Cara Perpanjang Visa USA Tanpa Interview


Bulan November ini VISA USA saya expired. Awalnya sempet gundah gulana karena harus perpanjang Visa tapi males terbang ke Jakarta. Saya itu paling males terbang ke Jakarta karena selalu bumpy .

Eh, ternyata untuk pemegang VISA USA untuk memperpanjang visa yang akan berakhir ada pilihan untuk tidak perlu datang ke Jakarta atau Surabaya. Semua bisa diurus dengan cara online dan dokumen (paspor dan dokumen lain) dikirim lewat FEDEX (atau kalau lokal servicenya RPX)

Gimana langkah mengurus Visa USA tanpa datang langsung ke kantor kedutaan Amerika.

Cara pertama tonton deh, Youtube di atas karena beneran bantu banget supaya ga bingung. Lanjut cek link ini

http://www.ustraveldocs.com/id_bi/id-niv-b1b2iwp.asp

Permohonan Tanpa Wawancara untuk visa Kunjungan Bisnis dan Wisata (B1/B2)

Rincian

Beberapa pemohon visa mungkin tidak perlu hadir untuk wawancara visa jika mereka memenuhi syarat untuk Permohonan Tanpa Wawancara. Apabila memenuhi persyaratan, pemohon visa hanya perlu mengirimkan dokumen yang diperlukan melalui RPX – Lokasi Penyerahan Dokumen setiap hari kerja antara jam 10:00 – 15:00. Pemohon visa tidak perlu datang sendiri untuk mengirim dokumennya. Permohonan ini membutuhkan proses selama 7 – 10 hari kerja.

Persyaratan

Untuk memenuhi persyaratan dalam permohonan tanpa wawancara, Anda harus menjawab “Ya” untuk semua pertanyaan berikut:

  1. Saya pemegang paspor Indonesia.
  2. Visa saya sebelumnya dikeluarkan dengan validasi penuh (visa B1/B2 berlaku selama lima tahun) di Jakarta atau Surabaya di paspor Indonesia.
  3. Visa AS saya masih berlaku atau habis masa berlakunya dalam dua belas bulan terakhir.
  4. Saya berusia 14 tahun atau lebih ketika visa AS terakhir saya dikeluarkan.
  5. Saya memiliki semua paspor yang meliputi kurun waktu semenjak saya menerima visa validasi penuh. (Jika jawaban Anda adalah ‘Ya’, maka Anda diminta untuk menyerahkan paspor Anda yang masih berlaku beserta paspor dengan visa AS terakhir. Anda tidak dapat menggunakan permohonan tanpa wawancara ini jika paspor dan visa terakhir anda hilang)
  6. Aplikasi visa AS saya tidak pernah ditolak dalam kurun waktu dua belas bulan terakhir. (Catatan: Semua penolakan visa sebelumnya, bahkan jika kemudian disetujui, harus dinyatakan dalam aplikasi visa DS-160)
  7. Saya tidak pernah tinggal di AS lebih dari 6 bulan dengan visa B1/B2 (meskipun Department of Homeland Security menyetujui perpanjangan masa tinggal).
  8. Saya tidak pernah ditahan atau terbukti bersalah untuk pelanggaran atau tindak kejahatan apapun, meskipun diberi pengampunan.

Cara Pengajuan Aplikasi

Jika memenuhi persyaratan diatas, ikuti langkah berikut:

Langkah 1

Mengisi formulir aplikasi visa non-imigran DS-160, silakan lihat tautan ini untuk mendapatkan panduan.

Langkah 2

Masuk ke sistem pembuatan jadwal wawancara kami dan membuat profil. Setelah itu setelah masuk, pilih “Schedule Appointment”. Anda akan mendapatkan beberapa pertanyaan yang akan menentukan apakah anda memenuhi syarat untuk memperpanjang visa melalui permohonan tanpa wawancara.

Langkah 3

Setelah melalui pertanyaan pertanyaan tersebut, anda akan diminta untuk melakukan pembayaran visa dan memasukan nomor MRF/EFT. Mohon periksa tautan ini untuk informasi seputar metode pembayaran visa. Jika anda memenuhi syarat untuk memperpanjang visa melalui permohonan tanpa wawancara ini, anda akan dapat mencetak surat konfirmasi permohonan tanpa wawancara.

Langkah 4

Kumpulkan dokumen berikut dan kirimkan melalui RPX – Lokasi Penyerahan Dokumen terdekat setiap hari kerja antara jam 10:00 – 15:00. Anda tidak perlu datang sendiri untuk mengirimkan dokumen tersebut.

  • Surat konfirmasi DS-160
  • Paspor terbaru dan paspor lama yang didalamnya terdapat visa anda yang sebelumnya
  • Satu lembar foto ukuran 5×5 cm yang diambil dalam 6 bulan terakhir. Silakan lihat tautan ini untuk persyaratan foto.
  • Surat konfirmasi permohonan tanpa wawancara
  • Bukti pembayaran biaya MRV (Tunai atau EFT)

Dokumen tambahan untuk anak dibawah 14 tahun

  1. Akta kelahiran asli.
  2. Paspor terbaru dan paspor lama milik orangtua yang didalamnya terdapat visa Amerika yang masih valid.

Langkah 5

Kurir RPX akan mengirimkan dokumen anda ke Kedutaan/Konsulat AS.

Langkah 6

Di akhir proses, kurir RPX akan mengembalikan paspor dan dokumen anda sesuai dengan metode pengiriman yang anda pilih. Jika memenuhi syarat, paspor anda akan berisi visa, jika tidak memenuhi syarat anda akan menerima pemberitahuan lewat e-mail.

Catatan Penting:

  1. Kedutaan besar Amerika di Jakarta dan Konsulat di Surabaya berhak untuk meminta agar pemohon visa diwawancara. Apabila wawancara diperlukan, staf Kedutaan atau Konsulat akan menghubungi pemohon visa.
  2. Jika telah anda mengirimkan dokumen tetapi tidak benar benar memenuhi syarat untuk memperpanjang visa melalui permohonan tanpa wawancara, aplikasi anda akan ditahan dan anda akan diminta untuk membuat jadwal wawancara biasa. Pastikan anda memenuhi syarat untuk mengikuti permohonan ini berdasarkan kriteria diatas. Kami sarankan untuk memasukan aplikasi jauh hari dari rencana perjalanan anda.
  3. Jika informasi atau dokumen tambahan diperlukan, anda dihubungi melalui e-mail atau telepon. Pastikan alamat e-mail yang anda masukan dalam aplikasi adalah valid dan periksalah email secara teratur setelah mengirimkan dokumen aplikasi anda.
  4. Anak di bawah 14 tahun yang orangtuanya memenuhi syarat untuk perpanjangan visa melalui permohonan tanpa wawancara tidak perlu membuat jadwal wawancara (bahkan jika anak belum pernah mempunyai visa sebelumnya ). Orang tua hanya membayar biaya visa dan mengajukan permohonan aplikasi yang lengkap untuk setiap anak di bawah 14 tahun bersamaan dengan aplikasi mereka. Orang tua harus menyertakan akte kelahiran asli untuk setiap anak, yang akan dikembalikan bersama dengan paspor setelah visa dikeluarkan. Sebagai tambahan, anak-anak di bawah 14 tahun yang orang tuanya memiliki visa B1/B2 yang masih berlaku tidak perlu membuat jadwal wawancara (bahkan jika anak sebelumnya telah mempunyai visa). Orang tua harus membayar biaya visa dan mengajukan aplikasi permohonan, termasuk akte kelahiran asli anak, dan menyerahkan paspor mereka dengan visa B1/B2 yang masih berlaku.”
  5. Semua pemohon visa harus memenuhi syarat untuk diri mereka sendiri. Suami-istri, orang tua, atau anggota keluarga lain yang tidak memenuhi kriteria tidak dapat memperbaharui visa melalui permohonan tanpa wawancara. Pemohon visa tersebut harus membuat jadwal wawancara biasa.
  6. Anda harus berada di Indonesia . Aplikasi tidak dapat diproses jika dikirimkan melalui pengiriman internasional
Untuk yang ingin membuat VISA USA pertama kalinya silahkan baca di sini ya. Ada panduan membuat visa USA tanpa calo.
Lalu setelah semua lengkap, kemaren dokumen saya bawa selain yang di atas adalah :
Akte lahir, rekening koran (3 bulan terakhir milik Matt dan saya pribadi), surat dari orang tua Matt (sebenarnya gak perlu tapi kebetulan sudah dibuat jadi dilampirkan saja), surat keterangan dari kantornya Matt yang menjelaskan status Matt dan saya trus buku nikah. Udah deh, itu aja.
Semua dokumen tersebut saya antar ke kantor FEDEX, seharusnya mereka bisa jemput karena kita kan sudah bayar tapi katanya kejauhan jadi ya udah saya anterin aja. Sampai di FEDEX, semua dokumen diterima dan dicek ulang. Trus kita dikasih surat keterangan dokumen apa saja yang dikirim. Gampang banget dan gratis karena sudah termasuk dengan biaya pembuatan Visa.
Kurang dari 2 kerja hari saya dapat email dari kedutaan dan kantor FEDEX Jakarta kalau paspor saya sudah otw ke Medan. Mereka gak kasih informasi apakah di approve atau enggak haha. Jadi, tetep deg-degan.
Hari ke 4 saya ke kantor FEDEX, disuruh tunggu 10 menit dan dokumen paspor saya sudah tiba. Cepet banget ya. Kurang lebih 5 hari kerjalah prosesnya. Paspor saya sudah punya VISA USA lagi.
Dari pengalaman mengurus VISA sebenarnya saya paling acungin jempol untuk USA sih. Semua proses gampang, jelas, dipermudah dan paling bikin happy walau bayar segitu tapi berlaku 5 tahun. Yah, ok emang ada deg-deg’an haha. Namanya pun minta ijin, ya.

 

Advertisements

12 comments

  1. Deg-degan sih pasti selalu ada setiap kali apply visa ya Non, hahaha 😀

    Ah, tapi asyik ya bisa perpanjang tanpa wawancara gini. Menghemat waktu dan biaya banget! Nanti cek ah, kalau apply-nya di Belanda juga bisa begini atau engga, hahaha 😀 .

  2. Mba noni,boleh nanya kan?suka baca2 blog nya,bagus dan informatif.mba,tertarik nanya ttg kista,myom dan endometriosis.skrg mba noni masih FC nggak selain yoga?kaitannya dgnnkista,myom dan endometriosis.trims sebelumnya atas jawabannya.

  3. Visa US walo susah kayanya lebih worth it daripada visa UK ya kak Non yg udah mahal, masa berlakunya cuma 6 bulan pula. Tapiii aku tetep belom berani mo apply visa US wkwkwk, ga siap kalo ditolak😂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s