Australia Go Green


pixabay

Saya sampai harus buat postingan khusus tentang ini hehe. Jadi, sewaktu kita ke Belanda, satu hal yang saya suka dari Negara tersebut adalah penggunaan tissue yang sangat terbatas. Maksutnya terbatas begini, setiap kali kita ke restoran, gak pernah ada kotak tissue diatas meja atau ketika mereka menyediakan makanan/minuman juga tidak pernah memberikan tissue dalam jumlah yang banyak. Kalau di US, tissue yang dikasih bisa banyak banget.

Saya baru sadari hal yang sama juga di Australia. Setiap kali kita masuk restoran jarang banget (hanya 1 yang kita jumpa) meletakkan tissue di mejanya. Yang lain malahan gak ngasih tissue sama sekali. Kalaupun ngasih biasanya hanya 1 lembar. Bisa sih kita minta tapi menurut saya ini bagus banget untuk mengurangi penggunaan tissue untuk yang gak perlu.

Kalau beli makanan/minuman take away malahan seingat saya gak pernah dikasih tissue haha. Pas tumbah ribet sendiri deh. Cuman karena gak ada akhirnya handuk kecil/sapu tangan kita kepake banget haha. Tiap hari dicuci karena diperlukan untuk di mobil atau pas kita jalan-jalan.

Selain tissue ada juga sign yang selalu nulis seperti ini :

Fish for the future

Jadi selama kita road trip sempet ketemu beberapa sign yang punya pesan seperti diatas. Himbauan ini saya pikir bagus banget karena banyak sekali warga lokal yang demen mancing. Kita bahkan sempet nonton orang-orang mancing disekitar pantai. Ketika dapat ikan beberapa dari mereka saya perhatikan mengukur panjang ikannya. Jika terlalu kecil maka akan dimasukkan kembali ke laut. Gak mati ya?

Kayaknya sih ada aturan untuk mancing/mengambil ikan. Mungkin ya haha. Saya kurang tahu persis juga tapi pernah nonton acara mancing-mancing di Australia. Nah, kalau saya gak salah ingat, pemancingnya bilang ada beberapa tempat di sana yang kita boleh sih mancing tapi ikannya mesti dilepasin. Gak boleh diambil sama sekali. Ada juga yang boleh mancing tapi aturan mainnya ada. Seperti berapa banyak ikan yang boleh diambil. Ukuran dan kg mempengaruhi.

Hutan

Kita semua tahu kalau hutan adalah paru-paru bumi. Segitu pentingnya fungsi hutan tapi terkadang kita gak perduli kan ya. Ada satu meme yang saya pernah posting di IG. Katanya kalau aja setiap pohon ngasih signal wifi pasti akan banyak orang yang jaga pohon tersebut, tapi karena pohon cuman ngasih karbon dioksida jadi lebih banyak orang yang gak jaga pohon hahhaa.

MIRIS

Di Australia, sejauh mata memandang selalu ada pohon besar. Hutan, taman atau bahkan rumah dengan pohon dan tanaman selalu ada. Dimana aja. Rasanya bernafas disini ringan banget. Upil saya pun berkurang banyak jumlahnya sehingga pekerjaan mengupil jauh berkurang haha.

Mobil listrik, solar panel dan penanggulangan sampah yang baik

Lucu banget sewaktu kita ke vineyar yang menyediakan colokan listrik untuk mobil. Pas kita ngobrol dengan orang di Vineyard, dia bilang ada banyak tamu yang datang dan emang perlu colokan listrik jadi emang kepake itu colokan haha. Trus mobil yang kita sewa pun kata bapaknya bisa menggunakan listrik dan bbm. Cuman kita bego banget, jadi sepanjang jalan yah pake BBM. Tapi ini kita masih bingung, emang beneran bisa atau gak haha.

Solar panel juga sering banget kita jumpai. Bahkan ada beberapa rumah yang kita lihat punya solar panel sendiri. Keren ih J

Sampah yang lebih baik dari Medan yah sudah pastilah yah aha. Sydney jauh lebih bersih dari Melbourne sih tapinya. Beneran bersih banget Sydney ini. Kalau di Melbourne, saya suka kebangun jam 5 pagi karena petugas sampah sudah datang untuk ngangkutin sampah dan petugas pembersih jalan sudah mulai jalan juga. Pagi yang sibuk

Produk dalam negeri

Di Negara ini kalau ada restoran/café bahkan supermarket yang menggunakan produk-produk lokal kayaknya mereka bangga banget. Ditulis gede-gede haha. Padahal pas dicek harganya mahal juga. Kenapa sih selalu mahal di Australia?

Produk lokal yang digunakan sebenarnya bagus banget karena mengurangi jejak karbon. Lebih kerennya lagi produk lokalnya emang luar biasa bagus banget. Saya dan Matt beberapa kali ke pasar. Tiap kali ke pasar pasti beli buah dan selalu habis dicemilin karena rasanya segar, bersih dan enak banget. Pas nulis ini saya masih berasa rasa buah plum yang dibeli di pasar.

Mungkin ada lebih banyak lagi kegiatan ramah lingkungan yang ada di Australia tapi emang yang kita sempat lihat dan perhatikan hanya beberapa ini. Maklum hanya beberapa hari. Buat kamu yang mungkin pernah tinggal, tinggal atau pernah liburan ke Australia dan pengen nambahin boleh banget ya .

 

 

Advertisements

15 comments

  1. Noni, iya bener disini kalau mancing ada aturannya. Kalo nangkep ikan yg ukurannya ga sesuai dengan peraturan (terlalu kecil biasanya) kudu dibalikin ke air. Dulu pertama2 tinggal dsini aku juga bingung kalo Pak suami mancing kenapa hrs dibalikin ke laut lagi jenis tertentu/ukurannya. Begitu juga dengan menangkap mussels dan abaloni, terutama abalone harus ada licencenya dan ga boleh lebih dari peraturan. Kalo ketauan, kena fine. National park juga dilindungi dengan misalnya ga boleh camping di area tertentu di national park itu dan ga boleh bawa anjing. Juga ga boleh nyabutin taneman2 didalam national park itu. Begitu juga dlm urusan bakar membakar sampah ga boleh sembarangan, hrs ada waktunya, apalagi kalau uda musin panas. Sering terjadi kebakaran besar cuma gara2 seorang arsonist.

  2. Aku Masih kekecilan pas tinggal di Australia, jadi gak ingat apa-apa. Di sini kalau soal kesadaran green belum begitu bagus Non. Tapi charger mobil sudah mulai banyak dan government sedia insentif kalau mau beli mobil electric. Cuma emang masih mahal ya.

  3. ===Air===
    di Sydney, di toilet2 dalam uni of Sydney dan di toilet umum di beberapa pertokoan dipasang poster, dari atas westafel (cuci tangan sebersihnya dengan air secukupnya) sampai bagian dalam pintu toilet (pilih tombol flushing yg sesuai, butuh banyak air/sedikit).. di dinding juga dipasang poster tentang perlunya ngirit air..
    nah, sempat juga ngekos di satu rumah yg showernya bertimer.. tiap 10 menit shower kepake bunyi deh tuh alarm timernya… bikin kagetlah pertamanya, trus jadi suka deg2an kalau mandinya pas ibu/bapak kos lagi di rumah, hahaha… takut dimarahin karena habis alarm mati, suka lanjut lagi mandinya… >.<

  4. Wah sedap tuh itu negara… tapi memang kesadaraan masyarakat adalah hal yang paling utama… mungkin kita bisa bikin campage dengan slogan “Kurangi upil dengan menanam banyak pohon” hehe 😀

  5. Kalau yang tisu, biasanya paling dikasih 1 aja, 1 orang 1. Seingetku gitu. Kalau di NZ, biasanya yah gak dikasih tisu juga, tapi tergantung makan dimana dulu..
    Buat mancing ikan, kudu ada licensenya, dan sama kayak di Australia, ada ukuran buat ikan dkk. Ada juga yang kegedean, tangkap trus buat foto aja, trus lepasin lagi ke laut..
    Paling banyak di North Island, kalau gak salah mancing ikan Trout..

  6. waktu ke OZ kemarin B ngasih tauk kalo di sana emang ngak boleh mancing sembarangan ada aturan panjang dan beratnya, kalo ketahuan ngak sesuai bisa kena denda. dan Yap entah kenapa disana masih banyak banget pohon2 besarnya yang buat nyaman dan udara itu seger tiap pagi, makanya betah jalan kaki lama2 kalo pagi, hihi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s