Melihat Ratusan Wajah Buddha di Candi Bayon, Kambodia


Foto was taken by Dini
Foto was taken by Dini

Sayang hidung saya kurang panjang dibandingkan dengan wajah yang ada di Candi Bayon, Cambodia haha.

Candi Bayon ini termasuk candi yang wajib dikunjungi ketika berada di Siem Reap. Candi ini cantik karena ada ratusan relief wajah Buddha terukir didinding candinya. Bagus banget kalau dipikir-pikir gimana orang zaman dulu membuatnya. Butuh berapa lama dan batunya diambil dari mana? setahu saya tidak ada gunung Merapi dekat dengan kota Siem Reap?

Candi ini merupakan Candi Buddha di antara puluhan Candi Hindu yang bertebaran di kawasan kota kuno Angkor Thom. Candi agung ini dibangun oleh Raja Jayawarman VII di abad ke-12 sebagai penghormatan kepada sang Buddha Gautama.

Kerajaan Khmer dulunya di bawah kerajaan kuno Majapahit yang berasal dari Jawa dan memerdekakan diri di abad ke-8 M serta beragama Hindu. Tetapi ketika Raja Jayawarman VII berkuasa, ia memeluk agama Buddha.

Maka kemudian dibangunlah Candi Agung Bayon dengan perpaduan candi hindu shiwa yang menyerupai Mahameru seperti candi-candi di Jawa lainnya. Kemudian sang raja memerintahkan untuk menempatkan wajah sang Buddha di atap Candi Mahameru tersebut sebagai penanda bahwa kerajaannya beragama Buddha.

Menurut saya candi ini istimewa karena satu-satunya candi Buddha diantara candi Hindu lainnya. Selain itu relief yang menggambarkan berbagai ekspresi Buddha (rata-rata ekspresi tenang dan damai).  Candi Bayon adalah candi terakhir yang dibangun di sekitar Angkor.

Untuk menikmati candi ini paling enak sebenarnya pagi atau sore. Masalahnya pagi-pagi itu lebih seru berada di Angkor Wat untuk lihat Sunrise dan kalau sore juga sama mending ke Angkor Wat liat matahari terbenam hehe. Sementara kalau datangnya agak siangan langsung deh mataharinya Cambodia yang gak pake acara malu-malu itu bikin nyali untuk mengelilingi candi terpatahkan. Mungkin saya aja kali ya haha.

2 kali ke Cambodia, gak sekalipun saya beneran keliling di Candi Bayon ini. Selain candi terlalu terbuka sehingga panasnya terasa sampai ke tulang, saya gak tahan dengan rasa pedih yang dihasilkan. Akhirnya setiap kali kesini hanya berhasil mengambil beberapa foto dan langsung kabur atau melihat candi dari kejauhan.

Candi Bayon, Cambodia
Candi Bayon, Cambodia

dsc04616

Untuk mengunjungi candi Bayon dan candi lainnya di Siem Reap, jangan lupa untuk selalu membawa air mineral, sunblock, topi/payung dan memory card untuk kamera/hape yang banyak hehe. Banyak sekali spot bagus untuk difoto disini 🙂

Candi Bayon, Cambodia
Candi Bayon, Cambodia
Candi Bayon, Cambodia
Candi Bayon, Cambodia
Candi Bayon, Cambodia
Candi Bayon, Cambodia
Candi Bayon, Cambodia
Candi Bayon, Cambodia
Di Candi Bayon kita akan selalu bertemu mereka. Bisa diajak foto dengan membayar beberapa dollar :)  Jangan curi-curi foto kayak saya ya
Di Candi Bayon kita akan selalu bertemu mereka. Bisa diajak foto dengan membayar beberapa dollar 🙂
Jangan curi-curi foto kayak saya ya
Candi Bayon, Cambodia
Candi Bayon, Cambodia
Candi Bayon, Cambodia
Candi Bayon, Cambodia
Candi Bayon, Cambodia
Candi Bayon, Cambodia
Candi Bayon, Cambodia
Candi Bayon, Cambodia
Candi Bayon, Cambodia
Candi Bayon, Cambodia
Candi Bayon, Cambodia
Candi Bayon, Cambodia
Pintu Gerbang menuju Candi Bayon yang cantik
Pintu Gerbang menuju Candi Bayon yang cantik
Candi Bayon, Cambodia
Candi Bayon, Cambodia

dsc04594

Candi Bayon, Cambodia
Candi Bayon, Cambodia
Candi Bayon, Cambodia
Candi Bayon, Cambodia
Candi Bayon, Cambodia
Candi Bayon, Cambodia
Candi Bayon, Cambodia
Candi Bayon, Cambodia
Candi Bayon, Cambodia
Candi Bayon, Cambodia
Candi Bayon, Cambodia
Candi Bayon, Cambodia
Advertisements

12 comments

  1. ihh aku pengen banget ke Cambodia dr kapan tau, waktu masih ada temen tinggal di sana sampe sekarang temenku udah balik Jkt lagi belom kesampean juga T_T

    ayo ke sana lagi mba, trus lanjut ke Laos

  2. Karena belum kesampean ke cambodia jadi skg aku ke jateng aja dulu mbak,hehehe…seperti borobudur sama prambanan 🙂🙂 mbak noni sih enak bgt neh jalan” terus..

  3. Bayon ini unik banget… saya suka sekali ada di sana. Keunikannya juga bukan cuma wajah yang ada di mana-mana namun relief cerita serta perangnya pun banyak menyimpan informasi. Sekali kunjungan kemari itu kurang banget. Selalu ingin balik lagi dan balik lagi karena selalu saja ada sesuatu yang baru. Apalagi di Angkor candinya bukan cuma ini doang, kan… banyak banget… hahhh mupeng berat ih ngeliat foto-foto Mbak di sini, haha.

  4. keren banget, disana banyak candi juga..asia tenggara memang mirip2 yah..kak noni kalau foto dari samping kayak patung budha loh hahaha :pisss

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s