Oh Covid-19


Ya ampun….mari kita ngomongin Covid-19 atau Corona yang bikin dunia seketika kacaw balaw.

Setelah minggu lalu saya ngomongin soal si Corona ini yang bikin kita harus jaga jarak, well untuk saya bukan hal baru sih. Setiap hari juga kayak gini-gini aja. Emang jarang keluar kalau gak perlu. Trus sejak pulang dari US Januari kemaren pun, saya sendiri dengan sadar memutuskan untuk gak terlalu sering keluar karena kebetulan emang setiap kali pulang dari US pasti deh dapat flu/cold. Jadi emang udah kebanyakan diem-diem aja di rumah walau ada juga keluar-keluar sesekali untuk belanja, sempet ngopi beberapa kali dengan teman dan pergi brunch dengan Matt.

Jadi begitu akhir Januari kabar Corona Virus tambah santer saya antara emang beneran udah bikin social distance haha. Dalam kasus ini lebih karena takut nularin, sih.

Ok begitu Februari akhir saya dan Matt sudah lebih sering di rumah aja. Matt masih keluar karena ngantor.

Maret begitu ada berita ada pasien Covid-19 di Indonesia saya kayak yang antara iya dan tidak. Kayak mimpi…..ih ternyata yang selama ini kita khawatirkan beneran terjadi. Langsung ngeri banget liat IHSG dan Rupiah yang melorot tajam. Saya bahkan sudah di tahap yang sudahlah investasiku berantakan haha. Beneran gak nyangka dalam sekejab bisa langsung kek gini.

Setelah kita di rumah saja ( jadi beneran sejak awal Maret) itu saya keluar cuma untuk belanja doang. Ketemu orang tua pun di depan pintu aja. Biasanya pas kita anterin titipan atau belanjaan mereka. Saya beneran gak mau deket-deket orang tua karena ayah punya asma dan ibu juga sudah tua. Mereka lebih rentan kena kan ya, sementara walau saya banyak di rumah tapi Matt masih ketemu banyak orang trus pulang ke rumah ketemu saya. Jadi daripada terjadi yang tidak kita mau akhirnya kita beneran jaga jarak.

Nah tapinya nih, mungkin karena terlalu banyak baca berita akhirnya kalau liat orang rame-rame apalagi masih berdekatan entah kenapa saya kayak otomatis ngerasa demam dan batuk-batuk. Ini beneran terjadi haha. Matt sampai mulai khawatir karena koq ya saya kayak beneran takut banget. Sebenarnya bukan lebih ke takut gimana ya, saya itu takut kena trus nularin orang tanpa sadar. Saya takut pas kena dan gak bisa ke rumah sakit trus pasti saya bakalan nularin entah siapa-siapa. Ini yang beneran bikin saya khawatir banget.

Laluuuuu…..yah kita taulah ya, kalau sekarang masa yang sulit untuk semua sektor usaha. Temen-temen saya yang punya usaha mulai ngeluh. Yang punya restoran ngeluh orderan dikit, hotel tempat saya kerja tutup 2 minggu karena daerah Langkat ditutup untuk wisatawan, ini belon lagi untuk pekerja harian mulai dari Ojol sampai mungkin tukang bangunan. Semua orang main aman, ya kan. Makanya walau kita ngurangin pemesanan Go-food sebenarnya sudah lama juga sih ngurangin) tapi sekarang kita masih adalah beli-beli dikit. Terutama untuk yang usaha-usaha kecil supaya gak berhenti sama sekali. Serem juga loh kalau sampai semua usaha mati.

Selain berita-berita negatif yang bikin cemas trus bisa menurunkan daya tahan tubuh, sekarang saya mulai nyari-nyari berita positif juga. Seneng liat China mulai bangkit dan produksi di sana mulai jalan yang artinya mudah-mudahan bisa nular ke negara lainnya. Pas saya nulis ini hari Jum’at, beberapa bursa efek di dunia mulai hijau walau IHSG masih merah. Vaksin mulai dicoba dan semoga gak butuh waktu bertahun-tahun ya. Lebih banyak lagi orang yang mulai sadar dan mengerti tentang bahayanya si Corona dan ini tentunya lebih baik lagi. Mudah-mudahn semua berita baik itu juga sampai ke Indonesia. DUh……..sungguh ya Covid 19 ini bikin kita kocar kacir luar biasa.

Kalian mungkin juga sudah nonton Youtube Deddy Cobudzer (gimana sih nulisnya haha) sama Jubir Kemenkes yang bikin rame itu. Saya nonton begitu diposing. Malem-malem nonton berdua sama Matt. Rasanya sedih banget denger langsung dari Jubir Kemenkes. Trus hari ini saya nonton lagi si Deddy sama dokter Tirta. Ya mudah-mudahan ada angin segar dan badai ini bisa segera diatasi oleh dunia.

Tentu saja kita semua sudah tau ya apa yang harus dilakukan selama bulan-bulan yang berat ini. Maksutnya rajin cuci tangan, jaga jarak dengan orang, kalau bersin/batuk harus ditutup/di siku dll. Yang paling gak boleh kita lupa adalah be kind to everyone hehe. Salah satunya gak numpuk sembako dan juga alat-alat kesehatan dan kebersihan. Duilah…..Dettol yang biasa kita pakai di rumah susah amat sekarang nemunya hiahia.

Semoga kita sehat-sehat dan drama Corona ini segera berlalu ya

Noni yang sudah seminggu gagal beli bawang bombay karena mahal banget haha.

15 comments

  1. Soal IHSG itu aku juga gitu, Non.. Udah gak pengen lihat ah..😭 Kata suamiku ini saatnya beli saham atau nambah investasi.. Lahhh duitnya kagak ada..🤫 Tapi buatku yg penting dapur masih ngebul.., udah Alhamdulillah banget.. Banyak orang lain yg lebih susah kondisinya saat ini.. Tetap semangat sehat, Non..👍

  2. Iya, bawang bombay mahal banget. Kapan itu beli bbrp bijji doang, harganya 60ribu lebih…duh 😅.

    Sehat2 selalu kita semua yaaa mbak dan kiranya Tuhan berkenan wabah ini bisa segera teratasi yaaa… Amin

  3. Aku akhirnya meminimalisir baca2 grup whats app dengan berita-berita yang beredar, begitu pun buka twitter.. Kalo buka ig, bakal milih-milih mau nonton ig story siapa demi menjaga kesehatan mental sendiri. Baca berita pun mending langsung dari sumber berita kayak tempo itupun cuma 2x aja pagi dan sore.
    Huhuhu aku kemarin untuk masih dapet detol, tapi begitu ke supermarket lagi, detol udah menghilang dong.
    tetep jaga kesehatan fisik dan mental ya mbaaaakkk

  4. Mbak…aku liat berita di LN aja. Kalau berita Korea emang wajib nonton krn tinggal di sini, untungnya beritanya menyenangkan…perkembangan teknologi berkaitan denga wabah ini. Udah mulai Social Media Distancing juga, kadang2 intip dikit trus stress sendiri…keluar lagi. Di WAG juga udah lelah dengan segala broadcast yg hoax dan ga jelas. Baca berita di Indonesia, stress liat bagian ekonominya 😊 Sehat2 ya mbak dan Matt, jangan lupa berjemur 😎

    • Iya…..belakangan berita2 positif aja deh yang dicari2 supaya bisa balance ya hehe. Kalau gak ya udah nikmatin aja hidup. Gak usah ngeluh2 dan ikutin aturan aja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s