Cara Mengajukan Permohonan Visa Amerika Sendiri


pic pinjem disini philanthropy.com
pic pinjem disini philanthropy.com

Mumpung masih fresh dan semangat nulis, saya pengen berbagi pengalaman mengurus VISA USA. Terus terang kalo ditanya kapan berangkat ke US-nya Non? asli saya gak punya ide tanggal berapa hahaha. Saya ngurus visa ini karena setelah menikah keluarga Matt pengen saya punya visa sehingga jika terjadi sesuatu kita bisa langsung berangkat tanpa harus geradak geruduk ngurus Visa dan beberapa temen juga menyarankan untuk punya ajalah dulu, perkara ada duit untuk beli tiketnya masa sih dalam waktu 5 taon gak ada rejeki sama sekali, ya kan?

akhirnya setelah maju mundur, saya putuskan untuk ngurusnya bulan Nov ini. Itupun setelah orang tua si Matt sangking betenya sampai ngirim invitation letter hehe. Selama ini saya selalu ngeles dokumen gak lengkaplah trus sejak berhenti kerja saya juga agak-agak gak PD mau ngurus visa. Belon lagi temen saya Wulan sampai gemes dan menawarkan diri untuk bantuin saya ngisi formulir D-160 barengan haha.

Ehh pas mau ngisi formulir, baru deh ngeh kalo nama saya di akte lahir beda sama di paspor, ktp dan juga ijazah. Daripada jadi masalah di uruslah akte baru. Sebenarnya si Matt sempet minta saya langsung ngurus ganti nama aja sih, karena nama saya kan 2 suku kata tuh, Matt bilang mending langsung aja ditambahin nama keluarga dia. Masalahnya saya males ngurus dan males juga berurusan lagi dengan departemen yang terkait. Untuk sementara ini ajalah dulu ya. Eh tapi kalau ada yang tau prosedure pengurusan ganti nama itu, mauuuu dong infonya 🙂 .

Langkah-langkah yang saya lakukan adalah. O,ya langkah-langkah ini saya ikutin dari webnya, jadi info ini copy paste hehe.

  1. Membayar biaya pengajuan visa non-imigran
  2. Melengkapi Aplikasi Visa Elektronik Non-Immigrant (DS-160)
  3. Membuat jadwal wawancara secara online
  4. Mengumpulkan dokumen-dokumen yang akan dibawa pada saat wawancara
  5. Kehadiran secara pribadi di Kedubes AS dengan membawa halaman konfirmasi DS-160; halaman konfirmasi jadwal wawancara; satu foto terbaru; paspor yang berlaku dan semua paspor lama, dan semua dokumen dokumen yang diperlukan sesuai dengan kategori visa yang anda ajukan.

01. Membayar biaya Visa turis di Standard Chartered Bank atau Permata.

Sebelum datang ke bank, pastikan kita sudah ngeprint satu form pemberitahuan dari embassy berapa biaya visa yang harus kita bayarkan. Form bisa di download di websitenya http://indonesian.jakarta.usembassy.gov/id/visas/mengajukan_visa.html .

Form ini harus dibawa karena kalau tidak, Bank tidak akan memproses pembayaran kita. Temen saya pernah dong datang ke Bank tanpa form dan ditolak  padahal sih formnya juga gak diminta ama embassy nantinya. Tujuannya sih secara dulu saya kerja di SCB adalah untuk menghindari kesalahan pembayaran Visa. Sering banget ya pemohon visa datang ke Bank tanpa tahu berapa biaya yang harus dia bayar sementara Bank tentu gak tau menau soal biaya yang seharusnya mereka bayar. Dengan adanya form ini semuanya jadi jelas dan tidak ada kesalahan baik di pihak bank atau pemohon.

Cara download form pembayaran

http://www.ustraveldocs.com/id

Yes, Non-immigrant

Pay my visa fee

Deposit slip USD 160

Print out bank Copy Rp 1.840.000

Untuk biaya visa turis USD 160 atau kemaren dikenakan Rp 1.840.000 (dengan asumsi 1 USD = Rp 12.000)

02Melengkapi Aplikasi Visa Elektronik Non-Imigran (DS-160)

Form ini bisa di download di  online Aplikasi Visa Elektronik (DS-160) . Perhatikan baik-baik cara pengisian yang benar. Misalnya aja cara menuliskan no paspor dll. Karena yang diisi banyak banget, pastikan kita selalu save dan simpan no registrasi kita. Kalaupun misalnya gak kelar, masih bisa dibuka besoknya. Kalau masih bingung dari yang saya baca-baca di sekitaran daerah jalan Sabang banyak tuh yang bisa membantu pengisian formulir + bikin foto yang bener.

Pasphoto yang diminta oleh kedutaan adalah ukuran 5X5 1 lembar tapi siapkan aja cadangan siapa tau diminta. Kalau di Medan saya buatnya di Mari Photo Jl. Setiabudi (mari photo yang gede yaa, bukan yang abal-abal). Banyak kejadian yang saya baca di forum, cuman gegara foto yang gak bener pemohon diminta untuk datang kembali atau malah ditolak. Sementara kalo di Jakarta, Embassy menyarankan ke Snappy dan Multiplus Internet Jl. Sabang. Cek disini untuk pembuatan foto http://indonesian.jakarta.usembassy.gov/id/visas/fotovisa_id.html

3. Mengatur jadwal wawancara

Setelah pasphoto 5X5 selesai di up load di formulir D-160 dan kita sudah punya konfirmasinya, saatnya untuk membuat janji wawancara dengan Embassy. Untuk yang tinggal di daerah selain Jakarta dan Surabaya emang bikin jengkel banget harus beli tiket hehe. Udahlah harga visanya aja mahal ehh harga tiket juga ikut-ikutan kurang ajar.

Caranya gimana? Login ke sistem jadwal wawancara online di http://www.ustraveldocs.com/id/ untuk mengatur jadwal wawancara, dengan klik bagian “Go to Schedule Appointment” dan ikuti petunjuk-petunjuk yang ada di situs tersebut.

Oya sekedar note aja nih, kalau misalnya kita mau bawa temen mending gak usah deh karena gak bakalan dibolehin masuk bahkan jika temen kamu itu warga negara USA. Suami/istri USA juga gak boleh masuk. Pokoknya yang boleh masuk hanya si pemohon visa. So, daripada buang-buang duit tiket yah tinggal aja temennya/pasangannya di rumah hehe.

4. Siapkan dokumen-dokumen yang harus dibawa pada saat wawancara

Setiap pemohon visa non-imigran harus membawa dokumen-dokumen berikut:

  • Halaman konfirmasi jadwal wawancara
  • Paspor dengan masa berlaku 6 bulan, tidak termasuk masa keberadaan anda di AS.
  • Tanda bukti pembayaran dari Bank Standard Chartered atau Bank Permata untuk setiap pemohon visa.
  • Halaman konfirmasi DS-160 dicetak pada kertas ukuran surat atau A4 dalam format portrait.
  • Satu lembar foto terbaru, ukuran 5cm x 5cm, dengan latar belakang warna putih. Lihat Foto Untuk Visa.
    • Apabila anda sebelumnya pernah tinggal di AS: perlihatkan dokumen yang dapat membuktikan status keimigrasian atau status visa anda, dokumen resmi dari Departemen Homeland Security (DHS).
    • Catatan kriminal/pengadilan atas setiap penangkapan atau hukuman dimanapun, walaupun anda telah dibebaskan atau telah diberi pengampunan di kemudian hari.
    • Suami/istri dan anak harus menyertakan akte kelahiran, akte nikah, dan fotokopi visa milik orangtua/suami/istri yang masih berlaku.

    Dokumen-dokumen dibawah ini adalah dokumen tambahan saja, yang pada dasarnya tidak diperlukan dalam peraturan, tetapi dengan adanya dokumen-dokumen ini dapat membantu Pejabat Konsul untuk mengevaluasi aplikasi anda menjadi lebih cepat. Harap membawa dokumen asli, jangan berupa surat keterangan saja:

    • Bukti terbaru atas pendapatan, pembayaran NPWP, kepemilikan properti atau badan usaha, atau aset; buku tabungan atau rekening koran; surat keterangan bank atau deposito;
    • Surat dari perusahaan yang menjelaskan mengenai jabatan, pendapatan perbulan, masa kerja, ijin masa cuti; dan apabila untuk tujuan bisnis, jelaskan apa tujuan anda ke AS.
    • Rencana perjalanan ke AS

Karena yang saya ajukan hanya visa turis jadi untuk yang mau req visa lainnya, coba di cek di websitenya aja ya.

O,ya karena dokumen tambahannya kurang jelas apa aja saya jadi norak dan parno dong hahaha. Yang saya bawa kemaren

akte lahir baru dan lama

rekening koran 3 bulan terakhir (3 no rekening ),

Bank Reference (bisa req di Bank tempat kita nabung, kalau di SCB dikenakan biaya Rp 50.000),

photocopy surat tanah + rumah (iyaaa, sangking parnonya saya bawa aja loh hahaha, kalo inget jadi ketawa sendiri),

invitation letter dari ortunya Matt + copy SIM ibu dan bapaknya,

surat keterangan kerja dari kantor si Matt yang menyatakan kami pasti bakalan balik ke Indonesia karena si Matt masih kerja disana + masih dikontrak,

buku nikah (penting banget),

photocopy paspor Matt,

photocopy KTP dan KK.

itinerary perjalanan karena temen saya dimintain nih itinerarynya

Sewaktu lagi nunggu-nunggu ada ibu-ibu yang lengkap banget bawaannya sampe ke polis-polis asuransinya. Sayangnya dari beberapa ibu-ibu itu kalau gak salah di tolak visanya padahal mereka ke US untuk ikutan lomba merangkai bunga.

5. Melapor ke wawancara

Jangan telat datang untuk interview karena bisa mengakibatkan duit kita hangus. Ini saya copy dari web-nya US Embassy

  • Perhatian: Prosedur Baru Penjadwalan WawancaraJadwal Jam 07:00 = Grup A
    Penerimaan Dokumen untuk Grup A: 06:30-08:30
    Jika jadwal wawancara anda untuk jam 07:00, anda masuk dalam grup A. Anda harus datang ke kedutaan antara jam 06:30 sampai 08:30. Jangan datang sebelum jam 06:30. Jika anda datang setelah jam 08:30, anda tidak akan diwawancara dan harus membuat jadwal wawancara baru.Jadwal Jam 09:00 = Grup B
    Penerimaan Dokumen untuk Grup B: 08:30-10:30
    Jika jadwal wawancara anda untuk jam 09:00, anda masuk dalam grup B. Anda harus datang ke kedutaan antara jam 08:30 sampai 10:30. Jangan datang sebelum jam 08:30. Jika anda datang setelah jam 10:30, anda tidak akan diwawancara dan harus membuat jadwal wawancara baru.

Kita bakalan menghadapi beberapa antrian sebelum bisa menghadap pewawancara 🙂 nanti saya ceritain di postingan berikutnya ya, soalnya agak panjang ceritanya.

Setelah di wawancarai, kita akan menerima surat yang isinya kira-kira seperti dibawah ini :

  • Putih, berarti bahwa aplikasi disetujui dan menjelaskan bagaimana dapat mengambil paspor anda yang sudah ada visa.
  • Hijau, berarti bahwa anda diminta datang kembali untuk memberikan informasi tambahan sebelum Pejabat Konsul membuat keputusan.
  • Kuning, berarti bahwa permohonan visa anda dikenakan proses administrasi tambahan dan kami akan memberitahu anda apabila prosesnya telah selesai. Umumnya proses administrasi tambahan selesai dalam waktu 60 hari, meskipun jangka waktu proses berbeda disesuaikan dengan keadaan dari masing-masing permohonan visa.
  • Merah muda, berarti bahwa pada saat ini anda belum memenuhi syarat untuk mendapatkan visa non-imigran.
  • Biru, apabila pengisian aplikasi tidak lengkap, anda diberi kesempatan untuk kembali dengan aplikasi yang sudah lengkap.

06. Menunggu Dan Berdoa

Setelah kita mendapatkan kertas putih yang artinya di setujui, untuk yang tinggal di Jakarta bisa diambil langsung ke kantor yang ditunjuk, sementara untuk yang didaerah kita bisa pilih option Paspor + Visa di kirim ke alamat. Saya tentu aja milih dikirim. Kamis interview, sabtu saya dapat email yang memberitahukan kalau kurir udah ngambil paspor saya dan senin jam 01.00 siang paspor udah diantar oleh FEDEX ke rumah. Untuk pengiriman visa hanya siapkan photocopy KTP aja karena kurir FEDEX akan minta KTP kita. Kalau kita kerja dan yang terima paspor orang lain maka harus disiapkan ID + surat kuasa.

Yah kira-kira gitu deh prosesnya, sebenarnya semuanya jelas koq ada di website  US Embassy. Beberapa informasi diatas saya juga copy dari webnya. Info lebih lanjut bisa langsung aja ke webnya yang tersedia dalam pilihan bahasa Indonesia dan Inggris. Semoga bisa membantu ya, untuk cerita-cerita permohonan visanya bisa cek postingan berikutnya.

http://indonesian.jakarta.usembassy.gov/id/visas/mengajukan_visa.html

Advertisements

109 comments

  1. sangat ribet sekali ya mba.. ngurus paspor aja gak gitu de kayanya 😀

    setauku ya mba, kalo mau ganti nama, ada sidang dulu di pengadilan agama..

  2. step 6 itu penting banget. hahaha. soalnya emang kadang suka2 mereka aja mau dikasih apa gak. 😛

    btw pengalaman gua pas apply immigrant visa sih istri ama anak boleh ikutan masuk. 😀

    • mungkin beda kali ya Man. Temen si Matt 2 orang nemenin istrinya urus visa di usir dong hahaha padahal orang amerika, tapi emang urus visa turis sih.

      ihh kemaren aku ama si nisa dengerin orang2 yang ditolakin visanya itu sampe bikin stress banget 😦

      • kakak gua pas pertama kali apply juga ditolak. with no reason. dia apply nya bareng bokap nyokap gua. bonyok gua dapet, kakak gua ditolak. 😛 pas tanya alesannya apa, cuma disodorin kertas aja. isinya cuma formalitas aja list apa2 yang kemungkinan bisa ditolak. orangnya gak mau ngomong apa2.

        apply kedua kali baru diterima. emang untung2an. hahaa. terutama kalo umurnya masih muda. soalnya mereka takut jadi imigran gelap kayaknya…

      • ibunya temen aku juga ditolak Man padahal anaknya semua di setujui trus yah dia jadi parno mau ngajuin lagi. trus dia juga dapet invitation dari besannya di sana tapi tetep tuh gak ngaruh. serba salah ya, emang bener sih hanya Tuhan dan yang wawancarai yang tau hasilnya. aku mau posting satu cerita pas kemaren di embassy deh, mudah2an bisa berguna juga untuk yang mau req visa

      • oh temen lu malah ibunya yang ditolak ya. padahal katanya kalo orang tua harusnyal ebih gampang. iya bener hanya Tuhan dan yang wawancara yang tau. hehehe.

  3. wah ini postingan yang ditunggu-tunggu nih, aku copy paste aja ya di print gede2 biar ntar sisa dibaca, memang lagi butuh guidance yang udah pengalaman, secara saya butuh juga nih buat visa turis walaupun cuma jaga-jaga duit juga belum cukup untuk main-main kesana.Kan visa turis yang 5 tahun kan.. lihat step nya panjaaangg ya…*tepokjidat!!

  4. horaaayyy visa sudah aman nyampe ya non..eh eh tapi aku ampe sekarang masih kepikiran cerita yang ibu2 itu lho. kok bisa kedubes amrikk gitu lhoo ampe missed kaya gitu.
    eniwei jangan2 kita berjumpa lagi pas di amrik non?? ahahahaha aminnn for that :))

    • aminnnn 🙂 kalo jumpa di US asik kali yaa tapi matt pasti stress karena entar aku ketularan kamu pengen belanja belanji hahahaha.
      iya ibu itu kasihan banget. entar aku mau posting ah ceritanya Nis :). kamu post juga tuh cerita dapetin visa us untuk bayi

  5. uhuyy semoga niatnya terlaksana ya Non, gak papa kalo tiketnya mihil yg penting duit bayar tiketnya ada. Gak papa harus ke zoo, kan yg penting zoo di ameriki, gak papaaaa Matt sambil kerja, yang penting kau panjangkan kakiii ke sanaaa

  6. mau ke Amrik? asoy beneurrr… aku melu mak, aku meluuuu!! #halah

    etapi baca ngurus visa nya aja kok siwer yak, harus punya banyak waktu untuk urus ini itunya. tapi kalau dijalanin sih seru2 aja ya. belom lagi tiket pesawatnya yang mihil bingit 😐

  7. non, share info: tiket ga perlu beli dulu kok, cukup minta travel agent buat bukti bookingan pesawat seolah olah mau pergi bulan depannya, print out dari email juga berlaku. itupun belum tentu dilihat sama yg wawancara. tamb: pasfoto diatas kertas gloss. lalu kalau udah pernah punya visa US sebelumnya, buku paspor yg ada visa lama dibawa, itu membantu banget. dan kalau visa belum habis masa berlakunya jangan mengajukan dulu, bakalan ditolak. umumnya sih kalau si pewawancara lihat pp sdh banyak stamp ga tanya macem2, bahkan dokumen tambahan yg disiapkan termasuk bank acc ,booking tiket dll dilihat aja enggak..mba masih inget banget, sbb April lalu baru minta visa 🙂

    • aku juga belon punya tiket samsek mba Fe hehe, soalnya emang ada di web katanya gak perlu beli tiket dulu, lumayanlah gak hangus juga kalo gak disetujui. thanks infonya mba, aku juga agak2 bingung kalo semisal visa kan berlaku lebih lama dari paspor kita gimana ya? pas mau ganti paspor gitu, visanya digimanain mba Fe?

      btw…thanks infonya, semoga membantu yang laen juga.

      • ya terpaksa bawa paspor dua duanya, biasa imigrasi jepret 2 pp jadi satu kalau lihat ada visa yg masih berlaku. info lagi: visa US juga sakti lho utk pengajuan visa ke negara2 lain. bahkan sekarang ke mexico ga perlu bikin visa kalau punya visa US (dulu gratis ke Tijuana doang, selebihnya harus punya visa Mex) 2009 mba hrs minta visa Mex, 2011 udah ga perlu. guatemala,el salvador walaupun harus minta visa, kalau punya visa US pasti dapat.

      • horeeee asik kalo gitu agak lega aku mba, soalnya semenjak resign dari kantor berasa gak PD mau buat visa. Mudah2an si visa “sakti” ini bisa kerja deh hehe. ohh ke mex skr gak perlu lagi ya, si matt pengen ke sana tapi dia takut di “jual” sama gank2 hahaha.

        mbaaa Fe, aku ikut kamu dong jalan2.

      • heheee…iya loh..mexico asik loh…apa2 murah dibanding US..skrg ga usah visa khusus kalo udah punya visa US. free ga pake VoA juga. Matt pengang pp US kan? ya dia free ke Mex. jadi kapan nih ke Mex? Mba suka Mex buat transit kalo ke selatan2 sana, capenya luar biasa kalo langsung ke Selatan..bisa 48 jam dari Indo ke Lima atau B Aires. Flight kesegala arah ada di Mex.

      • Noni, mba tinggal dan kerja di Jakarta, jalan2nya cara murah lho…bukan mewah2an, nanti mba ajari cara nyusun itinerary yg murah, pasti deh asik punya heheee..

      • Non, mba baru ke Laos lebaran kemarin. nah ke Myanmar nanti tgl 28, beli tiketnya udah lama sih..pas dapat murah. Asia mba udah semua kecuali Maldives sama Bhutan. mau ikut?

      • iya betul banget….bhutan mahal di visa, alternatifnya ke Nepal aja mirip2. maldives sih full water attraction, cocok buat honeymoon doang..mahal di charter transportnya..engga deh..

    • Mau tiny nih, aku pernah pny visa us tp itu udah dr thn2006 lalu n krn ada renovation rmh wkt itu, aku pikir hilang pasportku jd aku apply lg dgn pake Surat dr kepolisian segala, dan untungnya ya aku msh pny foto copy passport aku yg ada visa us nya itu. Kalo seandainya aku apply American visa lg dgn menyertakan visa aku yg lama yg udah aku temuin, kira2 bisa ga yah? Tolong di info donk kalo ada yg pny kejadian yg sama dgn aku. Thanks a lot yaaaa kawan2.

  8. Nambahin boleh khan Non? Buat yang pakai jilbab, ngga perlu lepas jilbab buat foto visanya, tapi pas foto dipastikan bentuk muka kelihatan semua. Biasanya disarankan jilbab ditarik ke belakang, mirip kayak foto paspor juga sih.

  9. Belum pernah sih apply visa ke US. TFS Non! Bisa buat bahan inget-inget nanti kalo mau apply, entah kapan itu, apalagi yang pertanyaan jebakan itu ya. Baru tau lho aku.

  10. Wooow ribet yah kak Non.. Huhu semoga bisa ada rejeki deh biar bisa ke US hehehe.. Thanks for sharing kak Non, aku juga langsung copas nih kalo2 someday dibutuhin hehhehe.. 😀

  11. Ngomong2 soal visa amrik adek ku baru aja ditolak pas september kemarin gara garanya sih katanya dia belum lama kerja…apa coba? namanya pengen jalan2 dan punya duit asal mampu mah kenapa jg musti alesannya harus lama kerja di suatu tempat…aneh. Eh tapi, semoga dilimpahi rejeki ya non semoga kalian berdua bisa ke US ! 🙂 supaya nyokap nya Matt bisa liat mantu hihihi

  12. Tapi ada baiknya lgs dipake non visa nya, ada yg punya pengalaman punya visa udah lama di approve di paspor tp gak berangkat2 dia nya, di imigrasi bandara ketibaan lumayan dimasalahin tuh…..tau sendiri kan petugas imigrasi di amrik ajaib2 :))

    • rencana kita des or paling telat feb udah berangkat kesana nih Feb, si Matt lagi nyari2 tiket sama waktu dia bisa cabut dari kantor. Ada banyak orang TV dari NatGEo + tv2 dari yurop yang ngeliput mereka dan bikin film soalnya, panik dia ngurus ini itunya huhuhu. Ehh tapi doain deh itu tv2 berhasil bikin film, biar terekspos OU di sumatera ini

  13. Wah penting banget nih infonya.. Walau belum ada rencana ke US, kali aja suatu saat butuh hehe thanks atas infonya mbaa.. Semoga lancar ya rezekinya jadi bisa pulkam ke US 😉

  14. Hmm klo sudah menikah dng warga amerika knapa cuma applied tourist visa aka non immigrant? Seharusnya mengajukan visa K3 fiancee visa , krn akan lebih mudah , dan gak perlu invitation letter for sponsor , jadi suami mengajukan dan menanggung ke NVC sehingga dpt GC.

  15. Hi..
    Thanks untuk infonya yaaa. Aku rencana mau apply visa bulan depan. Kalo trip ke USA nya disponsorin orang lain, berarti yg perlu dibawa bank statement orang tersebut dong?
    Invitation itu perlu dilampirin ya?

  16. non aku mau nanya 2 soal ini, kok panjang ya, kita whatsapp an aja or bbm ? lagi nervous nih belum urus visa..sudah parno duluan ….

    • hahah boleh2, aku pernah kasih no WA aku kan ya? BBM gak punya siti.
      gak usah nervous, serius ini. dulu aku ngerasa kayak kamu juga plus aku ketakutan karena aku gak kerja lagi ehh Alhamdullilah di approve koq. yakin aja dapet hehe

      • okay soalnya baca postinganmu saya jadi nervous, saya mesti bawa sertifikat rumah juga sekalian? surat dari kantor juga? bahwa saya karyawan distu? sekalian aku kasih kartu nama biar mereka percaya kali ya..wkwk.. kalo invitation letter dari mertuamu gmana sih isinya, biar aku minta sama mami nya MB juga buatin sama SIM nya juga sekalian……….saya mau buat di surabaya nih, sehari sebelum wwncara saja kan sy kesana dan setelah wwncaranya sudah bs balik mks……..addoh ribet yaaa

      • invitation letter itu isinya ditujukan ke kedutaan di jkt. Mereka tulis kalau mereka invite aku ke US dan selama di US aku bakalan tinggal dengan mereka, visit keluarga dan temen ke chicago, Indiana dan st louis trus ibunya Matt juga jelasin kalo anaknya kerja di medan dan kita pasti balik ke Indo karena matt masih kerja. Nah itu suratnya dittd trus dilampirin sama simnya dia dan kita bawa deh. Ibunya Matt kirim jg ke kedutaan di Jakarta tapi gak tau deh mereka notice atau gak haha. mending bawa aja.

        soal surat rumah itu kan aku parno ya, daripada2 aku foto copy aja dan bawa. tabungan juga aku bawa deh 3 bulan terakhir dari 3 rekening yang aku punya. padahal kan aku statusnya istri yang gak kerja hihihi.

        trus surat keterangan dari kantor si Matt yang menerangkan Matt tugas di kantor tsb dan aku bener istrinya dan semua biaya perjalanann kemaren dibiayai oleh Matt/keluarga mereka dan dipastikan kami balik ke Medan.

        surat nikah foto copy dan bawa yang asli

        bikin itinerary selama 2 bulan kamu mau ngapain aja. ngarang ajalah. Aku bikin kemaren detail sih ihihihihi. Kebiasan bikin itinerary sih.

        semua dokumen2 kamu pastikan namanya gak beda sama pasport.

        Mr. Big gak usah ikut karena percuma gak boleh masuk.

        entar deh aku tanya si Matt masih ada gak ya invitation letternya, kalo masih ada entar aku kirimin ke kamu 🙂

        yang pasti santai aja, besar kemungkinan di approve koq karena kita punya suami WN US. Kan itu dilindungi hukum kalo mereka harus kasih kita visa haha.

        trus kalo ditanya2 pastikan jawabannya pasti dan yakinkan mereka kamu gak stay disana, mereka suka main2 sama pertanyaannya soalnya. menjebak gitu

      • okay aku email ya.. skrg.. iya lagi mencatat nih apa apa saja.. itu kalau di approve or di tolak duitnya tetap dibyrkan gak bs ditarik lagi yaa.. belum ke sby nya belum nginapnya..

      • haha iya 😦
        di Surabaya cari penginapan di deket Ciputra aja, soalnya kantornya udah didaerah sana tuh. Nginep di B&B ajalah biar gak teruk di ongkos haha. Insya ALlah di approve

      • wah dirimu kan bertahun tahun di surabaya kan, berilah petunjuk nanti ya, aku belum cek alamat lengkap kedutaan di sby nih.. di sby pasti yang antri lumayan dikit dibanding jkt..ongkos tiket ke sby jg lebih murah dri mks dibanding k jkt..

  17. Non mau tanya dong, saya punya paman warga negara amerika dia paksa2 saya suruh nyusul kesana tepatnya di Miami, Florida dan mereka mau kirim seperti invitation atau semacamnya yg menyatakan kalau mereka akan menangung semua biaya disana, tempat tinggal, transportasi dan segala yang dibutuhkan. nah! masalahnya tabungan saya hanya gajian kantor sebelum ketemu gajian lg udah sisa2 fahamlah ya mba.. hehe.. waktu wawancara apa perlu dilampirkan reference bank mba? kalau masalah visa saya sih setuju tuh krn waktu visa 5 tahun kita bsa nabung sebelum brangkat.

    • perlu 🙂
      aku sih lengkapin semua dokumennya termasuk jumlah duit yang kita punya hehehe. soalnya mereka mau lihat kita punya dana atau
      enggak untuk kesana. tapi ada juga cerita temen aku yang cuma punya duit pas2an lewat tuh disetujui pergi dengan istrinya (istrinya wn US)

  18. Assalamualaikum dan selamat siang mba. saya mau tanya, saya rencana nya mau apply visa 1 keluarga ke us. Apakah pada saat pembuatan wawancara harus individual atau kepala keluarga yang membuat jadwal wawancara nya. Trims

  19. halo kak noni… mau tanya nih. aku pertama kali apply visa US dan belum pernah ke luar negeri sebelumnya. Dengar2 dari beberapa teman kalau mau approve visa nya minimal kita udah ke luar negeri sekali misalkan ke negara tetangga. Apa sulit untuk visa sy di approve sm US Embassy karena hal itu? Rencana sy mau ke US karena ortu cwo ku mau ketemu, sebelumnya cwo ku udah datang ke Indo waktu bulan jan 2015 ketemu sy dan keluarga. Gmn menurut kak noni? Apa ada dokumen2 pendukung yg bisa membantu VISA sy di approve selain invitation letter dari ayah cwo ku?

  20. Mba,minta tlg donk,sy Vinda,sy marry with citizen of America..sy sdh dua kali ditolak ajaib visa nonimmigrant..pdhl sy kesana ha pindah cm 2 tau 3 mggu,cm Mau ktm sm keluarganya..trus sy disrh apply immigrant koq Mba bisa ya?sedangkan sy ga bs?st bingung jdinya Mba..tks

  21. Hi mba Nonik, saya 2 ajukan Visa non Imigrant di Tolak , dan yang saya baca Max mengajukan Visa Non Imigrant adalah 3 kali. maksudnya 3 Kali dalam 1 Tahun apa untuk seumur hidup yah?
    ingin mengajukan lagi takut di tolak…apa sebaiknya buat Visa Tunangan saja ?

    susah2 ngampang buat Visa Amerika, biar ada sponsor di Sana juga belum tentu menjamin akan mendapatkan Visa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s