Derita Aviophobia


Pixabay

Saya itu takut banget naik pesawat. Ketakutan saya dengan pesawat tentunya bukan cerita baru lagi. Semua orang yang kenal dekat pasti tahu betapa stressnya saya menjelang berangkat naik pesawat, sering nyesel ketika sudah membeli tiket dan gak sayang membatalkan perjalanan kalau sudah ketakutan haha. Padahal katanya suka jalan-jalan. Cukup menyiksa ya πŸ™‚

Tapi…..yang orang-orang tidak tahu, sebenarnya ketika orang-orang terdekat saya naik pesawat, ternyata saya sama stressnya. Terutama kalau Matt yang berangkat. Saya bisa gelisah bolak balik gak bisa tidur dan ketika dia landing trus kasih kabar, saya kayak yang lelah bukan main. Gak jarang langsung ketiduran haha.

Kalau lagi keluar negeri Matt sering banget kan gak bisa langsung ngabarin, terutama kalau dia kesusahan nyari wifi. Kalau ada kayaknya belakangan dia sadar satu-satunya yang paling penting dia lakukan adalah segera kasih kabar karena kalau tidak, artinya ngebiarin saya kayak orang “sinting” nungguin. Sebenarnya ngeselin banget loh, mesti gak terbang bareng itu. Stressnya malah berkali-kali lipat rasanya.

Jadi akhirnya beberapa waktu ini saya download aplikasi untuk melihat pesawat sudah landing atau belon haha. Dulu sebenarnya saya suka cek dari Β https://www.flightradar24.com/3.58,98.67/7 sekarang saya download aja ke hape kalau Matt mesti naik pesawat hehe. Untung dia gak setiap saat terbang.

Oya ada beberapa applikasi pelacak pesawat yang katanya cukup bagus haha. Saya pakai satu aja sih, ganti-gantian.

01.Β Flightradar24 Pro

Yang ini sebenarnya saya lebih sering liat website nya daripada donlot app nya karena kebanyakan applikasi di hape hehe.

Flightradar24 Pro menyediakan informasi yang cukup lengkap, antara lain nomor penebangan pesawat yang kita lacak, nama pilot, kondisi di luar pesawat, ketinggian, kecepatan, jarak dilintasi, rute, jenis pesawat, nama maskapainya, dan nomor penerbangannya.

02.Β FlightBoard

Aplikasi ini menyediakan data lalu lintas pesawat di 3.000 bandara di dunia dan 1.400 maskapai. Data tersebut diperbarui setiap lima menit.

03. FlightAware Flight

Saya baru aja pakai applikasi ini pas Matt kemaren ke Aceh tengah malam ketika Medan hujan petir. Sumpah takutnya bukan main. Sudah saya minta si Matt batalin aja terbang dan naik bis aja, ehh orangnya gak mau. Rasanya 1 jam penerbangan kayak 10 tahun haha. Saya dari yang ngantuk banget sampai super nyalang matanya. Begitu pesawat landing dan Matt kasih kabar, langsung tepar tidur haha.

Saya masih bingung sih pake app ini makanya uninstall, kayaknya balik lagi aja ke no 1.

04.Β Flight Map

Aplikasi yang bekerja sesuai dengan kebutuhan kita, pesawat atau penerbangan mana akan dilacak.

Aplikasi ini menyediakan informasi terkini kecepatan pesawat, ketinggian, jarak tempuh, jarak telah dilalui, bandara tujuan, bandara asal, nomor penerbangan, dan jenis pesawat beserta nomor registrasinya.

05.Β Flight Status

Katanya app ini bisa ngasih semua status penerbangan yang ada di dunia. Keren juga ya. Saya belon pernah pakai sih tapi penasaran.

Nah, ada juga gak sih yang kayak saya, kalau pasangan atau keluarga/teman terbang stress parah?

Advertisements

16 comments

  1. Dalam hidup emang sering kita temukan hal2 yg kontradiktif ya mba hahaha. Demen traveling, tapi takut naik pesawat. Andaikan teleportasi dan pintu-ke-mana-aja-nya Doraemon beneran ada hahaha

    Makasiy info aplikasinya mba. Keren!

  2. Ini aku banget Mbak. Senang banget jalan-jalan dan ke bandara, tapi pas naik pesawat bisa stres banget. Dikit-dikit liat jam, turbulance dikit langsung panik, duh stres. Begitu juga kalau orang terdekat yang naik pesawat tuh saya ga bisa tenang sebelum dikabarin. Capek yaa.

  3. Eh ada ya aplikasi semacam ini, baru tahuu ahaha Sama mbak, saya lebih stress nunggu kerabat landing daripada kalo saya sendiri yg terbang. Makanya aku ga suka LDR, karena pasti bakal rutin deg-degan deh huhu.

  4. Ini mah app penting banget untukku Non!!! Hahaha πŸ˜† . Untukku flightradar24 aja sudah cukup sih, feature-nya cukup banyak dan cukup akurat kok πŸ˜€ .

    Trus ini berguna banget kalau mau menjemput orang di bandara kan. Bisa dicek pesawatnya lagi dimana dan berapa menit lagi mendaratnya, hahaha πŸ˜† . Jadi gak mati gaya di bandara kalau pesawatnya ternyata delay, haha

  5. Temanku ada yang sama kayak kak Noni, orangnya tomboy abis tapi pas naik pesawat jadi mellow. Kadang kasian juga dia jadi bahan tertawaan karena phobianya itu.

    Aku juga suka pakai aplikasi flight radar kak

  6. Kok samaaaa sihhh.. Daku juga selalu ngecek mereka orang2 yg ku kasihi kalau terbang. Btw, gw follow akun ig salah satu pilotnya garuda @rizka_triansyah_leihutu dia suka share persoalan dalam dunia penerbangan, dan lumayan bikin adem sih. Coba aja kalo pas senggang tengok2, siapa tau membantu πŸ˜€ *cheerssesamaaviophobia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s