Oh Gadget!


Ngerasa gak kalau sekarang kita sering kali diabaikan oleh orang yang lagi deket sama kita hanya gara-gara gadget?

Baca komen di atas bikin saya mikir lagi, bener gak sih selama ini saya bayar mahal untuk liburan terkadang malah sibuk sendiri sama handphone dan malahan gak perduli dengan sekitarnya. Sibuk up date foto dan bacain komen. Seneng kalau ada temen atau kenalan yang komen di akun sosial media soal liburan kita tapi……sebenarnya yah cuma segitu aja yang kita dapat.

Setiap kali liburan saya dan Matt tidak selalu beli kartu telp atau punya poket wifi. Alasan kita karena terkadang gak perlu atau emang kita ngerasa males aja kalau pas lagi liburan masih sibuk sama gadget. Saya sendiri lebih sering gak up date apapun pas liburan sampai #latepost haha. Alasannya macem-macem sih, tapi lebih banyak karena fakir wifi (saya males cari wifi kalau gak penting) trus karena liburan saya lebih seneng bisa ngobrol dengan temen perjalanan. Apalagi kalau jalannya cuma ber2, menurut saya sih sebaiknya jangan asik sendiri sampai temennya atau pasangannya dicuekin. Sumpah gak enak banget dicuekin gara2 hape.

Sebelum hape saya pecah (layarnya retak kejepit pintu mobil) saya lebih sering gak terlalu menggunakan hape pas lagi liburan. Pertama karena gak mau juga hape itu low bat sementara nanti takutnya perlu. Saya gak pernah punya power bank (mahal soalnya haha) trus kalau ambil foto biasanya pake kamera. Video pun demikian juga. Biasanya begitu sampe hotel dan abis beres-beres baru deh, saya liat-liat hape atau update Instagram. Lebih sering update setelah gak di tempat lagi karena gak terlalu suka orang lain tau dengan persis saya lagi ngapain dan di mana. Padahal gak ada yang peduli juga haha.

Karena hape saya lagi kritis (sakit begitu) saya cuma online pas lagi di restoran atau cafe buat cari informasi mengenai tempat yang mau saya kunjungi. Setelah ketemu ya udah berhenti dan biasanya saya minta tolong diisikan baterenya sama pelayan resto. Matt pun biasanya sama. Kalau kami duduk di cafe dan gak ngobrol biasanya baca buku tapi……..karena kita baca bukunya E-book biasanya yah, pake hape atau Ipad. Jarang banget yang satu kayak keasikan mainin hape doang sementara yang lain cengok! Malahan beberapa kali jalan dengan teman, hampir semuanya gak pake hapenya selama perjalanan kecuali lagi nyari informasi atau cek peta. Demikian juga istri-istri temen si Matt.

Kemaren pas lagi liburan di Luang Prabang, kebetulan kami duduk-duduk di Utopia. Pemandangannya bagus banget. Angin bertiup semilir-semilir bikin ngantuk. Setelah foto dan ambil beberapa video saya mulai baca buku sambil sesekali melihat pemandangan dan jatuh tertidur. Awalnya hanya kami berdua, ehhh begitu terbangun semua kursi malas sudah terisi. Saya perhatikan sebagian baca buku, sebagian ngobrol dengan suara pelan dan yang paling banyak mainin hape haha. Pemadangannya bagus padahal.

Jadi…..sebenarnya apakah dengan adanya hape canggih kita jadi kurang menikmati apa yang ada di depan mata? Cukup foto-foto lalu udah begitu aja. Palingan nanti posting disocmed dan malah lebih fokus bacain komen/likes daripada menikmati apa yang ada di depan mata?

Aduh….jangan-jangan saya  yang kayak begitu haha.

Advertisements

17 comments

  1. Kalau liburan jarang liat hp kecuali buat nyari jalan haha..bukan hp sih yg parah tapi semangat moto2nya ini lho..dikit2 jepret dikit2 nyari angle..kapan nikmatin pemandangannya coba…huiks

  2. Sekarang sebagian besar orang liburan bukan buat relax, tapi buat bikin status. Aku aja heran kalo ada temen gak ketemu (jauh) bawaannya chat aku melulu, tapi begitu ketemu aku – dia ngechat orang lain. Lah piye iki. Karena komunikasi tak langsung itu tampaknya lebih mudah, menulis lebih gampang daripada ngomong langsung. Ya emang bgitu sih krn kalo nulis kan ada kesempatan mikir dulu, cuman kalo kemampuan ngomong langsung ini bukannya dilatih malah makin ditinggalkan, lama2 ntar org ga bisa ngomong 😝 buat ngomong ke org install apps dulu

  3. kalau kuperhatikan memang skrg banyak yang liburan dan ke tempat wisata buat foto-foto dan kemudian pulang. makanya di Bandung banyak banget tempat yang instagramable banget dan dijudulin “tempat wisata selfie” dan masuknya bayar dong! Temen-temenku pun banyak yang ke sana unt foto-foto dan kemudian pulang. aku sendiri memilih ga ke sana karena ngerasa rugi ke suatu tempat cuma buat foto-foto 😀

  4. karena aku jarang pergi liburan, jadi kalo liburan biasanya hp ga atau jarang banget kepegang… jadi sebisanya menikmati liburan (sebenernya repot ama bocah2) :)))

    sayang banget sih ya mba, udah liburan ga nikmatin suasana malah sibuk ama gadget..buat update status hehehe

  5. kalau jalan2 hpku offline biasanya, malas kalau dia dipaksa nyari2 sinyal, tapi kalau lagi singgah di suatu tempat sengaja online dulu biar foto2nya ada tag locationnya. kalau lagi liburan, chatting/cek socmed malah jadi bikin liburan gak enjoy, aku jadi bodo amat apa yang terjadi di dunia maya. hahaha, kalau sama adek, hpku malah biasanya diakuisisi dia utk distalking,, haha..

  6. Ngerasaaa! Kalau temen deket, biasa aku kasih tahu sih. Soalnya gemes. Nggak papa kok dia nggak ngomong sama kita setelah nggak main hape, yang penting nikmatin pemandangan sekitar aja. Tapi ya gitu ya Mba. Ngga semua bisa dibilangin.

  7. Karena faedahnya berbeda di tiap orang, saya pilih memaklumi dan menikmati aja. Kalo saya untuk perjalanan pilih well prepared tapi trus situasional. Alih-alih foto pemandangan, saya pilih msndokumentasikan (apapun bentuknya) foto anak di pemandangan tsb. Buat yg BT dengan postingan saya, gampang tinggal unfollow. Karena seperti itulah juga yang saya lakukan dalam ber-medsos. Hehe.

  8. saya sempat ngedetoks gadget selama liburan ngurang2in online, beli paket data terbatas, jd ga sering2 online,, tadinya bakal berasa mati gaya, tapi ternyata engga, pasang hammock di kebun..tiap siang tiduran sambil baca novel tebal..ternyata asyik juga.

  9. Iya Non aku kalau pergi juga bergantung dengan wifi gratisan aja, alasannya supaya bisa lebih menikmati tempat tujuannya. Toh sekarang banyak wifi gratis dimana-mana, jadi nggak bakal sampai tahap “gatal” penasaran cek hape, hahaha 😆 .

    Having said that, zaman sudah berubah sih ya Non dimana tempat tujuannya aja kadang “nggak cukup”. Kalau menurutku sih selama orangnya merasa senang dan merasa “zen”, kok trus orang lain malah nge-judge? Haha 😛 . Kalau terus orangnya diam “menikmati” pemandangannya doang, tapi pikirannya jadi kalut karena “lama” gak ngecek hape, kan nggak jadi pengalaman yang nyaman juga baginya 🙂 .

  10. Aku menikmati jalan jalan mba non, tapi foto juga tetep jalan. Berhubung belum bisa bawa kamera kemana mana makanya tetep foto pake hp. Tapi ya udah, ngga langsung update hari itu juga #teamlateposf

  11. Waktu ke us aku ditegur kalo pegang hp, padahal kan cuma foto/rekam sedikit doang wkwk. Dari situ aku jadi males main socmed dan posting foto liburan langsung di lokasi liburan di ig

  12. Aku sekarang pun males pegang hp mba, hahaha tapi kalau pergi jalan-jalan terutama sama orang deket sebisa mungkin hp mah di tas aja lah nikmati ngobrol dan pemandangan sekitar aja… apalagi kalo jalan sama in-laws, karena keluarganya Pete (kecuali kakeknya haha) pada jarang main hp, jadi aku jg kurang2in hahaha

  13. Dan harus nyadar juga, kalau lagi liburan terus bentar2 upload gambar atau status yang jadi followernya harus tabah banget, secara harus ngeliat foto liburan tu orang puluhan kali dalam sehari. Well, actually this is a note for myself juga sih kalau liburan mending socmed ga usah intens dulu.

  14. Buat aku liburan itu pas banget buat digital detox. Matiin hp selama dua hari, kecuali buat nyari informasi, liat peta dan track lari. Uninstall instagram selama seminggu (yang lalu keterusan udah sebulan sekarang ga mainan instagram). Foto-foto ya masih kan ada kamera. Maksimalkan tidur siang 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s