Puasa Instagram 7 Hari


 

Pixabay

Sesuai dengan judulnya minggu lalu (tepatnya 1 hari sebelum Idul Adha) saya memutuskan untuk detox/puasa main Instagram. Sebenarnya gak 100 % sih puasanya karena saya masih posting (posting doang) di feed IG (kantor) untuk kerjaan. Sementara untuk IG pribadi @nyonyasepatu beneran selama 7 hari itu gak disentuh.

Sebenarnya tidak ada rencana buat detox IG. Kepikiran pun enggak, cuma gak tau pas malam takbiran itu saya kayak “Ok, aku mau stop beberapa hari. 7 hari deh. Kalau gak sanggup yah batal” dan langsung berhenti. Temen saya yang tadinya lagi chat di DM IG pun terpaksa pindah ke WA.

Online di IG sekarang untuk saya emang menjadi-jadi, sih. Begini, sejak ada fitur DM trus bisa kirim-kiriman foto pula bahkan bisa telp-telp’an yang ada saya jarang banget online di WA. Apa-apa ngobrol di IG. Padahal IG saya gak di set pakai Notif. Kebayang dong, betapa seringnya saya online di IG. Bengong dikit buka IG. Baru bangun tidur atau mau tidur pun mainin IG. Ada waktu-waktu saya konsen banget sampe mata mau copot karena nonton video kucing dan tanaman. 2 hal yang paling sering saya tonton hehe. IG gosip-gosipan Alhamdullilah gak ngikutin.

Gara-gara IG juga saya bisa ya lagi nonton film, baca buku, ngerjain kerjaan di laptop berhenti trus mainin IG dan lupa sama niat awal. Lama-lama kek keganggu juga sih. Perhatian saya kesedot ke situ mulu. Belon lagi yang lain-lainnya haha. Saya jadi tau semua kegiatan orang-orang yang saya follow. Semacam otak saya memproses informasi tiada henti hihi. Oya, itu belon lagi kalau ada temen atau saya sendiri yang nantinya membagikan satu postingan dan berakhir dengan ngobrol (baca gosip). Seru…..tapi lama-lama saya lelah juga haha. Lelah untuk tau semua yang dilakukan orang-orang yang saya ikuti. Penting pun tidak untuk saya, cuma suka πŸ™‚

So, karena ngerasa sudah kebanyakan dan terlalu sering mainin IG, saya memutuskan untuk puasa 7 hari. Awalnya saya pikir bakalan berat banget nih secara saya kan semacam kecanduan sebenarnya. Hari pertama masih kepencet-pencet buka IG kalau pas buka hape. Semacam otomatis gitu haha. Cuma belon sempet kebuka udah saya tutup lagi. Hari kedua sampai hari ke 4 lancar jaya. Saya gak rindu, gak kepengen buka, bahkan gak nyari-nyari. Hari ke 6, nah….di sini godaan datang karena pengen belanja online haha. Untungnya saya pikir sudahlah nanti-nanti aja. Hari ke 7 bahkan sampai hari ke 8 saya lewati dengan biasa banget. Hari ke 8,5 buka IG untuk posting dan ngerasa aneh.

Selanjutnya sampai saya buka tulisan ini beneran kayak saya main IG sekarang kalau lagi bengong aja. Saya gak kayak minggu-minggu kemaren yang matanya ampe mau coplok. Bengong dikit buka IG. Sekarang kalau bengong tetep buka hape karena saya punya applikasi untuk baca buku online di @GramediaDigital.

Yang paling bikin saya berat kemaren-kemaren kan suka banget tuh mainin Insta Story. Gak ada postingan pun bakalan deh saya cari-cari supaya bisa posting. Sekarang walau ada bahan untuk diposting saya kayak ngerasa yah udah lewati aja. Gak penting juga. Trus…dulu kalau dikasih temen sesuatu ada perasaan mau gak mau mesti posting utk bilang terima kasih. Sekarang yah lewat aja. Walau dikasih makanan, baju, dll, saya sih gak perlu posting-posting lagi haha. Duh……ternyata enak juga ya.

Cuma……namanya juga sempet kecanduan, saya gak bakalan pasti sih bisa kayak begini trus. Jangan-jangan besok udah mulai kecanduan lagi dan punya istilah “Memasuki waktu MedanΒ  nonton kucing dan tanaman dan lain-lain”

 

Advertisements

46 comments

    • Hihi kalau Twitter aku buka kalau ada notif aja atau pas lagi iseng. IG nih yang beneran kecanduan. Skr udah biasa aja juga ama IG tapi masalahnya temen2 aku lebih suka ngobrol lewat IG skr

  1. entah kenapa aku malah belom bisa puasa instagram. soalnya kaya “nanti aku ketinggal materi” seru dari influencer yang aku folow. materi video IG stories 15 detik kadang berguna banget saat aku lagi butuh.

    soalnya kalo lagi bengong dan kesepian, yaa mau gak mau kaya jadi buka medsos. sampe keterusan, eh udah sejam aja… nirfaedah banget huhuuu. semoga bisa mengikuti jejak bisa detox medsos yaa.

  2. Hahaha Instagram emang racun ya mba buat belanja online, tp makin lama makin berani bertahan tanpa buka IG cuma gara gara pengen hemat baterai hp (dan kuota), berasa nontonin IGS orang orang batere berkurang cepet πŸ˜”

  3. aq juga merasa udah keseringan buka ig mbak non, tapi gak igs tapi seneng banget buka explore, random aja buka2 ig siapa gitu.. mudah2an bisa ngurangin juga

  4. Muda2han bisa ngurangi juga buka ig ..walau cuma buka sekedar aja lht2 igs nya temen2,alias kepo..hehehe..knp cuma bentar2 lht ignya karena menghemat koata..hehehehehee.. masih lebih banyak aktifitas di wa sich.

  5. Wah aku malah hari ini login IG lg di browser dan DENGAN SUKSES membuang waktuku berjam-jam ngeliatin yg gak manfaat gak manfaat. Awalnya cm mo belanja sesuatu aja tp kok malah lost focus kemana-mana

  6. aku baca postingan ini baru nyadar 3hari ini gak main ig 😁 bukan puasa sih tp krn kondisi tensi darahku yg turun ke 80/45 jadi lemes tak berdaya πŸ€ͺ aku kan di ig-nya rata2 belajar yoga dari ig yoga challenge, jadi pas lemes gak bisa perform upside down yoga ya gak buka ig dulu 😁

  7. Tempo hari aku puasa FB dan IG juga mba dan rasanya enak sekali hahaha, setidaknya otak dan mata engga perlu melihat hal-hal ga penting. IGnya sekarang sudah aktif lagi tapi jarang lihat feed, lebih sering ke IG storynya langsung haha. Kalau FB udah jarang banget dilihat.

  8. aku kalo weekdays jarang buka IG, paling pas mau tidur. tapi kalo weekend bisa dari pagi udah buka. tapi cuma liat liat jastip an sih..hahahah… kalo akun gosip aku juga jarang dan hampir ga pernah buka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s