10 Reasons You Should Stay at Ecolodge Bukit Lawang


Ecolodge Bukit Lawang
Bukit Lawang sudah terkenal dengan pariwisatanya terutama Orangutan. Disinilah tempat wisatawan lokal dan mancanegara berkunjung jika ingin melihat hewan yang hampir punah itu.

Sebagai tempat pariwisata tentunya ada banyak sekali pilihan penginapan disini. Memang belum ada hotel bintang 5 atau chain hotel tapi kita masih punya banyak pilihan. Salah satu yang saya sangat rekomendasikan adalah Ecolodge Bukit Lawang. Kenapa? ini alasannya.

01. Ramah Lingkungan

Ecolodge Bukit Lawang
Ecolodge itu hotel yang ramah lingkungan. Sebagian listriknya menggunakan solar panel, cucian dicuci dengan sabun yang lebih ramah lingkungan dan juga air limbahnya diproses hingga PH nya tidak berbahaya lagi untuk lingkungan. Bukan hanya itu, jika ada serangga di penginapan, mereka tidak pernah membunuh atau memberi racun. Biasanya hanya diusir.

Masih banyak lagi contoh lainnya, makanya harus ke Ecolodge

02. Harga yang bersahabat

Ecolodge Bukit Lawang
Biasanya setahu saya hotel-hotel yang ramah lingkungan, harga perkamarnya lumayan mahal. Sekitar 700 ribuan. Di Ecolodge harga paling mahal untuk kamar Rp 460.000 saja plus sarapan pagi. Murah kan ๐Ÿ™‚ . Jadi kalau nyari hotel murah di Bukit Lawang, coba cek Ecolodge.

Makanya saya suka bingung kalau ada orang yang mengerti dan concern tentang lingkungan tapi gak mau tinggal di hotel ini hanya mungkin beda harga 100-200 ribu, agak gimana gitu ya. Maksutnya sayang aja sih, liat deh point ke 5.

03. Senyum

Ecolodge Bukit Lawang
Ecolodge Bukit Lawang
Salah satu compliment dari para tamu tentang Ecolodge, kebanyakan karena staff nya yang ramah dan gampang senyum. Ini penting kan ya. Hotel yang tamu-tamunya kebanyakan trekking masuk ke hutan, kalau dijutekin yang ada pengen tebalik-tebalikin meja. Makanya senyum itu penting!

04. Makanan Sehat

Ecolodge Bukit Lawang
Makanan dan minuman di hotel ini kalau bisa dan diusahakan tidak menggunakan kelapa sawit (kecuali organic), sayuran dan semua bahan makanan sebisa mungkin produk lokal, tidak menggunakan penyedap rasa, dan banyak alasan lain lagi deh.

05. Ecolodge Support Orangutan

Ecolodge Bukit Lawang
Sebagian pendapatan/keuntungan Ecolodge diberikan untuk kepentingan pelestarian binatang yang hampir punah ini. So, gak ada alasan untuk gak nginep disini kan, apalagi kalau niatnya emang pengen ngeliat orangutan.

06. Restauran Kapal Bambu

Ecolodge Bukit Lawang
Restaurant Kapal Bambu ini baru selesai dibangun tahun 2016. Restaurant cantik ini terbuat dari bambu sesuai namanya. Restaurant ini juga mengusung konsep ramah lingkungan. Sedotan minuman tidak disediakan ditempat ini.

06. Lantai 2 Restaurant Kapal Bambu

Ecolodge Bukit Lawang
Pengen santai sambil tidur-tiduran dan mendengarkan suara air sungai, yoga, baca buku, nonton dari gadget, atau apa saja bisa dilakukan di lt. 2 ini. Seru ya tempatnya. Tempat ini sering juga dijadikan tempat berfoto karena emang instagramable banget.

07. Wifi Cepat

Bisa bayangin gak, tinggal di hotel yang persis dipinggir hutan trus diseberangnya sungai besar tapi masih bisa punya wifi. Masih bisa skype, nonton youtube dan tentu saja update blog dan social media ๐Ÿ™‚

08. Orangutan Coffee

Ecolodge Bukit Lawang
Kopi yang disajikan disini berasal dari Orangutan coffee yang pasti organic dengan kualitas terbaik. Biasanya kopi ini dikirim ke Eropa atau US walaupun produk lokal. So, kalau kamu pengen ngopi yang sudah pasti enak mesti dong main ke Bukit Lawang dan nginepnya di EcoLodge.

Kalau pengen pesan kopinya, bisa juga email saya, nanti kita kirim ๐Ÿ™‚

09. Tidur Disertai Bunyi Binatang dan Air Sungai

Ecolodge Bukit Lawang
Saya pernah nginep disini tahun 2013 dan kebetulan lagi musim buah rambe. Ini buahnya kayak duku, kecil-kecil tapi agak asem. Nah, jam 6 pagi, kebangun dong karena kaget banget atap kamar kayak mau rubuh. Saya sudah panik aja kirain kenapa, gak taunya puluhan monyet ekor abu-abu yang menyerbu pohon rame itu. Mereka seluncuran di pohon, jatuh ke atap, belon lagi buah-buah rambenya juga berjatuhan. Sungguh meriah, ngalah-ngalahin petasan dimalam lebaran. Ganggu? noooooo………inilah serunya tinggal di hutan dan gak setiap hari kita dapat pengalaman seperti itu kan?

Ecolodge Bukit Lawang

Ecolodge Bukit Lawang

Ecolodge Bukit Lawang

Ecolodge Bukit Lawang
Picture courtesy : Nick Lobeck
Kalau lagi gak musim, nah sore menjelang sampai pagi kita bakalan tidur kayak dininabobokan sama suara-suara binantang malam. Mulai dari jangkrik sampai burung. Seru banget. Kalau sama Matt kesini sebenarnya saya lebih seneng sih karena biasanya dia bisa identifikasi bunyi-bunyian tersebut. Oh….kalian gak perlu pinjem Matt haha. Cukup hire guide aja, mereka juga cakap untuk menjelaskan suara-suara tersebut.

10. Bersih dan Nyaman

Ecolodge Bukit Lawang
Apalah artinya kalau hotel sudah ramah lingkungan tapi jorok, ya kan ๐Ÿ™‚ nah di Ecolodge semuanya bersih, terang, nyaman dan cukup tertutup karena banyak tumbuhan yang tumbuh. Untuk yang suka berfoto juga ada banyak spot yang bisa dipakai untuk berfoto.

10 alasan untuk tinggal di hotel ini jika kebetulan datang ke Bukit Lawang.  Yakin deh gak bakalan nyesel.

Advertisements

19 comments

  1. Serius itu bisa liat langsung orang utannya mbak? Aku pernah liat orang utan ditaman safari doang,aduh lucu bgt pasti ya..tapi mereka jinak apa liar ya mbak??

    • Harus trekking kecuali OU nya ke area hutan yg di belakang hotel tp jarang sih hahaha. Mereka kan liar sebenarnya walau sebagian karena terlalu sering liat manusia jd gak takut lagi deh

  2. Selalu pengen kesini, tapi si kawan selalu ogah juga diajak dengan alasan jalannya yg terlalu bagus itu ๐Ÿ˜ง padahal aku udh kepengen dari jaman mba Noni foto di ecolodge lt 2 itu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s