Titip


pic pinjem dari teknologi.news.viva.co.id
pic pinjem dari teknologi.news.viva.co.id

Hayooo siapa yang sebel dititip-titipin barang kalo lagi bepergian? yang sebel boleh ngacung atau email ke saya haha. Saya sempet sih nitip barang ke beberapa temen deket  kalau mereka pergi. Nitip beliin bikini (kalo liat aja gak usah dipaksa beli), nitip beli sandal yang akhirnya gak cocok (semoga gak dibunuh temen saya waktu itu, maaf yaaaa), nitip beliin bowl kayu dengan Maya (tapi kan Maya nawarin haahaha) dan adalah beberapa kali nitip karena emang ditanyain kamu maunya apa, cepet kasih tau. Saya juga beberapa kali hanya ngomong gak mau nitip apapun ke orang-orang terdekat saya yang sedang pergi-pergi karena udah tau nitip menitip ini agak-agak nyebelin karena repot.

Semenjak menikah dengan Matt tiap kali kita keluar titipan yang diminta ke kita berubah. Biasanya temen-temen si Matt minta kita bawain barang-barang penelitian yang mereka pesan, barang-barang elektronik yang susah didapat di Indonesia dan mereka harus pakai, minuman dan masih banyak lagi. Kalo kita lagi ada waktu dan emang ada space biasanya Matt tetep bawain tapi kalo emang gak ada space karena kita biasa traveling tanpa bagasi yah biasanya Matt langsung nolak.

Sejauh ini sih semua titipan kebawa dan kebetulan barang-barang yang harus di bawa itu biasanya nongol sendiri ke hotel alias ada kurir yang ngaterin sehingga kita gak wara wiri mesti nyariin barang yang diperluin. Kemaren sewaktu ke US, jangan ditanya titipan kita sebanyak apa. BUANYAK! saya sampe bingung koq bisa kita terima titipan sebanyak ini? Sewaktu packing Matt sampe ngomong ini kita banyak banget bawa barang-barang elektronik, aku takut deh ditanya-tanyain custom di Medan. Sebelum berangkat ke US, Matt sempet harus berurusan dengan barang-barang penelitian berupa pesawat terbang remote control yang masuk dari US dan Malaysia. Pihak custom di Medan minta semua peneliti ngasih jaminan sekian persen dari harga barang yang masuk. Masalahnya pesawat2 untuk penelitian itu harganya sekian ratus juta satu biji dan ada beberapa pesawat. Cerita lengkapnya ada beberapa peneliti datang bawa macem2 barang trus pas masuk ke Indo dimasalahin akhirnya orang dari kantor Medan (kebetulan Matt dan temennya) harus bantuin, datang ke airport dan kasih jaminan sekian juta kalo gak salah. Rempong ya.

Nah, tipe-tipe temen si Matt dan istri-istri mereka kalo nitip sebenarnya gak ngerepotin sama sekali. Mereka tanya kita punya space apa gak trus kasih tau barang yang mau mereka pesen dan beberapa hari kemudian barang-barangnya nyampe ke rumah si Matt tanpa kita repot-repot nyari. Biasanya  pesanan datang dari Amazon, beberapa toko Online di US dan kiriman dari orang tua mereka. Yang nitip kayak gini sih gak ngerepotin sama sekali karena emang kita gak harus nyari-nyari dimana belinya.

Ada juga beberapa temen yang nitip produknya Apple sampe nitip Laptop (yang ini si Matt langsung mencak2 karena yang nitip laptop kenal aja gak ama si Matt plus kita berdua udah bawa 2 laptop juga sih) . Adek saya kemaren nanyain harga Ipad di US lebih murah gak daripada di KL. Sewaktu itu dia lagi di KL, pas kita cek ternyata harganya cuman beda Rp 200.000 jadi dia gak jadi nitip. Ada beberapa temen yang walaupun beda harga barangnya tipis tapi tetep mau nitip cuman gak transferin saya duit 😦 jelaslah gak kebeli. Barangnya mahal trus saya gak punya duit juga buat nalangin hehe.

Sebenarnya  saya dan Matt gak keberatan dititipin barang asal jelas aja maunya apa dan gak ngerepotin kita berdua. Saya paling seneng dengan temen2 si Matt yang nitip barang trus barangnya datang sendiri. Ini bener-bener nitip dibawain aja namanya. Atau boleh juga yang tipe-tipe orang nitip barang , maunya barang seperti ini, kasih foto dan kasih duit kalau nilainya gede trus bilang, beliin kalo keliatan aja gak usah dipaksa sampe nyari-nyari. Terus terang aja saya males ya nyari2 barang titipan atau oleh2 gitu karena sayapun males pergi belanja apalagi kalo liburannya cuman sebentar. Beda kasus kalo saya yang nawarin mau nitip apa atau yang minta orang-orang paling deket ama kita.

Gara-gara kasus titip-titipan ini saya jadi iseng nih browsing, kalo gak salah dulu pernah baca ada bisnis titip-titipan barang. Saya sempet ketemu di kaskus ada forum yang mau titip menitip barang tapi yah komersil gitu, lumayan bisa jadi duit hehe. O,ya kalo emang ada rencana pengen nitip suatu barang tapi bingung dengan siapa plus gak mau ngerepotin orang lain, nih coba aja beberapa link dibawah ini.

http://www.bistip.com/

http://archive.kaskus.co.id/thread/990530/800

https://www.facebook.com/titip.barang.online http://

http://www.ligagame.com/forum/index.php/topic,104685.0.html

Kalau ada yang punya rekomendasi lain boleh dong di masukin di kolom komen secara saya lagi pengen beli/titip sesuatu hehe.

Advertisements

94 comments

  1. pernah nitip sekali ama temen itu aja rasanya dah ga enaaaak bener. Gegara pengen beli ipad mini eh di Indonesia belom ada juga barangnya. Huehehehe. Jadi deh ngerepotin orang.

  2. Nitip? pernah ndk yaa? hahahha kayakny klo ma temen ndk pernah nitip deh alasanny karna sungkan hahaha dan ak orgny malas di titipin makany jadi malas nitip juga…tp klo ma saudara sering sih biasanya nitip bolu meranti or pempek2 hahahhaha

    • aku sih kadang2 masih nitip terutama obat karena ada pain killer yang aku perlu gak ada jual disini jadi biasanya nitip beliin obat doang hihihi. Kalo nitip yang gede2 sampe orangnya harus nyari2 udah lama banget gak pernah lagi (diusahakan ) karena kayak kamu sungkan.

  3. Gw juga jarang sih nitip2 pdhal pengen banget gitu. Kalau pas ditawarin baru aja nitip itupun tau diri, gga terlalu berat. Emang paling sebel kalau dititip pesen kayak gitu and blg nanti digantiin. Kadang kalau ama saudara lbh gga enak lagi sebab mau terima uangnya rasanya malu juga, akhirnya dijadiin oleh2, Kayak kemaren pas mudik, ada saudara yg nitip obat. Pdhal gw udah bawa banyak obat2an untuk konsumsi kita sendiri (maklum tiap ke Indo kita neh semua sakit mulu), obat dan vitamin untuk bonyok dan kakak gw. Takutnya di Indonesianya dimacem2in gitu, krn pas di scan kok banyak butiran2, disangka gw pengedar lagheee. And liat laki gw dan anak2 gw, londo, Wah, rempong deh. Pernah juga pas mudik ke Indo, pas mo balik ke US, kan hy gw dan anak2, mana waktu itu anak2 masih kecil, nah ada neh satu konsumennya salahsatu oom gw mau nitip barang dan CD untuk anaknya. Gw ngeri juga la yaw, kaga kenal dan gga tau tuh barang yg dititip apa dan yg di dalam CD itu apaan. Jadinya gw tolak, si Ibu itu nadanya gga suka gitu. Cuman daripada gw kena getah lagian pula gw tinggalnya di Midwest dari LA or SF tuh gw masih connecting flight.

    • soal bawa obat itu aku juga takut sih, Syl. Kemaren kan aku nyetok obat untuk sakit perut gegara mens semacem advil gitulah. Karena si Matt parno dan kita khawatir juga gak bisa pulang ke US tiap taon akhirnya dibelilah ampe buanyak trus Matt nyetok vitamin2nya gitu. Aku deg2an takut dimasalahin walo emang akhirnya koper kita dibongkar gitu sih di airport.

      Kayaknya sih kalo titipannya kecil dan gampang dapetinnya apalagi bisa Online gitu sih aku lebih seneng deh bawanya daripada aku harus nyari2 dan yang titip bahkan gak tau dimana aku bisa beli barangnya haha

  4. klo masalah nitip menitip emang suka ngeselin klo yg nitip gatau diri hehehe. aku si paling mentok nitip ama keluarga aja klo misalkan mreka lagi pergi itupun biasanya slalu nitip uang klopun gak kebeli yoweslah ya toh mreka pergi bukan hanya beli titipan kita.

    aku pernah tuh non wkt ke amrik kmren ni temen gak deket2 banget si gak pernah negur juga di sosmed pokoe ya sekedar temen biasa aja ehh tetiba langsung email / whatsapp / dan comment2 di ig ku buat nitip tas yang harganya $900 !! bookkkk akupun aja gak beli yang mahal2 dan rada maksa pulak zzzhhhh

    • trus dibeliin gak Nis? ada temen aku yang sering ke eropa dia emang seneng sih dititipin beli tas soalnya entar refund tax-nya itu masuk kantong dia. Lumayan banget kan ya hehe

  5. Kalo ada temen yang pigi jauh-jauh gitu, aku jarang nitip. Segan kali rasanya. Pun jarang ada duit en keinginan ini itu. Kecuali dia yang nawarin.. Tapi selama ini cuma pernah nitip pempek sama kue ikan doank. Hahah..

    Ngerasa kasian atau takut aja temen tadi jadi ribet atau susah gegara titipan kita, kayak nyangkut di bea cukai. Jadi mending impor sendiri kalo yang dipengenin adanya cuma di luar negeri.. Atau bisa dicoba nih link yang Mbak Non kasih di atas. 😀

    Oh, ada temen yang ngga kira-kira. Waktu itu aku lagi di Pekanbaru dan dia nitip pempek langganan ku. Jadi dia telepon sendiri ke sana trus transfer, aku tinggal ambil aja. Eh ngga taunya dia mesen sampe 10 kiloooo.. Kelebihan donk bagasinya dan mesti bayar mahal. Ngga mungkin aku kekepin karena berat banget. Dari situ aku lebih bawel kalo ada yangmau nitip, kayak mesennya apa, berapa banyak, harganya, dll.. Ngga mau ah kejadian kayak gitu lagi. Bangkrut.

    • jadi tetep dibawa ya titipan 10 KG haha. Gila ya yang nitip gak kira2 gitu banyaknya. Mungkin yg nitip masih belon ngerti aturan main bagasi kali ya Beb, jadi sekali nitip langsung buanyak bagnet 🙂

  6. aku mbaaa,ngacuunngg.. cukup sebel sama yang suka titip2 gituuu.. apalagi titip barang yg aku ga tau,mahal dan maksaaa.. duh ko kesannya merintah banget gituu.. udah gitu pas barangnya ada, eh pake ngutang pula bayarnyaaa.. grrrrr..

    aku sendiri pun ga pernah nitip kalo temen lagi pergi gitu, karena aku ga mau dititipin.. kecualiii kalo yang pergi nyokap sendiri,biasanya aku suka titip lipstick sebiji gt.. tapi ga pake maksa,kalo pun ga nemu ya paling nyokap cuma bilang ‘ga ada teh,udah beli d sini aja lah lipstick doang’ diem deh akunya.. hahaha..

    solusinya biar ga ada yang nitip sih ya jangan bilang2 kalo kita mau pergiii.. 😀

  7. Wa Noni, sama ini pikiran kita. Aku 2 minggu lalu tulis draft ttg titipan, belum dipublish nanti kebanyakan pos nyinyirnya ha…ha….Enak ya temennya Matt titip barangnya udah dateng, tinggal kalian bawa aja. Ah, selebihnya baca pos aku minggu depan tentang titipan ini.

  8. aku pernah titip beliin sesuatu sama temen waktu dia ke bali, dan hasilnya gak cocooook…hahaha..abis itu gak mau titip2 lagi daripada mubadzir.. 😀

  9. pas tau Noni ke US sempet kepikir mau titip beliin bukunya Chris Colfer. Tapi trus ada yang bilang kalo di Kino juga ada. ga jadi titip deh.. Alhamdulillah, ga jadi ngerepotin Noni 🙂

  10. Sama kak non aku juga kalau pergi2 gapapa sih ada yang nitip2 ya asal gak sampe ngerepotin dan ngeribetin gitu. Apalagi kalo emang yang dititip barangnya mahal ya mending ditransfer gitu hehehe.. Kalo nitip2 sama orang sih kayanya aku gak pernah deh, kecuali klo ditawarin mau apa hahaha

  11. Aku pas ke Jepang tahun lalu ‘terjebak’ membeli bagasinya Air Asia (kecentang by default pas beli tiket). Jadi aku punya bagasi kosong. Sayang kan kalau gak dipakai. Akhirnya buka lapak titipan, via bistip juga. Thank God yang pada nitip via bistip jujur & langsung bayar, ada yg barangnya aku kirim via Tiki ada pula yg ngambil ke rumahku… Malah ada temen sendiri yg sampe sekarang barangnya belum diambil/belum jadi jg ketemuan dan belum bayar. Huhuhuhu….

  12. Aku males klo ada yg nitip, jd bisa dibilang ga pernah nitip. Kcuali klo orang pulang mudik, aku mau bgt dbwin mknan khas hahahhaa…

    Pernah ada tmn ktr minta M beliin vitamin d Perth, karna mnurut dia beda sm yg ada d Jkt. Pas serah terima barang, dia cuma mau bayar seharga yg d internet, smentara M beli lbh mahal. Aku males ribut, tp ya jd ga enak sm M. Sm people deh ahhh…

  13. aku, akuuu…stiap kali adikku pulang dr amrik (doi stay di sana dan setiap 2th sekali dapat jatah pulkam dari sang suaminya) aku slalu nitip sebotol guede fish oil yg isi 400 biji! hahah…udah, hanya itu saja, gak tertarik nitip2 barang lainnya.

  14. Akuu suka titip sabun muka sama temenku yang ke singapore.
    Hahaha aku sih asal gak ngeribetin mau mau aja dititipin non, bahkan kalo gak mahal sampe ratusan ribu gak di ganti juga gak apa apa :). Serius! Itung itung aku jadi gak ribet cari oleh oleh, soalkan kadang suka bingung ya mau kasih oleh oleh apa 😉

  15. Kadang saat ada temen yg mau pergi keluar kota atw negeri pengen sich nitip sesuatu ntah itu tas atw sepatu tp bener loh..lbh besar segennya ketimbang hasrat nitipnya…takutnya ngerepotin..krn aq jg paling males klw dititipi sesuatu..mendingan gk ush pd nitip tar pasti klw ada rezeki lbh bakal aku beliin dech oleh2nya…(itupun klw gk ada duitnya) hahaha..

  16. Aku judes kalo udah nitip2 dari orang yg ga ku kenal non. Boleh lah nitip kalo barang nya bisa diselipin di koper, klo udah elektronik (ini paling umum deh) atau makanan aku langsung tolak. Elektronik repot, responsibiity nya gede…kalo rusak tar disalahin. Kalo makanan, aku karena pribadi gak pernah angkut makanan di koper jd klo orang nitip ya sorry aja deh. Pengalaman di beberapa airport makanan titipan orang dibuang pas di airport sm petugas nya udah bikin aku kapok. Naah, yg kalo nitip datang sendiri gt asik ya, tau diri banget orangnya 🙂 hihihi.

    • Belakangan ini emang si Matt sering ketitipan elektronik Pop, soalnya banyak yang mereka perlu untuk penelitian gak ada di Medan, jadi seringlah kita ketitipan hehe. Makanan aku gak mau sama sekali, berat dan harus aku tenteng2 🙂 . Kayaknya sih kalo ga ada bawaan aku gpp sih ditiitpan tapi kalo ada bawaan, males deh hehe

  17. Aku jarang banget nitip2 klo ga sama keluarga atau sama teman yg benar2 dekat, sungkan aja takut ngerepotin. Nah akunya juga ga mau dititipi sama mereka2 yg ga kenal2 banget sama aku hahaha.

    Pernah dong aku dititipi kado (mainan anak) buat ponakanku sih, ampun gedenya kardusnya, masuk koper ga bisa, terpaksa ditenteng, ternyata cuma kardusnya aja yg gede, benar2 nyusahin, apa mereka yg nitip2 ga mikir ya :Sad: .

  18. Aku gak pernah nitip kalo bukan sama sodara yang deket banget hubungannya. Sama temen deket juga nggak berani. Takut ngerepotin.
    Kalo nodong oleh-oleh mah….. sering…. eheheehee

  19. BISTIP seru tuh non, gw waktu itu buka akun disitu dan kl pas mudik gw aktifin, banyak yg minta nitip Starbucks mugs, ya wes gw beliin plus ongkos bawa nya rata2 $10 gw minta..Lumayan kan? :))

  20. Aku pernah nitip ke temen buat bawain rendang n dendeng balado buatan nyokap dari Jakarta, waktu itu aku n temen lg dinas n kebetulan dia bisa pulang sebentar..wah temenku girang banget dititipin itu, karena udah aku iming2in dpt jatah preman..hehehrhe
    Kyknya emang enak tuh kl nitip makanan, pasti yg dititipin juga legowo.. 😀

    • Pernah ya 2 taon lalu aku pulang pas lebaran jadi bawa banyak rendang dari Medan dan beberapa makanan lain untuk oleh2. Ehhh ternyata bagasi aku kebawa sampe tempat lain dan baru bisa dianter keesokan harinya. beberapa makanan rusak dan bau di koper 😦 stelah itu aku gak mau lagi dititipin makanan karena berat dan yah itu dia kalo telat nyampenya langsung rusak hehe.

  21. aku berani nitip cuma sama ortu, pernah minta dibawain lampit waktu mamaku nengok adek di Kaltim sana, sama tante nitip bros pinto Aceh belinya juga di Polonia krn itu penitinya kuat banget nggak gampang lepas

    ketitipan yg nyebelin pernah sih, harus nyari2 pdhal aku tuh jarang banget belanja2 kl lagi jalan, udahlah dicariin ke banyak toko, kirim banyak foto kagak cocok, pas tau harganya mahal banget ktnya cuma ngecek harga…dan nggak mau beli , keki banget
    mending waktunya pakai buat jalan aja deh

      • lampit itu tikar khas Kalimantan yg dari rotan, ukurannya ya gede cuma bisa digulung nggak bisa dilipat jadi ya agak ngeribetin orang yg dititipin

        kalau pinto Aceh itu motif perhiasan yg khas Aceh banget, ada sih aku pernah cerita somewhere in my blog, kl pake bros itu selalu diajak nhobrol sama orang Aceh, aku disangka orang sesukinua

  22. Aku gak pernah nitip2 sama orang kecuali nitip dibawain kartu pos, itu pun kalo ybs berkenan 😀 Soalnya kalo barang2 lain yang dititip terutama titip beli ini beli itu takutnya jadi ngerepotin dan gak cocok di akunya hehe. Kalo aku yang dititipin temen sih masih mau2 aja, asal gak nyusahin hehe.

  23. Kalau di New Jersey sih ada orang yang suka pulang ke Indonesia dan membawa titipan sejagat sampe 10 koper. Semua ditimbang dan bayar sama dia yang menurut aku sih fair juga kalau bukan kenalan dekat. Untuk aku sendiri, karena aku sendiri malas dititipin sama orang-orang jadi jarang-jarang sekali pengen nitip kecuali temen deket banget. Yang lucu pas balik ke US. Dititipin sampe masakan ‘mouse’ dan ngak lolos di airport. Sampe disini karena ngak terima barangnya maka banyak yang ngak mau bayar padahal dia sendiri udah keluar uang dari Manado sana untuk bayar overweight dengan 10 koper.

  24. Aq minta oleh2 aja deh drpd nitip, jadi terserah yg bawain…mau dibawain apa aja, dan yg penting kl oleh2 kan gratis…hahaha Jadi kapan mbk noni mau kasih oleh2nya?
    *Kabuuur sebelum dilempar koper*

  25. Kalo aku perna nitip sama teman baik yg mo plg ke Jkt itu pun hanya nitip uang untuk nyokap jadi ga berat kan. Paling sebel kalo tau kita mo pulang terus orang2 either minta nimbrung titipan utk sodara/ortu dll yg uda aku wanti2 kl space aku di Jetstar ga byk gitu, eh yg muncul titipannya segede koper juga! Kl orang mo nitip minta dibeliin sepanjang dia memberi dana utk membeli titipannya itu dan barangnya ga dusah dicari dan sekali lagi ga berat2 banget biasanya aku ga keberatan dititipin.

    • kalo duit mah gampang ya bawanya 🙂
      segede koper? nambah dong bagasi kamu, Ria? akiu juga sih kalo gak susah, gak berat dan dikasih duitnya (kalo harganya mahal) kayaknya sih gak keberatan juga nyariin barangnya hehe

  26. klo aku nitip ke temen yg mudik ke indo biasanya ortu ngirimin barang titipan lgsg ke tempat dia kecuali klo barang yg dititip itu khasnya daerah temen yg dititip dan sebisa mungkin yg gampang dcari 😀
    trs pas kemaren pulkam, isi koper itu kebanyakan barang titipan 😛
    dan rada gondok pas temen yg nitip baju batik tanpa bilang jelas modelnya kek apa yg dipengenin, bilang ga terlalu suka model yg aku bawain tp berhub udah dibeliin jd kepaksa mau..grrr

    • hihihii…..nah itu yang rempong tapi aku mau ngakku dosa, aku juga pernah kayak gitu sekali dan untungnya temen aku itu baik banget, dia kasih titipan aku untuk kakaknya 🙂

      • hihi asal temennya ikhlas gpp yak 😀 jadi ingat temen yg nitip kosmetik korea, banyak yg merk dan jenis barangnya pun aku pun ga tau, atau ada yg nitip cd kpop dan alat masak ntah apapula namanya 😀
        dan suka ada yg nanya harga dvd drama korea yg asli, padahal itu kan mahal mending donlot aja 😛

  27. Aku sering nitip2 juga mbak, terakhir nitip veal (sapi muda) dari Bali….
    ada temen yg kebetulan ke dijon Bali, trus ngasih ta dsn ada veal, aku lgn nitip dong (pake ancaman celurit tentunya, hehehe)
    btw,aku kan kmrn nitip tanah US dlm botol, dibawain gak kak???

  28. Pake bistip gitu emang aman ya? maksudnya kan belon saling kenal dan gatau satu sama lain….modal percaya aja ya Non?

    Kemarin kita ke indo dititipin 1 ipad air ama temen, katanya bedanya bisa ampir 2 jt-an rp, karena kurs $ yang lagi naik.

  29. Kalo titip kan bayar yah, oleh2 aja deh.. Gratis..hahah :p *gak tau diri*.. Biasanya tempelan kulkas doang kok 😀 Udah tau lama tu si bistip, tp krn emang g ada kebutuhan yg perlu dititip jadi ga pernah dikunjungi lagi deh.. 😀

  30. Pernah ngeiyain dititipin tumblr pas di hongkong. Gapapa sih . Cuman yang ribet adalah pas mau konfirmasi model tumblr starbak yg dia minta gada dan aku tawarin model lain dianya balesnya lama bangettttttt. Sampe setengah jam aku nungguin di starbak. Terus lupak liat jam dan hampir ketinggalan pesawat di hongkong airportt. Dan itu mesti lari lari sampe keringetan karena terminalnya jauh banget dari starbaknya :))))

    Emoh dititipin lagi kalo repot :))

  31. Nggak pernah nawar-nawarin sih, soalnya males hehehe… Aku nggak mau terbeban gitu, tapi kalo pas dititipin aku selalu minta cash di depan, dengan mata uang negara tujuan. Males banget kalo harus nalangin duluan, terus harus nuker-nukerin duit ke money changer segala. Jangan sampe niatnya bantuin orang terus jadinya malah nombok. Soalnya kalo lagi nitip2 gitu aku nggak ngambil sepeserpun, bahkan tax refund juga aku balikin.

  32. Betul Non, kl dititipinnya ga ribet kayak tmnnya Matt itu dan jelas sih gpp ya. Tapi kl udah nitip, harganya mahal, ga ditransfer pula, males jg kan nalanginnya. Aku sih paling kl nitip ya ke orang2 terdekat aja dan kl pas liat aja. Kl ngga ada yawes gpp. Mslh duitpun juga di awal aja bayarnya, ga enak kan kl dibeliin tp duitnya blm ditransfer. Walaupun ada yg bilang gpp ntar aja, tp ga enak hati gitu kl ngutang..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s