Sausalito House Boat San Fransisco


Sausalito San Fransisco

Gimana rasanya tinggal di rumah-rumah kapal?

Emm sejujurnya saya lumayan penasaran. Gimana rasanya setiap hari tinggal di kapal trus pas turun ke daratan bakalan goyang-goyang gak, hehe. Soalnya kalau saya turun dari kapal biasanya bakalan ngerasa goyang-goyang terus selama beberapa saat.

Sausalito adalah sebuah tempat (pulau) di San Fransisco. Ada 2 cara ke tempat ini. Bisa melalui kapal Ferry (seperti yang kita lakukan) atau naik kendaraan (mobil, sepeda atau jalan kaki) melalui Golden Gate. Semuanya sama serunya,  walau temannya Matt menyarankan kita sewa sepeda aja. Kita tentu saja pilih naik kapal ferry karena sudah tau kalau naik sepeda yang ada bakalan tepar.

Sementara, houseboat  sebenarnya kita gak rencanain ke tempat ini. Setelah keliling di kota Sausalito ternyata kita masih punya banyak waktu sehingga cari-cari informasi tempat wisata lain di sana. Houseboat termasuk yang direkomendasikan. So, yah kita cari deh tempatnya. Lumayan jauh dari kota. Kalau naik Grab sekitar 7 dollar tapi kemaren kita perginya jalan kaki karena sambil liat-liat, baliknya yang naik Grab supaya gak ketinggalan kapal ferry.

Sausalito San Fransisco
Sausalito San Fransisco
Sausalito San Fransisco
Sausalito San Fransisco

Melihat perumahan di atas air buat saya sebenarnya bukan hal baru. Kalau lagi main ke Kalimantan kita juga bakalan lihat pemandangan seperti ini bedanya……..kalau di sini bersih banget dan hampir gak berbau amis walaupun mereka tinggal sama-sama di atas laut.

Perumahan kapal di Sausalito sebenarnya tidak dibuka untuk umum soalnya kan emang perumahan pribadi. Beberapa turis yang saya jumpai hanya memotret dari pinggir jalan atau pelabuhan. Untuk masuk sebenarnya tidak ada penjaga atau retribusi tapi entahlah hampir semua orang tidak ada yang berani menerobos masuk ke dalam gang-gang kecil tersebut.

Sausalito San Fransisco
Sausalito San Fransisco
Sausalito San Fransisco
Sausalito San Fransisco
Sausalito San Fransisco

Pas lagi tingak tinguk di depan gerbang sebuah gang, eh ada ibu-ibu dari parkiran baru selesai belanja tanya ke kami kalau mau masuk ke dalam. Dia bilang kalau ditanyain beritahu aja kamu tamu saya. Tidak hanya memperbolehkan masuk, beliau juga mengajak kita ngobrol seputaran rumah-rumah di sana.

Jadi rata-rata penduduk di houseboat ini sudah tinggal cukup lama. Rata-rata nelayan tapi saat ini ada banyak profesi yang tinggal di rumah-rumah tersebut. Ada banyak sekali artikel travel dari Guardian, BBC, dll yang menuliskan tentang houseboat di Sausalito. Sebuah artikel bahkan menulis tentang tinggal di houseboat Sausalito untuk berlibur.

Sausalito San Fransisco
Sausalito San Fransisco
Sausalito San Fransisco
Sausalito San Fransisco
Sausalito San Fransisco
Sausalito San Fransisco
Sausalito San Fransisco
Sausalito San Fransisco
Sausalito San Fransisco
Sausalito San Fransisco

Kalau penasaran pengen tinggal di rumah-rumah kapal ini sebenarnya ada beberapa airbnb yang saya baru tahu menyewakan rumahnya. Tau gitu kemaren nginep semalem di sini hehe.

Tadinya saya sama Matt mikirnya rumah di sini murah ternyata mahal cuy haha. Yah tergantung kondisi rumah, lokasi sih tapi rata-rata lumayan mahal trus setiap tahunnya mereka juga harus bayar kayak biaya parkir gitu. Saya lupa berapa pertahunnya tapi cukup mahal juga (ok, mikirnya pake rupiah)

Yang paling lucu karena rumahnya rata-rata di atas laut jadi di depan gerbang mereka punya sederetan kotak pos yang digambar lucu-lucu. Sumpah gemes. Trus ada juga yang bikin taman di dekat parkiran motor. Aduh pokoknya main ke sini itu sebenarnya lucu-lucu gimana gitu karena kan rumahnya rata-rata imut, didandanin super cute dengan warna warni mirip permen dan mereka juga suka banget tanam tanaman di depan rumah jadinya menggemaskan pengen foto disegala sudut haha.

Sausalito San Fransisco

Sausalito San Fransisco
Sausalito San Fransisco
Sausalito San Fransisco
Sausalito San Fransisco
Sausalito San Fransisco
Sausalito San Fransisco
Sausalito San Fransisco
Sausalito San Fransisco
Sausalito San Fransisco
Sausalito San Fransisco

Advertisements

11 comments

  1. aq gemas gemas gemas sekali… mbak non beruntung banget yah bisa masuk ke dalam tempat tsb, kl buat aq tempat seperti ini enak buat ditinggalin akhir pekan aja deh, tenang banget tempatnya sepertinya

  2. tempatnya lucuuu! kayak bukan di amerika (sok tahu deng) tapi kalau nggak tinggal di sana gak boleh masuk kompleknya ya hmmm.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s