Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Tidak dikonsumsi Ketika Terbang


Pixabay
Pixabay

Ketika akan terbang apalagi kalau harus nunggu lama di airport terkadang kita pasti gak bisa menolak untuk jajan. Mulai dari snack sampai akhirnya makan makanan besar. Apalagi kalau kita naiknya budget airlines, mungkin mikirnya mendingan makan aja sebelum terbang.

Padahal nih ya, apa yang kita konsumsi sebelum terbang atau saat terbang ada pengaruhnya loh untuk badan kita. Entah nantinya jadi mabok atau malahan sakit. Apa-apa saja makanan/minuman yang sebaiknya kita hindari :

01. Burger atau Fast Food

pixabay
pixabay

Restoran cepat saji kayaknya paling banyak ya ada di bandara. Saya pun terkadang suka latah ikutan suami makan di restoran-restoran seperti ini. Emang sih bukan burger yang saya makan tapi kan sama aja hehe. Kenapa makanan dari restoran cepat saji, sebaiknya tidak dikonsumsi belum terbang? karena sistem pencernaan tubuh akan bekerja lebih keras ketika kita berada di ketinggian lebih dari 35.000 kaki. Sedangkan, makanan yang dijual di restoran cepat saji biasanya mengandung lemak yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Akibatnya bisa saja kita sakit perut, atau yang paling parah mengalami penyempitan pembuluh darah.

Mesti diingat dan Matt harus dicegah makan burger sebelum terbang 🙂

02. Sayuran

pixabay
pixabay

Sayuran memang bagus untuk kesehatan, malahan kita disarankan untuk mengkonsumsi banyak sayuran setiap harinya. Masalahnya ketika terbang atau mau terbang ada beberapa jenis sayuran yang sebaiknya dihindari seperti brokoli atau kembang kol. Kenapa? karena kedua jenis sayuran ini bisa meningkatkan gas di dalam lambung.

Jadi ketika lepas landas, kan tekanan kabin akan berkurang. Ini menyebabkan udara di dalam pesawat bertambah 30 %. Akibatnya, udara yang masuk ke dalam tubuh kita, khususnya lambung dan usus kecil juga bertambah. Mungkin ini juga penyebab saya selalu ngerasa kembung dan gak enak di perut. Untung ada tolak angin haha.

03. Alkohol

pixabay
pixabay

Buat sebagian orang alkohol katanya bisa membuat lebih tenang atau tertidur terutama untuk penerbangan jarak jauh. Saya juga sering ngerasa tergoda untuk minum wine untuk mengurangi rasa takut ketika terbang tapi….sebaiknya alkohol dihindari karena bisa menyebabkan dehidrasi. Minum air putih aja deh 🙂

04. Soda

Pixabay
Pixabay

Selain minuman berakohol, minuman yang mengandung soda sebaiknya juga dihindari. Soalnya soda ini bisa menyebabkan dehidrasi dan mirip dengan sayuran brokoli, bisa menyebabkan perut kembung karena banyak mengandung gas. Gak nyaman pastinya. Mending dihindari. Minum mineral water aja 🙂

05. Permen atau makanan yang mengandung banyak gula

pixabay
pixabay

Saya ingat ada beberapa airlines yang pernah saya tumpangi membagikan permen untuk snack. Enak sih 🙂 tapi ternyata permen yang mengandung gula atau pemanis buatan gak bagus untuk tubuh kita ketika terbang. Sebenarnya gak terbang aja sih ya.

Nah, tubuh kita kan sebenarnya gak terlalu bagus untuk mencerna gula dan ini juga bisa menyebabkan kembung. Makanya sebaiknya dihindari aja termasuk permen karet.

Selain 5 makanan/minuman yang saya sebutkan diatas, kita juga sebaiknya tidak mengkonsumsi bawang putih karena bisa ganggu temen sebelah kita haha, Soalnya bau.

Padahal kalau lagi di pesawat dan ada brokoli biasanya saya makan loh hahaha. Abisan kan enak ya 🙂

Jadi sudah siap untuk terbang? happy traveling 🙂

 

 

 

Advertisements

51 comments

  1. Biasanya sih beberapa jam sebelum terbang saya gak mau makan lagi. Soalnya perut termasuk yang rada rewel. Trus pake baju agak tebel plus kaos kaki is a must 🙂

  2. mbak non, kalo aq sukanya makan permen tolak angin sebelum take off, biar gak kembung perutnya. boleh gak ? kan itu permen tapi permen pencegah masuk angin. xixixi

  3. Wah nice info. Thank you for sharing ya mba Non. Kemarin sempat terbang dan makan banyak permen, akhirnya ku mabok. Padahal sebelum-sebelumnya gak pernah.

  4. nambahin mba Non… Jangan makan keripik pedes (keripik setan) yang lagi terkenal di banduuungg… pasti siksaaan batin dan fisik kalo makan itu.. mana toilet pesawat ga nyaman lagi.. (hahahha)

    oh ia.. suami pernah iseng minum wine/alkohol beberapa gelas waktu terbang.. tiba tiba badan nya langsung ga enak.. pas landing dia pingsan aja gitu.. setelah itu saya googling.. dan emang harus di minimal kan konsumsi alkohol ketika terbang.

    cheers,,,
    (cheers nya wedang jahe aja… anget ke perut mba)

  5. jarang makan fast food sih sebelum terbang, tapi emang di bandara banyakan fast food yaaa… hiks. aku hampir selalu makan roti kopi sebelum terbang hahaha.

  6. Hahaha, alkohol memang kurang disarankan tapi enak Non minum alkohol sewaktu terbang, hahaha 😆 . Asalkan ada sedia air putih ngga apa-apa sih 😛 .

  7. Gagal semua deh aku hahaha, alkohol apalagi. Aku paling nggak bs tidur di pesawat, jadi red wine atau cocktails apalah (klo naik SQ) bisa membantu tidur. Pernah kebanyakan Singapore Sling dari flight Copenhagen to Singapore, nyampe Changi jam 5 pagi agak2 tipsy… apalagi harus kejar pesawat ke Surabaya satu jam setelah mendarat…. hahaha it was fun.

  8. Trus makan apaaaa mbakkk hahahaha. Gw kalau penerbangan pagi sering gak makan karena perut belum “bangun” begitu dah masuk ke pesawat laparrrrr. Biasanya bawa roti sih, itu ok gak siihhh..

  9. aku suka makan fast food sebelum terbang, bahkan terakhir makan subway di pesawat :))))
    lain kali mesti diinget nih ga makan makanan di atas sebelum dan wakt terbang

  10. aku menghindari susu/yoghurt, ngga tau knapa suka banyak angin dan bikin mules di pesawat… kirain krn ngga cocok sm merk susunya, ternyata yaaaaa bawaanku deh… cuman yg burger itu baru tauuu, kan enak dan praktis ^^

  11. Thanks banget ini infonya buat kita para traveller memang sering terkecoh mbak apalagi saya malah ke bandara sebelum terbang cari makanan fast food apa yang paling terdekat. Namun sebaiknya dibuat seri selanjutnya mbak yaitu Makanan yang sebaiknya dimakan sebelum terbang, pasti sangat membantu sekali itu mbak ditunggu postingan selanjutnya tentang what should we eat before flightnya ya mbak Terima kasih

  12. Bermanfaat banget infonya… Saya sih gak pernah makan yang aneh-aneh kalau mau terbang, cuma biskuit2 aja dan bawa air mineral, tapi tetap pusing dan perut serasa berputar-putar ya apalagi kalau perjalanan di atas peswat grabak grubuk gtu, dan landingnya ga mulus…

  13. waduh, aku kalau transit selalu makan fast food, belakangan aja lagi tergila2 makan mie.. hahaha.. dulu selalu burger King.. and i really like drinking soda di pesawat.. ntah kenapa.. padahal di darat, biasa aja tuh.. haha..

  14. Muesli dan susu kedelai / greenfieldscokelat + buah sudah paling aman buat saya hahaha.. Kol memang kuhindari dan brokoli juga agak jarang dikonsumsi karena memang mengandung gas dan ga cocok buat yang punya maag akut seperti saya 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s