Berapa Kali Ganti Ban?


pixabay

Postingan gak penting tentang ban mobil 🙂

Sejak kami tinggal di Medan (lagi) gak terhitung berapa kali ban mobil tertusuk paku atau kempis. Malahan awal-awal kami pindah sempat hampir 1-2 kali dalam seminggu kami harus nambal ban mobil karena bolak balik ketusuk paku. Bingung banget kan ya.

Nah, sebenarnya belakangan kita sudah lumayan jarang sih kena masalah dengan ban lagi tapi beberapa waktu lalu pas lagi mau pergi brunch, Matt nanya ke saya koq mobil berasa gak gruduk-gruduk pas jalan. Tau kan kayak yang gak balance gitu. Jadi, kita putuskan untuk ke bengkel lagi.

Setelah ban mobil yang kita curigai di balancing dan gak ketemu masalahnya, akhirnya si ibu yang punya bengkel ngeliat kalau ban mobil belakang kita kayak rada gak pas gitu. Maksutnya ban nya kayak yang gak rata. Pokoknya aneh banget. Bingunglah ya, ini baru kejadian kesaya sekali doang. Koq bisa ban mobil jadi kayak gitu. Karena si ban itu gak rata lagi bentuknya akhirnya membuat seluruh mobil berasa gak bener pas jalan.

Ok lah kita ganti ban mobil dan akhirnya mobil bisa jalan bener lagi tapi masalahnya dalam waktu 4 tahun kita tinggal di sini koq yah ada aja masalah dengan ban mobil ini. Paling sering sih kena paku dan ban kempis.

Selama kita di Medan sudah 2 apa 3 kali kami ganti ban mobil. Jadi kemaren Matt ngomong kalau selama dia di US, hampir gak pernah punya masalah kena pakulah, bannya kayak gak rata gitu, atau masalah-masalah yang biasa kami temui di Medan. Katanya dari dia punya jeepnya sejak kuliah sampai dia pindah ke Indonesia hampir gak pernah ganti ban haha.

Trus saya juga inget-inget, selama tinggal di Surabaya 7 tahun, saya sempet ganti ban mobil 1 kali dan mungkin 1-2 kali kena ban bocor. Di Medan gak tahu berapa kali ban mobil kena paku.

Si ban mobil yang gak rata itu pun kata bapak yang benerin ban bisa jadi saya dapat pas masuk ke lubang-lubang atau nubruk apaan. Lah, masalahnya di Medan, jalan dimana yang mulus haha. Semuanya berlubang-lubang. Karena emang jalannya kayak gitu, jadinya emang gak ramah dengan ban kendaraan.

Kalau saya lagi jalan kaki, saya kan suka lihat ada banyak paku dijalanan. Kalau lagi rajin atau emang keliatan biasanya saya kutipin karena kesian kalau ada yang kena dan akhirnya kendaraannya gak bisa jalan.

Kalau kamu berapa kali kena paku ban kendaraannya dalam tahun ini?

Advertisements

10 comments

  1. Medan memang parah banget mbk, kemarin waktu msih naik motor dan bannya gak tubles, aduh ampun mbak… dalam seminggu ntah berapa x nempel, dan ada 1 kejadian yang saya gak lupa karna kesel banget, di salah satu mall terbesar di Medan kita jelas-jelas baru satu hari ganti ke ban baru, begitu keluar dari mall langsung kempes, dan itu sekitar jam 10 malam, anehnya pas kita cari tukang tempel ban, yag pada ngantri itu ada sekitar 5 sepeda moor dan anehnya semua baru keluar dari itu mall.

  2. Paku di jalan itu kok nggak ada yang menindak ya Non? Hmmm….

    Di Bandung dulu juga lumayan banyak. Nggak selalu sampai bikin ban bocor sih. Tapi setiap kali checkup mobil dibilang sama orang bengkelnya itu bannya banyak banget paku yang nempel (tapi gak bikin bocor), haha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s