Drama Pemesanan Tiket Kereta Api di India


Sejak awal punya rencana ke India sebenarnya saya pengen skip naik kereta api saja. Bukan kenapa-kenapa saya males geret-geret koper besar trus mondar mandir nyari peron, gerbong, belon lagi urusan beli beli tiket dan toilet kereta api.

Masalahnya setelah Tujuan awal ke Kashmir dibatalkan, akhirnya rencana naik kereta api muncul juga dong. Kita kepikiran untuk naik kereta api dari Udaipur ke Jaipur atau Jodhpur. Kelasnya sudah pasti yang AC First Class karena sepertinya terlalu banyak cerita horor dari berbagai website dan forum.

Saya dan Jenny sudah berulang kali membaca panduan membeli tiket kereta api. Bukan hanya membaca tapi juga melihat youtube. Kayaknya kita penuh tekat banget lah untuk membeli tiket kereta api ini.

Panduan cara membeli tiket kereta api di India, bisa kalian lihat di link bawah ini:

http://all-throughhereyes.blogspot.co.id/2017/02/cara-membeli-tiket-kereta-di-india.html

Setelah cukup yakin, kebetulan saat itu saya lagi berada di Bukit Lawang, so Jenny memutuskan untuk dia yang mencoba membeli tiket. Kita berdua saling WA untuk proses pembelian tiket. Semua langkah dalam panduan blog diatas sudah kita ikuti. Ketika melakukan pembayaran pun tanpa masalah. Done. Yeay…..

Masalah muncul, ketika saya tanyakan Jenny tentang konfirmasi email dari ClearTrip. Eh gak ada dong. Jelas aja panik. Langsung saya email semua CS haha. Trus Jenny cek ke bank nya ternyata ada trx tetapi masih menggantung. Artinya sudah dilaksanakan transaksi tersebut. Trus kita tungguin sampai keesokan harinya masih belum ada email konfirmasi. Mulai ngerasa aneh. Keesokan harinya saya baru terima email dari CS dan infonya transaksi kita batal. Lah, kenapa juga di debit kartunya? aneh

Setelah 2 hari, baru deh kita terima notif kalau trx kita gagal tanpa tau apa permasalahnnya. Saya email ke CS juga jawabannya ngambang.

Pantang menyerah, kita coba lagi dan ternyata kejadian sama. Kartu terdebit tapi gak dapat notif. Trus kita email lagi dan katanya bakalan di refund 15 hari. Kita coba langsung dari website kereta api India, ternyata kejadian sama malah kita gak dikirim-kirim OTP dan email ke CS nya kagak dibales-bales.

So, yah…..setelah capek bolak balik nyoba dan kartu sudah didebet 2 kali dengan total trx 3 juta lebih, kita cancel aja deh. Oya, kita pesan 4 tiket untuk kelas AC First Class Udaipur – Jaipur one way.

Jadi yah, batal deh naik kereta. Kita sudah kepikiran untuk naik pesawat aja tapi sebenarnya kalau ada pilihan lain, saya memang menghindari banget naik pesawat, jadi yah, kita akhirnya putuskan untuk rental mobil aja sepanjang ada di India.

Dari beberapa blogger yang saya tanyakan, ada yang menyarankan untuk membeli go show aja karena sebenarnya Kereta api di India itu punya quota turis tapi kelasnya gak bisa milih. Daripada gak pasti plus saya liat sendiri vlog turis yang mondar mandir nyari tiket kereta go show, kita sudah tentu langsung malas haha.

So, dengan sedih kita akhirnya gagal deh naik kereta api ………

 

 

Advertisements

29 comments

      • πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
        Cogannya versi indiahe dong kaknon hihihi.
        Klo Matt kan cogan versi bule 😜

        Aq tau soal pria kashmir yg ganteng-ganteng itu dr blognya emakmbolang, katanya emg stok india cakep dr sono.
        Yahh coba kaknon jd kesana, kan pasti dpt report foto-foto cogan hihihihi
        *apa sih kita omongin cogan huahahaha

  1. Yaampun mba, untung bisa refund ya kalau ga sayang πŸ˜‚
    Btw kereta di india itu di pikiran aku udah ga bagus aja, walaupun mau first class kok kayaknya masih meragukan. Trauma baca cerita naik kereta si febri triptotrip πŸ˜‚πŸ˜‚

  2. Wah, sayang banget ya mbak. Padahal berkereta di India itu seru banget.

    Btw, kalau mau beli kereta India itu yang pasti jangan mepet-mepet waktunya. Bakal kehabisan atau ya kaya gitu, jadi gak jelas. Kalau pengalamanku, aku dulu beli tiket begitu mulai dibuka. Artinya, pas 90 hari sebelum keberangkatan. Jadi aku hitung harinya yang pas. Dan berdasarkan pengalamanku juga tiket kereta di India cepat habisnya. Karena aku ingat banget, suatu ketika aku mau beli tapi justru aku ada meeting di Jakarta, akhirnya baru sempat online lewat tengah hari. Dan ….. tiket yang aku mau sudah habis, akhirnya terpaksa deh ganti kelas.

    Memang di India itu ada kuota untuk turis, tapi sangat terbatas. Saranku sih jangan menggantungkan nasib pada kuota turis, karena pernah ada temanku sampai nunggu 4 hari baru dapat.

    Well, mungkin kali ini dirimu belum beruntung untuk berkereta di India. Dicoba lagi lain waktu mbak. Yuk, ke India lagi hehehehe

  3. Iiih nyebelin bangeeet non…kita hampir punya pengalaman serupa waktu traveling di Mesir..itu layanan kereta apinya ajaiiib huahaha. Tapi akhirnya minta tolong travel agent langganan tante yang udah 8 tahun di Mesir dan akhirnya bereees. Naik kereta dari Kairo ke Luxor yang over night seru jugaaa. Aku pun pengen ke India tapi belum sempeeet

  4. Mirip banget pengalaman kita Non! Dulu juga aku mau beli online tapi gagal-gagal melulu gitu; tapi aku lupa alasannya apa, apakah butuh alamat India atau nomor telepon India gitu.

    Jadilah kita “go show”. Gak go-show go-show amat sih soalnya kita minta orang hotel untuk beliin tiketnya di stasiun kereta, haha. Ya orang hotelnya ambil untung sih tapi daripada kitanya pusing juga kan beli di stasiunnya gimana, hahaha. Akhirnya gak dapet yang first class tapi masih dapat yang satu kelas di bawah itu yang masih oke punya πŸ˜€ . Tapi memang kayaknya ribet banget untuk beli tiket kereta ini!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s