Jamu Kuat….


pic dari www.vemale.com
pic dari http://www.vemale.com

Minum jamu siapa yang suka?

Sejak pindah ke Surabaya (dulu) saya sempet jadi kecanduan minum jamu. Jamu macem-macem tapi yang paling sering sih kunyit asam + sirih. Jamu di Surabaya kemaren bisa saya dapat di mana-mana. Pinggir jalan, dipasar bahkan dibawain CS kantor yang setiap paginya selalu singgah ke pasar sebelum ngantor. Harganya pun cukup murah.

Trus kenapa saya harus minum jamu? ya itu karena katanya jamu kunyit asam ini bisa mengurangi rasa sakit ketika mens. Secara saya parah banget kalo lagi mens jadilah minuman ini diharapkan bisa membantu. Hasilnya sih gak membantu juga hahaha tapi beberapa temen saya yang punya masalah katanya jamu ini bener-bener ajaib bikin rasa sakit mens berkurang. Cuman karena saya suka, akhirnya tetep dong minum jamu. BIasanya saya lebih suka kalau disajikan hangat, beda dengan kebanyakan orang yang sukanya minum pas dingin-dingin.

Tahun 2012 kemaren, Matt sakit lumayan parah. Ada masalah di pencernaannya sehingga semua nutrisi dari makanan yang dia makan tidak di serap oleh tubuh. Matt sempet kurus banget, gak bisa masuk hutan, selalu sakit perut, gampang alergi dll. Disinyalir dia juga kena bakteri gitu. Setelah berobat beberapa bulan akhirnya asisten di mess dia tinggal dulu ngasih dia kunyit asem ini dan entah kenapa dia ngerasa agak enakkan.

Dari kejadian itu, nyokap langsung ngirimin dia kunyit-kunyit yang udah di keringkan sehingga tinggal dimasak sendiri aja karena pas di hutan kan susah buat dapetin jamu. Sementara kalau pas si Matt ke Surabaya buat berkunjung dan berobat pasti kita beli di pasar jamu yang sebotol aqua gede gitu hanya seharga Rp 5000 aja πŸ™‚ . Murah ya di Surabaya, kalo di Medan harganya satu botol aqua yang gede itu Rp 30.000.

Begitu kita pindah ke Medan, sempet sih kesusahan gak bisa dapet jamu padahal banyak tukang jamu yang lewat setiap pagi hehe. Sampai akhirnya saya ketemu mba-mba jamu yang lewat depan rumah. Akhirnya kita sepakat seminggu sekali saya pesan 1 botol dan entar kalau udah habis dia ambi dari pagar beserta duitnya jadi kita gak perlu nunggu-nunggu mba jamu lewat.

Sampai hari ini entah sugesti atau apa tapi Matt paling percaya sama si jamu ini untuk urusan perutnya. Maksutnya urusan pencernaan. Jadi dalam satu minggu dia pasti minum jamu kunyit asam ini 2-3 kali (katanya tiap hari gak bagus).

Belakangan dia juga penasaran pengen nyobain jamu Madura hauhahaha. Setiap kali kita lewat tukang jamu Madura pasti deh kegatelan pengen nyoba πŸ™‚ .

Ada yang udah pernah merasakan kehebatan si jamu-jamu ini?

Advertisements

102 comments

  1. kalau di dekat rumah, segelas jamu itu harganya 2000 kak πŸ˜€
    kalau jamu madura belum pernah nyoba *ngapain jg jadi aq yg nyoba :))

  2. Aku dulu pernah sakit lumayan parah trus jadi kurus kering mba. Nah aku minum jamu kencur yang katanya bisa nambah nafsu makan, dan bener aja abis itu gendutan lagi πŸ˜€

  3. mau nyoba jamu ramuan madura mba? awas makin singset itu si matt :))

    aku ga doyan jamu mba. paling banter sinom n kunyit asam. lainnya ogah banget. mending minum obat drpd jamu πŸ˜€

    • dia iseng doang karena liat tulisan di iklan2 jamu madura, Da πŸ™‚ untuk saat ini kayaknya masih belon perlu, entar aku kepayahan huhahaha.

      kunyit asam emang paling enak ya, yang lain pait tapi aku tetep aja minum juga sih

  4. aku paling ga suka OBAT apapun kak, kecuali JAMU ^^
    dari kecil udah dibiasakan mama langganan jamu beras kencur. Mulai menstruasi aku dibiasain minum jamu KUNYIT ASAM, kadang buat sendiri deh kalo tukang jamu ga kunjung muncul.

    sampe sekarang, tiap pagi minum si kunyit asam kalo ga kunyit + mint yang segelasnya cuma 3rb , beli di tukang jamu depan gerbang kantor ^__^
    Khasiatnya? kalo ga minum jamu, badanku pegel dan gampang capek. Dan… kata mama, badan gendutku ini efek si jamu itu lho… hahaha

    • ternyata emang segelas jamu kunyit itu sekarang jadi Rp 3000 ya Deb πŸ™‚ , di Medan juga sama hehe. Aku senengnya kalo minum jamu gak pake yang manis2 itu karena takut gula cuman koq yah bikin gendut, Deb? bukannya katanya jamu bikin kurus ya?

      • kalo jamu beras kencur itu untuk nambah nafsu makan Mba. yang bikin gendut itu efek minum si beras kencur.
        Itu makanya kenapa anak kecil disarankan minum jamu beras kencur. Slain karena kencur bikin kuat daya tahan tubuh terhadap sakit seperti flu dan batuk , ya buat anak-anak nafsu makan katanya ^__^
        ini aku tahu dari Mbah ya, mertuanya tanteku kan Jawa asli Solo sana, dari kecil aku dicekokin jamu sama mama karena saran si Mbah itu. Soale badanku dulu katanya kecil imut gitu Mba, sekarang malah jadi kegedean, hahahaha

      • hmm berarti ini jamu yang harus aku hindari ya Deb πŸ™‚ . aku sih sukanya yah jamu itu kunyit asem + sirih atau kadang2 ditambahin apalah gitu. Pernah juga dikasih jamu yang warnanya ijo trus paitnya minta ampun haahaha. cuman yah tetep aja aku minumlah

      • mau buat jamu sendiri ya Mba? hehehe
        mamaku dulu pernah tanam temu lawak tapi ga berhasil Mba… hahaha
        gitu ya tanaman itu cucok-cucokan,,,

  5. setau aq sih jamu madura ituu yaa jamu kuat, kak..
    atau jamu untuk pasutri gitu..
    mama aq pake jamu…tongkat madura..hahahaha
    saya pernah nanya itu utk apa?! malah saya diomelin..katanya belum waktunya tau
    yasudahlah..setidaknya saya tau fisiknya yg mirik kapur papan tulis :p

    • ada macem2 sih jamu madura tapi yang paling ngetop emang jamu kuatnya hahaha. ehh tongkat madura itu aku juga penasaran loh hihihi. kayaknya gimana gitu kan makenya ya. kata nyokap berfungsi kayak di iklan2nya gak?

      • kayaknya siiih berfungsi kaaa..
        yaaahh biar kata udh tua, tp ttp harmonis tuhh klo masuk kamar..

        sbg anak yg udh gede mah, diem ajaaa..ga brani nanya2 jugaa :p

  6. Ibuku juga suka beli jamu beras kencur botolan, sebotol aqua 1/2 lt itu 3000an. Diminum dingin2 gitu seger sih keliatannya. Tapi aku gak terlalu suka minumnya, karena…

    Dulu jaman kuliah, suka beli beras kencur juga, ada yg jualan pake gerobak, tp mangkal di daerah bunderan UGM (terkenal deh dulu pak jamu ini). Pembelinya rame banget. Banyak juga yg minum di tempat, pake gelas, pake sedotan. Trus setelah bertaun2 sering beli di situ, baru dikasih tau temen, klo di situ tuh sedotannya gak dibuang, tapi dipake lg. Pas aku perhatiin, ternyata bener lho. Dikumpulin lg sedotan2 bekasnya, trs disimpen. Pastinya ya buat dipake lg dunk. Habis itu, setiap ada beras kencur, pasti keinget itu. Haha..

  7. sampe sekarang kalo diare aku sama suami bikin jamu kunyit itu sendiri. soalnya membunuh bakteri, dan ramuan dari kampong lebih ampuh drpd obat2an. Selain jamu aku jg sering pake pake masker bikinan sendiri non mayan…natural dan lebih ampuh drpd beli produk2 kecantikan yg harga nya selangit. Ga usah lah pake Estee Lauder pake aja madu atau oatmeal jadi deh muka mulus pori pori mengecil kinclong! πŸ™‚

    • Hari ini si Matt diare, POp dan aku koq gak kepikiran kasih kunyit ya huhu. Katanya gak boleh tiap hari juga ya minum jamu2an ini? bener gak sih? Btw…..Poppy, buat postingan khusus dong tentang herbal2an ini πŸ™‚ aku pengen banget tau nih secara skr juga lagi pelan2 mulai tanam tanaman herbal yang bisa dipake untuk obat2an hehe

      • Aku pengen posting banyak banget non iihh sebel ga ada waktu nya…insya Allah ya pasti ditulis deh ntar kalo lg agak lowong πŸ™‚ Iya sama kayak obat non, kalau di konsumsi setiap hari si kunyit itu ga bagus juga buat lambung..at least itu kalo yg aku tahu sih ya. Kalo jamu yg lain yg dari bubuk gt takutnya nanti ginjal non, soalnya banyak jamu oplosan yang mengendap trs kalo ga banyak minum air putih bisa2 ginjal nya kena.Kalo sekedar beras kencur itu sih aman ya buat tiap hari πŸ™‚

      • kalo yang jamu bubuk sih insya Allah aku gak minum deh Pop, sering denger katanya banyak pasien dari Indo yang bermasalah dengan ginjal yah gara2 si jamu huhu. Aku nunggu2 banget deh postingan kamu yang herbal2 gini. SEmga ada waktu yang banyak ya neng, sekalian buat home tour dong, pengen liat bunga2 di rumah hahaha

  8. Wah… saya juga senang minum jamu, Mbak Noni…Tiap liburan ke Indo,
    senang juga minum jamu kunyit ato beras kencur…enak rasanya..YUM..
    Disini nggak pernah minum jamu cuma minum wedang jahe aja…

  9. Pertanyaan di akhir, maksudmu kehebatan jamu madura atau jamu kunyit juga Non πŸ˜€ . Aku belum pernah nyoba jamu madura, cuma dengar2 kata orang, tuh jamu buat menambah keperkasaan πŸ˜† .

  10. kebetulan ortuku tinggal di madura mb. dan kebetulan temen mamaku pembuat jamu madura asli. bedalah sama yang ditoko toko, soalnya ramuan temen mama ini expirednya cepet banget karena made by order only (kayaknya maksimal tanggal kadaluarsanya sebulan setelah dibuat deh, itu juga kalo disimpen di kulkas, kalo di suhu ruang mungkin ga nyampe sebulan) [mungkin ini karena pake pengawet alami kali yaa]
    karena ga suka jamu, aku ga tau itu cespleng or ga, cuman sampe sekarang tiap mudik kemadura pasti antri yang nitipin jamu, [kalo uda nyoba trus besok2 nya nitip lagi brati cocok kali yaa, hehee…] mana macem macem pula, ada jamu kuat lelaki, jamu kuat wanita,jamu kuat anak,jamu melahirkan, ramuan kesuburan, ramuan singset,ramuan montok, tongkat madura (eh ini termasuk jamu bukan yaa) dll
    hadeeehhhh…… bikin “semerbak” ajaaa….. πŸ˜€

    • huhahaha dulu waktu aku tinggal di Surabaya aku pernah juga tuh ke Madura dan liat buanyaknya jenis2 jamu disana πŸ™‚ sampe tukang salon deket rumah juga jualan jamu madura, dia kasih tau jamu apa aja yang paling laris. emang sih yang paling laris kalo jamu madura ini yang tentang meningkatkan yang begitu2an ya hehe

  11. Hahaha, gak biasa minum jamu Non πŸ˜€ . Tapi dulu sewaktu kecil pernah nyoba dan yang aku suka cuma jamu beras kencur doang. Soalnya rasanya di lidah masih oke lah, nggak pahit πŸ˜› . Maklumlah anak kecil jadi kan mentingin rasa, hahaha πŸ˜† .

  12. Paling suka jamu kunyit asam. Heheh.. Kalo ada waktu, bikin sendiri. Tapi kalo ngga sempat, langsung beli aja, Mbak.. Ngga tau sih karena sugesti atau beneran ampuh, biasanya pas dapet tuh sunggugutannya mereda gitu. Dan sebisa mungkin menghindari yang bentuk kemasan karena pasti ada pengawetnya.

  13. beneer mb nonii. kunyit asam tuh sahabat wanita. hahahaha
    di jogja sini ad yg ramuannya dijual bentuknya kaya gula merah gitu. satu bulatan buat satu gelas. jd tinggal cemplungin di air anget, ud jadi deh tuh kunyit asem

  14. Kunyit itu katanya antibiotik alami sih mbak, temenku ada yg tiap hari minum jamu katanya bisa bikin kurus juga hahaha jadi penasaran…

    • pertama sih gara2 dia sakit itu Syl, kurus banget si Matt pas taon 2012 itu. Tingginya 178 dengan berat cuman 58 kg aja 😦 kesian banget karena semua makanannya gak jadi makanan buat badan dia. Gara2 minym jamu dan trus berobat akhirnya sembuh juga hahaha

    • Mba Yoyeeeen, kamu koq rajin banget sih πŸ™‚ sepet wangi kayak apa ya? btw…kalo buat jamu dari kunyit gak kuning2 tangannya? ibu kalo buat bisa berhari2 tangannya kuning2 haha

      • Abis disini ngga ada mbok jamu Non. Dan karena papaku orang Jawa, aku udah biasa minum jamu dari kecil πŸ˜‰

        Sepet wangi itu jamu singset ada temu lawak, temu kunci, kencur dsb… Kalo ngga mau tangan kuning ya pake kunyit bubuk.

  15. Aku suka banget kunyit asem sama beras kencur kunyit asem tuh dulu waktu sering minum emang ngelancarin haid juga. Aku bermasalah dengan kelancaran si haid ini. Jadi mamaku suka bikinin kunyit asem sendiri. Enaaaak.. Kangen minum jamu deh jadinya. Disini nggak ada bahannya buat bikin sendiri.. Hiiikz

  16. aku sukanya kunyit asam ama beras kencur, kalo pas di solo suka minum ini di mbok jamu hihi
    trs pas kecil suka dipaksa minum yg daun pepaya biar makan banyak hihi
    dan kalo soal pait2, pernah dipaksa makan puding brotowali pas ospek ama panitia hiks

  17. dulu sering ketika sering ada ibu jamu naik sepeda lewat depan rumah, dan skrg entah kemana jadi nggak pernah lagi deh padahal saya suka loh, badan rasa fit selalu

    • aku juga kayak kamu Siti, ibu2 yang jual jamu lewat depan rumah trus kita pesan aja perbotol gitu, dia ambil di pagar rumah kalo pas lewat. jadi aku tarok botol kosong + duitnya, entar dia masukin lagi ke pagar hehehe. Udah kode2anlah harus tarok dimana. Jadi dia tetep rajin lewat komplek soalnya udah tau hari apa harus ngambil botol kosong haha. Kalo di pasar2 traditional di Makasar ada yang jual juga gak?

      • ada sih cuma tak banyak lagi, mungkin ada kali ya kalo saya sudah berangkat ke kantor, btw pake botol kosong segala yaa…seru aja transaksinya, kemarin saya ke rumah tante pas ada mbok jamu bersepeda langsung saya minum ditempat…jadi kangen jamu

      • kita yang kasih botol beling bekas gitu haha. Jadi dia liat aja di pagar, kalo ada botol kosong + duit, lansung deh diisi. soalnya dia lewat pagi2, kadang2 kita gak denger dia lewat haha. Emang sih jamu ini khasiatnya lumayan juga ya cuman katanya gak boleh minum tiap hari

    • emang sih ya mba, jamu itu identik dengan pahit makanya banyak yang kurang suka apalagi anak2. aku juga sempet kaget, si Matt koq yah suka minum jamu sampe sekarang. Dia mulai dari tahun 2012 heehehe

  18. ooo jamu madura…. penasaran nih dg jamu ini, kmrn pas ke Madura sempet wawancara salah satu pembuatnya… duh ternyata kalo denger khasiatnya jadi tergoda pengen cobain, maksudnya cobain buat… sayang kunjungan singkat ga bisa liat pembuatannya nan tersohor itu ixixiixix

  19. dari kecil aku nggak suka jamu, pahit.
    klo suami seneng minum jamu, terutama beras kencut+kunyit asam. Klo ke pasar, pasti dia beli sebotol besar, sekitar 1.5 liter an.

  20. Aku suka jamu, Mbak. Malah sempat beberapa tahun gak minum obat sama sekali. Fungsi obat diganti dengan berbagai ramuan jamu. Kalau pahit tinggal ditambah madu, kan jadi manis tuh πŸ™‚

      • Untuk jamu, gak ada yang rutin sih Mbak. Tergantung kondisi badan aja.
        Trus soal sakit, kemaren itu kebetulan kena sakitnya borongan, makanya sampai terkapar. Aku kena maag kronis + gejala lever + ada pasir di empedu. Maklum onderdil di dalam badan sudah tua, cuma sayangnya gak bisa turun mesin πŸ˜›

      • aduh mas 😦 tapi sekarang udah sembuh kan yaa. coba kunyit mas, kemaren si Matt juga maag parah, sampe sari2 makanan gak bisa masuk ke badan dia. trus dia rutin minum jamu kunyit yang dibuatin ibuku sampe beberapa bulan sekalian trus berobat sih, alhmadullilah sembuh sih makanya dia gak mau berentiin yang kunyit ampe sekarang. Semoga gak kenapa2 ya mas πŸ™‚

      • Sekarang untuk maag dan levernya sudah lumayan sembuh sih. cuma memang makannya harus betul-betul dijaga. Dapat daftar makanan yang gak boleh dimakan selama dua tahun ini lumayan panjang dari dokter, dan banyak yang merupakan makanan dan minuman kesukaanku 😦
        Sekarang yang lagi diberesin empedu-ku. Aku pakai Chinese Herbal, Mbak.

  21. Aq ampe bosen mbak minum jamu, lah gimana donk..ibuku hobi banget bikin jamu…dari yg awalnya cuma dimintai tolong sama orang, akhirnya sekarang sampai dijual…ya lumayan buat kesibukan ibu..soalnya kl diitung2 sih emang ga untung, lah lebih banyak yg dikasih gratisan drpd beli… πŸ™‚
    untuk yg jamu keliling itu, aq rada ati2 mbak..kpn hari pernah minum kok manisnya pake banget ya…ga enak gitu di tenggorokan takutnya sih pake pemanis, ujung2nya ga malah sehat malah sakit…

    • kalo deket ibu kamu aku beli deh hahaha. Aku jgua gak suka yang manis2 itu Ra, kalo jamu kunyit aku pasti pesan dan minta dia pakai yang asli. Jadi biasanya dalam botol maasih kental banget gitu dan harganya emang jadi lebih mahal. gpp deh

      • kalo deket mah ga usah beli dikasih gratis aja deh..hahaha temen2ku juga sering dapet gratisan dari ibu, beliau ini emang ga bakat dagang..niatnya mau dijual tapi malah lebih sering bagi2 gratis.. πŸ™‚
        mending gitu bayar lebih mahal ya drpd pengen sehat malah jadinya sakit…

      • mungkin emang minum jamu ini gak berasa langsung ya tapi kalo rajin minum kayaknya bener2 kerasa deh khasiatnya. aku ngeliat ibu2 tua di jawa aja yang rajin minum jamu, sering jalan kaki, makannya hanya sayuran + tempe tahu, hidupnya lebih sehat ya hehe.
        aduh, coba ibunya Ira, jual jamunya online aja haha

  22. Wah soal jamu aku doyan buanget, bener kata matt katanya kalau kita minum jamu tiap hari ntar terjadi pengendapan di ginjal.
    ntah kenapa sekarang aku parno no minum jamu yg pakai botol aqua aku suka yg jual pakai botol kaya buat tempat jamunya, kalau ngak di depo jamu dekat rumah aja, ngak jajan jamu sembarangan.

    • si Matt gak tau soal pengendapan jamu itu Ri, aku baca di internet trus banyak orang cerita kalau kebanyakan pasien yang daari indo ke penang itu kebanyakan yah kasusnya karena itu

  23. waktu kecil saya sering minum jamu, biasanya sih beras kencur biar napsu makan kata nyokap saya soalnya dulu saya kurus banget padahal makannya lumayan banyak loh

    trus waktu abis lahiran sempet minum jamu tp gak rutin dan kalo sekarang hampir gak pernah karena gak ada tukang jamu lewat, kalo saya taunya kunyit asem itu buat melancarkan haid…bener gak ya?

    • katanya gitu Deb, kunyit asem untuk haid, aku sih minum tapi yah gitu deh tetep sakit. tapi mungkin karena aku juga punya sakit kali ya hahaha. aku minum kunyit itu yang berasa banget sih di pencernaan

  24. Kalo lagi mens, aku merasa minum Kiranti itu membantu banget. Terus aku percaya banget sama Tolak Angin. BFF banget deh, kemana-mana (khususnya ke luar negeri) pasti sangu Tolak Angin.
    Cuma ternyata Madeline itu perutnya agak sensitif sama jamu, pas masih breastfeeding aku minum jamu, eh si Madeline-nya langsung diare. Langsung stop deh minum jamu beras kencur, bye bye ke perut rata!

    • kalo tolak angin sama Ngel, aku sangu kemana2. sampe di tas dan mobil aja ada hahaha. apap2 diminumin tolak angin, sampe si Matt ikutan percaya hahaha.
      Jamu beras kencur bisa bikin perut rata ya? ehh tapi kamu kan kurus gitu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s