di depan toko saya, clingak clingku kaya bingung. Eh tiba2 nyebrang ke toko depan belanja di sana. Payah persaingan usaha di indo, ga sehat. Ancur dah yg ga pakai dukun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s