Jalan-Jalan Ke Turki Dan US Dengan JavaMifi


Saya dan Matt mungkin salah salah satu pasangan yang paling pelit untuk membeli paket data internet ketika traveling. Sebenarnya sih, kita lebih mikir kayak emang penting banget ya internet haha. Soalnya kita berdua masih suka bawa peta kalau kemana-mana, masih seneng baca buku perjalanan semacam Lonely Planet atau buku lainnya, masih suka simpen file tempat yang kita mau datangi. Intinya kita itu terkadang masih terjebak di tipe perjalanan dahulu kala. Semacam susah move on juga sih, hehe.

Kalaupun beli paket internet biasanya kita pilih cuma untuk 1 gadget aja. Biasanya hape-nya Matt yang pakai nomor lokal karena hape-nya punya 2 Simcard. Beda dengan saya yang hanya satu plus males gonta ganti kartu.

Jadi bertahun-tahun kalau jalan-jalan fakir wifi dong? emmm sebenarnya gak juga sih. Saya sering juga punya internet tapi gak selalu. Pokoknya saya itu gak panik kalau jalan-jalan gak punya internet karena selalu ngerasa nanti pas balik hotel juga bisa update. Kalaupun mau posting biasanya saya lebih demen #latepost karena gak begitu seneng ketahuan lagi ngapain dan berada di mana. Sok misterius ah….hehe.

Trus beberapa tahun lalu kita kita Australia dan mau road trip. Pas lagi sewa mobil kita kepikiran “ih gimana kalau beli paket data aja untuk 1 hape jadi kalau ada apa-apa gampang” jadilah kita beli paket data dan itu ngerubah seluruh cerita perjalanan kita haha. Cuma kita masih cukup pelit untuk beli 2 nomor paket data haha.

Sekarang karena selalu punya internet dan paket data kalau traveling jadinya emang gilaa….semua lebih mudah dan menyenangkan haha. Contohnya nih, karena kita berdua orang yang suka banget pergi-pergi itu gak direncanakan jauh-jauh hari jadinya punya internet sangat membantu pas kita mau pesan kamar hotel, pesen tiket pesawat/kereta api, browsing, nyari toko buat beli pisau pas di Jepang, dan lain sebagainya. Gila…gila…traveling jadi teramat santai. Saya dan Matt seringkali pesen hotel yang 1 malam sebelum nginep bahkan terkadang pas lagi di kereta api menuju ke tempatnya kita baru pesen kamar haha. Segitu cueknya juga sih. Makanya kalau dapat paket data yang lemot….habislah kita berdua.

Lalu bulan Desember kemaren kita ke US dan sempet layover 6,5 hari di Turki bahkan sempet 12 jam nunggu di Singapore. Sebelum berangkat saya sempet mikir ini gimana ya kita mau pergi ke 2 negara dengan waktu yang cukup lama (sekitar 1 bulan lebih) tapi juga gak mau repot ganti-ganti kartu dan bisa dipakai berdua paket datanya tanpa ganggu yang lain. Saya sudah sempet baca beberapa paket modem internet yang bisa dipakai traveling ke luar negeri dan bisa dipakai sampai beberapa device gitu. Penasaran tapi maju mundur.

Akhirnya setelah maju mundur, baca review sana sini terpilihlah JavaMifi. Saya pesen JavaMifi yang langsung dikirim ke rumah. Pas kita di US ternyata JavaMifi sudah ada di Medan, jadi lebih gampang lagi nanti pas balikinnya.

Sebelum berangkat saya sempet isi baterainya dulu. Jadi paket JavaMifi itu datang dengan modem, kabel charger dan ada converter international travel yang bisa dipakai diseluruh dunia. Gila ini kepikiran banget sih, yang punya JavaMifi. Traveler itu kan kadang ribet sendiri sama urusan ngisi daya gadget-nya ya. Ehh….ini datang-datang dilengkapi sama converter segala. Thoughtful banget :). Trus sempet nanyain CS nya (sebenarnya tes ombak) supaya kalau nanti di sana ada masalah susah gak hubungi CS. Taunya beneran cepet banget responnya.

Begitu sampai di Turki (di Singapore kita gak sempet pakai karena di airport ada wifi gratis dan kita juga nonton film di IMAX sambil nunggu pesawat ke Turki hihi) saya nyalain dong. Caranya gampang banget juga. Cuma tinggal nyalain dan tunggu koneksinya nyambung. Gak sampe 3 menit sudah nyambung dan terkoneksi dengan mudah. Percayalah walau ada internet di Sabiha Gokcen International Airport tapi susah banget nyambungnya sementara kita mau pesen taxi dan kasih kabar ke Medan. Jadi dengan adanya JavaMifi ini kebantu banget. Saya yang biasanya kalau ngasih kabar ke keluarga dan temen bisa sampai 3-4 jam setelah sampai kemaren cusss……langsung bisa kasih kabar. Hape kami berdua pun langsung bisa digunakan hehe.

JavaMifi + Turkish Coffee

Kabar baiknya, gak tau gimana selama di Turki itu kita selalu dapat hotel yang internetnya gak begitu cihuy. Agak susah untuk nonton kalau malam-malam sementara kita gak begitu suka nonton TV belakangan ini. Jadilah kita cobain si JavaMifi ternyata cukup kencang karena gak terganggu sama sekali kita berdua nonton streaming Netflix atau Youtube. Thumbs Up.

Setelah 6,5 hari di Turki, kita pun menuju US. Begitu nyampe Chicago saya langsung nyalain modem wifi dan sama seperti di Turki cepet banget terkoneksi dengan jaringan provider di US. Signalnya di sini malah lebih kece lagi. Saya dan Matt bisa langsung hubungi keluarga kita haha. Saya pun bisa langsung ngabarin keluarga dan teman yang kebetulan tahu kalau saya lagi bepergian. Beneran ini bantu banget, deh.

Karena kita di US cukup lama, baru deh kerasa banget punya modem seperti ini bikin hidup jadi lebih mudah banget. Kita bisa browsing, bisa cek peta pas lagi roadtrip atau pas lagi nyari sesuatu, bisa browsing review barang sebelum beli dan yang paling penting bisa melakukan transaksi tanpa menggunakan wifi umum. Ini sih jarang sebenarnya hehe.

JavaMifi at Missouri Amerika

Untuk saya pribadi pas lagi road trip karena agak bosenin di jalanan jadi bisa nonton Youtube, nonton di Hulu atau Netflix atau yah kalau gak browsing aja sambil main sosial media dan posting IGS. Beneran deh JavaMifi menyenangkan banget untuk temen traveling.

Oya pas balik ke Indonesia, saya langsung dihubungi pihak JavaMifi trus besoknya perangkat modemnya dijemput ke rumah. Kalau misalnya kita gak mau didatangi petugas juga bisa dikembalikan ke Alfamart atau Indomart terdekat πŸ™‚

KUSENANG!

Pokoknya kalau kamu traveling, cobain deh JavaMifi apalagi kalau punya banyak gadget dan perginya rame-rame. Berasa banget hemat dan gampangnya.

16 comments

  1. Aku biasanya selalu beli SIM card lokal, Non. Dan sama kayak kamu, akhirnya dipasang di HP suami karena HP-nya bisa dual SIM card. Tapi pas baca cerita kamu ini kayaknya boleh tuh kapan-kapan coba JAVA Mifi.

    • Kayaknya sejak pake modem2 kek gini aku lebih seneng sih soalnya semuanya jadi kebagian internet dan gak perlu nunggu2 haha. Matt soalnya suka matiin internet kalau kita jalan2 kecuali pas lagi butuh karena dia males masuk notif kerjaan haha

  2. sama nih mba, saya suka ngirit juga pertama ke luar ah gak terlalu pgn beli paket data krn di hotel pasti ada wifi dan kmrn juga cuma beli harian aja krn butuh bales WA hehehe

  3. aq pengen banget nyobain javamifi ini PENASARAN banget karena kurleb aq sama kaya mba non kalo jalan2 keluar negri lebih ngandelin wifi hotel aja jadi selama jalan2 yah menikmati aja buat foto2 dan bikin video gak sibuk buat update status

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s