image 15 Hal Yang Kamu Harus Tahu Sebelum Berkunjung ke Sri Lanka


Aduh, tulisan ini tanpa sengaja terposting minggu lalu padahal belon ada isinya dan saya terlalu males buka laptop untuk ngedit tulisan. Jadi baru kali ini saya tulis apa saja yang harus kita tahu sebelum berkunjung ke Sri Lanka.

Beberapa hari setelah kembali dari Sri Lanka ada beberapa orang yang DM menanyakan kondisi di Sri Lanka paska bom di hari Paskah bulan lalu. Sebenarnya ini mengangetkan banget, sih ya. Dari beberapa berita yang kita baca pariwisata di Sri Lanka jatuh banget. Banyak pemesanan paket liburan dan hotel yang dibatalkan sampai entah kapan. Rata-rata tingkat hunian hotel turun sampai 80 %. Sedih banget bayangiinya. Ada beberapa video di Youtube dan berita-berita International dari orang-orang di Sri Lanka yang meyakinkan para turis bahwa negara mereka aman untuk dikunjungi. Saya jadi inget Bali setelah bencana bom beberapa waktu lalu.

Update April 22nd 2019: In the immediate days following the attacks in Sri Lanka, several governments have issued travel advisories asking citizens to exercise increased caution or defer non-essential travel. Airlines and the international airport in Sri Lanka are operating as scheduled, but increased security has been put in place so you should allow for plenty of time to arrive at the airport ahead of your flight, and expect delays when it comes to airport pick-ups. Hotels are also conducting luggage and bag checks before you are allowed in, and most will not allow curbside pick ups and drop offs.

Ultimately, the decision to travel to and around Sri Lanka during this time is yours.However, read on for some important precautions to take:

– avoid the affected areas in Colombo, Negombo and Batticaloa;
– avoid large gatherings;
– allow extra time for increased security measures at airports;
– be alert and aware of your surroundings;
– local authorities have temporarily blocked access to social media. If you are relying on social media to stay in touch with friends and family back home you may need to use a VPN service;
– stay informed of the evolving situation by keeping a close eye on local media;
– check with your country’s foreign office on the latest travel advisory status; and
– contact your travel insurance provider to enquire about coverage.

So, kira-kira ada beberapa hal penting yang kamu mungkin sudah tahu atau harus tahu sebelum berkunjung ke Sri Lanka.

01. Visa

WNI membutuhkan visa untuk berkunjung ke Sri Lanka. Pengajuan visa online sama sekali gak susah dan ribet. Kayaknya ini salah satu pengajuan visa termudah yang pernah saya lakukan. Prosesnya pun gak lama. Hanya sekitar 2 jam dari waktu pengajuan visa sudah di approve. Visa sebenarnya gak perlu di print karena petugas Imigrasi gak akan minta. Mungkin karena semuanya sudah online.

Untuk pembuatan visa Sri Lanka bisa klik link di sini.

02. Jalanan di Sri Lanka bagus dan teratur

Mungkin ada yang pernah nonton Youtube mengenai hutang Sri Lanka dengan Cina.

Nah, utang-utang itu rata-rata untuk pembangunan infrastruktur di Sri Lanka. Saya akui jalanan di sana bagus-bagus banget. Medan harus malu deh haha. Sampai ke hutan-hutan aja infrastrukturnya bagus banget. Gila….walau kalau baca berita tentang hutan mereka ke Cina sedih, sih.

03. Bahasa Inggris

Rata-rata masyarakat di Sri Lanka bisa berbahasa Inggris jadi kalau pergi ke negara ini mudah-mudahan lebih gampang karena kita bisa berkomunikasi dengan baik dan mudah.

04. Makanan dan minuman halal

Mencari makanan dan minuman yang halal sama sekali gak susah karena memang selain ada banyak sekali orang Muslim dan perkampungan muslim hampir rata-rata restoran dan cafe di sana tidak menyajikan babi di dalam menu mereka. Jadi ikan, ayam dan terkadang sapi menjadi menu mereka. Untuk yang vegetarian lebih gampang lagi karena menu ini lebih mudah di cari.

Kalau suka ikan harus coba ikan yang berasal dari lagoon. Sumpah enak parah apalagi dimakan dengan curry. The best.

05. Bawa sunblock dan pembalut

Hahaha….sebenarnya ini mungkin penting gak penting untuk saya karena sekarang sudah menggunakan mooncup untuk menstruasi tapi untuk kalian yang belum menggunakan mooncup sebaiknya bawa pembalut dan juga suncream karena emang lumayan susah mencarinya kecuali mungkin di daerah pantai tapi harganya pun mahal banget.

06. Alkohol dan Wine dijual di toko khusus

Walau alkohol bisa dibeli bebas di hotel dan restoran tapi kita gak bisa mendapatkan alkohol bebas ditoko. Hanya toko-toko khusus yang menjual alkohol. Tokonya biasanya ditutupi tirai besi hehe. Kalau gak salah ada aturan per orang hanya bisa membeli 9 botol beer/alkohol. Spesifik banget, ya 🙂

06. Alam Liar

Wisata ke Sri Lanka tentu akan melihat kehidupan alam liar di sana. Di sini kita harus lebih hati-hati dan bijaksana. Contoh ketika berkendara saya melihat pagar kawat dengan aliran listrik di pinggir jalan yang berbatasan dengan hutan semak-semak. Ini untuk menghindari binatang terutama gajah lari ke jalanan karena emang sering kali mereka melintas di jalanan umum. Selain gajah ada juga hewan lainnya yang melintas di jalanan. Untuk kami berdua ini gila banget sih, keren tapi juga emang harus extra hati-hati. Ada banyak aturan mengenai konservasi seperti hukum untuk bintang liar sampai aturan memotong pohon (bahkan ada larangan untuk memotong pohon nangka)

07. Ramah

Orang-orang di Sri Lanka beda banget dengan India. Sama-sama ramah tapi pria-pria di Sri Lanka gak ganjen haha. Ada tulisan saya tentang bener gak cowok India genit, di sini.

Di Sri Lanka mereka juga gak gila foto dengan turis. Mereka suka ngobrol dengan kita tapi gak menggangu sama sekali. Trus mereka rata-rata tahu Indonesia dan selalu mengaitkan dengan bencana tsunami yang sama-sama kita alami.

08. Pedagang Asongan

Saya paling kesel kalau pergi ke tempat wisata diganggu sama pedagang asongan atau supir tuktuk. Nah, di Sri Lanka beda. Beberapa tempat yang kami kunjungi kalau ada pedagang asongan cuma bilang “NO” mereka langsung pergi, kecuali di Galle atau Colombo. Di sini lebih berasa sih, turis banget. Jadi supir tuktuk dan pedangan asongan agak lebih ngeyel haha.

09. Moonsoon

Hati-hati memilih waktu berkunjung ke Sri Lanka karena ada 2 musim moonsoon di area yang berbeda. Jadi cek cuaca sebelum ke sana 🙂

10 Surga Untuk traveler

Hahhaa……yes, bener banget. Mungkin Sri Lanka akan jadi 1 negara favorite saya walau panasnya gak naggung-nanggung haha.

11. Mati LIstrik

Ketika musim kering rata-rata semua daerah di Sri Lanka akan mendapatkan giliran mati listrik. Beda dengan Medan yang bisa mati tanpa pemberitahuan haha, nah di sini ada pemberitahuan ke masyarakat lewat TV, koran, dan ada website yang bisa kita download list mati listrik setiap harinya. Biasanya semakin kering bulannya maka lebih lama lagi mati listrik yang kita dapat haha. Nah, kita kemaren dapat 3 jam di siang dan 1 jam di malam. Rasanya kek balik ke Medan 😉

Rata-rata hotel penginapan bintang 1-3 tidak dilengkapi genset demikian juga dengan restoran/cafe. Inilah waktu terberat haha.

12. ATM dan Money Changer

ATM ada di mana-mana dan rata-rata punya rate yang fair, demikian juga dengan money changer. Beda banget dengan airport di Bangkok yang penuh dengan money changer penipu, nah di sini ratenya cukup fair.

13. Beli SIM CARD

Kalau kamu sangat bergantung dengan signal hape sebaiknya beli sim card. Kita beli kemaren untuk 12 hari, sekitar 12 dollar. Kenapa beli karena banyak hotel yang gak punya signal wifi bagus. Ada beberapa hotel yang kita inapi wifinya kacrut banget.

14. Belanja

Jadi tadinya saya kira Sri Lanka itu kayak India yang dimana-mana ada barang-barang kerajinan untuk dibeli ehhh salah besar dong haha. Saya gak ngeliat satupun toko kerajinan tangan yang menarik jadilah kita hanya belanja bumbu masak dan teh haha.

15. Gila Teh

Orang-orang di Sri Lanka bisa minum teh 5 kali setiap harinya. Semuanya dirayakan dengan teh hitam haha. Teh mereka lebih pekat dan enak sebenarnya tapi karena saya juga bukan pecinta teh jadi agak ribet juga nyari minuman panas lain yang saya suka. Oya, saya akhirnya jatuh cinta dengan ginger beer mereka karena enak parah.

Untuk yang suka kopi, untuk sementara bakalan pusing banget nyari kopi enak haha.

So…yeah…itu dia 15 hal yang kamu harus tau sebelum berkunjung ke Sri Lanka.

5 comments

  1. Sri Lanka kayaknya menarik ya Non. Baru-baru ini ada temen kantor yang juga lagi liburan ke sana, trus beberapa bulan sebelumnya ada temen kantor lain yang juga ke sana. Jadi penasaran, haha…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s