Senyum dan Pujian


Selama di Amerika saya jadi lebih memperhatikan bagaimana orang-orang disana bersikap. Salah satunya emm 2 deng, mereka itu ramah dan gak pelit pujian. Akhirnya dari sering melihat orang ngasih pujian atau saya sendiri yang dikasih pujian,  saya jadi suka memperhatikan orang yang mendapatkan pujian. Maksutnya reaksinya.

01. Senyum malu-malu

Beberapa kali saya pergoki cewek-cewek yang dikasih pujian kayak malu-malu kucing dan bilang terima kasih tapi pipinya trus blushing pink. Manis banget. Ternyata gak perlu pakai blush on mahal hanya untuk bikin orang seneng.

02. Ngobrol

Saya beberapa kali dipuji karena punya rambut, kulit sampai sepatu boots yang menurut mereka cute hehe. Awalnya tentu saja reaksi saya dipuji itu salah tingkah. Senyum, bilang terima kasih, trus saya bengong kayak yang mikir “aku mesti kasih pujian balik gak sih?” cuma karena sering-sering dapat huhaha, akhirnya saya dan yang ngasih pujian mulai bisa ngomongin hal-hal receh. Kayak misalnya rambut yang mereka kira hitam itu sebenarnya sudah punya uban. Trus melebar deh sampai ngobrolin sampo, herbal dan stress yang bikin rambut cepet ubanan. Dipikir-pikir ini kan orang asing ya, ngapain coba kami ngobrolin hal yang akhirnya juga bakalan dilupain.  Eh tapi ternyata enggak loh. Pujian kecil itu bikin hari-hari saya lebih menyenangkan. Serius, kata Matt, saya di US jauh dari stress dan beneran kalem banget kayak anak kucing. Ahhh…masa sih hahha.

03. Gak pelit pujian dan Hallo

Saya gak tau ya, dilingkungan saya disini ini,  orang-orang itu kalau muji gak tau serius atau gak. Terkadang saya pikir ada 2 tipe pujian. Satu untuk menjilat dan yang kedua untuk basa basi karena mereka hampir memuji semua orang dengan tone dan kalimat yang sama. Di US, saya sering dapat pujian dari orang-orang asing yang sama sekali tidak saya kenal. Petugas polisi yang lagi istirahat makan siang, waiters di restoran Greek, nenek-nenek tua ditengah antrian di Supermarket, pemilik toko kecil atau terkadang penjaga tiket.

Sementara untuk disapa hai, apa kabar?, hallo sweetie, Love, what can i help you? dan masih banyak sapaan lainnya hampir selalu saya dengar dimanapun. Iya dimanapun. Terkadang gimana saya bisa ngerasa sepi kalau semua orang bisa seramah ini sih?

Akibatnya karena rata-rata yang saya temui ramah dan seneng muji, sepertinya ini menular kemanapun. Hampir semua orang yang saya temui jarang sekali yang bersungut-sungut.

04. Informasi

Yep orang di US itu kayaknya gak pelit informasi. Minimal informasi diskon ya haha. Jadi kan kita suka tuh ngantri pas mau bayaran apalah gitu. Trus nanti ada aja kita denger orang ngobrol dengan orang lain atau ngajakin kita ngobrol kayak kasih info, eh kalau pake ini kamu bakalan dapat diskon ini loh. Terkadang mereka suka kasih tips ke Matt supaya bisa bayar lebih murah lagi. Kadang-kadang saya pengen ketawa aja sih, kalau di Medan, boro-boro kita ngasih tau orang lain hahhaa.

05. You make my day

Jadi ya, suatu hari saya lihat satu perempuan dengan dandanan yang saya suka banget. Beneran suka sampai saya pengen kasih pujian. Kebetulan kami duduk berdekatan di kedai kopi. Saya beraniin diri untuk kasih tau dia kalau gaya dia ok banget dan saya suka. Dia senyum, trus ketawa dan bilang “ahhh sweet heart, you are so sweet. Thank you, you made my day”

Dan gilanya setelah liat dia senyum lebar dan ngomong semanis itu,  saya entah kenapa jadi ngerasa hangat gitu haha. Serius, ini aneh banget gak sih 🙂

Jadi sepertinya rugi banget ya, kalau kita jadi orang yang pelit pujian apalagi tukang bersungut-sungut gak ramah. Bikin orang lain bahagia terkadang gak sulit sama sekali. Minimal senyum 🙂

 

 

Advertisements

52 comments

  1. Kalau di Amerika ini ya non, orang2 Skandinavia disini justru gerah banget sama orang Amerika yang suka basa basi, terus ngasi pujian, katanya kurang tulus… haha.

    • Nah baru mau nulis yang sama, hahaha! Orang sini juga gerah banget kalau diperlakukan kayak di Amerika. Di Belanda kebanyakan No-nonsense, budaya memuji lumayan jarang ditemui (bahkan jarang ada work acknowledgment) dan semua orang terlalu direct bahkan borderline kasar kalo orang ga tau adat disini… Dan kalau disini keliatan banget tuh orang dari Amerika atau bukan udah dari jarak jauh karena mereka kalo ngomong kenceng banget dan gayanya khas. Ga Eropa banget pokoknya gayanya 😂

  2. Hahaha, pujian dan senyuman itu memang bisa membuat hari orang menjadi menyenangkan ya Non 😀 .

    Tapi iya sih, ini mah kayaknya khas Amerika aja, di Eropa mah gak segitunya, apalagi di Belanda, hahahaha 😛 .

  3. Ah pantes, tante ku yg tinggal di amrik kalo WA pasti bilang “hai, apa kabar? gimana semua sehat?”…Padahal aku kalo WA suka to the point boro2 nanyain kabar 😀

  4. Ambil yang baik dari masing-masing kultur ya. Ada yang blak-blakan tapi tulus. Ada yang mungkin basa-basi tapi nyenengin. Ada yang berjarak tapi sopan dan selfless luar biasa…😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s