Platar Fascitis Streches


Istilah ini baru saya tahu sekitar beberapa minggu lalu. Seorang teman curhat kalau masalah kakinya yang awalnya dikira asam urat ternyata Platar Fascitis Streches . Apaan itu?

Sebagai orang yang kepo dan suka browsing akhirnya saya coba cari-cari tau penyakit yang namanya susah ini.

Plantar fasciitis adalah penyakit yang terjadi pada jaringan yang menghubungkan tumit dengan jari kaki yang disebut plantar fascia. Jaringan ini berfungsi sebagai peredam getaran, penyangga telapak kaki, dan membantu seseorang untuk berjalan. Terlalu banyak tekanan pada kaki akan menimbulkan cedera atau robek pada jaringan tersebut. Cedera ini kemudian akan memicu peradangan dan nyeri pada tumit. ( https://www.alodokter.com/plantar-fasciitis )

Apapun yang bermasalah di tubuh pasti gak enak ya, tapi kalau sampai gak bisa jalan itu rasanya gimana banget. Temen saya itu kebetulan kegiatannya lumayan banyak. Khas ibu-ibu lah. Antar jemput anak, masak, hang out (haha), olahraga, pengajian dan masih banyak lagi. Beberapa minggu gak bisa jalan tentu serasa dunia runtuh.

Lalu…apa penyebab dari sakit ini?

Beberapa faktor yang bisa membuat plantar fascia menjadi cedera adalah:

  • Plantar fasciitis umumnya menyerang individu berusia 40 hingga 60 tahun.
  • Obesitas. Kegemukan bisa menyebabkan tekanan berlebihan pada plantar fascia.
  • Olahraga yang banyak memberi tekanan berlebih pada tumit, seperti lari jarak jauh, aerobik, dan balet.
  • Profesi tertentu. Guru, pekerja pabrik, atlit, tentara, dan profesi lain yang pekerjaannya mengharuskan mereka berdiri dalam waktu lama.
  • Masalah pada kaki. Bentuk kaki yang terlalu rata atau terlalu melengkung, cara berjalan yang tidak normal, serta jaringan sendi pergelangan kaki (tendon Achilles) yang tegang.
  • Penyakit lain. Infeksi bakteri pada organ lain (artritis reaktif) dan ankylosing spondylitis dapat memicu timbulnya plantar fasciitis.
  • Jenis sepatu. Penggunaan sepatu dengan sol yang terlalu lunak dan tidak menopang telapak kaki dengan baik, juga bisa memicu terjadinya plantar fasciitis.

Salah satunya ada pada saya yaitu bentuk kaki yang terlalu rata. Makanya kaki saya ini sebenarnya gampang banget capek kalau diajak jalan jauh apalagi kalau alas kakinya jelek. Makanya sebisa mungkin sekarang kalau bisa menggunakan alas kaki yang beneran bagus walau mungkin bentuk dan harganya gak sesuai banget haha.

Walaupun penyakit ini bisa diobati tapi……tentunya lebih baik kita mencegah daripada nyesel hehe. Makanya gpp deh, alas kaki saya gak secantik dulu lagi tapi minimal gak kesakitan lagi.

2 comments

  1. Aku pernah kena gejala ini, Non.. tapi yah itu, sembuh gitu aja.. Memang sih pas nyerang, sakit banget.. Salah satu hal yang bisa ngurangin sakitnya, yah mang beli sepatu yang mendukung atau beli sol sepatu bagian dalam, yang merknya Scholl, dan mahal huhu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s