Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta – Indonesia


Pic was taken by Lucky
Pic was taken by Lucky
Pic Was taken by Lucky
Pic Was taken by Lucky

Yogyakarta gak melulu Malioboro, Keraton, Pasar Bringaharjo atau kawasan-kawasan mainstream lainnya. Yogyakarta itu punya buanyak banget tempat seru dan asik buat di datangi, Salah satunya adalah Gumuk Pasir Parangkusumo. Dari namanya aja udah terdengar sangat sexy kan ya.

Gumuk Pasir ini menggoda saya untuk mendatanginya karena dunno what to do lagi sewaktu ke Yogyakarta di tahun 2010 lalu. Β Gumuk Pasir menurut saya menjadi sangat tidak biasa dikarnakan hanya satu-satunya dikawasan Asia Tenggara dan hanya terdapat di 4 negara. ditambah lagi, biasanya fenomena ini terjadi pada daerah kering, bukan tropis seperti di Indonesia. Nah! (cmiiw)

Pembentukan fenomena alam ini pun sungguh menakjubkan. Berawal dariΒ hembusan angin yang membawa pasir-pasir dari material vulkanik Gunung Merapi, lalu pasir ini terbang ke arah laut melalui sungai sungai Progo dan sungai Opak sampai ke muara, kemudian menyatu dengan air dan menjadi pasir halus. Melalui proses ribuan tahun membuat butiran-butiran pasir halus tersebut akhirnya menjadi gumuk pasir. Agak membingungkan gak sih penjelasannya? Yah pokoknya prosesnya keren.

Gilaaa ya prosesnya. Gak kebayang sih tapi bisalah dimengerti kan ya πŸ™‚ Jadi Pasir-pasir tersebut berasal dari material vulkanik Gunung Merapi (Fyi….Merapi letaknya di Utara Yogya dan Gumuk Pasir Parangkusumo ada di selatannya). Tanyanlah pada angin gimana mereka bergotong royong untuk ngangkutin pasir sebegitu banyaknya.

Trus mungkin ada yang bertanya ngapain juga kita ke sana? saya juga sempet kepikiran gitu sih waktu main ke tempat ini. Setelah nyampe trus ngapain lagi dong? paling foto-foto doang trus nontonin pengembala biri-biri trus udah deh, paling nungguin sunset yang aujubilah panasnya luar biasa itu pas nungguin. Udahlah alam terbuka, pasir semua, deket pantai juga, kebayang dong panasnya kayak apa hahaha. Untunglah saya lumayan sabar kalo disuruh begini-beginian. Setelah bosan foto-foto, saya mulai jalan-jalan gak jelas dan ketemu ada sepasang calon penganten lagi pre wedding foto, ada yang latihan terjun payung pake sepeda motor gitu (entah apa istilahnya) tapi ini menghibur banget buat di tonton. Kalo gak salah 2 jam saya nungguin dia latihan dan gak sekalipun berhasil terbang. Yang ada nyungsep melulu hahaha.

Kegiatan lain yang saya baru tahu adalahΒ Sandboarding.Β Bodohnya karena kurang informasi saya baru tahu ada sandboarding tuh yang pas keliling-keliling gak jelas gitu dan untuk ikutan kita harus daftar ke Mapala UGM. Pas saya tanyain sih katanya penyewaan Sandboarding itu belon ada kecuali punya si Mapala UGM. Ughhhh sedihnya yaa. Next time harus daftar deh. Untuk bonusnya nonton aja di Link ini yaΒ 

Selain semua keseruan itu juga, seperti biasa dong tempat-tempat kayak gini kan misterius ya, dikabarkan ada sungai bawah tanah di bawah gumuk pasir ini. Astaga…..dengernya aja adrenalin saya udah naik plus gemeteran sangking penasarannya. ada juga Museum geospasial yang di dorong untuk jadi edutorism ( kayak di prancis kalo gak salah ). Gak cuman itu loh, ternyata si gumuk pasir ini punya kualitas pasir yang cihuy banget alias subur, sehingga sebenarnya bisa ditanamin tanaman. Gimana gak istimewa tuh. Semoga aja deh pihak pemerintah Yogyakarta bisa melakukan yang terbaik ya buat masyarakat sekitar dan tentu aja membuat pariwisata disini menjadi lebih keren tanpa merusak keberadaan lautan pasir itu sendiri.

Yang menggangu ditempat ini adalah bermunculannya warung-warung kecil bertenda biru. Asli….ganggu. Entah kenapa ya, saya gak pernah suka tuh ama warung-warung kecil itu. Bukannya gak mau mensupport bisnis masyarakat gini tapi kehadirannya ganggu karena akhirnya malah bikin kotor, banyak bermunculan rumah-rumah mesum,sampah dimana-mana. Belum lagi banyak bagian dari Gumuk Pasir yang ditanamin pohon cemara udang. Agak aneh ya, bisa muncul pohon cemara udang di lautan pasir dan bahkan menurut para ahli pohon-pohon tersebut bisa mengancam keberadaannya. Entah bener atau gak menurut saya sih sebelum tempat ini hancur lebur, mendingan luangkan waktu deh buat main kesini tapi ingat…..jangan buang sampah sembarangan, jangan merusak apapun di tempat wisata ini dan yang pasti jangan berbuat mesum!

 

cute :)
cute πŸ™‚

gumuk pasir 9

Sunset
Sunset
:)
πŸ™‚
Gumuk pasir Yogyakarta
Gumuk pasir Yogyakarta
Karena kita datang pas musim hujan jadi masih banyak rumput-rumput liar yang hijau
Karena kita datang pas musim hujan jadi masih banyak rumput-rumput liar yang hijau
Jejak kaki kamu
Jejak kaki kamu
Daun yang menua
Daun yang menua
Gumuk pasir menjelang sunset
Gumuk pasir menjelang sunset
Saya dan dia nontonin pemain terjun payung ini selama 2 jam'an dan dia gagal aja trus hehe
Saya dan dia nontonin pemain terjun payung ini selama 2 jam’an dan dia gagal aja trus hehe

63 comments

  1. Asli keren banget yah, mbak Noni.. πŸ™‚
    Masih sepi gitu, pantes ada yang mesum. Wkwkwk..
    Tapi sementara ke Pandang Island dulu deh. Mau ikut ngga? Hahah πŸ˜€

  2. yogya ada ya tempat kece bgini, baru tau.. pasirnya.. pemandangannya sexi banget! mudah2an aja org2 disekitar mau menjaga alam sekitar. Non.. pas kesini udh kenal Matt belum?

  3. Asik kan?
    Reviewnya emang bagus, mbak.
    Nguileeerr liatnya. Sementara belom bisa ke Lombok, ke situ aja dulu.
    Tapi masih kurang fasilitasnya, mbak.. Diving belom bisa sih katanya

  4. mb non, aku sunggguh minder dan malu padamu.. berkali2 ke parangtritis tapi malah g tau soal ini. haha.. kayaknya klo suatu saat dirimu ke sini, trus ada kesempatan bisa jalan bareng, tetep dirimu deh yg jadi guide nya. haha… *tutup muka…

  5. jangan berbuat mesum! hahaha
    btw, biasanya kalo orang mesra2an kan di tempat yang rimbun, banyak pohonnya, tersembunyi
    lah, kalo lapang kek gini gimana caranya ya? *rolling eyes

  6. Wahh.. Masih ada alasan untuk balik Yogya nihh.. πŸ˜€ Keren tempatnya Non, tapi kudu siapin masker gak sih? Tar tu pasir masuk kemana2..hahaha.. Ehh.. Iya bener tuh, ganggu bener tu tenda2 biru.. Apalagi klo dijadiin tempat mesum.. Hadoohh.. Ga banget dehh.. >_<'

  7. Saamaaa, nggak suka sama warung warung kecil gitu. Di Bogor, ada air terjun yang pas di ujung tebing paling deket sama air terjunnya ada warung aja gitu. Sumpaaah, ngerusak pemandagan banget :(((

  8. Mohon maaf, mau memberi saran sedikit bahwa proses pembentuka gumuk pasir di parangkusumo ada sedikit perbedaan dari yang permah saya terima.

    Proses pembentukan gumuk pasir tipe barchan yang ada di parangkusumo itu memang materialnya berasal dari gunungapi merapi. Material tersebut kemudian terbawa oleh aliran sungai opak kemudian bermuara ke laut. Material tadi kemudian masuk ke laut dan dengan adanya energi gelombang kmudian diemapaskan ke pesisir Parangkusumo. Material yang diendapkan di pesisir Parangkusumo tersebut kemudian oleh tenaga angin dibawa dan kemudian diendapkan, proses ini pembentukan gumuk pasir oleh angin disebut aeolian.

    Tapi sayanya gumuk pasir ini sekarang dalan keadaan kritis karena pembentukan gumuk pasir ini terhambat disebabkan oleh penghijauan yang sangat gencar dilakukan di daerah gumuk pasir tersebut. Banyaknya vegetasi dapat menghambat laju angin. Ditambah lagi sudah ada bangunan di daerah tersebut.

    Sekian, dan terima kasih atas perhatiannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s