Pasar Traditional di Sa Pa


Sa Pa

Sa Pa adalah sebuah kota wisata yang terletak 350 KM dari Hanoi tepatnya di propinsi Lao Cai. Sa Pa terkenal juga dengan julukan “little Nepal”. Gak salah kalau Sa Pa mendapatkan julukan tersebut. Di kota ini memang dijadikan sebagai tempat terakhir sebelum melakukan pendakian ke gunung Fan Si Pan yang sangat terkenal.

Sa Pa biasa dikunjungi oleh wisatawan yang menggemari olahraga mendaki. Tapi…jangan kecil hati untuk yang malas sama seperti saya tetep bisa koq menikmati kota Sa Pa yang cantik ini.

Jangan lupa nonton, ya 🙂

Salah satunya adalah berkunjung ke pasar traditional atau bertegur sapa dengan warga lokal yang sebagian adalah suku H’mong. Ada beberapa suku H’mong di sini. Kita bisa selalu bertemu mereka di pasar, di kota Sa Pa, di desa ataupun menemani turis hiking/trekking.

Salah satu alasan saya 3 kali berkunjung ke Sa Pa sebenarnya karena penduduk lokal. Tepatnya suku H’mong. Mereka masih menggunakan pakaian traditional dalam kesehariannya, masih memproduksi barang-barang kebutuhan mereka sendiri termasuk membuat bahan pakaian dan juga menjahitnya. Semua dilakukan secara manual dan natural. Walaupun saat ini serbuan barang-barang dari Cina dengan mudah dapat mereka temukan tetapi saya lihat masih banyak yang mempertahankan gaya hidup lama mereka.

Kota Sa Pa sendiri berbatasan langsung dengan perbatasan Cina. Hanya sekitar 30 menit dari kota Sa Pa. Dari sini kita bisa melihat kota CIna. Kalau punya Visa tentu saja bisa melenggang masuk ke sana. Ini jugalah alasan kenapa saat ini ada banyak sekali barang-barang dari Cina yang dengan mudah kita temukan di Sa Pa.

Pasar traditional yang kali ini saya kunjungi adalah Bac Ha Market. Pasar ini hanya buka di hari Minggu saja. Seru dan menyenangkan sekali walau sedikit jauh dari kota Sa pa atau sekitar 1 jam dengan mengendarai mobil sewaan.

Selain pasar ini sebenarnya di kota Sa Pa pun ada pasar traditional market yang persis seperti pasar ini. Jadi kalau kamu tertarik ke berbelanja barang-barang kerajinan tangan, langsung saja menuju kota Sa Pa.

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s