Drama Mengurus E-Visa India Online Untuk Warga Negara Indonesia


Pixabay

Baru kali ini saya beneran penuh drama mengurus E-visa satu negara. Padahal ya, bukan maksutnya gimana-gimana, selama ini saya urus sendiri juga semua visa dari negara-negara yang sudah saya kunjungi walau belum banyak. Untuk E-visa India kayaknya saya bisa bicara panjang lebar karena saya ngurus visa saya sendiri dan teman. Mulai dari yang penuh drama (sampai kena Scam), tiba-tiba website tidak menerima pembayaran CC Indonesia dan yang lancar jaya seperti pantat bayi.

Sebelum berangkat ke India, 2 bulan sebelumnya saya sudah membaca banyak sekali artikel tentang pembuatan visa. Rata-rata mengatakan mudah sekali atau mereka langsung urus ke kedutaan. Oklah, saya pikir semuanya masih masuk akal. Seapes-apesnya, ada konsulat India di Medan jadi mungkin membantu.

Beberapa waktu sebelum mengurus Visa, saya bahkan membagikan link pembuatan E-visa dari blogger Haryadi 

Yayan juga adalah orang yang selalu saya repotin nih pas muncul drama pembuatan visa. Sungguhlah ya, kita kayak gak beruntung banget dengan pesen tiket kereta api, nanti saya ceritakan juga yaaa.

Nah, pas saya iseng-iseng mengisi form pembuatan visa, saya cuma google aja dengan keyword E-visa India. Muncullah seperti dibawah ini. Dan dengan dodolnya saya hanya langsung klik aja yang no 2. Sewaktu saya google yang no 2 itu di no 1. Jadi saya yang tanpa berfikir apa-apa langsung klik karena kayaknya gak mungkin banget kan, ngurus visa ada scam-scam ‘an. Lupa kalau ini India dan ada tulisan AD alias Advertising alias IKLAN! masa iya pemerintah punya iklan bikin E-visa. Omg NONI!!!!

Setelah mengisi form E-visa (tanpa curiga tentunya) saya stop karena harus masukin foto. Kebetulan belum punya foto hari itu. Setelah itu saya terima email notif dari website dan tentu saja ID.

Seminggu kemudian saya hendak membuat E-visa (1 bulan sebelum berangkat). Link langsung saya klik dari email notif tersebut tanpa cek-cek lagi. Setiap steps langsung di email. Pokoknya saya terima notif trus deh. Setelah mengupload pasphoto, ehh ada masalah dengan upload paspor. Website hanya minta ukuran max 300 kb. Paspor saya sudah di resize sampai 200 kb tapi gagal masuk trus. Tanpa curiga, saya email dong si website, langsung dibalas dan dia bilang kirim saja paspornya nanti dia yang bantu upload. Saya mikir, wow banget nih service nya India. KEREN! kasih 2 jempol yang nantinya saya sesali haha.

https://www.tripadvisor.com.au/ShowTopic-g293860-i511-k9290442-Fake_India_e_Visa_concerns-India.html

Di langkah ini sebenarnya saya punya banyak sekali kesempatan untuk tau kalau ini scam karena saya berulang kali nonton youtube langkah-langkah pembuatan E-Visa India, saya sempet ngobrol ama temen saya yang baru saja berhasil membayar pembuatan E-visa tanpa masalah padahal link dari saya juga. (link yang bener hahaa). Saya juga berulang kali membaca petunjuk pembuatan visa dari blogger Indonesia dan luar tapiiiii…..gak cek link nya. Gak ngececk alamat website juga karena saya pikir sudah bener. Sedih deh.

Selanjutnya setelah paspor berhasil di upload oleh pihak website, saya pun siap untuk melakukan pembyaran. Kebetulan saat itu sudah terlalu banyak drama dengan pengurusan visa ini. Saya dan Matt mau pergi nonton jadilah saya langsung ok aja pembayaran plus khawatir kalau saya tunda-tunda lagi entar kelupaan.

Ehh pas bayar koq dikenakan USD 135. Saya sudah curiga tapi males balik. Setahu saya hanya USD 50 aja. Dodolnya ya, emang dasar saya itu orangnya selalu terburu-buru dan kurang hati-hati jadilah langsung bayar. Setelah bayar baru mikir. Coba yaaa hahha.

Setelah bayar, terima notif trus kita pergi nonton. Ini saya req tanggal 09/10/2017.

https://www.tripadvisor.co.nz/ShowTopic-g293860-i511-k9430339-Companies_scamming_people_applying_for_an_Indian_e_Visa-India.html

Sore harinya saya kepikiran trus, koq mahal banget bayarnya padahal dari semua webiste dan youtube yang saya baca hanya USD 50. Temen saya trus kasih tau kalau dia bayar USD 50. Saya langsung kebat kebit. Duh, jangan-jangan ini scam. Tanya Yayan lagi. Yayan sempet bingung juga tapi setelah kita cross check webiste ternyta berbeda dong.

Langsung dong saya cari tau di Tripadvisor (ehh sebenarnya cari tau dulu deng baru nanya Yayan) dan forum-forum. Ketauan deh siapa ini website yang saya pakai. Jadi ada banyak cerita-cerita juga. INi orang-orang yang kena mungkin kayak saya juga, kurang hati-hati dan apes aja ceritanya hahaha.

Nah, website yang saya pakai ini sebenarnya bukan SCAM. Kalau scam itu kan seperti penipuan alias tidak ada penjelasan apa-apa ya. Kita aja yang ketipu. Website ini jika kita baca dengan seksama plus hati-hati memang meberitahukan seperti ini dihalaman about us-nya. Pokoknya baca ajalah semuanya. Website ini adalah agent, itu kenapa mereka membantu banget pas saya kesulitan meng-upload paspor.

Waduh, saya sempat panik banget dan bermaksut cancel. Kebetulan sepertinya kalau visa belon di proses seharusnya bisa di cancel dan refund tetapi ketika saya email mereka bilang tidak bisa. Nah, ini seharusnya bisa di sue  atau claim fraud di bank hahaha. Cuma Matt kemaren ngomong udahlah terusin aja prosesnya daripada gimana-gimana karena gak tau juga applikasi saya sebenarnya sudah dimana.

Saya lalu email petugas dari website E-visa resmi dari pemerintah India. Saya tanya apakah agent ini scam atau gimana? just want to make sure lah ya. Dijawab kayak gitu haha. Haduh, saya tambah pening aja karena kepikiran req ulang apa gimana. Baca-baca lagi di Tripadvisor ada yang punya kasus sama katanya, dia tunggu aja trus akhirnya emang dapat visa. Untuk meyakinkan entar pas udah dapat check aja di website resmi pemerintah.

Saya email kembali Ruhi (CS dari wesbite agent) hanya untuk bertanya sebenarnya gimana sih. Saya sih sebenarnya sudah gak perduli juga kalau mereka scam. Yang penting kalau emang scam, saya req ulang aja.

Yaudah, saya pikir, tunggu saja sampai Senin deh. Mudah-mudahan aja bukan Scam tapi emang Agent.

Tanggal 12/10/2017 saya terima email ini

Segera saya check no ID yang saya dapat dari email tersebut ke wesbite https://indianvisaonline.gov.in ternyata memang applikasi sudah masuk dan sedang di proses. Persis seperti yang ada di Email. Artinya applikasi saya sudah masuk.

Sesuai janji Ruhi, sebelum hari Senin tanggal 16 Oktober 2017, saya sudah menerima email kalau visa saya sudah Grated di tanggal 14/10/2017. Rasanya lega dong ya. Saya kembali check lagi juga sih ke website resmi untuk memastikan kalau visa saya memang resmi. Insya Allah resmi dan gak ada masalah sampai di India. Amin.

So yeah, ini website agent untuk pembuatan E-visa India beneran banyak banget. Kalau kalian baca-baca di forum berserakan deh “korban-korbannya” Rata-rata sih karena kurang hati-hati aja atau terburu-buru. Banyak juga yang bayar lebih mahal dari saya karena butuh E-visa cepat. Ada juga yang terpaksa karena khawatir menerima email yang sama seperti saya terima dari CS Gov langsung mengajukan E-visa lagi, sehingga kena double charge. Pokoknya macem-macem deh.

Kalau dibilang scam atau bukan scam susah juga ya. Antara itu deh hehe. Mereka emang agent jadi emang charge kita lebih tinggi tapi koq yah, banyak banget fee-nya sampai 80 dollar sendiir. Lebih mahal dari harga visanya. Selain itu, sebenarnya saya sendiri juga yang isi formulir, foto, dll. Dia hanya bantu posting paspor doang.

Nyesel? ya iyalah, saya mutung hampir seharian haha. Sebel banget karena gak hati-hati. Eh tapi ternyata saya menyelamatkan temen saya yang lain karena dia juga klik website yang sama hahaha. Owalah 🙂

Tapi yah, ini pelajaran bangetlah. Kita sudah tau kalau di India itu banyak Scam. Saya pun sudah baca banyak sekali website, blog, youtube, bahkan saya beli buku juga. Koq yah masih bisa kena juga? ini karena saya emang kurang hati-hati plus teliti. That’s it.

Kalau kamu mengalami hal yang sama, jangan khawatir. Langkah yang harus kamu lakukan adalah:

01. Coba email website minta refund dan cancel application. Kalau trx di kartu kredit masih menggantung langsung req. cancel aja. Mudah-mudahan bisa hehe.

02. Email CS dan pastikan kapan applikasi kamu di proses.

03. Setelah dapat notif dari website Gov, langsung cek status aja di websitenya untuk update dan memastikan applikasi kamu di proses atau disetujui. Proses resmi kalau dari website max 72 jam untuk applikasi yang diproses biasa. Untuk Agent, kurang lebih 5-7 hari kerja. Ngeselin ya, udah bayar mahal proses juga lebih lama. Errrrrrr….gak ada untungnya.

04. Sebenarnya website ini memang agent, mereka beritahu harga mereka lebih mahal, proses lebih lama karena mereka mau check applikasi kita dulu, dll. So, yeah…..kita yang emang harus lebih hati-hati dan sadar. Jangan karena mau pergi nonton langsung bayar aja baru mikir hehehe. Lumayan USD 80 bisa bayar kamar 🙂

https://hippie-inheels.com/common-tourist-scams-in-india/

Semoga info nya membantu yang pengen ke India yaaa………

 

Advertisements

17 comments

  1. oalaaa sebenernya mereka tuh agen gitu, untungnya bukan penipu ya non dalam artian visa kamu sih ttp diproses cuma jatuhnya bayar lebih mahal aja.
    Emang kebayang sih betenya, secara kalo ngurus sendiri kan juga bisa tapiii ya udah kejadian. Pengalaman Non 🙂

  2. Alhamdulillah happy ending ya mbak Noni 🙂 aku sempet khawatir juga pas mbak Noni WA bilang niat mau batalin saking sebelnya hahaha, India ya begitulah, “cobaan” bahkan sudah datang sejak pengurusan e-visa.

    Btw, kalau ada kesempatan balik lagi ke sana, masih mau gak sih? ^^

  3. Mba Noni thanks banget udah ceritain ini, aku rawan kena begini2 juga karena ngapa2in suka buru2. paling nggak keapesan Mba Noni bisa jadi awareness biar teman2 Mba dan pembaca blog nggak ngalami hal yang sama, hehe

  4. Untung ya Non visa masih keluar, alias itu duit terbayar ga sia2 100%. Kalau kata orang Jawa, walaupun apes pun masih ada untungnya. Jadi pelajaran juga besok2 jadinya lebih hati2… dibilang scam juga nggak bisa sih, karena mungkin mereka dah tulis di websitenya kalau mereka travel agent, kadang kita aja yang gak awas bacanya….

  5. Syukurlah pada akhirnya bisa dapat visanya juga ya mbak.
    Saran dari saya sih, lebih baik pasang adblock (pemblokir iklan) di browsernya, biar pas kita cari sesuatu di google, iklan-iklan seperti itu tidak muncul. 🙂
    Dan pastinya, jangan suka buru-buru (padahal saya juga begini sih~ 😂).

  6. Wah… mesti hati2 jg ya… trutama bagi kita-kita yg karaketernya pingin cepat slesai ini itu… tempus sgala cara akhirnya scam.. tp si agent ini pinter jg ya smpai mau-maunya pasang iklan di google.. smg saya bisa terhidar dari yg beginian..

  7. Ohhh jadi ini kali ya yang mbak non tulis di postingan sebelumnya “Rejeki itu….” , mahal banget mbak ini makelar nya

  8. Iya Non untung banget seenggaknya mereka agent ya bukan scam yang penipuan gitu, alias pada akhirnya at least visanya masih jadi kan. Tapi iyaa, memang yang begini mesti ekstra hati-hati! Masalahnya informasinya juga yang sensitif gitu kan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s