Jamu kuat Madura


Beberapa bulan yang lalu saya belanja batik di Madura, sebenarnya bukan mau ngobrolin batiknya sih hehe, saya malahan mau ngobrolin jamu kuat yang dibuat mba-mba pedagang minuman di pinggir jalan di daerah Sampang.

Si mba yang cantik ini kebetulan waktu kita minum di warungnya sedang membuatkan jamu kuat untuk seorang lelaki muda yang katanya akan menikah 2 hari lagi. Minuman traditional yang katanya bakalan membuat si lelaki muda itu punya stamina sekuat banteng dan mampu memuaskan si pengantin wanita. Waktu saya menatap si calon pengantin pria, dia tersipu-sipu dan menegaskan kaliman si mbak dengan ucapan ” beneran mba, jamu ini bisa buat istri saya nanti minta-minta ampun loh hehe”. Waduh !

Madura selain terkenal dengan karapan sapinya, memang sudah terkenal dengan kedahsyatan perjamu-jamuannya. Sebutlah jamu Rapet Wangi, jamu Empot-Empot, tongkat madura dan masih banyak lagi. Mungkin kita pernah mendengar joke mengenai jamu yang berasal dari Madura, saya sebenarnya baru ngeh sih hehe. jokenya lumayan bikin senyum.

Gara-gara nonton iklan di Tv tentang ramuan Madura, ada seorang istri yang merengek-rengek ke suaminya supaya dibelikan ramuan madura, heran juga ya ngapain mesti merengek-rengek beli aja sendiri hehehe. Si suami yang gak tahan mendengar rengekan si istri, akhirnya membelikan 1 kardus ramuan madura ( asli ini suami gak mau setengah-setengah). Maksut si suami sebenarnya supaya istrinya bisa minum ramuan tiap hari dan dia gak repot-repot nyeduh jamunya, maka jamu tersebut dimasukkan semuanya ke dalam sumur di belakang rumah. Keesokan harinya nih, seluruh keluarga heboh karena tali timba sumurnya”dijepit” bibir sumur. yeah…..ini becandaan koq ya hahaha.

Ok, balik lagi nih ke jamu yang dibuat si mba, saya sih gak pernah liat ya sebelumnya, kalo jamu-jamu yang laen, biasanya saya lihat di jual di toko-toko jamu atau salon di Surabaya dalam bentuk pil di dalam botol-botol kecil. Jadi bahan jamu yang dibuat itu sebenarnya gak susah sih. kalau pengen nyoba juga gampanglah :).

bahan jamu kuat :

1 buah kelapa hijau muda yang di kerok isinya hingga bercampur dengan air kelapa

madu secukupnya

2 buah kuning telur ayam kampung

Semua bahan di campur dan di aduk sampai rata, setelah itu di tuang di gelas dan di minum oleh calon pengantin. Katanya sih efeknya bisa langsung keliatan, makanya calon pengantin biasanya meminum ramuan ini sebelum pesta pernikahan dengan tujuan tidak terlalu lelah ketika pesta dan masih cukup kuat untuk melanjutkan pesta berikutnya.

Ada yang mau coba??

24 comments

  1. Wkt nikah kemaren aq sama misua dikasih minuman itu, tapi yg kelapa di ganti sama jeruk nipis, khasiatnya siy emang supaya ga capek secara kemaren akad pagi dan malemnya resepsi.
    Waaah…nonie dah siap2 niiy :mrgreen:

  2. Mau mencoba ?
    mmm … no thanks …
    saya yang “netchyurel” saja … (baca Natural)
    what ever will be … will be lah …

    Salam saya Non

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s