5 Topik Percakapan Ketika Ketemu Orang Baru


stocksnap
stocksnap

Hampir setiap saat kita selalu ketemu orang baru, ya kan. Entah orang yang kita ketemu pas ngantri dan ngajakin ngobrol, sesama pejalan yang lagi sama-sama terbang, rekan bisnis, teman bisnis pasangan atau orang baru di komunitas yang kita baru ikuti. Pokoknya ada ajalah alasan ketemu orang baru.

Saya lumayan sering pergi dengan Matt ketemu rekan-rekan kerjanya. Males sebenarnya karena sering ngerasa bingung mau ngobrolin apa. Ngomongin kerjaan, duh….saya sendiri udah bosen denger dari Matt, iya masa pas lagi hangout pun mesti dengerin yang sama. Masalahnya emang sering kayak gitu kecualiiiiii…….ada beberapa percapakan yang dulunya saya gak terlalu pikirin ternyata bisa membuka percakapan menjadi percakapan yang lebih seru. Beberapa topik disini, sudah sering saya coba bahkan ketika traveling atau pas lagi ketemu temen-temen pasangan dan keluarga.

01. Ngomongin Cuaca

Sebagai anak tropis yang cuman tau soal musim hujan dan kemarau tentunya cuaca bukan hal yang biasa saya obrolin dengan orang-orang baru, sampai beberapa tahun belakangan ini ternyata saya termasuk orang yang suka ngomongin cuaca karena seperti kita tahu, musim sekarang sering gak jelas. Bahkan musim durian, rambutan dan mangga aja sudah tidak bisa diprediksi. Di Ucok durian setiap hari tetep musim haha.

Ketika traveling ngomongin cuaca juga jadi hal yang paling sering kita lakukan karena emang beneran bisa bikin percakapan lainnya mengalir. Dari mulai ngomongin cuaca yang gak seru, sampai nantinya janjian ngopi/ ke bar bareng.

Kalau ketemu rekan kerja Matt, karena biasanya mereka orang asing, cuaca juga biasanya jadi topik paling netral karena mereka kan rata-rata dari luar. Ketemu cuaca di Medan yang panasnya cukup gak asik, bisa bikin obrolan bergulir mulai dari keringetan sampai ngomongin yang serius semacam global warming. Udah sepaket soalnya ya haha.

02. Makanan (kuliner)

Saya baru sadar kalau makanan ini beneran bisa menyentuh hampir seluruh manusia haha. Hampir loh ya, karena ada juga orang yang gak suka makan. Kalau ketemu keluarga atau kakak-kakak ibu saya, sekarang kita suka ngobrolin makanan atau pun resep masakan. Dulunya saya suka mati kutu gak tau mau ngobrolin apa, tapi sekarang paling gak mulai nyambung lah kalau mereka ngobrolin resep atau makanan yang lagi pengen dimasak.

Obrolan makanan/resep ini agak-agak mengerikan sih, terutama yang lagi diet haha. Salah-salah bawaan laper.

Ada satu muridnya Matt, udah jauh aja di US, masih aja loh dia update ke kita soal makanan-makanan atau restoran yang lagi hits di Medan. Kitanya suka gak ngeh, dianya sadar trend banget haha.

Ketemu orang baru juga menyenangkan ngobrolin makanan karena kalau orang baru kan biasanya nyari tau kira-kira makanan/minuman yang asik apaan. Nah, ini saatnya kita pamer rumah makan Padang huhahaha.

03. Film

Yang ini saya kurang tau apa bisa membantu tapi so far tiap kita ngobrolin film dengan orang-orang baru selalu nyambung. Bahkan sama tetangga-tetangga ortunya Matt, kita suka mulai pembicaraan tentang film yang lagi main di bioskop ataupun Netflix πŸ™‚

04. Hobby

Masih inget gak buku diary jaman sekolah dulu yang isinya hobby temen-temen kita hehe. Nah, saya suka banget nih nanyain hobby orang kalau lagi terjebak ngobrol berduaan gitu. Yah, mulanya pasti gak ngobrolin hobby sih tapi entah gimana ini menjadi salah satu percakapan yang seru, terutama kalau kita tahu mereka se-hobby dengan kita πŸ™‚

05. Lalu Lintas

Tinggal di Medan yang lalu lintasnya terlalu menarik, bikin perkapan bisa beneran seru. Mulai dari becak motor yang nyetir gila-gilaan kayak punya nyawa 9, ibu-ibu pake daster yang nyetir tengil banget sampe lampu lalu lintas yang bertahun-tahun gak pernah nyala. Ini agak lucu tapi juga menyedihkan hehe.

06. Politik

Jelas bukan saya sih ya, tapi Matt suka banget ngobrolin politik dengan orang-orang baru. Abis ngomongin politik, abis itu suka nanyain saya juga. Aduh, malesnya karena politik ini kan obrolan yang bikin hormon kortisol naik tinggi dan bikin gak happy haha.

07. Olahraga

Sebenarnya ini masuk ke hobby kan ya? tapi kayaknya cowok-cowok suka ngomongin yang ini secara spesifik. Karena saya sekarang suka yoga, akhirnya kadang-kadang pas ketemu orang baru yah ngomongin yoga. Emang gak semua orang suka tapi biasanya beberapa lumayan tertarik dan pengen ikutan.

08. Sejarah

Koq makin serius sih? iyaa ya kenapa makin serius haha. Ngomongin sejarah ini cuman kerja kalau ketemu temen-temen si Matt terutama yang udah tua haha.

09. Gojek

Abang gojek ini sungguhlah fenomena banget. Kita suka ngomongin si gojek sama siapa aja yang baru datang ke Medan plus maksa harus donlot haha.

10. Liat baik-baik lawan bicara kita

Kenapa? soalnya biasanya nih ya, ada hal yang menarik yang bisa kita obrolin. Contoh aksesoris yang dia pakai. Saya suka kasih pujian ke orang yang saya baru ketemu kalau emang barang atau dianya sendiri bagus ya. Kalau enggak yah males kasih pujian. Biasanya aksesoris yang dipakai suka ada ceritanya. Minimal dimana belinya. Pas cerita dimana beli, akhirnya bisa ngobrolin sudah traveling kemana aja, suka belanja dimana, senengnya apaan, dll. Beneran ini kerja banget dan buat cewek akhirnya malah bisa ngobrolin online shopping.

Nah, kira-kira ini 10 senjata ampuh yang biasanya saya pakai kalau lagi ketemu orang baru dan saya niat ngobrol. Kalau gak niat ngobrol, biasanya saya mainin hape aja deh πŸ™‚

Bagaimana dengan kamu?

 

 

Advertisements

51 comments

  1. Klo aku sukanya ngobrolin makanan mbak,secara suka banget makan..hahahaha…klo ada yg ngobrolin soal politik skg ini yg ada paling aku bisa bete bgt abis gak akan ada habisnya yg ada malah kesel mbak..

  2. I like talking about history and a bit of politics if I was asked, otherwise I won’t start it. Of course foooood 😊
    In the US the weather talk is an ice breaker.

  3. Ngobrolin tentang cewek. Nggak tahu kenapa cowok tuh suka ngobrolin cewek2. Saya aja kadang risih klo udah mulai ngomongin cewek2. Terutama cewek2 cantik. Padahal kitanya nggak kenal.

  4. Dulu pas awal2 di sini suka bingung kalau disapa orang pas lagi lari atau lagi jalan atau lagi di tram “cuacanya bagus ya” atau “hari ini mendung nih seharian” lama2 tau dari guru di sekolah kalau orang Belanda seneng banget kalau diajak ngobrol ttg cuaca karena kata guruku ada kebanggaan tersendiri buat mereka bisa bertahan di cuaca 4 musim dalam sehari haha. Jadi trik tersendiri kalau mau ngajak ngobrol. Kalau aku biasanya setelah menyebutkan asal dari Indonesia, lawan bicara langsung ngomongin makanan Indonesia yg enak2 atau cuaca di Indonesia. Trus aku nanya balik mereka asalnya darimana atau di Belanda tinggalnya di mana. Dan topik ttg belajar bahasa Belanda juga salah satu ice breaking yg kupakai selama ini 😁

    • Soalnya cuaca diluar cepet banget berubah2 sih ya, jadi menarik diomongin. Kalau di Indonesia kan gak secepat itu berubahnya. Pun musimnya cuman dikit hehe. Kecuali musim durian, cempedak, dll ikut dimasukkan hahaha

  5. Kalau kata adek gw, muka gw ada magnet gosip sehingga sering diajak orang ngobrol. Padahal perginya sama dia.Hahahah
    Tadi sih di Bandara lagi nunggu boarding, gw lagi baca buku 100 yrs old man who climbed the window, terus disapa sama cewek Polandia kayaknya “itu buku lucu banget lhooo” trus ngobrol bentar… :))

  6. Apa ya…liat tempatnya dulu kali ya. Kalo pas ketemu orang di dokter, pasti nanya seputar keperluan dia ke dokter (tapi ga terlalu mendetail. Jgn melampaui batas privasi org. Haha).
    Kalo ngobrol basa basi ama tetangga, ya paling seputaran berita antar tetangga ( but no gosip).
    Tapi kalo di mall, aku paling anti diajak ngobrol sama org asing. Takut diprospek. Hauhauhau dan ini sering kejadian sih.

  7. ngomongin makanan itu udah yang paling pas deh,
    berlagak minta rekomendasi, biasanya orang jadi lebih antusias
    sama cerita pertandingan bola atau olahraga lain yang lagi in

  8. Tergantung ketemunya di mana mbak. Kalo ketemu pas antri di bank ya ngomongin tempat kerja. Kalo di tempat dokter ngobrol tentang penyakit. Kalo di mal/pasar/di jalan sebisa mungkin menghindar nggak mau ngobrol soalnya sekarang musim hipnotis.

  9. Aku mah kalo keabisan bahan obrolan sama orang baru biasanya nanya aja tentang dia. Lagi sibuk ngapain? Ngapain kalo wiken? Suka nonton TV apa baca buku? Seberapa sering dateng kesini (misalnya lagi di bar, atau di suatu kota)? Always works. Politik seru juga tapi biasanya ga di pertemuan pertama.

  10. mbak non seriusan bahas politik? hahaha. aku males bgt kalo ngobrol sm orang baru, terus dia ngomongin politik, tapi memihak ke salah satu sisi. pasti lgsg diem, mati kutu, males. hahaha. paling sering kalo ketemu orang baru ngobrolin: betapa macetnya jakarta dan betapa gojek sangat membantu. hihihi. sama makanan sih.

    • Hahaa iyaaa, apalagi aku dari Indonesia, nah mereka itu selalu penasaran banget. Bahkan di Penang aja bokap bolak balik diajakin ngobrol politik selama kita ngantri atau naik Uber. Skr kalau main karena Matt orang US udah pasti lebih seruuuu lagi ngobrolin politiknya hahaha. Yang gak kenal2 aja, kalau tau Matt dari US, langsung nyamperin (bule2 yaaa) trus ngobrol basa basi dikit, abis itu ngomongin Trump

      • segitunya yaa efek si Trump ini. kemaren juga ketemu orang US, dia bilang “tolong jangan tanyain saya tentang Trump”, lucu jadinya, aku bales juga “tolong jangan tanyain saya juga tentang Jokowi atau Ahok”. hahaha.

    • Pendiem ya kamu hehe. Kalau kami berdua emang bawel sih, sukanya ngobrol dan kata si Matt, aku orangnya keramahan hahaha. Jalan pagi aja, dari say hi sampai ditawarin sarapan dirumah orang πŸ™‚

  11. Ngomongin oraaang! Paporitttt! Hahahah!
    Misalnya ketemu orang baru, terus dia sama aku punya temen yang sama, terus temennya itu agak kontroversial, tetep dah kita omongin, ya allah, dosa yak, tapi E tapi, nikmaaaat…! Hahhaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s