Nikah Muda


Pixabay

Nikah muda?

Pernikahan dini pasti bukan hal aneh untuk kita ya. Sudah ada sejak dulu. Matt sempet kaget sewaktu tinggal di hutan dulu ada satu suku yang tinggal dekat dengan gunung yang sudah menikahkan anaknya begitu dapat mens. Umur 17 thn anaknya sudah 2 menjelang 3. Bayangkan ๐Ÿ™‚

Untuk saya pribadi karena ada beberapa temen-temen saya yang langsung menikah begitu selesai SMA atau ada juga yang hanya menyelesaikan D1 dan D2 langsung menikah. Makanya di umur saya saat ini, sudah ada beberapa teman yang anaknya sudah berumur 22 atau 23 tahun.

Dan gak heran juga kalau lagi ngonbrol-ngobrol ibu-ibu dengan umur yang tanggung itu (40an masih muda tapi anaknya sudah kuliah haha) bahasannya adalah soal anak-anak mereka. Anak laki-laki ataupun wanita. Rata-rata kalau cowok bikin emaknya deg-deg’an karena begitu kelar kuliah si pacar sudah minta dinikahin. Lah, anaknya aja belon kerja. Kalau yang cewek, nah ini bikin saya lumayan kaget koq yah, rata-rata punya cita-cita pengen nikah muda.

CITA-Cita = Nikah Muda

Gak salah sih, hanya kaget. Boleh dong!

Ibu-ibu mereka aja kaget. Kata mereka koq yah, cita-cita kawin muda. Mungkin (ini teori mereka) karena melihat ibunya masih muda (badan masih ok, masih kuat, masih cantik) trus anaknya sudah umur 20an jadinya bikin mereka pengen kayak si ibu-ibunya. Padahal hampir rata-rata ibu-ibunya nyesel dan pengen anak-anaknya gak buru-buru nikah. Maksutnya dunia sudah segila sekarang ngapain cepet-cepet nikah. Ada banyak hal yang bisa dilakukan. Kenapa pengen langsung nikah, punya anak, ngurus keluarga? kenapaaaaa????????????

Lah iya, kenapa coba?

Advertisements

62 comments

  1. mungkin persepsinya beda-beda, ada yang ingin nikah muda karena ujung2 nya nikah ya mending nikah cepet aja haha,
    dan ada yang ga ma nikah muda karena ada cita2 masa muda yang belum tercapai

  2. dulu aku kepikiran pengen nikah muda efek nonton gilmore girl!! hahahaha untung juga sih ga kejadian, karena kebayang sebenernya aku dulu ga siap buat nikah

  3. dari melihat temen-temen yang menikah muda di sekitar aq tuh, jarang yang benar-benar menikmati pernikahan muda-nya itu lebih banyak yang nyesel sih, karena mereka bilang ternyata yah kehidupan setelah pernikahan tidak seindah bayangan dan ujiannya lebih diluar dugaan..

  4. Ada temen SD ku yang sudah punya cucu lho Non. Jadi pas lama ga ketemu, trus aku lagi pulang ke rumah ortu, kami ketemu di pasar. Dia gendong bayi kupikir anaknya. Begitu dibilang itu cucunya, langsung glekk!. Waktu itu aku sekitar umur 32 dan belum nikah. Tapi aku ga heran sih, lingkungan tempat aku dibesarkan memang pada sudah terbiasa menikahkan anaknya setelah lulus SD. Jadi pas umur 30an sudah punya cucu karena anak2 mereka pun nikah dini. Turun temurun nikah dini. Kalau aku memang dari dulu punya angan2 pengen nikah minimal umur 30. Eh kebablasan sampai umur 33๐Ÿ˜… tapi gpp, sudah dapat apa yg dicita2kan sebelum nikah.

    • Udah dari dulu begitu ya Den, jadi yah susah juga. Plus skr kayaknya liat selebgram2 yg nikah muda jadi tambah bny yg pengen juga. Gpp sih selama kita siap dan gak nyusahin orang lain

  5. Kalau aku balik lagi ke alasan (atau cita-cita) menikah apa?! Misal alasan untuk ibadah atau menghindari zina. Tentu patut diapresiasi. Karena tidak semua manusia bisa menahan hasrat birahinya. Kalau pengen seperti ibunya tapi sebenarnya ibunya menyesal. Menurutku perlu ada edukasi intensif ke anaknya soal ini. Pernikahan muda jaman sekarang beda dengan jaman dulu (kita gak bahas udah hamil duluan ya). Yang saya lihat, menikah muda jaman sekarang karena sudah siap / disiapkan orang tuanya. Baik bekal moril dan materil. Alhamdulillah, rezeki mereka berarti. Setahu saya dalam Islam, menikah disarankan usia 21 tahun, karena otak dan reproduksinya dinilai sudah baik dan jejeg. Namun rezeki jodoh tiap orang berbeda, maka tentu gak semua orang bisa nikah muda *pendapat pribadi saya.

    • Sejauh siap dan gak nyusahin orang lain terutama orangtuany sih menurut aku jg gpp. Kemauan mereka kan, siapa yg bisa berhentikan. Masalahnya ibu2nya aja keberatan karena berkaca ke pengalaman pribadi. Sebagian temen aku itu pendidikannya sampai S2 tapi kata mereka ada sesuatu yg hilang makany maunya anak2 mereka ya happy2 dulu. Kerja, ketemu bny orang, baru deh nikah.

  6. Bener mba non, banyak bgt temen2 seumuran saya (*saya 22thn) yang udah panik karena belom nikah. Whaaaaat hahaha..

    Makanya temen2 saya pada melotot kalau sy bilang pengen nikah umur 27 atau 28.

  7. Lama nggak baca2 blogmu Mbak Non.. hehe..

    Anak2/ remaja2 ini mungkin butuh pengakuan atau ikut2 selebgram idolanya biar couplegoal kali ya.. ๐Ÿค”
    Padahal secara usia mental mereka banyak yg belum siap..

  8. Salam kenal mbak non……aku termasuk nikah muda , 21 tahun, umur 23 tahun menjadi ibu. Sekarang si sulung sudah 17 tahun. Tidak ada penyesal mendalam sih. Gak tau kenapa si kakak juga bilang pingin seperti mamanya, nikah muda. Bukan masalah juga kalau buat saya pribadi, asal dia bertemu dengan orang yang tepat . Maka saya bilang jadilah wanita yang baik insyaAllah nanti bertemu dengan orang baik pula. Ini sekedar sudut pandang yang agak “lain ” ya mbak.

    • Alhamdullilah kalau semuanya lancar2 aja. Di circle aku rata2 semuanya menyesal dan ada banyak drama. Gak semuanya sih, dan ini bikin ibu2 mereka khawatir. Menurut aku selama mrk siap, gak menggangu orang lain, bisa bertanggung jawab sama pilihannya yah silahkan aja. Masa dilarang

  9. Setiap orang persepsi dan keinginannya beda-beda ya Non ๐Ÿ˜€ . Baiknya sih sudah tahu konsekuensi dari keputusan mereka itu, jadi nggak “kaget” ketika sudah dijalani ๐Ÿ˜€ .

  10. Jangankan di Indonesia, di tempat saya tinggal di negara bule,banyak tuh bule saat umurnya udah 20 atau 22 udah pada hidup bersama. Saya juga heran, kenapa sih banyak orang yang pengen nikah atau hidup bersama terus memutuskan untuk punya pasangan tetap ? Buat saya pribadi usia untuk menikah buat yang perempuan umur yg pas minimal 27 tahun kalo yang untuk laki-laki minimal 30 tahun. Harusnya kan setelah selesai sekolah/kuliah/kerja ya nikmati hidup aja dulu. Enjoy my life istilahnya. Sambil milih-milih orang tepat untuk dijadikan pasangan. Nyari orang yg tepat itu kan butuh waktu lamaaaa…banget….
    Dulu saya kenal sama suami saya saat usia saya 27 sedangkan suami umurnya 35. Hubungan jarak jauh kami jalani 3 tahunan jadinya ya nikah waktu saya umur 30 terus suami 38. Buat orang bule sendiri umur 35 belon pernah nikah dianggap agak gimana gitu lho sama orang sekeliling. Kalo buat saya pribadi malah itu usia yang pas buat hubungan yg serius. Pacar saya sebelumnya orang indo dulu juga pernah ngajakin saya nikah dengannya saat saya umur 24 dan doi umur 27. Kami dulu satu kantor. Buat saya sendiri sih umur doi yg 27 udah ngajakin nikah aduuuh muda banget.Nggak lah.Buat saya kepikiran juga nggak buat nikah muda. Setahu saya orang kebanyakan tidak pernah memikirkan apa yang namanya resiko di dalam kehidupan pernikahan, makanya pada asal aja kawin muda; yg akhirnya nyesel.

    • Menurut aku gpp nikah muda asal siap dan tau resikonya. Masalahnya kan kebanyakan sepertinya hanya merasa siap aja. Ada masalah dikit aja langsung drama panjang bgt. Belon nyesel2nya. Kadang2 ampe bosen sendiri dicurhatin drama rumah tangga๐Ÿ˜„

  11. Ga masalah selama benar2 sudah siap dan tahu positif negatifnya. Nggak bisa hanya sekedar niat dan ikut2an ya. Yang gawat kalau cuma karena trend saja atau sebuah alasan luhur tapi blank sama sekali soal persiapannya mentalnya. Ibaratnya belajar berenang langsung diceburkan ke air dalam..

  12. Ini ngomongin nikah muda ato nikah dini kak non? Karena menurut aku nikah dini tuh yang dibawah 17 tahun. Diatas itu masuknya nikah muda. Kalo aku gak setuju nikah dini tapi kalo nikah muda supposed udah lulus SMA ato masih kuliah ya bagi aku no probs sih, udah masuk dewasa muda juga kan usianya jadi perkembangan otaknya udah lbh mending dibanding yg masih remaja.

  13. saya percaya tiap org berjalan di zona waktu nya masing2, nikah di awal 20-an its ok kalau emang secara mental udah siap, ada jg yang udah terlalu nyaman sama dunianya dan nunda2 sampai usia yang menurut dia siap, yang bahaya sih nikah dini ya..kayak mba non tulis 17 an gitu, secara emosi rata2 masih labil, apalagi kl nikahnya karena ‘kepaksa’ misal hamil duluan, banyak kasus skrg saya lihat kayak gitu dan ujungnya krn aslinya blm siap secara mental, emosi labil, berakhir dgn perceraian,beberapa saya temuin di kampung saya, ya gitu lah..nikah krn pacaran kebablasan, ga lama cerai, anaknya diasuh orangtua nya si cewek, jd beban lg buat ortu nya, pendidikan jd ga jelas. dan laki nya yang jg masih seumuran blm mapan secara materi, boro2 biayain anaknya. ah kayak lingkaran setan aja gitu.

    • Iya aku setuju sama komen kamu dan mesti dilihat juga mereka datang dari lingkungan yg gimana. Yg dilihat Matt mereka itu tinggal di kaki gunung. Jauh dari kota. Semua yg di desa itu yah nikah setelah dapat mens. Jadi seperti normal utk mereka, ya kan. Malah kalau liat org yg gak nikah2 bingung.

  14. Sbnrnya nikah muda ga salah sih asal siap dgn segala konsekuensi aku dulu sih lebih mikir bakalan kuat ga ya ngabisin siaa umur sama org itu dan emg punya cita2 yg harus diraih ketika masih single sih makanya memilih ga menikah muda hehehe lgpula buat aku pribadi menikah itu bukan cepet2an tapi lama2an

    • Setiap umur org menikah pasti ada ujiannya ya. Udah dewasa pun kita bisa aja ditengah jalan gak siap. Aku rasa yang ditakutkan temen2 aku ini anak2nya menyesal dan gak bisa balik lagi

  15. Menikah muda selama siap dan yakin dengan pilihannya dan bisa bertanggung jawab, ok sih. Nah, kalau setelah menikah usia muda dan langsung berkeluarga sementara landasan/dasae hubungan sebagai suami istri masih penjajagan, ekonomi belum mapan, mental belum siap jadi orang tua dsb…dsb…Ini yang jadi masalah Non. Aku komen begini karena aku lihat persepsi orang dan kebiasaan di Indonesia yang setelah menikah langsung berkeluarga. Menurutku ini dua hal yang berbeda.

  16. Teman2 kecilku pada nikah muda dan gak kuliah, ada yang pernikahannya berakhir waktu anaknya masih bayi, ada yang pernikahannya langgeng dan udah punya anak banyak ๐Ÿ™‚

  17. aku dulu nikah umur 24 non, dan agak sedikit menyesal karena belum sempat berkarya, kadang2 envy temen2 yang umur 30an belum married hahaha… masih bebas berkarya dan berkarir…

  18. Pengaruh medsos sih mbak, couple goalnya di instagram yang posting prosesi pernikahan instagramable wkwkwk. Jadi baper, kepengen pesta pernikahan juga. Sayang aja sih masa muda mustinya dinikmati untuk mengejar cita-cita atau meraih prestasi. Ini diluar konteks yg tinggal di pelosok yang memang nggak punya pilihan lain

  19. mungkin karena banyak celegram2 yang hobinya ngeledekin orang jomblo dan suruh cepet2 nikah. awalnya lucu lama2 malesin… mungkin loh ini… lama2 jadi trend deh trus lanjut jadi cita2.

  20. Huahahaha gw juga baca beberapa berita tentang nikah muda ini. Heran banget asli! Maksudnya, apa sih yang mereka bayangkan setelah menikah? Kenapa harus buru-buru? Kalau menikah muda apa gak mikir ya secara mental dan finansial apa sudah siap? Gak kebayang abis lulus SMA langsung nikah itu gimanaaaa, gw lulus SMA ga ada mikir nikah blas hahahah

  21. aku nikah muda 22 th dengan suami yang juga masih 23, awalnya menyenangkan tapi ini sedang sedikit drama karena habis punya anak pertama yang masih 4 bulan hahaha… alasan nikah muda waktu itu supaya aku punya imam dalam keluarga, secara ayahku sudah meninggal sejak aku bayi dan bunda gak nikah lagi.. itu alasan pertama sih… dan untungnya dikasih kesempatan pacaran dulu setelah menikah dan baru diberi amanah anak akhir bulan lalu disaat umurku 24 dan aku rasa itu sudah ideal. Jadi kalau ditanya nika muda enak gak… em nano nano… ada enaknya.. ada juga enggaknya… ada mimpi yang harus di pending dulu misal meneruskan kuliah S2 ku hahaha..

  22. Rata-rata (hampir semua) temen suami dulunya mereka itu nikah sebelum usia 25 tahun terus setelah nikah hampir 20 tahunan pada cerai juga. Sekarang mereka pada jomblo lagi. Para duda-duda itu kayaknya nggak mau buru-buru juga nikah lagi sepertinya mereka mau menimati masa jomblo kayaknya setelah mereka tau kalo menikah itu pada kenyataannya sangat melelahkan.
    Kalo temen-temen saya sendiri waktu saya masih tinggal di Jakarta (perempuan-perempuan,temen dari kecil, jadinya tetangga-tetangga saya juga dulunya), mereka rata-rata umur 30 tahunan masih belum nikah. Kayaknya mereka nggak tertarik untuk nikah muda. Kematangan karakter itu biasanya terjadi di usia matang.

  23. Tergantung persepsi mereka masing-masing. Ada yang nikah muda, memang mereka sudah tahu ilmu2 dallam berumah tangga. Dan ada juga kalau nikah mudah adakalanya enak, hanya sekedar nafsu. Habis itu cerai, hanya 2 bulan.

    Memang itu kita harus menjaga diri kita dan target mau nikah dini atau nikah diusia matang. Gak masalah mereka nikah muda, yang penting dijaga akhlaq dan perilaku mereka. Hati-hati di dalam dunia perzinaan.

    Maaf mbak noni, kalau saya kurang berekenan kalau berkomentar.

  24. Ibuku dulu nikah muda 21th karena disuruh nenek yg msh konservatif sekali. Akhirnya Ibu saranin aku menikah jangan terlalu muda krn Ibu sendiri merasa menikah di usia 21th di tahun 80an cukup berat dan jd nggak bisa melakukan banyak hal. Dia jd merasa missing out many things walau beliau tetap bekerja sampai usia 60th. Tetap sih selesai 27th belum menikah aku tiada hari tanpa ditagih menikah hehehe.Akhirnya aku nikah usia 30th dan ngerasa lega untung aku sudah tahu bnyak hal yg buat aku mengenal diriku selama blm menikah walau asli tetap kangen masa belum menikah dan punya anak karena emg beda banget orientasi kita akhirnya less time for self care I admit hhhe.Di lingkunganku cukup banyak yg nikah muda, 50 50 lah, 50% matang sembari berjalannya pernikahan. 50% selingkuh, divorced krn ya memang blm dewasa jd bgtu nikah dan diperjalanan jd mapan eh ada yang menarik.aku termasuk yg krg suka dgn fenomena nikah muda goals kak. Yah mungkin krn latar belakangku ngga ada history nikah muda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s