Hotel Romlan Tuk Tuk Samosir, Sumatera Utara (review)


Saya lahir dan besar di Medan Sumatera Utara. Kota ketiga terbesar di Indonesia ini lebih terkenal dengan wisata kulinernya, sebut saja soto sinar pagi, lontong sman 1, sea food nelayan sampai oleh-oleh seperti bika ambon, meranti, manisan jambu sampai risol agogo. Selain wisata kuliner, setiap traveler yang pergi ke Medan pasti berusaha menyempatkan diri mengunjungi danau toba.

Keseringan datang ke danau Toba, saya akan mereview satu hotel kecil cantik yang mungkin lebih pas di sebut bed and breakfast di Tuk Tuk Samosir.

Hotel Romlan saya temukan tahun 2011, waktu itu saya liburan ke Toba. Letaknya yang sedikit masuk dari jalan utama di Tuk Tuk memang sedikit menyulitkan untuk mendapatkan hotel ini, tetapi kalau kita datang dari Perapat melalui pelabuhan Tiga Raja maka lebih mudah menemukan hotel ini, karena kapal bisa berhenti di bibir dermaganya.

Pemilik hotel ini adalah sepasang suami istri yang baik sekali, Ibu Marion yang berasal dari Jerman ternyata adalah koki yang luar biasa, masakannya terlalu TOP!. Saya dan Matt selalu kembali ke hotel ini, bahkan ketika kita tidak mendapatkan kamar, kami masih datang sekedar untuk menikmati guacamole atau apple donat mereka yang luar biasa enaknya. Sebenarnya hampir seluruh makanan mereka enak semua ya, beberapa kali kami mengundang teman ke restaurant mereka dan setiap orang selalu memberikan jempol untuk makanan di hotel ini.

Namanya juga bed and breakfast ya, jadi gak boleh dong mengharapkan kamar yang mewah dengan ranjang yang empuk, kamar mandi dengan bathtub atau tv layar datar hehe. Untuk saya pribadi kamar di hotel ini sudah sangat cukup, apalagi kalau kita hanya memakai kamar untuk tidur dan mandi. Seluruh kamar yang berjumlah kira-kira 15 memiliki tempat tidur berukuran single atau double dengan kamar mandi di dalam, sementara ada satu kamar yang didesain menyerupai rumah Batak memiliki kamar mandi di luar dengan pemandangan danau Toba dan gugusan bukit barisan. Sebenarnya hampir seluruh kamar menghadap ke danau sih, sehingga yang manapun kita pilih yah tetap punya pemandangan yang cantik. setiap kamar yang dilengkapi kamar mandi tersedia air panas dan air dingin. Lemari kecil juga tersedia di kamar, jemuran baju, handuk, meja dan kursi. Di setiap teras kamar juga tersedia kursi dan meja untuk bersantai. Dengan harga permalam sekitar Rp 100.000 – Rp 150.000 saya pikir kamar di hotel ini sudah luar biasa murah, Lebih murah lagi kalau nginepnya lebih dari 3 hari karena harga kamar biasanya di bandrol menjadi Rp 70.000 apalagi kalau sering nginep disini hehe. Sebenarnya harga kamar bisa di tawar sih, apalagi kalau lagi musim sepi, duh…..tiap hotel bisa banting harga.

Hotel ini lebih istimewa karena bersihnya luar biasa. Dapur, ruang makan, resto, kamar, halaman sampai kamar mandi di dekat resto bersih dari sampah. Rumput dan bebungaan menghiasi hotel kecil ini, beberapa kursi santai untuk berjemur juga tersedia di halaman dan pinggir danau. Hotel ini juga tidak terlalu berisik karena biasanya tamu mereka kebanyakan bule-bule yang datang sendirian atau berdua sehingga kita gak bakalan keganggu dengan polusi udara kalau pengen santai-santai.

Nah…………..akhirnya saya sampai ke bagian yang sungguh membuat saya dan Matt terpelongo-plongo sampai gak enak hati hehe. Ceritanya libur lebaran kemaren, kita berdua liburan lagi ke Toba, saya udah sebel banget ama Matt, karena seperti biasa dia gak beres ngurus hotel. Sampai hari H dan kita udah jalan di travel, masih gak jelas gitu mau tinggal di mana di TOba, sementara hotel-hotel yang kita telp penuh semua termasuk si Romlan ini. Kita sih emang sok berani banget nih, tanpa reservasi kamar tetap aja ke Toba, padahal temen Matt juga bakalan nyusul, artinya butuh 2 kamar kan dan mestinya juga Matt yang ngurusin reservasi kamar ini.

Di mobil travel kita kenalan dengan turis gaek dari Belanda yang nasibnya sama nih kayak kita, gak dapet kamar hahaha. Saya masih nyoba nanyain Romlan, mastiin mereka ada kamar dari tanggal berapa sampai berapa aja, soalnya Matt sebenarnya udah email ibu Marion, tapi katanya waktu itu gak bisa reservasi disuruh datang langsung aja, arghhhhh…….yasudlah, setelah ngomong dengan suaminya, kita dapat kamar hari itu, malahan setelah hampir nyampe Toba, ditelp lagi dan dapat 2 kamar. Untuk sementara aman dong.

Waktu nyampe di hotel dan ketemu bu Marion, si ibu janjiin ke kita kalau bisa dapat hotel sampai 6 hari kedepan soalnya kita emang udah sering nginep di sana. Saya dan Matt kan udah berkali-kali ya ke TOba jadi biasanya kita emang udah gak explore apa-apa lagi. Biasanya saya dan Matt cuman jalan-jalan ke pasar buat ngambil foto, trus nyobain cafe-cafe di Tuktuk, nonton seharian, berenang di danau, baca buku, nulis, ngobrol, nonton tarian sigale-gale atau cuman keliling-keliling pulau. Kemaren itu sangking malasnya pergi-pergi kita di hotel trus-trusan ya, artinya makan dan minum juga dari hotel. Saya udah ngomong ke Matt kayaknya kita mesti ngambil cash deh ( trip ini matt yang traktir ), soalnya atm itu susah di pulau, kayak biasanya dong, yang di suruh ngambil cash males-malesan gitu, sementara saya cuman pegang cash Rp 1 juta doang.

Di hari kita check out dan itung-itungan tagihan deng…..deng……duit kita kurang hahaha. Haduh saya udah mau ngamuk-ngamuk rasanya apalagi semua ATM di pulau yang cuman 2 biji itu kosong karena libur lebaran dan abis di sedot pengunjung. Credit card gak tersedia di hotel. Matt yang ngurusin soal pembayaran soalnya dia yang traktir kali ini, saya pura-pura gila, karena udah dari awal ngingetin dia. Untuk balik ke Perapat dan ambil duit dari ATM disana, ternyata sama aja, KOSONG!.

Antara malu dan sungkan nih ya bow, duh…gak pernah-pernahnya saya sekonyol ini, Matt ngomong kalo saya pulang aja ke Medan, dan dia tetap tinggal di hotel, nanti dia usahain untuk ngambil duit pas atm udah diisi, beuh…..gak asik banget solusinya. Saya bilang Matt supaya ngobrol ke ibu Marion kalau saya perlu internet untuk ibanking dari bank saya (well scb belon ada mobile banking), tapi internet di pulau juga gak terlalu bagus sih dan si Ibu khawatir malah duitnya nyantol kemana2.

Matt dan ibu Marion ngobrol, saya udah pengen garuk-garuk mukenya Matt hehe. Solusinya gak terduga-duga banget loh, jadi si Ibu tetap nyuruh kita pulang, tagihan nanti aja ditransfer waktu kita udah di medan atau waktu kita bisa transfer. Saya terpelongo dong…..arghhhhhhhhh gila banget. Dia bilang dia percaya kita berdua, jadi gpp bayarnya nanti aja soalnya memang punya bisnis di pulau kecil itu resikonya kayak gini. ATM gak ada duitnya, CC gak punya mesinnnya, jadi dia percaya aja sama tamu-tamunya. Tagihan saya gak banyak sih ya, sebenarnya kalo duit saya dan Matt di gabungin masih cukup, cuman kurang 200an ribu gitu, tapi……..nanti kita gak bisa pulang ke Medan heihihih.

Hotel ROmlan ini buat saya dan Matt special bangetlah. Awal datang dulu saya sempat ngirain ibu Marion ini sombong, ternyata dia baik banget dan suka ngobrol-ngobrol juga, cuman dia emang gak suka ganggu tamu-tamunya kayak semacam basa basi gitu.

Dengan diusulkannya Danau toba menjadi satu ikon Pariwisata Global Geopark Network (GGN), yang ditetapkan UNESCO, saya pikir hotel ROmlan bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menikmati kuliner dan indahnya Danau terbesar di asia tenggara ini. untuk link mengenai Pariwisata GGN bisa di cek di sini

Hotel Romlan
Ring Road Tuktuk (0625) 451386
Ibu Marion HP 081362228415

20130102-213720.jpg

20130102-213838.jpg

20130102-213931.jpg

20130102-214025.jpg

20130102-214251.jpg

Advertisements

81 comments

    • Hi darling, iyaaa ketemu lagi kita hehe.
      Ini hotel kecil Feb, tapi mungkin kamu bisa suka disini. Kalo aku dan matt bisa nanti kita temenin juga ke toba, kalo gak ya ketemu pas di medan ya 😊

      • ah kamuh pasti lagi sibukkk buanget tuhh karena oh karena….**LirikKalenderSebelah 2 Bulan 3 minggu 6 hari lagi xixixix Aku numpang makan di acara kamuh deh yaah xixixi

        Congratulation btw, cinta telah menemukan jalannya πŸ™‚

      • Haha gak sibuk koq 😊, sibuk cari kerja aja feb. yupe datang ya kalo kebetulan masih di medan.
        Insya Allah di lancarkan dan udah bener ini orangnya, biar kayak kamu 😊

      • Nonnnn, i m happy for you πŸ™‚ finally…
        iyahh mauk datengggggg, should be great…Tanggal sih bisa diakali, karena kan hop on off aja nih Indonesia Trip nya, yg pasti Sumatera terakhir setelah Java & Sulawesi…Ditunggu Undangannya yah πŸ™‚
        Selamat sekali lagi, nikmati persiapannya yg pasti menyenangkan itu πŸ™‚

  1. Seminggu training di medan berat badan gw naek 1kg!!! Gilak ya itu makanannya, nasi goreng pinggir jalan aja juaraaa!!!!
    End the end of the week anak2x gw nyusul, nginep di prapat nyebrang samosir besoknya lanjut balik medan via panorama…itu pemandangannya…Dasyat!!!! Adalah di blog gw tulis trip gw 2007 kemaren ;))

  2. kak, kira2 penginapan romlan aman buat anak2 umur 3 thn ga?Alnya anakqu lg lasak2nya nih.. halamannya luas taw ga? trus harga mknan di romlan gmn mbak, alnya kita berangkat ber9.. tq

    • hallo Julia πŸ™‚ Romlan itu nice hotel koq tapi halamannya gak terlalu besar hehe. Aku pikir kalo kamu mau halaman gede dan bawa family coba nginep di villas samosir/carolina atau tabo. Harga kamar disana around Rp 500.000.
      Kalo Romlan sih menurut aku aman2 aja karena kadang2 banyak koq keluarga yg bawa anak nginep disana tapi kalau mau halaman luas jangan nginep disini πŸ™‚
      restoran di romlan itu enakkkkkkkkkkk banget, gak ada makanan mereka yang gak enak. Matt yang bule aja gak pernah complaint untuk semua makanan dia. tabo aku kurang suka makanannya hahaa. kalo mau makan ikan yg enak ada elios dan sekapur sirih. Pizza yang di rumba πŸ™‚

  3. Nah klo harga gmn kak, biznya bawa anggota 9 org belum anak2 bisa gempor ntar ini kantong nraktirinnya.. hihihi
    Udah tanya di tabo tp mahal buat ber 9 kena 2jt ktnya.. hadeh si travel kere ini bisa puasa jln2 utk bbrpa wktu klo ginih , padahal cuman buat nginep doang.. rncn emg pgn ke hot spring n pantai apa gt, lupa..
    Ehmmm, 1 lagi ( banyak tanya gpp ya kak noni πŸ˜‰ ) nah menu yg paling di recommended di romlan apa.. tq

    • ehh iya, coba kamu hub horas guest house
      Jln.Lingkar Tuk Tuk Siadong Samosir
      Phone : +62 81362060838 Languages: Dutch and English,+62 81397828008 Language: Bahasa Indonesia
      kamarnya mereka bisa ditempatin sampe 2 keluarga koq ( keluarga kecil ya heehehe ) harganya kalo gak salah permalam sekitar Rp 800.000

      kalo di romlan 1 kamar Rp 120.000 πŸ™‚ murah ya. menu favorite aku emmm apple donut hahaha. makanan lain sih kalo ikan2 gitu aku suka ke helios atau sekapur sirih atau marcopolo. di romlan sih sebenarnya semua makanan enak koq, suami yg suka makan makanan berat disini , aku kan ikut FC jadi sering cuman makan sayur2 doan hehehe. minta dimasakin.

      kalo mau ke hot spring atau pantai pasir putih mesti naik mobil dong

      • Kalau di horas udah full n budgetny juga msh gede mending selisih duitnya buat mkn ampek kenyang hihihi, pilihan emg 2 sih carolina taw romlan ini, akibat racun dr kak noni… hahaha, alnya anak qu doyan mkn jd kalo mlm dia kelaperan tggal gampang.. hehe dan yg ikut ini juga seneng berwiskul yg murah dan yg enak, *maunyasemuaorang*
        Kt emg bawa mobil dr medan kak, jd nyebrang fery. BTw thanks infonya yak kak.. πŸ™‚

  4. Ka noni, ak mau nanya ni. Klo dari medan mau ke prapat naik angkutan umum apa ya? Info dong, kita berangkat 6 org ni. Thankyouu

  5. Ka boleh tanya klw hotel romlan ini 1 kamar boleh ga misalnya ditempati 4-5 org?alnya ada rencanaa jln2 kesana,,mohon ingonya ka..makasih

  6. Hai mba noni,

    Tahun lalu sempet ke danau Toba walau cuma 1 hari :(( eh pas browsing hotel utk disana yg enak nemu blog-nya mba, en bener hotelnya murah en bersih.. thanks to u mba.. πŸ™‚

  7. Tarif untuk kamar romlan naik 400% dari harga yg ditulis oleh kk nyoyasepatu yg mempromosikan tempat ini…
    Saya kebetulan nginap 1 malam disini karena gak kuat dengan tarif peak seasonnya.
    Namun saya coba compare dengan hotel caroline dan di samosir village, mereka tetap menggunakan tarif normal dan menu tarif mereka pajang di receptionist sehingga kita dapat memilih kamar yg sesuai budget..
    Saran untuk peak season jgn nginap ke Romlan Guest House.
    Terimakasih..

    • Kebetulan saya menginap di Romlan Guest House pada hari Jumat, 20 Februari 2015..
      Saya coba untuk menghubungi Ibu Marion untuk mengkonfirmasi mengenai harga kamar namun tidak direspon baik melalui telepon dan sms ke No. HP Ibu Marion yg ditulis oleh kk nyonyasepatu..
      Sebelumnya mohon maaf krn comment yg saya berikan bertentangan nyonyasepatu..
      Terimakasih..

  8. Hello….
    Saya mau nanya dong.
    Harga penginapan di hotel romlan itu masih segitu ya?? Rencananya liburan semester ini (bulan juni) saya ada rencana mau kesana bareng temen saya, jadi kami lagi nyari nyari tempat penginapan yg low budget hehehe tolong dibalas ya mbak/mas.
    Terimakasih:)

  9. Br dr romlan, TX reviewnya, sangat membantu mbak. Ke pasir putih 45-60 mnt by car, lbh seru sekalian balik ke medan lwt darat krn ada tempat2 yg menarik satu jalur, museum batak, pasir putih, tele, taman simalem, berastagi (pasar buah & bunga), gn. sinabung, medan. Kl di medan jg lupa ke museum Tjong Afie bagus.

  10. Hello mba Noni,
    Kalo mau book Romlan Hotel atau Tabo Hotel kemana ya? Apakah ada nomor hp dan email yg bisa dihubungi? Apa mereka terima credit card kah? Thank you.

  11. bener keren mbak, serasa punya pantai sendiri,krn bisa bakar2 ikan di tepi pantai…tempatnya asik, kami ambil rumah batak dan kamar yg berdekatan dgn rumah batak tersebut, sayang donat apelnya ndak ada lagi, tp masakan yg lain enak jeng…lain kali klo ke tuktuk, mau ke romlan lagi…

  12. pas di samosir, bingung nginep dimana..iseng browsing dn kebuka blog ini..pas bner kami lagi berhenti depannya romlah..ha3..akhrny iseng ngecek ke dalem..yess..still 150.000.. n yess.. kamarnya bersih, tempatnya enak.. tengkiu ya mbak.. aku nginep disini awal maret 2016 ini..

  13. mbak, hotel romlan ini deketan gak yah sama toba cottage??
    atau jalur kesana paling gampang lewat darat dari arah mana yah??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s