Geng, Ini Dia Tips Memilih Power Supply Komputer yang Perlu Diketahui!


Power Supply adalah salah satu komponen yang sangat penting buat kebutuhan komputer PC. Kenapa pemilihan power supply tidak boleh sembarangan? Karena komponen satu ini berperan di bagian masuk serta keluarnya arus listrik. Sehingga kalau kita memilihnya secara asal-asalan, maka bisa membuat performa pada komputer menjadi kurang optimal. Bahkan bisa membuat komputer menjadi cepat rusak. Oleh karena itu, sebelum kamu memutuskan ingin membeli power supply, ada baiknya simak beberapa tips yang harus kamu ketahui ketika membeli power
supply komputer.

  1. Perhatikan Efisiensinya

Setiap produsen pembuat power supply biasanya sudah menawarkan berbagai efisiensi buat menunjukan jika produknya terjamin berkualitas. Efisiensi yang dimaksud oleh kami adalah berapa besarnya power supply dalam memberikan suplai daya buat PC. Sementara power supply yang berkualitas adalah yang mampu memberikan tingkat efisien sampai 80%. Kalau kurang dari itu, maka memungkinkan PC tidak bisa bekerja secara optimal.

  1. Pilih Merk dan Kualitas Terbaik

Merk dan kualitas tentunya menjadi faktor utama saat akan membeli suatu produk, termasuk ketika memilih power supply. Produk power supply dengan merk yang telah terkenal umumnya lebih terpercaya kualitasnya oleh para konsumen. Jadi, ada baiknya kamu memilih merk power supply yang memang sudah terkenal bagus kualitasnya. Disarankan untuk tidak memilih power supply yang memiliki harga lebih murah, karena belum tentu kualitasnya terjamin. Dengan kualitas yang tidak terjamin tersebut, bisa menjadi resiko buruk pada power supply tersebut, yakni tidak akan
bertahan lama dan cepat rusak.

Maka dari itu, biasanya power supply dengan merk Super Flower, Silverstone, FSP, Corsair, dan Season yang sudah terjamin kualitasnya memiliki harga power supply yang begitu mahal, serta banyak digunakan buat kebutuhan PC gaming. Sementara bagi kamu yang cuma menggunakan komputer buat kebutuhan personal dan kerja saja, ada baiknya tidak memilih merk power supply tersebut. Buat kebutuhan
personal, mungkin kamu bisa mencari lebih lanjut mengenai referensi merk power supply untuk kebutuhan personal di internet.

Baca juga di sini mengenai Belanja Online Yang aman

  1. Pastikan Power Supply Memiliki Daya Tampung yang Sesuai

Setiap PC umumnya sudah dibekali dengan total penggunaan daya yang telah ditetapkan dari pabrikannya. Untuk itu, pastikan kamu memilih power supply yang penggunaan dayanya tepat. Contohnya, sebuah PC mempunyai total penggunaan daya 450 W, jadi pilihlah power supply yang memiliki daya tampung lebih tinggi atau sesuai dari jumlah tersebut. Sehingga tidak akan terjadi korsleting ataupun kerusakan pada power supply atau komputer itu sendiri.

  1. Pilih Power Supply yang Berlabel Bronze serta 80+

Power supply dengan label bronze umumnya dapat memberikan tingkat efisiensi hingga 80%. Label 80+ juga membuktikan bahwa produk tersebut sudah melewati masa proses Quality Check. Semakin besarnya tingkat efisiensi, maka biaya listrik yang dibutuhkannya pun akan semakin kecil. Itulah alasan kenapa para pengguna perlu memilih produk power supply yang mempunyai label tersebut.

  1. Riset Tentang Power Supply yang Diinginkan

Terakhir, carilah informasi lebih dalam mengenai power supply yang memang sudah kamu incar sebelumnya. Kualitas pada power supply bukan cuma terpaku pada langkah-langkah di atas, tapi juga masih banyak langkah-langkah yang harus dipertimbangkan. Oleh karena itu, riset dulu informasi di internet untuk mengetahui tentang spesifikasi power supply tersebut. Tapi, tetap hindari harga yang lebih murah agar mendapatkan power supply yang benar-benar berkualitas baik.

Semoga informasi diatas bisa membantu kalian dalam memilih power supply yang tepat dan berkualitas. Selamat memilih!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s